Pengertian Dioda Schottky

Ketahui, Pengertian Dioda Schottky Secara Lengkap dan Detail

Posted on

Empat Pilar – Ketahui, Pengertian Dioda Schottky Secara Lengkap dan Detail. Temukan Pengertian Dioda Schottky secara lengkap dan detail dalam artikel ini. Pelajari tentang aplikasi, keuntungan, dan karakteristik dari dioda Schottky.

Kalian mungkin pernah mendengar tentang dioda Schottky dan ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu, penggunaannya, serta keunggulan dan kelemahannya.

Artikel ini akan menjelaskan Pengertian Dioda Schottky secara lengkap dan detail, dengan informasi yang mudah dicerna dan dipahami oleh pembaca.

Dioda Schottky, juga dikenal sebagai dioda barier logam-semikonduktor (Metal-Semiconductor Barrier Diode), merupakan jenis dioda dengan kecepatan tinggi dan tegangan ambang rendah.

Dioda ini dinamai berdasarkan ilmuwan Jerman, Walter H. Schottky, yang menciptakan dioda ini pada tahun 1920-an.

Pengertian Dioda Schottky

Dioda Schottky memiliki penurunan tegangan yang lebih rendah dibandingkan dengan dioda umum lainnya.

Perbedaan mendasar antara dioda Schottky dan dioda normal terletak pada bahan semikonduktor yang digunakan untuk sambungan dioda.

Dioda Schottky menggunakan logam sebagai pengganti semikonduktor tipe P, sementara dioda normal menggunakan persimpangan semikonduktor.

Dioda Schottky juga memiliki fitur switching yang cepat dan penurunan tegangan listrik maju yang rendah.

Seperti yang kita tahu, di dalam dioda PN-junction, tipe-p dan tipe-n digabungkan untuk membentuk PN-junction.

Namun, pada dioda Schottky, logam seperti platinum atau aluminium digunakan sebagai pengganti semikonduktor tipe P.

Simbol Dioda Schottky

Pada gambar di atas terdapat simbol dioda Schottky yang didasarkan pada simbol dioda normal.

Namun, untuk membedakan simbol dioda Schottky dengan jenis dioda lainnya, perlu ditambahkan dua kaki tambahan pada palang simbol tersebut.

Seperti halnya dioda persimpangan PN normal, dioda Schottky juga memiliki anoda dan katoda sebagai terminalnya.

Saat terminal anoda dihubungkan ke sumber tegangan positif dan terminal katoda dihubungkan ke sumber tegangan negatif, maka dioda Schottky akan menjadi forward-biased.

Namun, jika terminal anoda dihubungkan ke sumber tegangan negatif dan terminal katoda dihubungkan ke sumber tegangan positif, maka dioda Schottky akan menjadi reverse-biased.

Prinsip Kerja Dioda Schottky

Setelah memahami Pengertian Dioda Schottky, selanjutnya ketika dioda Schottky tidak diberi tegangan atau berada dalam kondisi tanpa bias (unbiased), energi elektron di sisi semikonduktor tipe-n sangat rendah dibandingkan dengan energi di sisi logam.

Oleh karena itu, elektron tidak dapat melewati penghalang persimpangan yang disebut penghalang Schottky.

Namun, jika dioda Schottky diberi tegangan bias maju (forward bias), elektron di sisi semikonduktor tipe-n akan mendapatkan energi yang cukup untuk melewati penghalang persimpangan dan memasuki wilayah logam.

Elektron ini memasuki wilayah logam dengan energi yang sangat tinggi, sehingga disebut elektron pembawa panas (hot carrier). Karena itu, dioda Schottky juga disebut dioda pembawa panas (Hot Carrier Diode).

Arus listrik akan mengalir melalui dioda Schottky secara bias maju jika diberi tegangan maju yang cukup.

Aliran arus listrik ini menyebabkan terjadinya kehilangan tegangan kecil saat melintasi terminal dioda Schottky, yang disebut drop voltage.

Kehilangan tegangan pada dioda Schottky lebih kecil dibandingkan dengan dioda silikon (dioda normal), yaitu sekitar 0,2V hingga 0,3V dibandingkan dengan 0,6V hingga 0,7V pada dioda silikon. Oleh karena itu, dioda Schottky mengonsumsi tegangan yang lebih sedikit daripada dioda normal.

Dioda Schottky memiliki karakteristik utama yaitu dapat dinyalakan (switch ON) dan dimatikan (switch OFF) lebih cepat serta tidak menghasilkan noise yang berlebihan.
Hal ini membuatnya cocok untuk diaplikasikan dalam rangkaian yang memerlukan switching ON/OFF dengan kecepatan tinggi.

Dibandingkan dengan dioda normal yang menggunakan persimpangan PN, dioda Schottky menjadi pilihan yang lebih baik dalam aplikasi switching ON/OFF berkecepatan tinggi.

Baca Juga :  Cara Mengukur Dioda Zener dengan Multimeter Analog dan Digital Secara Lengkap

Karakteristik Dioda Schottky

Berikut beberapa sifat atau karakteristik dioda Schottky yang dapat diketahui:

  • Dioda Schottky menghasilkan arus saturasi balik pada tegangan yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan dioda silikon.
  • Arus mulai mengalir melalui dioda Schottky ketika tegangan bias maju melebihi 0,2 atau 0,3 volt.
  • Grafik karakteristik VI dioda Schottky menunjukkan garis vertikal untuk arus yang mengalir melalui dioda dan garis horizontal untuk tegangan yang diterapkan ke dioda.
  • Penurunan tegangan maju pada dioda Schottky berkisar antara 0,2 hingga 0,3 volt, sementara pada dioda normal yang terhubung dengan PN, penurunan tegangan maju berkisar antara 0,6 hingga 0,7 volt.
  • Karakteristik VI dioda Schottky hampir sama dengan dioda PN-junction, namun penurunan tegangan pada dioda Schottky jauh lebih kecil daripada dioda PN-junction.

Fitur Dioda Schottky

Dioda Schottky adalah komponen yang memiliki banyak fitur. Beberapa fitur yang dimilikinya antara lain:

  • Kapasitas yang rendah.
  • Bekerja pada frekuensi yang cukup tinggi.
  • Efisiensi dan kepadatan arus yang lebih tinggi.
  • Penurunan tegangan maju (drop voltage) yang rendah.
  • Ukuran ultra kecil dan pemasangan paket permukaan profil rendah.
  • Menghasilkan sedikit noise yang tidak diinginkan.
  • Memiliki cincin pelindung terintegrasi untuk perlindungan stres.

Kegunaan Dioda Schottky

Sudah memahami Pengertian Dioda Schottky? berikutnya dioda Schottky memiliki beberapa kegunaan, di antaranya:

  • Memainkan peran penting dalam sirkuit Gaas.
  • Berfungsi sebagai penyearah pada sirkuit aplikasi daya tinggi.
  • Digunakan dalam beberapa aplikasi seperti daya, RF, mendeteksi sinyal, dan sirkuit logika.
  • Digunakan dalam beberapa aplikasi penjepit tegangan dan pencegahan saturasi transistor karena kepadatan arus yang tinggi pada dioda Schottky.
  • Digunakan dalam sistem PV (potovoltaik) yang berdiri sendiri untuk menghentikan penggunaan baterai untuk panel surya pada malam hari dan pada sistem koneksi jaringan.

Kelebihan dan Kekurangan Dioda Schottky

Setelah memahami pengertian dan fungsi dioda Schottky, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dioda Schottky:

Kelebihan

  • Dioda Schottky memiliki kapasitansi yang rendah karena daerah deplesi dioda dapat diabaikan.
  • Waktu pemulihan balik dioda sangat cepat, yaitu perubahan dari kondisi ON ke OFF sangat cepat.
  • Kepadatan arus dioda tinggi karena daerah deplesi dapat diabaikan.
  • Tegangan untuk menyalakan dioda sangat rendah, yaitu hanya sekitar 0,2 hingga 0,3 volt.

Kekurangan

  • Satu-satunya kekurangan dioda Schottky adalah arus saturasi balik yang besar.

Aplikasi Dioda Schottky

Setelah kalian mengerti Pengertian Dioda Schottky, lalu selanjutnya komponen dioda Schottky sangat berguna dalam rangkaian yang memerlukan switching dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, dioda Schottky juga digunakan untuk pencegahan saturasi transistor dan penjepitan tegangan, karena arus listrik yang terdapat pada dioda Schottky sangat padat.

Kondisi tersebut membuat tegangan maju pada dioda Schottky rendah, dan sebagian besar tegangan terbuang dalam bentuk panas yang lebih sedikit.

Oleh karena itu, dioda Schottky menjadi sangat efisien untuk aplikasi yang sangat sensitif.

Dalam sistem panel surya yang berdiri sendiri, dioda Schottky digunakan untuk mencegah penggunaan baterai pada malam hari.

Dalam sistem yang terhubung ke jaringan, dioda Schottky juga digunakan untuk pencegahan tersebut.

Selain itu, dioda Schottky yang mengandung banyak string digunakan untuk mencegah baterai pada panel surya saat terhubung dalam koneksi paralel.

Penutu

Sebagai penutup, dioda Schottky merupakan komponen elektronik yang esensial dan memiliki berbagai kegunaan dalam dunia elektronika.

Setelah memahami pengertian dioda Schottky secara lengkap dan detail, kita dapat menyimpulkan bahwa dioda ini memiliki keunggulan dalam kecepatan dan efisiensi, serta menjadi pilihan yang tepat untuk aplikasi tertentu seperti konverter daya, pengisian baterai, dan sirkuit pemrosesan sinyal tinggi.

Dengan pemahaman yang baik mengenai dioda Schottky, kita dapat lebih mudah mengaplikasikannya dalam berbagai perangkat elektronik dan meningkatkan kualitas hasil yang dihasilkan.

Baca Juga :  Pengertian Dioda Varactor (Varicap) : Cara Kerja dan Fungsinya Secara Lengkap

Semoga artikel dari empatpilar.com mengenai Pengertian Dioda Schottky ini, bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang komponen elektronik yang satu ini. Kata Pencarian TerpopulerFungsi dioda Schottky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *