Penyebab Getaran Pada Indoor AC Split

Penyebab Getaran Pada Indoor AC Split : Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Penyebab Getaran Pada Indoor AC Split : Lengkap. Air conditioner (AC) split adalah salah satu perangkat pendingin udara yang paling umum digunakan dalam lingkungan indoor. Namun, terkadang pengguna dapat mengalami masalah seperti getaran yang tidak diinginkan pada unit indoor AC split mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi penyebab umum dari getaran pada indoor AC split dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan memahami sumber masalah Penyebab Getaran Pada Indoor AC Split, kita dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kinerja AC tetap optimal dan meningkatkan kenyamanan di dalam ruangan.

Indoor AC Split Adalah?

Indoor AC Split adalah bagian dari sistem pendingin udara yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan udara dingin ke dalam ruangan yang ingin didinginkan. Terletak di dalam ruangan tersebut, unit indoor memiliki fungsi utama untuk menarik udara panas dari dalam ruangan. Proses ini dimulai dengan menghisap udara panas dari ruangan melalui intake atau grill yang ada pada unit indoor.

Setelah udara panas masuk ke dalam unit, ia melewati komponen utama yang disebut penukar panas evaporator. Di dalam evaporator, udara panas tersebut bertemu dengan refrigeran yang mengalir di dalam pipa-pipa. Refrigeran ini memiliki sifat yang memungkinkannya menyerap panas dari udara yang melewatinya. Sebagai hasilnya, udara panas di dalam ruangan kehilangan panasnya dan menjadi lebih dingin.

Setelah proses pendinginan terjadi di evaporator, udara yang telah dingin tersebut kemudian dipompa kembali ke dalam ruangan melalui lapisan luar unit indoor. Udara yang keluar dari unit indoor akan lebih dingin daripada udara yang masuk, sehingga menciptakan efek pendinginan yang diinginkan.

Selama proses ini, unit indoor AC split berperan penting dalam mengatur suhu dan kenyamanan ruangan. Ini adalah komponen yang biasanya terlihat di dalam ruangan dan menjadi pusat dari sistem pendingin udara tersebut. Dengan melakukan proses penghisapan udara panas dan pengeluaran udara dingin, unit indoor AC split memainkan peran kunci dalam menciptakan lingkungan ruangan yang nyaman dan sejuk.

Penyebab Getaran Pada Indoor AC Split

Indoor unit merupakan bagian dari ac split yang terletak didalam ruangan oleh sebab itu indoor unit harus bebas dari getaran atau bunyi sehingga tidak menggangu kenyamanan dalam ruangan. Tetapi ada beberapa penyebab kenapa indoor unit ac split bergetar dan berbunyi dan berikut adalah pembahasan mengenai Penyebab Getaran Pada Indoor AC Split:

A. Penyebab Indoor Unit Bergetar

1. Laher/Bearing Motor Fan Pecah/Aus

Salah satu penyebab utama getaran pada indoor unit adalah laher atau bearing pada motor fan yang pecah atau aus. Hal ini menyebabkan putaran menjadi tidak stabil dan menghasilkan getaran. Laher yang pecah atau aus biasanya disebabkan oleh usia unit AC yang sudah lama. Solusinya adalah dengan mengganti laher atau bearing untuk memastikan putaran menjadi halus kembali.

2. Poros Blower Bengkok

Poros blower yang bengkok juga dapat menjadi penyebab getaran pada indoor unit. Ini terjadi ketika poros blower tersangkut oleh bunga es pada evaporator, menyebabkan putaran tidak stabil dan menghasilkan getaran. Perbaikan atau penggantian blower indoor unit diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga :  UPDATE Frekuensi K Vision C Band di Telkom 4 Terbaru

3. Cover Indoor Tidak Terpasang dengan Baik

Terkadang, getaran pada indoor unit disebabkan oleh cover indoor yang tidak terpasang dengan baik. Ketika motor fan berputar, cover indoor unit bergetar karena skrup yang menahannya sudah berkarat atau rusak. Perbaikan atau penggantian skrup dan penempatan kembali cover indoor unit diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

B. Penyebab Indoor Unit Berbunyi

1. Pelumas pada Bearing/Laher Kering

Bunyi berisik pada indoor unit bisa disebabkan oleh pelumas pada bearing atau laher yang sudah kering. Gesekan yang terjadi akibat pelumas yang kering menghasilkan bunyi tidak diinginkan. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan pelumasan atau penggantian bearing atau laher.

2. Gesekan Antara Blower dengan Body Indoor Unit

Bunyi pada indoor unit juga dapat disebabkan oleh gesekan antara blower dengan body indoor unit. Hal ini bisa terjadi jika blower bergeser dari posisi yang seharusnya. Penyesuaian kembali blower ke posisi yang tepat dapat mengurangi atau menghilangkan bunyi tersebut.

Penutup

Dalam artikel ini, empatpilar.com telah membahas beberapa Penyebab Getaran Pada Indoor AC Split. Mulai dari laher atau bearing yang aus hingga poros blower yang bengkok, setiap masalah memiliki solusi yang sesuai untuk menjaga kinerja AC Anda tetap optimal. Dengan memahami penyebab-penyebab tersebut, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi getaran yang mengganggu dan memastikan kenyamanan di dalam ruangan.

Jangan biarkan getaran pada indoor unit mengganggu ketenangan ruangan Anda. Dengan pemeliharaan yang tepat dan penanganan masalah secara efisien, Anda dapat menikmati udara sejuk tanpa gangguan dari getaran yang tidak diinginkan. Ingatlah untuk secara teratur memeriksa dan merawat unit AC Anda agar dapat berfungsi secara optimal dan memberikan kenyamanan yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *