Antena TV Yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan

10 Antena TV Yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan Atau Terpencil

Posted on

Empat Pilar – 8 Antena TV Yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan Atau Terpencil. Antena TV yang bagus sangat penting untuk menikmati siaran TV yang jernih dan tajam. Namun, memilih antena TV yang sesuai untuk daerah pegunungan bisa menjadi tugas yang menantang.

Daerah pegunungan seringkali memiliki sinyal TV yang lemah dan sulit dijangkau. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan rekomendasi untuk memilih antena TV yang bagus untuk daerah pegunungan.

Pengertian Antenna TV

Antenna TV adalah jaringan televisi terestrial Amerika Serikat yang dimiliki oleh Tribune Broadcasting anak perusahaan dari Tribune Company yang berbasis di Chicago, yang (sejak 1 November, 2013) juga memegang kepemilikan saham 50% di sesama jaringan multicast This TV.

Jaringan menyiarkan serial televisi klasik dari tahun 1950 hingga tahun 1990-an dan beberapa film, dengan sebagian besar program jaringan yang berasal dari perpustakaan Sony Pictures Entertainment, bersama dengan beberapa acara dari Universal Studios dan perpustakaan pasca-1986 Metro-Goldwyn-Mayer.

Jaringan ini tersedia di banyak media market via digital subchannel dari stasiun siaran televisi over-the-air, dan melalui penyedia televisi kabel melalui afiliasi lokal dari jaringan. Antenna TV mengudara 24 jam sehari dalam resolusi gambar 480i standar.

Antena TV yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan

Saatnya Kalian menyimak informasi mengenai beberapa rekomendasi jenis antena yang cocok dipasang di daerah terpencil yang jauh dari pemancar atau daerah pegunungan :

1. Antena Toyosaki tipe AIO220

Antena Toyosaki semakin banyak digunakan oleh pengguna TV digital. Meskipun dirancang khusus untuk TV digital, antena ini juga dapat digunakan untuk TV analog.

Antena Toyosaki AIO220 beroperasi pada frekuensi UHF mulai dari 70MHz hingga 860MHz. Antena ini sangat cocok digunakan untuk menerima siaran TV UHF yang ada di Indonesia, baik yang digital maupun analog.

Meskipun antena ini tidak memiliki banyak elemen konduktor sebagai penerima sinyal RF TV, Anda tidak perlu khawatir.

Antena berbentuk kotak ini sudah dilengkapi dengan penguat sinyal UHF (booster), sehingga meskipun tidak memiliki banyak elemen konduktor, daya tangkapnya cukup baik.

Harga antena Toyosaki AIO220 ini adalah Rp.135.000.

2. Antena Nagoya remot 850

Admin merekomendasikan antena Nagoya Remot 850 yang dapat berputar 360 derajat. Dengan memutar arah antena, Anda bisa mendapatkan posisi yang tepat untuk menerima sinyal dengan maksimal.

Antena Nagoya Remot 850 ini dilengkapi dengan booster sebagai penguat sinyal RF yang terletak pada antena. Hal ini sama seperti antena Toyosaki 220.

Harga antena Nagoya Remot 850 ini adalah Rp.162.000.

3. Antena Arashi 1003

Antena TV yang cocok untuk daerah pegunungan selanjutnya adalah Arashi 1003. Antena ini dapat digunakan di dalam atau di luar ruangan.

Desainnya kuat dan tahan cuaca sehingga cocok dipasang di luar ruangan yang terkena panas dan hujan. Selain itu, antena ini juga dilengkapi dengan built-in booster RF amplifier yang dapat meningkatkan sinyal yang lemah.

Harga antena Arashi 1003 ini adalah Rp.130.000.

4. Antena Intra INT 555DGT

Ini adalah termasuk jenis antena YAGI yang memiliki elemen konduktor penerima sinyal yang lumayan banyak, sehingga dapat meningkatkan gain sinyal.

Kelebihan lainnya dari antena ini adalah bisa diputar menggunakan remot. Ini sangat cocok digunakan untuk daerah pegunungan agar dapat mencari arah antena yang tepat.

Baca Juga :  Perbandingan AC Aqua dan AC Midea : Pahami Sebelum Membeli

Harga : Rp.140.000

5. Antena Sanex WA-950TG

Antena YAGI rekomendasi selanjutnya adalah Sanex WA-950TG. Antena ini memiliki kualitas yang sama dengan jenis antena sebelumnya yang dapat meningkatkan sinyal UHF hingga 15dB.

Antena Sanex ini dilengkapi dengan teknologi remot untuk memutar arah antena. Selain itu, antena ini sudah dilengkapi dengan penguat sinyal yang terletak pada bagian atas antena dan menyatu dengan dinamo.

Harga antena Sanex WA-950TG ini adalah Rp.100.000.

6. Antena PX DA 5120

Ini adalah jenis antena indoor / outdoor yang dilengkapi dengan booster untuk meningkatkan sinyal TV UHF. Antena ini cocok digunakan untuk TV digital maupun TV analog.

Dengan kemampuan penguatan sinyal oleh booster di dalamnya, antena ini sangat cocok digunakan di daerah yang kesulitan menerima siaran TV, seperti di pegunungan atau daerah terpencil.

Harga antena ini adalah Rp.132.000.

7. Antena PF HD-U25

Antena ini memiliki desain antena YAGI dengan banyak elemen director dan reflektor. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya penerimaan sinyal RF pemancar televisi.

Meskipun tidak dilengkapi dengan booster, daya penguatan yang dapat dilakukan oleh antena ini cukup besar. Jika ingin hasil yang lebih baik, Anda bisa membeli booster penguat sinyal secara terpisah.

Harga antena ini adalah Rp.165.000.

8. Antena AOKI AT3000

Antena AOKI ini seringa digunakan untuk menerima siaran tv digital indoor. Akan tetapi, Kalian dapat menggunakan antena ini untuk outdoor agar daya tangkapnya menjadi lebih baik.

Dilengkapi dengan RF amplifier yang tertanan di dalam body antena berbentuk kotak hitam, AOKI AT3000 ini cocok digunakan untuk lokasi yang ada di daerah pegunungan.

Harga : Rp.108.000

Cara Memilih Antena TV yang Bagus Untuk Daerah Pengunungan

Antena TV Yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan, karena memiliki karakteristik dataran dan alam yang tidak sama dengan daerah di perkotaan atau dataran rendah, bagi Kalian yang tinggal di daerah pegunungan mesti memilih antena tv yang cocok untuk daerah Kalian.

Berikut adalah ciri-ciri antena TV yang bagus untuk daerah pegunungan:

1. Jenis antena Yagi dengan banyak elemen

Antena Yagi merupakan jenis antena penerima sinyal TV analog dan digital yang banyak digunakan.
Hal ini karena antena ini memiliki sifat yang satu arah sehingga dapat menguatkan sinyal TV dengan maksimal.

Ciri antena Yagi umumnya terdiri dari beberapa elemen antena, yaitu director, driver, dan reflektor.
Untuk hasil terbaik, sebaiknya pilih antena Yagi dengan jumlah elemen antena director yang banyak, karena ini akan memberikan daya penguatan sinyal yang baik.

2. Elemen alumunium tebal dan berkualitas

Logam alumunium umumnya digunakan untuk membuat antena penerima. Selain ringan, alumunium memiliki karakteristik yang baik sebagai konduktor sinyal RF.

Pilihlah antena TV yang terbuat dari alumunium berkualitas dan tebal sehingga dapat bertahan lama dan tidak mudah berkarat.

3. Pilih jenis antena outdoor

Bagi yang tinggal di daerah pegunungan atau bukit, sebaiknya gunakan jenis antena outdoor untuk hasil penerimaan sinyal TV yang maksimal. Hindari menggunakan antena indoor karena akan kesulitan untuk mendapatkan sinyal TV.

4. Dilengkapi booster

Pilih antena TV yang sudah dilengkapi dengan booster penguat sinyal untuk daerah yang sulit menerima sinyal. Beberapa jenis antena TV sudah dilengkapi dengan built-in booster sehingga tidak perlu membeli booster tambahan.

5. Pasang antena lebih tinggi

Untuk mengatasi kendala kesulitan menerima sinyal di daerah pegunungan, pasang antena TV menggunakan tiang yang tinggi. Semakin tinggi posisi pemasangan antena TV, semakin mudah untuk menerima gelombang TV.

Kesimpulan

Dalam mencari antena TV yang bagus untuk daerah pegunungan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti jenis antena, kekuatan sinyal yang dibutuhkan, dan juga kecocokan antena dengan televisi yang digunakan.

Namun, apapun pilihan antena TV yang Kalian gunakan, pastikan untuk memperhatikan kondisi cuaca dan juga arah antena yang diarahkan ke pemancar televisi.

Hal ini akan membantu Kalian mendapatkan sinyal TV yang lebih stabil dan jernih, meskipun berada di daerah pegunungan.

Baca Juga :  Tabel Tekanan Freon R32 : Terbaru Saat Ini

Dengan memilih antena TV yang tepat dan juga mengoptimalkan penggunaannya, menonton televisi di daerah pegunungan pun menjadi lebih menyenangkan dan menghibur.

Semoga informasi dari empatpilar.com ini bermanfaat bagi Kalian yang sedang mencari antena TV yang bagus untuk daerah pegunungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *