TV Digital Terbaik

10 Rekomendasi TV Digital Terbaik : Pengertian & Tips Membelinya

Posted on

Empat Pilar- 10 Rekomendasi TV Digital Terbaik : Pengertian & Tips Membelinya. Apakah Kalian mencari TV digital terbaik untuk kebutuhan hiburan Kalian? TV digital adalah perangkat yang populer saat ini, dengan banyak orang yang beralih dari TV analog ke TV digital karena kualitas gambar dan suara yang lebih baik serta fitur tambahan yang tersedia.

Namun, dengan begitu banyaknya merek dan model yang tersedia, memilih TV digital terbaik bisa menjadi tugas yang menantang.

Oleh karena itu, kami telah menyiapkan rekomendasi TV digital terbaik untuk membantu Kalian menemukan TV digital yang tepat untuk Kalian.

Dalam era digital seperti sekarang, TV digital sudah menjadi kebutuhan wajib di rumah.

TV digital menyediakan gambar dan suara berkualitas tinggi serta fitur tambahan yang membuat menonton TV menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan.

Namun, memilih TV digital terbaik tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti ukuran layar, resolusi, fitur, dan harganya.

Oleh karena itu, kami telah menyiapkan rekomendasi TV digital terbaik yang dapat membantu Kalian memilih TV digital yang tepat untuk kebutuhan hiburan Kalian.

Apa Itu TV Digital?

TV Digital adalah siaran televisi yang sudah memanfaatkan sinyal digital yang juga dengan sistem kompresi. Dari segi kualitas gambar, TV digital lebih baik dibandingkan dengan siaran yang ada di TV analog.

Saat ini, disarankan untuk mulai mengubah sinyal ke siaran digital agar tidak terjadi kendala apapun dan bisa menyesuaikan dengan ketentuan peraturan yang ada.

Dari bentuk fisiknya saja TV digital begitu berbeda dengan TV tabung. Dimana pada umumnya TV digital tidak memiliki bentuk tabung dan untuk ukuran yang dimilikinya juga tidak terlalu besar.

Sedangkan untuk beratnya sendiri, TV digital terbilang cukup ringan. TV digital adalah adanya fitur siaran digital yang biasa disebut dengan DTV.

Keberadaan fitur ini akan menjadikan perbedaan yang cukup menonjol antara TV digital dengan TV tabung.

Agar bisa menggunakan fitur DTV para pengguna TV LED atau LCD membutuhkan dukungan suatu alat yang dinamakan set top box atau STV DVB T2.

Tak jarang juga TV digital yang dibeli sudah dilengkapi dengan fitur digital video broadcasting terrestrial second generation atau DVB T2.

Adanya teknologi inilah yang nantinya akan mampu menerima sinyal digital hingga akhirnya diubah menjadi suatu bentuk siaran tayangan di TV digital tanpa perlu menggunakan antena eksternal seperti yang ada di TV analog.

Rekomendasi Merk TV Digital Terbaik

Tersedia banyak merk TV LED/digital yang dapat dipilih. Bagi yang ingin beralih dari TV analog ke TV Digital Terbaik, diperlukan rekomendasi merk TV LED/digital yang cocok.

Namun, sebelum menentukan pilihan, sebaiknya terapkan beberapa tips terlebih dahulu. Dengan menerapkan tips tersebut, Kalian akan mendapatkan TV LED/digital terbaik sesuai keinginan.

1. Samsung UA32J4005

Samsung telah meluncurkan TV LED terbaik bernama Samsung UA32J4005. TV digital ini sudah dilengkapi dengan fitur DVB-T2 sehingga Kalian dapat menikmati siaran digital dengan nyaman. Ukuran layarnya juga cukup besar yaitu 32 inchi.

Namun, Samsung UA32J4005 hanya tersedia dalam ukuran 32 inchi saja dan harganya terjangkau.

2. TCL 32A3

TCL 32A3 adalah TV digital dengan resolusi FHD yang sangat detail dan tajam. Sistem output audio TV ini didukung oleh teknologi dolby yang luar biasa.

Selain itu, TCL 32A3 juga merupakan smart TV yang kompatibel dengan Google Android TV. Namun, TCL 32A3 hanya tersedia dalam ukuran 32 inchi dan tidak lebih kecil.

3. TCL32A5

TCL32A5 adalah TV LED terbaik yang memiliki layar 32 inchi dengan resolusi 4K UHD. TV LED ini sangat unggul dalam hal tampilan layar dan menyediakan pengalaman menonton tayangan yang menyenangkan.

Harga TCL32A5 sedikit lebih mahal dari TCL 32A3, namun TV LED ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Google Assistant, Certified Netflix, Youtube, dan Disney Hotstar. TV LED ini menjadi favorit orang-orang karena sulit menemukan TV LED dengan spesifikasi yang sama dengan harga terjangkau.

4. CooCaa 32S5C

CooCaa 32S5C adalah merk TV digital yang masuk dalam kategori smart TV murah dengan spesifikasi mutakhir.

Baca Juga :  UPDATE Frekuensi TV Digital Purwokerto DVB-T2 : Semua Saluran

TV digital ini mendukung siaran DVB-T2 dan dilengkapi dengan sistem operasi Android 9.0 yang memungkinkan penggunaan fitur seperti Netflix, Google Voice, dan Youtube.

Konsumsi daya TV LED ini juga ramah dan tidak membuat tagihan listrik membengkak. Namun, kekurangan dari TV LED ini adalah ketersediaan di toko resmi yang masih terbatas di Indonesia.

5. LG32LM550

LG32LM550 adalah TV LED unggulan dari LG dengan fitur mutakhir, termasuk dukungan siaran DVB-T2. TV LED ini terjangkau dan memberikan pengalaman menonton yang menyenangkan.

Namun, kekurangan dari LG32LM550 adalah ukuran layarnya yang hanya tersedia dalam ukuran 32 inchi. LG belum memproduksi TV digital serupa dengan ukuran layar lebih kecil.

6. LG32LM630

LG32LM630 juga mendukung siaran TV digital dan memiliki kualitas siaran yang mumpuni, dilengkapi dengan teknologi Dynamic Color Enhancer dan HDR.

TV LED ini juga memiliki teknologi Virtual Surround Plus dan Dolby Audio yang membuat suara lebih jelas dan berkualitas.

Namun, harga LG32LM630 lebih mahal dibandingkan dengan LG32LM550. TV LED ini juga hanya memiliki resolusi HD 1366 x 768 pixel.

7. LG24TL520V-PT

LG24TL520V-PT adalah pilihan terbaik untuk merk TV digital dengan ukuran layar yang bagus.

TV LED ini memiliki kemampuan yang sama dengan varian TV LED LG lainnya. Namun, perbedaannya terletak pada kemampuan TV LED ini dalam memadukan warna gelap dengan warna terang.

Harga TV LED ini terjangkau, namun kekurangannya adalah perlu memasang antena booster untuk memperkuat sinyal dan membuat gambar menjadi lebih jernih. Ukuran layar TV LED ini juga relatif kecil.

8. Polytron PLD24TV1855

Polytron PLD24TV1855 adalah merk TV LED dengan kemampuan menampilkan detail dan ketajaman gambar yang luar biasa bagus. TV LED ini juga dilengkapi dengan USB port dan speaker 2 x 8 W. Harga TV LED ini sangat terjangkau.

Namun, kekurangan dari Polytron TV LED ini adalah sulitnya mencari spare parts untuk perbaikan jika terjadi kerusakan.

9. Sanken SLE245HS

Sanken SLE245HS adalah TV LED yang mampu menampilkan resolusi HD-Ready yang sangat bagus dan dilengkapi dengan lampu LED Backlight.

TV LED ini juga memiliki fitur Dynamic LED Vision yang semakin meningkatkan kualitas gambar tayangan.

Harga TV LED ini sangat terjangkau, namun kekurangan TV LED ini hanya tersedia dalam versi 24 inchi saja.

10. Hisense 32E4F

Hisense 32E4F adalah TV digital berukuran 32 inchi dengan resolusi 1366 x 768 pixel. TV LED ini memiliki desain full screen yang meningkatkan rasio layar dan menciptakan pengalaman menonton yang lebih imersif.

Harga TV LED ini terjangkau, namun kekurangan dari Hisense 32E4F adalah tidak tersedia dalam ukuran layar yang lebih kecil. TV LED ini hanya direkomendasikan bagi pecinta TV dengan tampilan layar luas.

Tips Membeli TV Digital Terbaik Masa Kini

Banyak masyarakat Indonesia beralih dari TV analog ke TV digital, sehingga produsen TV berlomba-lomba memproduksi produk terbaik. Namun, tidak semua merk TV digital dapat memenuhi kebutuhan pembeli.

Untuk mendapatkan TV digital terbaik, diperlukan penerapan beberapa tips. Dengan menerapkan tips ini satu per satu, Kalian dapat memilih produk TV digital sesuai keinginan Kalian. Pastikan untuk mempertimbangkan setiap tip dengan saksama.

1. Pilih Resolusi Terbaik

Pastikan Kalian memilih resolusi layar TV LED terbaik. TV LED memberikan tampilan gambar yang lebih bagus dan tajam dibanding TV tabung. Pilihan resolusi tersebut mulai dari 720p, 1080p, 1140p, 8K hingga 4K.

Semakin tinggi resolusi TV digital, maka semakin bagus tampilan gambar yang dihasilkan. Jadi, jika Kalian ingin memiliki tampilan gambar lebih HD, sebaiknya memilih resolusi di atas 1080p.

2. Sambungan HDMI

Pastikan TV LED yang Kalian pilih memiliki sambungan HDMI untuk menghubungkan TV dengan laptop, game konsol, atau blue-ray DVD player.

Sejumlah jenis TV LED kini sudah dilengkapi dengan koneksi WIFI sehingga dapat menghubungkan TV dengan smartphone maupun gadget lainnya secara nirkabel.

3. Cek Fitur Tersedia

Sebelum membeli TV digital, pastikan fitur apa saja yang tersedia. TV digital memiliki berbagai macam fitur yang dapat digunakan, seperti live streaming atau Google Assistant. Pilih smart TV yang sesuai dengan kebutuhan Kalian.

4. Sesuaikan Ukuran TV dengan Ruangan

Sesuaikan ukuran TV LED dengan ruangan Kalian untuk pengalaman menonton yang lebih seru. Pilih ukuran TV LED sesuai keinginan mulai dari 32 inchi hingga 85 inchi, tergantung ukuran ruangan yang tersedia.

5. Ketahui Sisi Refresh Rate

Pastikan Kalian mengetahui refresh rate TV LED yang akan dibeli. Refresh rate mengacu pada seberapa banyak layar TV LED tersebut mampu menciptakan gambar baru pada setiap detiknya, yang diukur dalam satuan Hz. Semakin tinggi refresh rate, semakin baik tampilan gambar pada TV LED tersebut.

Baca Juga :  Perbedaan TV Digital dan TV Parabola Yang Perlu Kalian Tahu

Apa beda TV analog dan TV digital?

Sebelum membahas mengenai cara memilih TV digital, Kalian perlu mengetahui perbedaannya dengan TV analog. Walau memiliki fungsi yang sama, kedua jenis TV ini memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut penjelasannya.

1. TV analog

TV analog hanya menerima sinyal analog dengan menggunakan antena UHF. Namun, mengingat sinyal analog sudah tidak berlaku lagi, untuk menonton siaran televisi digital, Kalian harus menggunakan set-top box (STB).

Kelemahan dari TV analog adalah kualitas gambarnya yang masih belum begitu baik, dengan banyak noise dan distorsi.

2. TV digital

Sementara itu, TV digital menggunakan sinyal digital dan sistem kompresi. Produk ini dapat menampilkan gambar yang lebih bersih dan suara yang lebih jernih dibandingkan dengan TV analog.

Meskipun demikian, TV digital masih membutuhkan antena. Antena tersebut akan menangkap sinyal digital dan mentransmisikannya ke TV. Oleh karena itu, Kalian tidak perlu membeli STB untuk menonton siaran televisi digital.

 

Baca juga artikel terkait TV digital lainnya :

Penutup

Itulah sepuluh rekomendasi TV digital terbaik yang bisa menjadi pilihan Kalian. Dari segi harga, kelebihan, dan spesifikasinya, masing-masing produk memiliki nilai tambah yang dapat Kalian pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Namun, perlu diingat bahwa pemilihan TV digital terbaik tidak hanya bergantung pada spesifikasi yang dimiliki, namun juga kualitas dan kebutuhan Kalian sebagai pengguna.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan riset dan bandingkan beberapa produk sebelum memutuskan untuk membeli TV digital yang tepat bagi Kalian.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Kalian dalam memilih TV digital terbaik untuk kebutuhan Kalian. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *