Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Website

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Website : Pahami dengan Baik

Posted on

Empat Pilar – Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Website : Pahami dengan Baik. Pahami pengertian, fungsi, dan cara kerja website, serta pentingnya memahami dasar-dasar internet dan cara menggunakan website dengan cerdas.

Mari kita mulai petualangan kita ke dunia digital dengan menggali lebih dalam tentang “Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Website”.

Dalam artikel yang penuh warna ini, kita akan membahas tiga aspek penting dari sebuah website, yaitu pengertian, fungsi, dan cara kerjanya.

Tidak hanya itu, kita juga akan mengeksplorasi berbagai fitur menarik yang dapat ditemukan dalam sebuah website, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul tentang topik ini. So, are you ready? Ayo kita mulai!

Pengertian Website

Pengertian Website

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Website. Definisi website dalam bahasa Indonesia adalah sebuah situs web, yang artinya sebuah situs atau ‘lokasi’ di web. Website terdiri dari beberapa halaman web yang saling terkait di bawah sebuah nama domain, biasanya berisi konten seperti teks, video, gambar, audio, dan sebagainya.

Halaman-halaman yang biasanya ada di dalam sebuah website adalah homepage atau halaman utama yang akan muncul pertama kali saat Kalian mengakses nama domain website. Dari sini, Kalian dapat menjelajahi halaman web lainnya, seperti halaman produk atau jasa untuk e-commerce, halaman kontak, dukungan, dan lainnya.

Setiap website dibuat untuk tujuan tertentu, seperti menjadi wajah sebuah brand atau bisnis, media berita, hiburan, toko online, sarana pendidikan, dan media sosial.

Untuk mengunjungi website, Kalian membutuhkan perangkat seperti smartphone atau komputer, link URL (Uniform Resource Locator) alamat website atau nama domainnya, koneksi internet, dan aplikasi web browser.

Fungsi Website untuk Kalian Ketahui

Selanjutnya masih membahas Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Website. Secara umum, website berfungsi sebagai sarana informasi terkini untuk dibaca oleh pengguna internet (netizen). Namun selain itu, terdapat fungsi website lain yang tak kalah penting, seperti:

1. Membangun Branding Bisnis

Salah satu fungsi utama dari website adalah membangun branding. Branding adalah aktivitas untuk mempromosikan atau memasarkan sebuah merk bisnis.

Di era digital saat ini, situs web adalah sarana yang tepat untuk memperkenalkan bisnis kepada khalayak luas. Dengan memiliki website, pemilik bisnis dapat lebih mudah menampilkan profil bisnis, visi misi, serta produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Menyediakan Informasi Produk dan Jasa

Fungsi website selanjutnya adalah sebagai sarana untuk menyediakan informasi yang lengkap dan detail tentang bisnis, produk, atau jasa yang ditawarkan.

Informasi yang tersedia di website dapat membantu calon pelanggan dalam mengenal lebih dalam tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Dengan menyajikan informasi yang jelas dan terperinci pada halaman web, akan membantu meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap merk atau bisnis Kalian.

Sehingga, mereka dapat memutuskan untuk melakukan pembelian atau memanfaatkan jasa yang ditawarkan dengan lebih percaya diri.

3. Menjual Produk atau Jasa secara Online

Fungsi website selanjutnya adalah sebagai platform untuk menjual barang atau jasa secara online. Di era digital saat ini, banyak pelanggan yang lebih memilih membeli produk secara online karena lebih mudah, cepat, dan praktis.

Dengan membuat website toko online, Kalian sebagai pemilik bisnis dapat membuka akses bagi pelanggan untuk membeli barang kapan saja dan dari mana saja.

Pelanggan dapat melakukan transaksi dengan lebih mudah dan nyaman, sehingga dapat meningkatkan penjualan bisnis Kalian.

4. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Fungsi lain dari website adalah untuk membantu meningkatkan keterlibatan atau engagement pelanggan. Engagement merujuk pada interaksi audiens dengan bisnis Kalian dalam ranah online, seperti di media sosial atau website.

Dengan memanfaatkan teknologi interaktif seperti blog, forum, dan live chat, pengunjung dapat berinteraksi dengan pengelola bisnis maupun pengguna lainnya.

Hal ini akan membantu meningkatkan engagement dan menciptakan hubungan yang lebih dekat antara pelanggan dan bisnis Kalian.

5. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Manfaat website terakhir adalah untuk membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dengan menyediakan informasi yang lengkap, mudah diakses, dan dapat dipercaya, website akan meningkatkan citra bisnis dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Dalam jangka panjang, hal ini akan membawa keuntungan bagi bisnis, baik itu dalam hal loyalitas pelanggan maupun peningkatan omzet bisnis.

Dengan memiliki website yang terpercaya dan memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan, bisnis Kalian dapat memperoleh kepercayaan dan reputasi yang baik di mata pelanggan, sehingga pelanggan akan semakin loyal dan memilih untuk membeli produk atau menggunakan jasa bisnis Kalian.

Baca Juga :  Kelebihan Dan Kekurangan Iconnet PLN, Harga Paket Terbarunya

Cara Kerja Website

Yuk lanjutkan pembahasan Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Website. Penjelasan untuk gambar cara kerja web di atas adalah pengguna atau USER akan mengakses sebuah website melalui URL menggunakan Web Browser sebagai media untuk mencapai URL yang diakses.

Setelah itu, Web Browser akan mengirimkan permintaan dalam bentuk HTTP request kepada Web Server melalui layer-layer TCP/IP. Kemudian, Web Server akan memberikan Web files yang diminta jika ada.

Web files yang diberikan tidak langsung ditampilkan/didisplay, melainkan Web Server memberikan respon kembali ke Web Browser melalui HTTP response yang juga melalui layer-layer TCP/IP.

Setelah itu, baru diterima oleh Web Browser dan dikirimkan kepada pengguna atau USER dalam bentuk Display.

Secara umum, cara kerja website adalah sebagai berikut:

  • Informasi yang ada di website disimpan dalam bentuk dokumen halaman web (web page).
  • Halaman web tersebut disimpan di server komputer web.
  • Sementara itu, di pihak pengguna atau pemakai ada komputer yang bertindak sebagai client yang dilengkapi dengan program untuk membaca halaman web yang ada di server web (browser).
  • Browser membaca halaman web yang ada di server web.

Ada 2 bagian utama dalam aplikasi web, yaitu sisi client dan sisi server. Sisi client adalah komputer atau perangkat mobile yang terhubung ke jaringan internet.

Client dapat mengakses aplikasi web melalui web browser, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, dan web browser lainnya.

Sementara itu, server adalah perangkat komputer dengan spesifikasi yang bagus dan digunakan untuk menyimpan aplikasi web beserta database server yang siap untuk diakses oleh client.

Client bertugas meminta halaman web melalui web browser, dan web browser akan meneruskannya ke server di mana aplikasi web berada. Kemudian, komputer server akan mengolah permintaan dari client.

Apabila halaman web yang diminta ditemukan, komputer server akan mengirimkannya ke komputer client dan halaman web yang diminta akan ditampilkan di web browser pada komputer client.

Jenis-Jenis Website

Setelah memahami Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Website, selanjutnya terdapat beberapa jenis website yang dapat ditemukan, antara lain:

  • Company Profile
  • Toko Online
  • Blog
  • Web Portal
  • Mesin Pencari (Search Engine)
  • Forum
  • Media Sosial, dan lain-lain.

Jenis-jenis website baru terus bermunculan seiring dengan kebutuhan manusia, seperti Media Sharing (Youtube, Imageshack), Cloud (Google Drive, Dropbox), Web Application, dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan ini, kami akan membahas beberapa jenis website yang paling umum, yaitu website pribadi, company profile, toko online, dan blog.

1. Website Pribadi

Saat ini tersedia berbagai layanan yang dapat digunakan untuk membuat website pribadi, mulai dari yang gratis hingga layanan berbayar.

Untuk layanan gratis, Kalian harus bersedia menggunakan alamat website seperti www.namawebsite.blogspot.com.

Namun, biasanya penyedia layanan website gratis akan memberikan resource terbatas sehingga alamat website seperti contoh di atas tidak disarankan jika Kalian ingin memiliki konten lengkap seperti video dan gambar dalam jumlah banyak.

Kami menyarankan untuk membuat website melalui layanan penyedia domain dan hosting seperti Jetorbit agar alamat website Kalian sulit bersaing di mesin pencari dan dapat memiliki konten lengkap tanpa adanya batasan resource.

2. Website Company Profile

Website Company Profile adalah website yang berisi informasi tentang sebuah perusahaan. Website ini bertujuan untuk menampilkan profil perusahaan guna membangun kredibilitas di dunia maya.

Melalui website Company Profile, Kalian dapat membangun citra bisnis yang diinginkan dan ingin ditunjukkan kepada dunia karena website Company Profile merupakan media publikasi terbesar.

Berdasarkan hasil riset Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2017, pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 143,26 juta.

Jika saat ini Kalian belum memiliki Company Profile, maka kemungkinan besar telah melewatkan banyak segmen pasar baru yang penting bagi pertumbuhan bisnis Kalian.

Oleh karena itu, memiliki Company Profile sangat penting bagi bisnis Kalian dalam menjangkau lebih banyak pelanggan dan memperluas pangsa pasar di era digital saat ini.

Company Profile merepresentasikan sebuah perusahaan dan memiliki peran yang sangat penting karena menjadi kesan pertama perusahaan bagi calon pelanggan atau rekan bisnis.

Oleh karena itu, beberapa hal yang diperlukan dalam sebuah Company Profile antara lain:

  • Sejarah berdirinya perusahaan
  • Struktur organisasi perusahaan
  • Kualitas sumber daya perusahaan
  • Kinerja perusahaan
  • Produk atau jasa perusahaan
  • Kontak perusahaan

Untuk lebih mudah memahami langkah-langkah pembuatan website Company Profile, silakan ikuti tutorial yang telah kami buat.

Dengan tutorial tersebut, Kalian dapat mempelajari langkah-langkah secara detail sehingga dapat membuat website Company Profile dengan mudah.

3. Website Toko Online

Toko online adalah tempat di mana terjadi transaksi penjualan barang atau jasa melalui internet. Meskipun tidak menutup kemungkinan pembayaran juga dapat dilakukan secara offline, yaitu dengan istilah COD (Cash on Delivery), di mana pembayaran dilakukan saat barang telah diterima oleh pembeli.

Baca Juga :  Kelebihan Dan Kekurangan IndiHome, Wajib diketahui Pengguna

Toko online tidak harus berada di website karena dapat dibuka di sosial media seperti Facebook dan Instagram.
Melalui sistem toko online ini, pembeli dapat mengajukan pertanyaan terkait produk kepada penjual secara langsung melalui BBM, LINE, atau WhatsApp.

Jika ingin membuat toko online dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan toko online yang ada saat ini, Kalian memerlukan tool yang tepat.

Kalian dapat membuatnya dalam hitungan jam bahkan menit dan toko online Kalian dapat diakses melalui internet.

Melihat pertumbuhan belanja online yang semakin pesat, ini menjadi potensi besar untuk bisnis Kalian. Lalu, apa saja yang harus ada dalam sebuah website toko online?

Website toko online harus dilengkapi dengan gambar produk yang dijual agar terlihat menarik, serta layanan customer service untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus ada di dalam sebuah website toko online:

  • Daftar produk-produk yang Kalian jual
  • Penjelasan detail dari sebuah produk
  • Informasi mengenai promo dan produk best seller
  • Halaman untuk melakukan order/pemesanan
  • Kontak Customer Service

4. Blog

Blog merupakan singkatan dari “web log” yang merupakan bentuk aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan (posting) pada sebuah halaman web.

Biasanya, tulisan-tulisan ini dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh isi yang lebih lama), meskipun tidak selalu demikian.

Dalam dunia internet marketing, blog merupakan salah satu cara untuk menarik calon pelanggan. Melalui blog, Kalian dapat menyampaikan berbagai informasi yang relevan dengan produk yang Kalian miliki, baik barang maupun jasa.

Selain itu, Kalian juga dapat membangun branding perusahaan atau personal Kalian melalui blog.

Penutup

Dalam artikel ini, empatpilar.com telah membahas pengertian, fungsi, dan cara kerja website agar pembaca dapat memahami dengan baik.

Sebagai penutup, mari kita rekap kembali poin-poin penting yang telah kita bahas.

Pemahaman yang baik mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerja website akan sangat berguna, terutama bagi para pelaku bisnis, pengusaha, maupun individu yang ingin memanfaatkan teknologi ini untuk mencapai tujuan mereka.

Dalam era digital saat ini, memiliki website yang efektif dan menarik merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam bersaing di dunia maya.

Semoga dengan pengetahuan yang telah disampaikan dalam artikel ini, Kalian dapat lebih memahami dan mengoptimalkan penggunaan website dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *