Perbedaan TV Digital dan TV Parabola

Perbedaan TV Digital dan TV Parabola Yang Perlu Kalian Tahu

Posted on

Empat Pilar – Perbedaan TV Digital dan TV Parabola Yang Perlu Kalian Tahu. Apakah Kalian bingung memilih antara TV Digital dan TV Parabola? Apakah Kalian tidak tahu perbedaan antara keduanya? Jangan khawatir, dalam artikel ini, kita akan membahas Perbedaan TV Digital dan TV Parabola yang perlu kalian tahu.

Dari pengertian hingga kelebihan dan kekurangannya, semuanya akan dibahas secara lengkap.

Dalam era digital ini, menonton televisi bukan lagi tentang menemukan saluran yang baik dan memutar antena untuk mendapatkan sinyal yang kuat.

Sekarang, ada banyak pilihan untuk menonton televisi, termasuk TV Digital dan TV Parabola. Tapi apa bedanya?

Dalam artikel ini, kita akan membahas Perbedaan TV Digital dan TV Parabola, serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing.

Dengan membaca artikel ini, Kalian akan dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih televisi yang sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Apa Itu TV Digital ?

Perbedaan TV Digital dan TV Parabola

TV Digital adalah jenis televisi yang menggunakan teknologi modulasi dan sistem kompresi berbasis digital untuk menangkap sinyal gambar, suara, dan data ke perangkat televisi.

Dibandingkan dengan TV parabola, TV digital memiliki sistem yang diperbarui dan lebih modern, sehingga memberikan kualitas tampilan gambar dan suara yang lebih baik. Untuk kalian yang ingin mengetahui Rekomendasi TV Digital Terbaik bisa dilihat di artikel sebelumnya.

1. Kelebihan Tv Digital

TV Digital banyak memiliki kelebihan yang wajib konsumen ketahui, sebagai berikut :

  • Televisi digital menawarkan kualitas gambar yang lebih baik daripada televisi analog. Oleh karena itu, pengalaman menonton menjadi lebih nyaman karena tidak ada gangguan seperti tampilan buram semut pada televisi analog.
  • Selain itu, televisi digital juga menghasilkan suara yang lebih jernih karena mampu meminimalisir noise dengan lebih baik. Ini berbeda dengan televisi analog yang cenderung menghasilkan suara yang kurang jelas.
  • Keunggulan lain dari televisi digital adalah kemampuannya untuk menerima siaran televisi bahkan saat dalam keadaan bergerak. Berbeda dengan televisi analog yang jika digerakkan dapat membuat gambar menjadi tidak stabil.
  • Tidak hanya itu, televisi digital juga menawarkan lebih banyak pilihan tayangan karena dapat menangkap dan menampung channel lebih banyak daripada televisi analog. Ini dapat terjadi karena penggunaan bandwidth pada televisi digital lebih efisien dibandingkan televisi analog.

2. Kekurangan Tv Digital

Televisi digital juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan teknologi ini. Beberapa kekurangan televisi digital antara lain:

  • Proses instalasi STB dapat menjadi sulit bagi beberapa orang yang masih awam tentang teknologi digital.
  • Kualitas gambar sangat bergantung pada sinyal dan internet yang diterima. Jika sinyal atau internet tidak cukup baik, maka gambar yang ditampilkan akan terganggu atau bahkan tidak muncul sama sekali, tergantung pada jenis STB yang digunakan.
  • Jangkauan siaran televisi digital dapat bervariasi antara satu daerah dengan daerah lainnya, tergantung pada jumlah channel yang disediakan oleh stasiun televisi di daerah tersebut.
  • Proses perpindahan dari satu channel ke channel lainnya memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan televisi analog.
  • Biaya untuk membeli alat siaran digital (Set Top Box) lebih mahal dibandingkan alat siaran analog, dengan kisaran harga antara 200-500 ribu rupiah.

Apa itu TV Parabola ?

Perbedaan TV Digital dan TV Parabola

Sedangkan, TV parabola atau yang juga dikenal sebagai TV satelit, menggunakan sistem pendukung parabola atau antena untuk menangkap sinyal dari pemancar. Parabola tersebut berfungsi sebagai radar untuk menangkap sinyal dari pemancar, yang kemudian didistribusikan ke perangkat televisi untuk menampilkan gambar dan suara.

Perlu diketahui bahwa meskipun TV parabola masih banyak digunakan, namun sistemnya umumnya lebih lawas dibandingkan dengan TV digital. Oleh karena itu, TV digital lebih direkomendasikan bagi yang menginginkan kualitas tampilan gambar dan suara yang lebih baik.

1. Kelebihan Antena Parabola

Ada beberapa kelebihan dalam memasang antena parabola yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

  • Antena parabola dapat menambah jumlah siaran televisi yang dapat diterima hingga ratusan channel.
  • Kualitas gambar yang dihasilkan oleh antena parabola lebih jernih, dengan kualitas standar definition dan high definition.
  • Antena parabola memungkinkan kita untuk menonton saluran televisi luar negeri secara gratis.
  • Terdapat banyak pilihan channel yang dapat dipilih dan disaksikan dengan antena parabola, sehingga tidak mudah bosan dengan acara televisi.
  • Dengan antena parabola, kita dapat menonton film dan pertandingan sepak bola FTA secara gratis tanpa biaya bulanan.
  • Ada beberapa pilihan antena parabola yang tersedia, mulai dari ukuran mini, jaring, besar, hingga solid.
  • Kualitas sinyal televisi pada antena parabola tidak dipengaruhi oleh cuaca dan lebih stabil.
  • Sinyal televisi dipancarkan melalui satelit, sehingga dapat menjangkau daerah atau wilayah mana pun tanpa terbatas.
Baca Juga :  Daftar Frekuensi TV Digital Makassar : Terbaru Saat Ini

Namun, sebelum memasang antena parabola, pastikan terlebih dahulu bahwa lokasi tempat tinggal kita dapat menerima sinyal televisi yang baik.

2. Kekurangan Antena Parabola

Ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk memasang antena parabola, antara lain:

  • Biaya yang dikeluarkan untuk membeli peralatan antena parabola cukup mahal.
  • Beberapa acara seperti pertandingan sepak bola sering kali dilakukan pengacakan karena terkait hak siar.
  • Terkadang siaran televisi luar negeri tidak dilengkapi dengan teks terjemahan dalam bahasa Indonesia.
  • Kemungkinan terjadi masalah pada suara atau audio seperti ketidak sinkronan atau suara yang macet bahkan bisa sampai tidak ada suara.

Sebelum memutuskan untuk memasang antena parabola, sebaiknya pertimbangkan baik-baik keuntungan dan kerugiannya serta pastikan untuk memperhatikan peraturan dan hak siar yang berlaku.

Untuk kalian yang ingin mengetahui lebih detail bisa di lihat dalam pembahasan sebelumnya mengenai Kelebihan & Kekurangan Antena Parabola.

Perbedaan TV Digital dan TV Parabola

Ada perbedaan TV digital dan TV parabola yang perlu diperhatikan. Sebelum adanya TV digital, TV parabola sudah ada terlebih dahulu.

Pada TV parabola, alat penangkap sinyal dari satelit yang digunakan adalah dish parabola. Ini merupakan perbedaan utama antara TV digital dan parabola, karena pada TV digital dapat menggunakan antena digital maupun antena biasa untuk menangkap sinyal.

Berikut adalah daftar Perbedaan TV Digital dan TV Parabola:

JENIS PERBEDAANTV DIGITALTV PARABOLA
Perbedaan PerangkatPerangkat yang digunakan TV Digital sudah dilengkapi Digital Video Broadcasting Teresterial generasi kedua (DVB-T2).Perangkat yang dipakai tidak seperti pada TV digital, artinya untuk dapat menangkap siaran digital diperlukan perangkat tambahan, yakni Set Top Box.
Perbedaan Cara KerjaStasiun TV akan memancarkan gelombang elektromagnetik termodulasi sesuai frekuensi tertentu, setelah itu sinyal diterima akan diproses receiver guna ditampilkan di layar televisi.TV Parabola menempatkan satelit penerima TV melalui parabola dan receiver digital untuk menangkap sinyal siaran dan selanjutnya ditampilkan ke layar televisi.
Perbedaan Jumlah ChannelSangat memungkinkan menyediakan jumlah channel beragam dan banyak.Mempunyai banyak channel, bahkan bisa mencapai ratusan, namun ada beberapa yang tidak mendukung karena faktor sinyal maupun hak siar.
Perbedaan Kualitas SiaranTV digital memiliki kualitas siaran lebih baik, meskipun dilokasi yang lemah sinyal.Kualitas siaran sangat dipengaruhi oleh faktor cuaca serta posisi pemasangan parabola.
Perbedaan Jangkauan SinyalPada TV digital, wilayah/daerah akan mempengaruhi kekuatan sinyalnya sebab tiap tiap wilayah memiliki kekuatan sinyal berbeda-beda.Sinyal pada TV parabola relatif lebih kuat karena jangkauan pemancar lebih luas, meskipun rentan gangguan akibat cuaca.

Perbedaan Set Top Box Digital dan Receiver Parabola

Jika dilihat dari fungsi dan kegunaannya, STB digital dan receiver parabola merupakan dua perangkat yang berbeda. STB digital berfungsi sebagai pengolah sinyal digital yang diterima dari base transmitter station terestrial terdekat oleh antena. Sementara itu, receiver parabola berfungsi untuk mengolah sinyal digital yang diterima oleh antena parabola dari satelit.

Tidak hanya itu, keduanya juga menggunakan teknologi yang berbeda. STB digital menggunakan teknologi Digital Video Broadcasting Teresterial2 (DVB T2), sedangkan receiver parabola menggunakan teknologi Digital Broadcasting Satelite (DVB S).

Perbedaan lainnya antara STB digital dan receiver parabola terletak pada port kabel antena yang digunakan. Pada receiver parabola, port kabel antena menggunakan model ulir yang dapat dipasangkan dengan konektor RG6/RG11. Sedangkan pada STB digital, port kabel antena menggunakan coaxial konektor male dan female yang berdampingan.

Dengan memahami perbedaan antara kedua perangkat ini, kita dapat memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis siaran televisi yang ingin ditonton.

Baca Juga :  Daftar Kode Pos Lokal TV Digital TCL Secara Lengkap

 

Kesimpulan

Dalam mengetahui Perbedaan TV Digital dan TV Parabola, penting untuk memperhatikan perbedaan antara keduanya.

Meskipun keduanya sama-sama menawarkan siaran televisi digital, namun cara penangkapan sinyal dan perangkat yang digunakan memiliki perbedaan yang signifikan.

TV parabola memerlukan antena parabola dan receiver khusus untuk menangkap sinyal dari satelit, sedangkan TV digital dapat menggunakan antena digital maupun antena biasa serta memerlukan set-top box (STB) untuk mengolah sinyal digital dari siaran televisi terestrial.

Memilih TV digital atau TV parabola tentunya tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing. Namun, dengan memahami perbedaan antara keduanya, kita dapat memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis siaran televisi yang ingin ditonton.

Demikian ulasan dari empatpilar.com Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai perbedaan TV digital dan TV parabola. Kata Pencarian Terpopulerperbedaan keunggulan tv parabola ku band dengan tv digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *