Perbedaan Internet dan World Wide Web (www)

Perbedaan Internet dan World Wide Web (www) : Pembahasan Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Perbedaan Internet dan World Wide Web (www) : Pembahasan Lengkap. Artikel ini akan mengupas tuntas mengenai Perbedaan Internet dan World Wide Web (www), sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan umum mengenai kedua istilah ini.

Seringkali, kita mendengar istilah “Internet” dan “World Wide Web” atau “www” digunakan secara bergantian. Namun, apakah keduanya memang sama? Tidak. Ada perbedaan mendasar antara kedua istilah tersebut.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas mengenai Perbedaan Internet dan World Wide Web (www), sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan umum mengenai kedua istilah ini.

A. Pengertian Internet

Internet adalah suatu jaringan komunikasi global yang menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia.

Jaringan ini, yang dikenal juga sebagai Interconnected Network, memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi dan berkomunikasi dari mana saja dan dengan siapa saja.

Internet juga bisa diartikan sebagai Jaringan Internasional, di mana berbagai jenis komputer di seluruh dunia dapat terhubung menggunakan berbagai jenis komunikasi, seperti telepon, satelit, dan sebagainya.

Dengan demikian, internet merupakan konsep jaringan yang sangat luas dan dapat digunakan secara internasional, melibatkan berbagai jenis komputer dan topologi jaringan yang berbeda.

Untuk mengatur, mengintegrasikan, dan mengkomunikasikan jaringan ini, digunakan Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat sebagai TCP/IP), yang merupakan protokol pertukaran paket (Switching Communication Protocol) yang dapat digunakan oleh miliaran pengguna di seluruh dunia.

Selain itu, istilah internetworking mengacu pada cara atau proses menghubungkan rangkaian internet beserta penerapan aturan yang terkait.

Fungsi Internet

Pada prinsipnya, jaringan internet memiliki beberapa fungsi penting yang sangat dibutuhkan oleh manusia, sebagai berikut:

1. Sebagai sarana komunikasi

Penggunaan internet sebagai sarana komunikasi yang luas dapat dilihat dari kemunculan berbagai situs media sosial, aplikasi perpesanan, dan lainnya yang memudahkan orang untuk berkomunikasi.

2. Sebagai sarana akses informasi

Era internet juga dikenal sebagai era keterbukaan, yang memungkinkan akses mudah terhadap berbagai informasi yang dibutuhkan.

Dengan internet, setiap informasi yang diinginkan dapat ditemukan dengan mudah.

3. Sebagai sarana pertukaran sumber daya

Banyak orang ingin berbagi sumber daya dan data dengan orang lain di seluruh dunia, dan internet memudahkan hal tersebut.

Beberapa jenis data atau sumber daya yang sering dibagikan melalui internet antara lain jurnal, tulisan, makalah, video, foto, desain, dan sebagainya.

4. Sebagai sarana akses berita

Dengan adanya berbagai situs berita online dan media online, perkembangan terbaru dapat dengan mudah diketahui.

B. Pengertian World Wide Web (www)

WWW (World Wide Web) adalah kumpulan sumber daya internet, seperti FTP, telnet, dan Usenet, yang mencakup teks hyperlink, file audio, video, dan situs jarak jauh.

Sumber daya ini dapat diakses dan dicari oleh browser menggunakan standar seperti HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan TCP/IP.

World Wide Web, yang sering disebut sebagai website, adalah kepanjangan dari WWW yang digunakan secara umum oleh banyak orang.

Pada tahun 1989, Tim Berners-Lee, seorang fisikawan Inggris yang bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa, menemukan WWW.

Dalam sejarah World Wide Web, WWW sering disebut sebagai protokol dalam sebuah URL (Uniform Resource Locator).

Perlu diketahui bahwa WWW dan internet adalah dua istilah yang berbeda, tetapi kehadiran internet sangat penting agar WWW dapat berfungsi dengan baik.

Anda dapat mengakses konten situs web melalui internet menggunakan perangkat seperti komputer, laptop, atau ponsel melalui WWW.

Secara keseluruhan, WWW adalah sebuah semesta informasi yang mencakup situs-situs berbasis teks, media interaktif, dan konten lainnya.

Fungsi World Wide Web (WWW)

World Wide Web (WWW) memiliki beberapa fungsi penting selain sebagai pencarian data dan informasi. Berikut adalah beberapa fungsi WWW:

1. Layanan Surel Web

Salah satu fungsi WWW adalah sebagai layanan surel web yang memungkinkan pengguna untuk mengirim, menerima, dan membaca surel melalui peramban web.

Baca Juga :  Ketahui, Perbedaan Internet dan Ethernet : Pengertian dan Fungsi Masing-Masing

Pengguna hanya perlu memasukkan URL situs surel web ke bilah alamat atau lokasi peramban, lalu menggunakan akun surel dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi.

Layanan surel web ini memberikan akses mudah dan penyimpanan pesan surel bagi pengguna yang tidak terhubung ke internet dari lokasi biasanya.

Beberapa layanan surel web populer antara lain Yahoo! Mail, Gmail, Hotmail, dan sebagainya.

2. Mesin Pencari

Fungsi lain dari WWW adalah memfasilitasi mesin pencari untuk mengindeks semua situs web yang ada di dunia.

Mesin pencari adalah program yang dirancang untuk memungkinkan pengguna mencari informasi atau konten di World Wide Web.

3. Hosting Web

WWW juga berfungsi sebagai hosting web, memungkinkan organisasi dan individu untuk mempublikasikan situs web atau halaman web ke internet.

Hosting web adalah tempat penyimpanan database sebuah situs web. Artinya, situs web hanya dapat diakses jika domain situs web tersebut terhubung dengan hosting web.

4. Portal

Fungsi lain dari WWW adalah sebagai portal. Portal adalah lokasi pribadi di internet yang berfungsi sebagai titik akses ke informasi yang telah tersedia di World Wide Web.

Dengan demikian, World Wide Web memiliki peran yang penting dalam menyediakan berbagai layanan seperti surel web, mesin pencari, hosting web, dan portal untuk memudahkan akses dan penyebaran informasi di internet.

Perbedaan Kunci Antara Internet dan WWW

Sebelum kami membahas secara lengkap mengenai Perbedaan Internet dan World Wide Web (www), ada baiknya kalian cermati terlebih dahulu Perbedaan Kunci Antara Internet dan WWW, simak di bawah ini :

InternetWWW
Internet memungkinkan Anda menghubungkan komputer Anda ke komputer lain mana pun di planet ini.World Wide Web adalah kumpulan informasi yang dapat diakses melalui Internet.
Internet adalah jaringan seluruh dunia dari jaringan komputer yang saling terhubung yang menghubungkan perangkat menggunakan protokol TCP/IP.World Wide Web mengacu pada materi online berformat HTML yang dapat diakses menggunakan protokol HTTP.
Internet dapat dibandingkan dengan toko buku besar.Web dapat dianggap sebagai toko dengan koleksi buku.
Internet adalah superset dari WWW.World Wide Web adalah bagian dari Internet.
Ini pertama kali muncul pada akhir 1960-an.Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan Inggris, menciptakan World Wide Web pada tahun 1989.
Internet sebagian besar didasarkan pada perangkat keras.Dibandingkan dengan Internet, WWW lebih berorientasi perangkat lunak.

Perbedaan Internet dan World Wide Web (www)

Mari kita lihat Perbedaan Internet dan World Wide Web (www) dalam beberapa poin yang sudah kami rangkum di bawah ini :

DasarWWWInternet
DefinisiIni adalah kumpulan halaman web yang terdiri dari potongan-potongan informasiIni adalah jaringan jaringan global yang memfasilitasi kerja www.
Umumnya dikenal sebagaiHal ini umumnya dikenal sebagai webHal ini umumnya dikenal sebagai bersih
Protokolwww menggunakan HTTP sebagai protokolnyaInternet memiliki protokol internet (IP) untuk fungsinya
AlamItu dianggap berorientasi perangkat lunakItu dianggap sebagai perangkat keras dengan infrastruktur fisik
BerasalItu ditemukan pada tahun 1989 oleh Tim Berners Lee. Itu dibangun oleh fisikawan penelitian untuk berbagi temuan penelitian mereka di antara rekan-rekan merekaItu ditemukan pada tahun 1960 selama percobaan oleh militer AS untuk tetap berhubungan jika terjadi serangan nuklir.
KoneksiIni menghubungkan orang-orang di seluruh duniaIni menghubungkan komputer dan perangkat lain
KetergantunganItu tergantung pada internet untuk menjalankan fungsinyaItu tidak tergantung pada WWW dan memiliki fungsinya sendiri
Versi pertamaVersi pertama adalah NSFNETVersi pertama yang dibentuk adalah Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET)
Pengguna/Situs WebAda lebih dari 1,8 miliar situs web di internet. Angka-angka ini berubah secara teraturAda sekitar 4,66 miliar pengguna internet. Angka-angka ini dapat berubah karena jumlah pengguna bertambah atau

Kesimpulan

Dalam penutup artikel ini, empatpilar.com telah membahas secara lengkap perbedaan Internet dan World Wide Web (WWW).

Meskipun sering digunakan secara bergantian, kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda. Internet adalah jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia, sedangkan World Wide Web adalah sistem informasi yang memungkinkan kita mengakses dan berbagi informasi melalui Internet.

Baca Juga :  Daftar Paket Nelpon Telkomsel 20000/Bulan : Untuk Semua Operator

Kita telah menggali lebih dalam mengenai sejarah, konsep dasar, dan teknologi yang melandasi Internet dan WWW.

Dengan memahami perbedaan ini, kita dapat lebih menghargai bagaimana kemajuan teknologi telah membantu menciptakan dunia yang terhubung dan memperkaya pengetahuan kita tentang cara kerja dunia digital.

Semoga pembahasan lengkap mengenai Perbedaan Internet dan World Wide Web (www) ini, memberikan pemahaman yang jelas tentang perbedaan antara Internet dan World Wide Web, serta meningkatkan apresiasi kita terhadap kemajuan teknologi yang memungkinkan kita untuk terhubung, berkomunikasi, dan berbagi informasi dengan cara yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *