Pengertian Guru Sebagai Profesi

Pengertian Guru Sebagai Profesi Yang Profesional

Posted on

Pengertian Guru Sebagai Profesi-Yuk simak pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan ulasan mengenai Pengertian Guru Sebagai Profesi Yang Profesional.

  • Menurut KKBI (2005: 897), kata profesi berarti bidang pekerjaan yang di landasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dan sebagainya) tertentu. Sardiman (2009: 133) berpendapat, Maka secara umum profesi bisa diartikan sebagai sebuah pekerjaan yang memerlukan pendidikan lanjut dalam science dan teknologi yang digunakan sebagai perangkat dasar untuk bisa diimplementasikan dalam kegiatan bermanfaat.
  • Menurut Uno (2008: 15), guru merupakan suatu profesi, yang berarti suatu jabatan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru dan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang kependidikan.

Profesi guru adalah jabatan profesional yang memiliki tugas pokok dalam proses pembelajaran, uraian tugas pokok tersebut mencakuo keseluruhan unsur proses pendidikan dan siswa. Tugas pokok itu hanya bisa dilaksanakan secara profesional jika persyaratan profesional yang sudah ditetapkan terpenuhi. Adapun tugas guru sebagai profesi adsalah sebagai berikut :

  1. Membantu siswa untuk mengembangkan semua potensinya sehinga tumbuh dan berkembang secara total dan sempurna
  2. Membantu anak belajar sehingga kemampuan intelektualnya tumbuh dengan mengusai berbagai ilmu pengetahuan,ketrampilan,pengalaman,nilai dan sikap.
  3. Menyampaikan berbgai ilmu pengetahuan kepada siswa dengan menggunakan pendekatan dan metodelogi yang penuh dengan kreativitas sehingga kreativitas siswa tumbuh dan berkembang
  4. Menanamkan berbagai nila dalam diri siswa sehingga melekat dan tumbuh menjadi satu dengan perilaku siswa setiap hari
  5. Membangun watak dan kepribadian siswa menjadi orang yang memiliki watak dan kepribadian tertentu yang di perlukan oleh masyarakat luas.
  6. Mengajar siswa bagaimana berhubungan dengan orang lain
  7. Mengembangkan siswa menjadi orang yang berakhlak mulia.

Fungsi guru dalam proses pendidikan adalah mengajar,mendidik,membina,mengarahkan dan membentuk watak serta kepribadian, sehingga manusia itu berubah menjadi manusia yang memiliki ilmu pengetahuan, cerdas, dan bermartabat. Oleh karena itu, tidak setiap orang dapat menjadi guru, tidak setiap orang dapat melaksanakan tugas guru.

Guru juga memerlukan persyaratan dan kompetensi profesional yang di peroleh melalui pendidikan yang dirancang khusus untuk itu sehingga dalam melaksanakan tugasnya, guru akan terhindar dari kesalahan. Alasannya jika terjadi kesalahan maka hal itu akan berakibat fatal terhadap masa depan siswa dan tentu saja sangat merugikan dunia pendidikan, dengan demikian guru juga memerlukan pendidikan profesional yang bisa menghasilkan guru yang memiliki kemampuan profesional yang diisyaratkan oleh jabatan guru sebagai sebuah profesi.

Untuk dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, efisien, dan efektif, guru harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Menguasai ilmu pendidikan, termasuk konsep, teori, dan proses.
  2.  Menguasai teaching learning strategies.
  3.  Memahami ICT dan menguasainya untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran, terutama untuk mendukung penerapan learning strategies yang dikembangkan oleh guru
  4.  Menguasai developmental pcychology, psikologi anak, dan psikologi kognitif.
  5.  Menguasi teori belajar.
  6.  Memahami berbagai konsep pokok sosiologi dan antropologi yang relevan dalam proses pendidikan dan pertumbuhan anak.
  7.  Menguasai bidang studi tertentu yang relevan dengan tugasnya sebagai guru pada jenjang persekolahan tertentu
  8.  Memahami administrasi pendidikan, terutama tentang management of learning.
  9.  Menguasasi konsep dan prinsip pengembangan kurikulum.
  10.  Memahami dan menguasi pendidikan nilai.
  11.  Memahami proses dan dampak globalisasi serta implikasinya terhadap proses pendidikan peserta didik.
  12.  Memahami strategic environment yang berpengaruh terhadap proses pendidikan peserta didik.
  13.  Memahami peran dan pengaruh aspek sosial, kultural, dan ekonomi terhadap proses pendidikan.
Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 84 (Kurikulum Merdeka)

 

Demikian uraian dari kami mengenai Pengertian Guru Sebagai Profesi Yang Profesional, semoga mudah kalian pahami dan bisa menambah wawasan yang luas ya. Semoga sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *