Persamaan MOSFET 7N65C

Persamaan MOSFET 7N65C : Spesifikasi dan Kelebihan MOSFET 7N65C

Posted on

Empat Pilar – Persamaan MOSFET 7N65C : Spesifikasi dan Kelebihan MOSFET 7N65C. Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang Persamaan MOSFET 7N65C secara mendalam. Transistor adalah salah satu komponen elektronik yang sangat penting dalam dunia elektronika.

Transistor 7N65C adalah jenis transistor yang sering digunakan dalam berbagai aplikasi industri dan komersial. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi persamaan transistor 7N65C, kegunaan, spesifikasi, dan banyak lagi. Apakah Kalian ingin mengetahui lebih banyak tentang transistor ini?

Transistor 7N65C adalah salah satu transistor yang memiliki banyak persamaan. Persamaan transistor 7N65C ini berguna ketika transistor tersebut sulit ditemukan atau jika Kalian ingin mencoba alternatif yang lebih terjangkau.

MOSFET 7N65C

MOSFET F7N65C adalah sebuah MOSFET N-Channel mode peningkatan yang dibuat dengan teknologi DMOS, pita planar, yang merupakan ciri khas dari Fairchild.

Teknologi ini secara khusus dirancang untuk meminimalkan hambatan saat dalam keadaan ON, memberikan kinerja beralih yang luar biasa, dan juga mampu menahan pulsa energi yang tinggi dalam mode avalanche dan komutasi.

Perangkat ini sangat sesuai untuk aplikasi pengalihan daya efisien, koreksi faktor daya aktif, dan balast lampu elektronik yang menggunakan topologi setengah jembatan.

Mengingat spesifikasi dan kemampuannya, MOSFET F7N65C ini sangat berguna dalam berbagai aplikasi.

Spesifikasi MOSFET 7N65C

Sebelum memahami Persamaan MOSFET 7N65C, mari kita lebih mendalami spesifikasi dari komponen ini. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi kunci dari MOSFET 7N65C:

  1. Tipe MOSFET:
    N-Channel. Jenis ini berarti bahwa muatan mayoritas dari MOSFET ini adalah elektron.
  2. Tipe kemasan:
    TO220F. Ini merujuk pada jenis paket fisik transistor. TO220F merupakan format yang populer dan banyak digunakan karena kemudahannya dalam penanganan dan pemasangan.
  3. Maximum Power Dissipation (Pd):
    52 W. Ini menunjukkan seberapa banyak daya maksimum yang bisa hilang sebagai panas tanpa merusak komponen.
  4. Maximum Drain-Source Voltage |Vds|:
    650 V. Ini adalah tegangan maksimum yang bisa ditoleransi antara drain dan source.
  5. Maximum Gate-Source Voltage |Vgs|:
    30 V. Ini menunjukkan tegangan maksimum yang dapat diterapkan antara gate dan source.
  6. Maximum Gate-Threshold Voltage |Vgs(th)|:
    4 V. Ini adalah tegangan gate-source minimum di mana MOSFET mulai menghantar arus.
  7. Maximum Drain Current |Id|:
    7 A. Ini adalah arus maksimum yang bisa mengalir melalui drain.
  8. Maximum Junction Temperature (Tj):
    150 °C. Ini adalah suhu maksimum di mana persimpangan transistor bisa beroperasi tanpa mengalami kerusakan.

Dengan melihat spesifikasi di atas, kita dapat mengerti bahwa MOSFET F7N65C memiliki atribut yang cukup baik untuk digunakan dalam berbagai aplikasi elektronik.

Dari daya dissipasi yang tinggi hingga tegangan drain-source yang besar, MOSFET ini menawarkan berbagai fitur yang membuatnya menjadi pilihan yang andal dan efisien untuk berbagai sistem dan sirkuit elektronik.

Persamaan MOSFET 7N65C

Untuk mempermudah penemuan alternatif atau pengganti MOSFET 7N65C, berikut adalah daftar Persamaan MOSFET 7N65C yang cocok:

  1. 2SK2328
  2. 2SK3496-01MR
  3. 2SK3673-01MR
  4. 2SK3677-01MR
  5. 7N65
  6. 7N65A
  7. 7N65K
  8. 7N65Z
  9. 7N70
  10. 7N80
  11. 8N65
  12. 8N65KG-TA3-T
  13. 8N65KL-TA3-T
  14. 8N70
  15. 8N80
  16. 8N90
  17. 9N65
  18. 9N70
  19. 9N80
  20. 9N90
  21. 10N65
  22. 10N65A
  23. 10N65K
  24. 11N90
  25. 12N65A
  26. 12N70
  27. 15N65

Dengan memiliki pilihan persamaan MOSFET di atas, kita dapat mencari komponen yang sesuai dengan kebutuhan kita sebagai alternatif atau pengganti MOSFET 7N65C.

Cara Cek Transistor 7N65C

Setelah pembelian komponen transistor 7N65C untuk memperbaiki televisi Polytron, langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan terhadap transistor tersebut.

Langkah pemeriksaan ini meliputi pengukuran di oda dengan memeriksa mosfetnya. Selain memeriksa transistor 7N65C, lakukan juga pemeriksaan pada transistor 7N65C dan transistor pendukungnya seperti a1515 c1815.

Baca Juga :  Cara Menguji MOSFET (Metal Oxide Field Effect Transistor) dengan Multimeter Digital dan Pengertiannya

Setelah mengetahui Persamaan MOSFET 7N65C, nah berikut ini adalah cara sederhana untuk memeriksa transistor 7N65C menggunakan multimeter analog:

  1. Siapkan alat multimeter analog untuk melakukan pemeriksaan pada transistor 7N65C.
  2. Setel multimeter analog untuk pengukuran ohm meter x10Ω.
  3. Letakkan probe tester berwarna merah pada pin Gate dan probe tester berwarna hitam pada pin Drain di mosfet. Penempatan probe seperti ini ditujukan untuk mengeluarkan kapasitansi di dalam mosfet.
  4. Selanjutnya, pindahkan probe tester merah ke pin Source, sementara probe hitam tetap ditempelkan pada pin Drain.
  5. Kemudian, sentuh pin Gate dan pin Drain bersamaan dengan menggunakan ujung jari Anda.
  6. Jarum pada multimeter analog seharusnya bergerak menuju posisi tengah indikator meter.
  7. Periksa apakah jarum multimeter analog terus bergerak ke posisi tengah indikator meter ketika Anda melepaskan probe tester merah dari pin Source dan kemudian menempelkannya kembali.
  8. Lepaskan probe merah dari pin Source dan tempelkan pada pin Gate untuk mengeluarkan kapasitansi mosfet.

Kemudian, tempelkan kembali probe merah ke pin Source dan probe hitam tetap pada pin Drain. Jika jarum indikator tidak bergerak, maka proses pengosongan mosfet telah berhasil.

Kelebihan MOSFET 7N65C

MOSFET F7N65C memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menarik untuk digunakan dalam berbagai aplikasi. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh MOSFET F7N65C:

  1. Performa switching yang unggul:
    Dengan menggunakan teknologi DMOS dan pita planar, MOSFET F7N65C mampu memberikan performa switching yang tinggi. Hal ini sangat penting dalam aplikasi yang membutuhkan efisiensi dan kecepatan tinggi.
  2. Hambatan saat ON yang rendah:
    Salah satu keunggulan teknologi DMOS dan pita planar pada MOSFET F7N65C adalah kemampuannya untuk meminimalkan hambatan saat ON. Dengan demikian, MOSFET ini dapat bekerja dengan lebih efisien dan mengurangi kerugian energi.
  3. Ketahanan terhadap pulsa energi tinggi:
    MOSFET F7N65C mampu menahan pulsa energi yang tinggi pada mode avalanche dan komutasi. Hal ini membuat komponen ini sangat cocok untuk aplikasi yang memerlukan ketahanan terhadap gangguan atau lonjakan tegangan.
  4. Cocok untuk berbagai aplikasi:
    MOSFET F7N65C sangat fleksibel dan dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari sumber daya mode switching yang efisien, koreksi faktor daya aktif, hingga ballas lampu elektronik yang berbasis topologi setengah jembatan.
  5. Kemasan yang kompak:
    MOSFET F7N65C hadir dengan tipe kemasan TO220F, yang menawarkan solusi yang kompak untuk mengurangi ukuran perangkat elektronik dan meningkatkan kepadatan komponen.

Penutup

Dalam rangkuman, persamaan MOSFET 7N65C telah kami bahas secara mendalam, meliputi spesifikasi dan kelebihan yang menjadikannya pilihan yang cukup menarik dalam dunia elektronika.

Dengan spesifikasi yang mumpuni dan kelebihan yang tidak dapat dipungkiri, MOSFET 7N65C menawarkan solusi yang efisien dan efektif bagi berbagai aplikasi teknologi.

Pemahaman yang baik terhadap spesifikasi dan kelebihan ini sangat penting, khususnya bagi para profesional dan hobiis di bidang elektronika yang ingin memanfaatkan teknologi ini dalam desain dan implementasinya.

Teruslah mencari pengetahuan baru dan eksplorasi berbagai teknologi lainnya untuk menemukan solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Itu saja uraian secara lengkap dari empatpilar.com mengenai Persamaan MOSFET 7N65C. Selamat belajar dan semoga sukses! Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/persamaan-mosfet-7n65c/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *