Pengertian NFB (No Fuse Breaker)

Pengertian NFB (No Fuse Breaker) : dan Harga NFB

Posted on

Empat Pilar – Pengertian NFB (No Fuse Breaker) : dan Harga NFB. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai Pengertian NFB (No Fuse Breaker). NFB, yang merupakan kependekan dari No Fuse Breaker, adalah komponen penting dalam sistem listrik.

Komponen ini memainkan peran yang sangat penting dalam melindungi sirkuit listrik dari arus berlebih dan mencegah bahaya potensial.

Memahami konsep dan prinsip kerja NFB sangatlah penting bagi siapa saja yang terlibat dalam bidang teknik listrik, perawatan, atau bahkan bagi mereka yang ingin tahu bagaimana sistem listrik bekerja.

Dalam panduan komprehensif ini, kita akan menjelajahi definisi, prinsip kerja, aplikasi, keuntungan, dan topik terkait NFB lainnya. Jadi, mari kita mulai!

Pengertian NFB (No Fuse Breaker)

NFB, atau No Fuse Breaker, dalam bahasa Indonesia dikenal dengan “pemutus arus tanpa sekering”. Ini berarti jenis Circuit Breaker ini menggunakan cara alternatif untuk memutus arus listrik tanpa melibatkan sekering.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, sekering adalah teknologi yang lama digunakan dalam pemutusan aliran listrik. Ketika terjadi hubungan singkat atau beban berlebih, kawat di dalam sekering akan terbakar. Ketika hal ini terjadi, sekering akan memutus aliran listrik pada instalasi yang menggunakan alat ini.

Lalu, yang dimaksud dengan No Fuse Breaker adalah alat pengaman instalasi listrik yang menggunakan metode thermal atau magnetik untuk memutus aliran listrik. Salah satu contoh dari No Fuse Breaker adalah MCCB, atau Molded Case Circuit Breaker.

Molded Case Circuit Breaker (MCCB) berfungsi untuk memutus aliran listrik ketika terjadi hubung singkat atau beban berlebih. Terdapat dua metode yang digunakan:

1. Metode Magnetik MCCB

Metode ini menggunakan gaya magnet untuk memutus aliran listrik pada MCCB. Ketika terjadi beban berlebih atau hubung singkat, terjadi lonjakan arus yang besar. Lonjakan arus ini menginduksi koil atau kumparan menjadi magnet.

Ketika koil dialiri arus listrik yang cukup, ia menarik kontak saklar yang terbuat dari logam, sehingga MCCB memutus aliran listrik. Anda dapat melihat gambar di atas untuk lebih jelasnya.

2. Metode Thermal MCCB

Metode thermal menggunakan bahan bimetal untuk memutus aliran listrik pada MCCB. Ketika terjadi beban berlebih atau hubung singkat, aliran listrik menghasilkan energi panas pada penghantar.

Suhu panas tersebut membuat bahan bimetal melengkung, sehingga kontak saklar terbuka. Hal ini menyebabkan MCCB memutus aliran listrik pada instalasi yang dilindungi olehnya.

Fungsi NFB (No Fuse Breaker)

No Fuse Breaker (NFB), juga dikenal sebagai Circuit Breaker, merupakan komponen penting dalam sistem instalasi listrik.

Fungsi utama NFB adalah untuk melindungi sistem listrik dari potensi bahaya yang bisa terjadi karena overcurrent (arus berlebih) atau short circuit (hubung singkat).

Setelah memahami Pengertian NFB (No Fuse Breaker), nah berikut ini adalah penjelasan lebih rinci tentang fungsinya:

1. Memutus Aliran Listrik Saat Terjadi Hubung Singkat (Short Circuit)

Hubung singkat atau Short Circuit adalah kondisi dimana terjadi hubungan langsung antara kabel fase dan netral atau kabel fase dengan kabel fase lainnya.

Ini mengakibatkan aliran arus listrik yang sangat besar dalam waktu yang sangat singkat, yang berpotensi merusak peralatan listrik atau bahkan dapat menyebabkan kebakaran.

Saat terjadi kondisi seperti ini, NFB akan langsung memutus aliran listrik. Mekanisme ini melindungi peralatan listrik dari kerusakan dan mencegah potensi kebakaran.

2. Memutus Aliran Listrik Saat Terjadi Overload (Beban Berlebih)

Overload adalah kondisi dimana beban listrik yang ditarik oleh peralatan listrik melebihi kapasitas maksimum yang ditentukan.

Baca Juga :  Pengertian Komutator Adalah : Berikut Ulasan Lengkapnya

Misalnya, jika Kalian memiliki langganan listrik 1300 Watt dengan arus 6 Ampere dan peralatan listrik di rumah Kalian menarik arus lebih dari 6 Ampere, ini merupakan kondisi overload. Saat kondisi ini terjadi, NFB akan langsung memutus aliran listrik.

Hal ini dilakukan untuk melindungi instalasi listrik dan peralatan elektronik yang terhubung dari potensi kerusakan.

Dengan demikian, fungsi NFB sangat penting dalam sistem instalasi listrik untuk menjaga keamanan dan mencegah kerusakan pada peralatan elektronik dan instalasi listrik itu sendiri.

Cara Kerja NFB (No Fuse Breaker)

Seperti telah dijelaskan sebelumnya mengenai Pengertian NFB (No Fuse Breaker), nah selanjutnya prinsip kerja dari NFB (No-Fuse Breaker) dapat dibagi menjadi dua metode utama, yaitu metode magnetik dan metode thermal.

1. Metode Magnetik NFB

Metode magnetik pada NFB memanfaatkan prinsip dari gaya magnetik untuk memutuskan aliran listrik.

Ketika terjadi korsleting listrik, arus yang mengalir akan meningkat secara tiba-tiba dan drastis. Peningkatan arus ini kemudian akan menginduksi koil yang ada di dalam NFB, mengubahnya menjadi magnet induksi.

Harus diingat bahwa koil yang dialiri oleh arus listrik dengan nilai yang cukup besar akan menjadi magnet dan memiliki daya tarik terhadap material berbahan logam.

Hal ini kemudian menyebabkan koil tersebut menarik kontak saklar yang terbuat dari logam, dan akhirnya memutuskan aliran listrik.

Dengan begitu, NFB dengan metode magnetik ini berfungsi melindungi instalasi listrik dari kerusakan yang disebabkan oleh korsleting atau lonjakan arus yang besar.

2. Metode Thermal MCCB

Pada metode thermal, MCCB (Moulded Case Circuit Breaker) memanfaatkan bahan yang sangat peka terhadap perubahan suhu atau thermal, yang disebut sebagai bimetal.

Apabila terjadi korsleting listrik, arus yang mengalir pada penghantar akan menghasilkan energi panas atau thermal. Bahan bimetal yang ada dalam MCCB akan merespons suhu panas tersebut dengan cara melengkung.

Pada saat bimetal melengkung, kontak saklar akan terbuka dan ini akan memutuskan aliran listrik. Jadi, pada dasarnya metode thermal ini memanfaatkan panas yang dihasilkan oleh lonjakan arus listrik untuk memutus aliran listrik itu sendiri.

Dengan kata lain, MCCB dengan metode thermal ini berfungsi untuk melindungi instalasi listrik dari kerusakan akibat panas berlebih yang dihasilkan oleh korsleting atau lonjakan arus listrik.

Dengan begitu, baik menggunakan metode magnetik atau thermal, NFB dan MCCB berfungsi sebagai penjaga yang akan melindungi instalasi listrik dari berbagai potensi kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh korsleting atau lonjakan arus listrik.

Daftar Harga Nfb Breaker Terbaru

Berikut adalah Daftar Harga NFB (No Fuse Breaker) Terbaru, yang perlu kalian ketahui :

Harga MCCB NFB Breaker EZC250F EZC 250 F 250A 3P SchneiderRp445,000
Harga mccb/breaker nfb schneider EZC100N 3p 100a,80a75a,63a, 18kARp355,000
Harga MCCB NFB breaker Mitsubishi NF-125CW NF125CW NF125-CW 100ARp400,000
Harga MCCB SCHNEIDER NFB Breaker EZC 250F / EZC250F 3P 200A,225A,250ARp490,000
Harga MCCB NFB breaker Mitsubishi NF-250CW NF250CW NF250-CW 150ARp690,000
Harga NO FUSE BREAKER NFB MCCB 3P MITSUBISHI NF30-CS 5A/10A/15A/20A/30ARp188,900
Harga MCCB NFB breaker Mitsubishi NF-125CW NF125CW NF125-CW 125ARp400,000
Harga MCCB / No Fuse Breaker / NFB 30CW 3P 16A - 30A Merk EwigRp195,000
Harga NFB MCCB Breaker NF30CS 10A / 15A / 20A / 30A MitsubishiRp280,000
Harga mccb breaker nfb mitsubishi nf250 cw 250a 3p 3phase nf250-cwRp950,000

Kesimpulan

Sebagai penutup, empatpilar.com telah membahas secara mendalam tentang Pengertian NFB (No Fuse Breaker). NFB adalah alat proteksi listrik yang sangat penting, berfungsi untuk mencegah kerusakan peralatan akibat lonjakan listrik yang tidak normal.

Hal ini membantu meminimalisir risiko kerusakan yang dapat terjadi pada perangkat-perangkat listrik di rumah atau tempat kerja kita.

Sementara itu, harga NFB yang beredar di pasaran sangat beragam, tergantung dari merek dan spesifikasi yang ditawarkan. Meski demikian, jangan terpaku hanya pada harga murah.

Baca Juga :  Ketahui, Perbedaan Amplifier TEF dan Non TEF : Lengkap

Selalu utamakan kualitas dan keamanan penggunaan NFB, karena alat ini berperan penting dalam menjaga kestabilan aliran listrik dan meminimalisir risiko kebakaran atau kerusakan lainnya yang mungkin terjadi.

Akhir kata, semoga artikel mengenai Pengertian NFB (No Fuse Breaker) ini, bisa bermanfaat dan memberikan wawasan baru tentang pentingnya NFB.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca. Selalu jaga keselamatan dan keamanan dalam menggunakan listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *