Penyebab Kompresor AC Mati

6 Penyebab Kompresor AC Mati : Cara Mengatasi dengan Mudah

Posted on

Empat Pilar – Penyebab Kompresor AC Mati : Cara Mengatasi dan Solusi Perawatan. Apakah AC Kalian tidak dingin seperti biasa? Apakah Kalian merasa frustrasi karena tidak tahu apa yang harus dilakukan? Kompresor AC mati bisa menjadi penyebab utama ketidaknyamanan di rumah atau kantor Kalian.

Ketika kompresor mati, suhu ruangan tidak lagi dingin dan Kalian mungkin merasa panas dan tidak nyaman.

Namun, jangan khawatir karena dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa penyebab umum dari kompresor AC yang mati dan cara mengatasinya.

Setelah membaca artikel ini, Kalian akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang harus dilakukan ketika AC Kalian tidak dingin.

Fungsi Kompresor pada AC

Secara mendasar, kompresor AC berfungsi utama untuk menjaga perbedaan tekanan dalam sistem agar sirkulasi refrigeran dalam sistem pendingin berjalan lancar.

Fungsi ini dapat dipecah lagi menjadi beberapa fungsi yang lebih spesifik, yaitu:

-Menghisap uap refrigeran dari evaporator.
-Memampatkan uap refrigeran sehingga temperatur dan tekanannya meningkat.
-Mengalirkan refrigeran ke seluruh sistem pendingin secara terus-menerus.
-Mengubah tekanan sehingga refrigeran berpindah dari sisi yang bertekanan tinggi ke bagian yang bertekanan rendah.

Bagian-bagian Kompresor AC

Untuk menjalankan fungsi kompresor AC dengan optimal, komponen ini dirancang dengan terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi yang berbeda-beda, yaitu:

  • Katup Isap: berfungsi untuk memasukkan gas refrigeran ke dalam silinder (ruang torak) dan terbuat dari baja khusus yang disebut compressor valve steel.
  • Katup Buang: berfungsi untuk mengeluarkan gas dari silinder (ruang torak) dan terbuat dari bahan yang sama seperti katup isap.
  • Katup Servis: digunakan untuk melakukan uji coba pada kompresor dan memperbaiki kerja sistem pendingin.
  • Reservoir (Bak Penampungan): berfungsi sebagai tempat penampung minyak untuk melumasi seluruh bagian kompresor.

Penyebab Kompresor AC Mati

Terdapat berbagai macam kerusakan yang mungkin sering dialami oleh pengguna AC, seperti pipa AC bocor, kompresor rusak, atau bahkan AC tidak mau menyala alias mati.
Masalah-masalah tersebut seringkali menghalangi pengguna untuk menikmati udara segar yang dihasilkan oleh AC, sehingga perlu dilakukan perbaikan agar AC bisa digunakan kembali.

Namun, sebelum melakukan perbaikan, penting untuk mengetahui penyebab kerusakan tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan penyebab kompresor AC mati, yang memiliki peran penting sebagai pemompa freon dan menyalurkannya ke seluruh sistem.
Matinya kompresor AC dapat menyebabkan sistem kerja AC bermasalah. Oleh karena itu, kenali penyebab matinya kompresor AC sebelum memulai perbaikan.

Penyebab matinya kompresor AC bisa bermacam-macam, tidak hanya satu atau dua masalah saja, melainkan ada cukup banyak dan berbeda masalahnya.

Berikut adalah beberapa penjelasan Penyebab Kompresor AC Mati :

1. Freon Habis

Salah satu penyebab utama matinya kompresor AC adalah karena freon dalam AC telah berkurang atau bahkan habis. Tidak hanya membuat AC tidak dingin, kehabisan freon juga bisa menyebabkan kompresor mati.

2. Kapasitor Melemah

Kapasitor merupakan salah satu komponen penting dalam AC yang membantu kerja kompresor. Jika kapasitor sudah mulai melemah karena umur pemakaian, hal ini juga bisa menjadi penyebab matinya kompresor AC.

3. Kondisi AC Terlalu Kotor

Kotoran pada AC juga bisa menjadi penyebab kerusakan atau matinya kompresor. Oleh karena itu, penting untuk rajin membersihkan dan melakukan servis AC.

4. Thermisator AC Rusak

Thermisator merupakan komponen elektronik pada AC yang berfungsi sebagai sensor pengukur suhu. Jika thermisator bermasalah, maka ini bisa menjadi salah satu penyebab matinya kompresor AC. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui hal ini.

5. Voltase/Tegangan Tidak Stabil

Penyebab lain yang sering terjadi adalah karena adanya tegangan listrik yang tidak stabil. Ini bisa disebabkan oleh masalah pada kabel atau sumber listrik yang digunakan.

Baca Juga :  Cara Bongkar Mesin Cuci 2 Tabung : Semua Merk Lengkap

6. Faktor Usia

Faktor usia AC juga bisa menjadi penyebab matinya kompresor. Seiring berjalannya waktu, komponen-komponen di dalam AC mulai mengalami kerusakan atau tidak bekerja secara optimal. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi.

Cara Mengatasi Kompresor AC Mati

Cara Mengatasi Kompresor AC Mati

Penyebab Kompresor AC Mati, bagaimana cara mengatasi kompresor AC yang mati? Setelah mengetahui penyebab-penyebab di atas, cara mengatasinya akan menjadi lebih mudah karena kita bisa langsung mengecek komponen yang bermasalah.

Jika kompresor mati karena kehabisan freon, maka kita hanya perlu mengisi ulang freon-nya. Sedangkan jika mati karena kerusakan pada thermisator, kapasitor, atau arus voltase, kita hanya perlu menggantinya dengan komponen baru.

Meskipun sebenarnya memperbaiki kompresor AC yang mati sendiri sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri, namun jika kurang yakin atau kurang paham, kita bisa memanggil tukang service AC yang berpengalaman untuk membantu memperbaiki AC kita.

Cara Kerja Kompresor AC Berdasarkan Jenisnya

Penyebab Kompresor AC Mati, kompresor yang biasa digunakan pada mesin AC terdiri dari 2 jenis, yaitu kompresor bolak-balik dan kompresor rotary.

Keduanya memiliki cara kerja yang berbeda seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Cara Kerja Kompresor Bolak-Balik

Pada kompresor bolak-balik, torak bergerak maju mundur di dalam silindernya dengan panjang langkah yang sama dengan diameter silinder. Gerakan ini terjadi karena poros engkol yang menerima gerakan dari motor listrik. Berikut adalah cara kerjanya:

  • Ketika torak bergerak menjauhi katup, tekanan di dalam kompresor akan berkurang.
  • Tekanan di dalam kompresor yang lebih rendah daripada saluran isap akan membuat refrigeran masuk ke dalam kompresor.
  • Ketika torak mendekati katup, tekanan di dalam kompresor naik sehingga katup isap menutup dan katup buang terbuka. Uap refrigeran kemudian mengalir ke saluran tekan luar.

2. Cara Kerja Kompresor Rotary

Fungsi kompresor AC jenis rotary tidak berbeda jauh dengan kompresor bolak-balik. Namun, cara kerja kompresor rotary sedikit berbeda.

Pada kompresor ini, proses pemadatan (kompresi) uap refrigeran dilakukan oleh bagian yang berbentuk peluru atau roller.

Kompresor ini juga memiliki bola yang berputar pada sumbu yang sejajar dengan sumbu pada ruang pompa.

Meskipun kompresor AC berfungsi penting, namun dapat mengalami kerusakan karena berbagai sebab.

Dengan memahami fungsi dan cara kerja kompresor AC, kita bisa menyadari bahwa kompresor merupakan salah satu komponen AC yang sering mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, jika Anda menjual kompresor AC, penting untuk memiliki stok yang memadai karena kompresor AC banyak dicari oleh pelanggan. Anda dapat membeli stok kompresor AC dari toko spare part AC terpercaya.

Tips Merawat Kompresor AC Agar Awet dan Tahan Lama

Setelah mengetahui Penyebab Kompresor AC Mati, sudah tahukah Kalian tentang peran penting kompresor dalam AC? Karena kompresor tersebut mahal dan berharga, maka perlu dirawat dengan baik.

Biasanya kompresor dapat bertahan hingga 10-15 tahun jika dirawat dengan benar. Pastikan untuk menjaga kebersihan unit luar (outdoor) agar kompresor tetap berfungsi dengan baik.

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk merawat kompresor AC:

1. Lakukan pemeriksaan pada unit luar AC setiap bulannya.

Pastikan tidak ada ranting, semak, pagar atau benda lain yang menutupi unit luar AC. Hindari menutup unit luar AC dengan apapun karena hal tersebut dapat mengganggu proses pertukaran udara panas dan dingin.

Jika unit luar tertutup, kompresor dapat mengalami overheating atau panas berlebihan dan menjadi mudah rusak.

2. Periksa refrigeran atau freon Kalian.

Jika cairan refrigeran kurang, kompresor akan bekerja lebih keras dan mempercepat kerusakannya.

Beberapa tanda-tanda refrigeran kurang meliputi AC tidak mendinginkan ruangan, tagihan listrik naik, adanya es pada gulungan pendingin, atau suara bising yang keluar dari saluran pendingin.

Kesimpulannya, perawatan rutin perlu dilakukan untuk menjaga AC dan semua komponennya tetap dalam kondisi prima.

Kesimpulan

Nah demikin kesimpulan dari empatpilar.com, terdapat beberapa Penyebab Kompresor AC Mati, seperti kehabisan freon, kapasitor melemah, kondisi AC terlalu kotor, thermisator AC rusak, tegangan tidak stabil, dan faktor usia.

Baca Juga :  Penyebab Ampere Kompresor AC Tinggi dan Cara Perbaikannya

Namun, dengan melakukan perawatan rutin, kita bisa mencegah kerusakan pada kompresor AC.

Jika kompresor AC mati, ada beberapa cara untuk mengatasinya tergantung pada penyebabnya.

Jika kompresor mati karena kehabisan freon, kita hanya perlu mengisi ulang freon-nya. Sedangkan jika mati karena kerusakan pada kapasitor, thermisator, atau tegangan, kita hanya perlu menggantinya dengan komponen baru.

Dengan memahami fungsi dan cara kerja kompresor AC serta melakukan perawatan rutin, kita dapat memperpanjang umur kompresor AC dan menjaga AC dalam kondisi prima.

Jangan lupa untuk membeli stok kompresor AC dari toko spare part AC terpercaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/penyebab-kompresor-ac-mati/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *