Rangkaian Setrika Listrik

Rangkaian Setrika Listrik, Komponen dan Fungsinya Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Rangkaian Setrika Listrik, Komponen dan Fungsinya Secara Lengkap. Dapatkan pemahaman mendalam tentang Rangkaian Setrika Listrik, cara kerjanya, dan bagaimana memilih yang terbaik untuk kebutuhan Kalian dalam artikel ini.

Setrika listrik telah menjadi alat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Tidak hanya membuat pakaian kita tampak rapi dan profesional, tetapi juga membantu kita merasa lebih percaya diri.
Artikel ini akan membahas secara rinci tentang Rangkaian Setrika Listrik, cara kerjanya, dan berbagai jenis setrika yang tersedia di pasaran.

Sebelum Rangkaian Setrika Listrik ada, orang menggunakan setrika arang yang diletakkan di atas bara api. Setelah itu, muncul setrika dengan bahan bakar batu bara, gas, dan alkohol. Kemudian, setrika listrik ditemukan pada akhir abad ke-19 dan terus berevolusi hingga saat ini.

Mengenal Setrika Listrik

Setrika listrik adalah alat yang digunakan untuk menghaluskan kerutan pada pakaian agar terlihat rapi dan licin.

Alat ini menggunakan sumber energi listrik yang diubah menjadi energi panas untuk melicinkan kain atau bahan.

Setrika listrik merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, penting untuk mengenal tiap bagian dari setrika listrik agar dapat memperbaikinya sendiri jika terjadi masalah.

Setrika listrik terdiri dari beberapa bagian yang bekerja secara sendiri-sendiri, namun saling berkaitan untuk membentuk kesatuan utuh dan dapat berfungsi maksimal.

Cara kerja Setrika Listrik

Ketika setrika listrik dihubungkan dengan sumber tegangan listrik dan dinyalakan, arus listrik akan mengalir melalui elemen pemanas di dalamnya.

Ini akan menyebabkan elemen pemanas memanas dan menghasilkan panas yang akan menyebar ke permukaan dasar setrika melalui konduksi.

Penting untuk dicatat bahwa panas dari elemen pemanas akan terus meningkat jika arus listrik tetap mengalir.

Jika setrika tidak dilengkapi dengan pengatur suhu untuk mencegah panas berlebihan, setrika harus diputus dari sumber listrik dan dihubungkan kembali saat panasnya sudah menurun.

Oleh karena itu, pengatur suhu diciptakan untuk menghindari hal tersebut. Pengatur suhu dapat secara otomatis memutus aliran listrik saat suhu elemen pemanas mencapai maksimum.
Sebaliknya, saat suhu turun, pengatur suhu akan menghubungkan aliran listrik kembali agar setrika tetap stabil dalam memanaskan benda yang akan disetrika.

Gambar Rangkaian Setrika Listrik dan Bagiannya

Berikut adalah Gambar rangkaian setrika listrik dan bagian-bagiannya secara lengkap :

Komponen Setrika Listrik dan Fungsinya Secara Lengkap

Setelah mengetahui cara kerja dan Rangkaian Setrika Listrik tidak salahnya jika mengetahui Komponen Setrika Listrik dan Fungsinya Secara Lengkap.

Perlu Kalian tahu jika Komponen Setrika Listrik berbeda-beda dari jenis ataupun merk setrika tersebut.

Namun secara umum hampir semua setrika listrik memiliki bagian-bagian seperti dibawah ini:

1. Kabel daya

Pada gambar tersebut terlihat kabel daya berwarna kuning yang merupakan bagian penting dari setrika listrik yang menggunakan listrik arus bolak-balik (AC) sebagai sumber energinya.

Kabel daya ini terbuat dari bahan fleksibel yang memiliki inti penghantar serabut yang dilapisi oleh bahan isolasi kain untuk melindunginya.

Hal ini memudahkan pergerakan setrika listrik dan menjaga agar kabel tetap awet meskipun sering digerakkan secara elastis.

2. Elemen Pemanas

Gambar tersebut menunjukkan elemen pemanas yang berwarna biru di bagian bawah setrika.

Elemen pemanas, atau yang biasa disebut Heater dalam industri, berperan penting dalam mengubah energi listrik menjadi energi panas sehingga setrika dapat memancarkan panas.
Elemen pemanas terletak di antara plat alas setrika dan besi pemberat di dalam setrika.

3. Selektor switch

Gambar dengan warna hijau menunjukkan selektor switch. Fungsinya sebagai saklar on-off dan sebagai pengatur suhu yang akan digunakan, biasanya ditKaliani dengan jenis bahan pakaian yang akan disetrika.

Baca Juga :  Ini Loh, Arti Lambang Pada Remote AC Yang Perlu Kalian Ketahui

Untuk mencapai suhu yang lebih tinggi, selektor switch akan menekan bagian pemantik di bawahnya agar arus listrik pada elemen pemanas semakin banyak mengalir dan elemen pemanas menjadi semakin panas.

4. Lampu indikator

Pada gambar tersebut terdapat lampu indikator yang berwarna merah. Lampu indikator pada setrika listrik berfungsi memberikan tanda ketika elemen pemanas sedang dipanaskan dan ketika lampu tersebut padam, artinya suhu telah mencapai nilai yang diatur pada selektor switch.

5. Alas Setrika

Alas setrika merupakan bagian yang langsung bersentuhan dengan kain yang akan disetrika. Alas setrika berfungsi untuk menyalurkan energi panas dari elemen pemanas menjadi lapisan halus pada kain.

Biasanya, alas setrika terbuat dari bahan anti karat seperti stainless steel atau aluminium. Selain itu, bahan pada alas setrika harus tidak lengket dan licin agar proses menyetrika menjadi lebih mudah dan tidak mengotori kain.

6. Penutup setrika

Penutup pada setrika sering disebut sebagai Body Setrika, karena selain berfungsi sebagai pegangan tangan, juga berfungsi sebagai pelindung dan isolasi.

Penutup ini terbuat dari bahan isolasi seperti plastik untuk melindungi pengguna dari risiko terkena sengatan listrik.

Selain itu, penutup setrika juga dirancang agar tahan terhadap panas, sehingga dapat melindungi pengguna dari risiko terbakar akibat panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas.

7. Pemberat Setrika

Pemberat setrika berfungsi sebagai penambah berat pada setrika sehingga mempermudah penggunaannya. Pemberat setrika umumnya terbuat dari besi.

8. Pengatur Suhu

Pengatur suhu digunakan untuk mengatur suhu pada setrika agar sesuai dengan jenis kain yang akan disetrika atau dirapihkan. Pengatur suhu umumnya menggunakan prinsip bimetal.

9. Lampu Indikator

Lampu indikator menKaliani bahwa setrika telah terhubung ke sumber tegangan dan dapat menunjukkan kondisi saklar pada setrika (ON atau OFF). Lampu indikator juga dapat dijelaskan lebih lanjut dengan membaca informasi yang tersedia.

10. Tangkai Pemegang

Tangkai pemegang pada setrika berfungsi sebagai penghubung, pegangan, dan pengendali oleh pengguna.

Karena bersentuhan langsung dengan pengguna, tangkai pemegang setrika terbuat dari bahan isolasi seperti plastik dan kayu untuk menghindari bahaya arus bocor.

11. Reservoir Air

Reservoir air hanya ditemukan pada setrika berbasis uap, digunakan untuk menghasilkan uap. Reservoir air dapat diisi dengan mudah, dan jika tidak ingin menggunakan sistem uap, reservoir air dapat dibiarkan kosong.

Setelah digunakan, pastikan reservoir air dalam keadaan kering (tanpa air) untuk menghindari korosi.

Jenis-Jenis Setrika Listrik

Sudah memahami Rangkaian Setrika Listrik? Selanjutnya setrika listrik adalah alat yang digunakan untuk menghaluskan pakaian yang telah dicuci. Di pasaran terdapat dua jenis setrika listrik yang umum digunakan, yaitu setrika manual dan setrika otomatis.

2 jenis setrika listrik di pasaran:

1. Setrika Listrik Manual

Setrika listrik manual adalah jenis setrika yang penggunaannya dilakukan secara manual. Setrika ini biasanya lebih murah dan mudah digunakan oleh pemula.

Namun, kekurangan dari setrika manual adalah sulit mengontrol suhu dan tekanan yang diberikan pada pakaian sehingga memerlukan ketelitian saat menggunakannya.

2. Setrika Listrik Otomatis

Sementara itu, setrika listrik otomatis adalah jenis setrika yang dilengkapi dengan teknologi otomatis untuk mengontrol suhu dan tekanan pada pakaian.

Setrika otomatis ini lebih mudah dan aman digunakan karena pengguna tidak perlu mengatur suhu dan tekanan secara manual.

Namun, kekurangan dari setrika otomatis adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan setrika manual.

Secara keseluruhan, meskipun masih ada yang menggunakan setrika manual, namun saat ini lebih banyak yang beralih ke penggunaan setrika otomatis karena lebih praktis dan mudah digunakan.

Kesimpulan

Dalam rangkuman ini, empatpilar.com telah membahas secara mendalam mengenai rangkaian setrika listrik, komponen, serta fungsinya yang berperan penting dalam keseharian kita.

Setrika listrik adalah alat yang sangat berguna untuk merapikan pakaian dan memberikan penampilan yang rapi.

Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai komponen utama dan fungsinya, kita dapat memastikan bahwa alat ini bekerja dengan optimal dan menjaga keamanan saat menggunakannya.

Baca Juga :  Cara Memasang Dioda dan Elco Pada Trafo dengan Benar

Terlepas dari berbagai inovasi dan teknologi yang telah berkembang, setrika listrik tetap menjadi alat yang tak tergantikan di rumah tangga.

Oleh karena itu, memahami cara kerja dan perawatan yang diperlukan akan membantu kita dalam mengoptimalkan penggunaan alat ini.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai rangkaian setrika listrik, komponen, dan fungsinya.

Dengan memahami lebih dalam mengenai alat ini, kita dapat lebih bijaksana dalam menggunakan dan merawat setrika listrik yang kita miliki, sehingga dapat bertahan lebih lama dan bekerja dengan efisien.

Selamat mencoba dan semoga sukses dalam merawat setrika listrik Kalian. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/rangkaian-setrika-listrik/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *