Penyebab Freezer Kulkas Bocor

Pahami, Penyebab Freezer Kulkas Bocor Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Pahami, Penyebab Freezer Kulkas Bocor Secara Lengkap. Ketika freezer kulkas kalian bocor, itu bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Selain membuat makanan kalian menjadi tidak segar, bocornya freezer juga bisa mengakibatkan pemborosan energi dan bahkan kerusakan pada perangkat itu sendiri. Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan bocornya freezer kulkas? Apakah itu masalah yang kompleks atau ada solusi sederhana untuk mengatasi masalah tersebut?

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi berbagai Penyebab Freezer Kulkas Bocor dan memberikan wawasan tentang langkah-langkah yang dapat kalian ambil untuk memperbaikinya. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mungkin menjadi penyebabnya, kalian dapat mengambil tindakan pencegahan atau perbaikan yang sesuai, menjaga kulkas kalian berfungsi secara optimal dan mencegah kerugian lebih lanjut. Mari kita telusuri penyebab umum dan solusi untuk masalah bocornya freezer kulkas.

Ciri-Ciri Freezer Kulkas Bocor

Beberapa ciri freezer bocor yang patut menjadi perhatian Anda adalah sebagai berikut:

  1. Bahan makanan dan minuman tidak membeku sempurna
    Freezer yang berada dalam kondisi baik tentu dapat membekukan bahan makanan dan minuman dengan sempurna. Jadi, Anda patut lebih cermat bila menemukan ada makanan dan minuman yang terlihat mencair walaupun sudah lama disimpan di freezer.
  2. Ada genangan air di freezer
    Tanda-tanda freezer bocor juga bisa terlihat dari genangan air di dalamnya. Ingatlah bahwa freezer punya kemampuan membekukan sehingga harusnya tidak ada genangan air sekecil apa pun di dalam bagian kulkas tersebut. Genangan air menunjukkan kalau ada es batu yang mencair atau air yang menetes dari bagian dalam dinding freezer.
  3. Kemunculan bau tak sedap
    Ciri khas lainnya yang menunjukkan freezer bocor adalah kemunculan bau tak sedap. Masalah ini terjadi akibat bahan makanan yang disimpan di freezer tidak membeku sempurna, bahkan mencair. Bahan makanan yang mencair dalam kurun waktu tertentu akan membusuk hingga menimbulkan bau tidak sedap.
  4. Freezer jadi tidak dingin
    Kerusakan freezer yang sudah lebih parah bukan cuma membuat makanan di dalamnya jadi mencair. Lebih dari itu, freezer juga akan terasa tidak dingin, bahkan suhunya bisa jadi lebih tinggi daripada kulkas.
  5. Kipas atau dinamo kulkas berputar tanpa henti
    Freezer kulkas berfungsi dengan baik membuat kipas atau dinamo akan berhenti selama beberapa saat bila freezer tersebut sudah mencapai suhu yang diinginkan. Namun, tidak demikian halnya dengan freezer yang rusak. Kerusakan akan membuat freezer gagal mencapai suhu yang sudah Anda atur sehingga membuat kipas atau dinamo kulkas berputar tanpa henti. Gangguan ini bahkan rentan menimbulkan suara bising.
  6. Kompresor kulkas rentan panas dan mati
    Kebocoran freezer menyebabkan kompresor bekerja ekstra keras. Akibatnya, komponen overload atau relay PTC yang berfungsi melindungi kompresor dari peningkatan suhu berlebihan menjadi rentan putus.
  7. Biaya tagihan listrik meningkat drastis
    Kinerja kompresor yang ekstra keras selama freezer rusak dapat berujung pada melonjaknya biaya tagihan listrik. Hal ini terjadi karena kompresor tidak berhenti bekerja sehingga daya listrik yang dikonsumsi kian meningkat.

Penyebab Freezer Kulkas Bocor

Berikut adalah beberapa Penyebab Freezer Kulkas Bocor yang bisa kalian ketahui secara lengkap :

1. Kebocoran Evaporator

Penyebab paling umum yang membuat freezer tidak dingin adalah kebocoran evaporator. Kebocoran tersebut biasanya disebabkan oleh kebiasaan mencungkil es batu pada dinding freezer menggunakan benda-benda tajam, seperti pisau atau garpu. Akibatnya, freon mengalir ke luar sehingga tekanannya berkurang dan gagal mendinginkan freezer dengan sempurna. Kerusakan evaporator yang tidak lekas ditangani dapat membuat air masuk dari sela-sela kebocoran hingga menyebabkan kerusakan fatal.

Baca Juga :  Daftar Kode Remote AC Midea : Terlengkap

2. Gangguan Oli Kompresor dan Filter Kapiler

Kompresor bertugas melakukan sirkulasi refrigerant (freon) pada sistem pendingin kulkas. Selanjutnya, refrigerant akan masuk ke kondensor untuk didinginkan lalu disaring oleh filter. Refrigerant yang sudah disaring kemudian dialirkan dalam pipa kapiler menuju evaporator sebelum kembali lagi ke kompresor. Sirkulasi tersebut akan terus berlangsung selama tidak ada gangguan kebuntuan pada pipa kapiler. Kebuntuan berisiko terjadi akibat gumpalan kotoran yang menyumbat saluran kapiler. Di samping itu, oli kompresor yang bercampur dengan air juga bisa jadi biang keladi penyebab freezer bocor.

Dengan memahami kedua penyebab utama ini, Anda dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat dan memperbaiki masalah tersebut dengan lebih efektif. Menjaga kebersihan dan melakukan perawatan secara teratur pada freezer kulkas dapat membantu mencegah kebocoran dan menjaga kinerjanya dalam kondisi optimal.

Bahaya Freezer Kulkas Bocor

Naha setelah memahami Penyebab Freezer Kulkas Bocor selanjutnya Ketika freezer kulkas kalian bocor, ada beberapa dampak bahaya yang ditimbulkan. Simak dampak bahaya di bawah ini untuk menghindarinya:

1. Terpaparnya Gas Freon

Freon, senyawa alifatik yang terdiri dari hidrogen, klorin, atau bromin, berperan penting dalam sistem pendinginan kulkas. Senyawa ini membantu menghilangkan panas dan menjaga suhu dalam kulkas agar tetap sejuk. Namun, ketika terjadi kebocoran pada sistem, freon dapat menjadi sumber bahaya.

Freon kulkas yang bocor mengeluarkan karbon monoksida, suatu gas beracun bagi manusia. Pernapasan gas ini dapat menyebabkan keracunan freon, yang ditandai dengan iritasi pada mata, telinga, dan tenggorokan. Selain itu, keracunan freon juga dapat mengakibatkan detak jantung tidak teratur dan sakit kepala. Oleh karena itu, mencegah kebocoran freon sangatlah penting, dan menghindari penggunaan benda tajam untuk mengambil es batu dapat menjadi langkah awal yang efektif.

2. Peningkatan Risiko Kontaminasi Bakteri pada Makanan

Penggunaan benda tajam untuk mengambil es batu dalam freezer kulkas dapat menyebabkan kebocoran pada sistem, terutama pada evaporator. Kerusakan ini dapat menghambat pendinginan kulkas, yang pada akhirnya menyebabkan makanan yang disimpan di dalamnya menjadi rentan terkontaminasi bakteri.

Ketika suhu dalam kulkas tidak lagi mencukupi untuk menjaga kesegaran makanan, bakteri berbahaya dapat dengan mudah berkembang biak di dalamnya. Oleh karena itu, ketika kalian menyadari adanya kebocoran pada freezer kulkas, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan makanan dari kulkas dan menyimpannya dalam wadah tertutup untuk mencegah risiko kontaminasi bakteri.

3. Risiko Terjadinya Korsleting Listrik

Salah satu dampak bahaya yang timbul ketika freezer kulkas mengalami kebocoran adalah risiko terjadinya korsleting listrik. Korsleting listrik terjadi ketika air atau cairan lainnya masuk ke dalam bagian mesin kulkas akibat kebocoran tersebut. Ini bisa terjadi karena adanya genangan air di dalam freezer yang bocor atau karena kondensasi air yang bocor ke dalam mesin kulkas.

Ketika air masuk ke dalam mesin kulkas, terutama bagian yang memiliki sumber listrik, seperti kabel-kabel atau komponen elektronik, ada potensi besar untuk terjadinya korsleting listrik. Korsleting listrik dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem listrik kulkas, bahkan dapat menyebabkan kebakaran jika tidak segera ditangani.

Oleh karena itu, jika kalian menemukan bahwa freezer kulkas kalian bocor, sangat penting untuk segera mematikan sumber listrik yang terhubung ke kulkas. Ini adalah langkah pencegahan yang penting untuk mengurangi risiko terjadinya korsleting listrik dan melindungi keselamatan kalian serta perlengkapan rumah tangga kalian. Selain itu, pastikan untuk memanggil teknisi profesional untuk memperbaiki kebocoran secepat mungkin guna mencegah risiko lebih lanjut.

Penutup

Dalam penutup, empatpilar.com telah menjelaskan secara rinci mengenai berbagai penyebab utama dari kebocoran pada freezer kulkas. Dari kebocoran evaporator hingga risiko terjadinya korsleting listrik, setiap penyebab memberikan tantangan tersendiri bagi keberfungsiannya yang optimal.

Dengan demikian, semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penyebab freezer kulkas bocor dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencegahnya. Dengan kesadaran dan tindakan yang tepat, kita dapat menjaga kulkas tetap berfungsi dengan baik dan memastikan keamanan serta kualitas bahan makanan yang tersimpan di dalamnya.

Baca Juga :  Penyebab Kulkas Tidak Bisa Buat Es Batu dan Tips Perawatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *