Tips membeli mobil bekas

Tips membeli mobil bekas saat ini 2021

Empatpilar.com – Tips Membeli Mobil Bekas. Memiliki mobil memang menjadi dambaan setiap orang. Harga mobil yang cukup mahal membuat sebagian orang tidak bisa membelinya. Tak jarang pula, sebagian orang memilih untuk membeli mobil bekas dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran.

Namun, sebelum Anda memilih untuk membeli mobil bekas ada banyak hal yang harus Anda perhatikan.

Tips Membeli Mobil Bekas

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membeli mobil bekas.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum membeli mobil bekas, pastikan dulu mobil yang akan Anda beli cocok untuk digunakan. Sesuaikan dengan kebutuhan yang tepat untuk Anda. Mobil seperti apa yang sedang Anda butuhkan.

Apakah tempat duduk yang nyaman, bagasi yang luas, atau mobil dengan desain keren dengan eksterior yang indah. Jika sudah menentukan dengan kebutuhan, Anda bisa mulai mencari mobil yang cocok untuk digunakan.

Tempat Membeli Mobil Bekas

Cara yang paling mudah dan bisa untuk dilakukan yaitu dengan melihat tempat pembelian mobil. Meski banyak tempat penjualan mobil dengan berbagai macam penawaran, pilihlah tempat yang memang sudah terpercaya.

Anda bisa membeli kepada orang yang sedang menjual mobilnya secara langsung. Namun, jika ingin melihat banyak pilihan belilah di tempat showroom. Namun, membeli lewat showroom tentunya harganya akan jauh lebih mahal.

Dengan melewati tangan pertama, Anda akan lebih tahu akan kondisi mesin dan juga kendaraan yang sedang dijual. Ketahui juga perawatan mobil dengan baik agar Anda tidak mendapatkan kendaraan yang tidak sesuai.

Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bekas

Meski terlihat baik-baik saja, namun kondisi mesin haru dicek secara menyeluruh. Pastiken mesin dalam kondisi yang stabil, periksa suara mesin dan pastikan bahwa rem berfungsi dengan semestinya.

Jika Anda tidak atau belum paham tentang bagaimana cara mengecek kondisi mesin, Anda bisa mengajak rekan atau sauadara yang paham. Agar lebih akurat, Anda bisa mengajak montir bengkel yang Anda percaya.

Tips membeli mobil bekas: Interior dan Aksesoris

Periksa komponen yang ada pada kendaraan. Pada bagian interior cek fungsi switc lampu, AC, dan juga sistem audio. Pastikan segala fitur yang disediakan dalam kondisi yang baik dan aman.

Anda bisa mengecek kualitas jok depan dan juga belakang. Sesuaikan dengan tingka kenyamanan yang cocok untuk Anda. Untuk aksesoris, periksa bagian plafon, karpet dan dashboard.

Kelengkapan Dokumen

Jika sudah cocok dengan mobil yang ada yakni periksa kelengkapan dokumen kendaraan. Pastikan pemilik memiliki BPKB, STNK dan Faktur pembelian. Cocokkan nomor mesin dan nomor rangka agar sesuai dengan nomor yang ada pada surat.

Pastikan kondisi fisik mobil sesuai dengan dokumennya. Usahakan membeli mobil yang memiliki STNK dan BPKB dengan nama asli sang pemilik.

Riwayat Pemakaian

Mobil bekas memang memiliki riwayat pemakaiannya. Pemakaian tersebut juga sapat menjadi tolak ukur seberapa bagus mobil yang akan Anda beli. Pastikan juga Anda mengenal siapa orang yang memiliki mobil tersebut.

Apakah mobil tersebut pernah service secara rutin dan mendapat perawatan dengan baik? Jangan sampai terlewatkan untuk mengecek jarak temuh yang berada pada kendaraan. Semakin jauh jarak yang tertempuh, semakin tinggi juga total kilometer kendaraan.

Tingginya kilometer bisa membuat harga kendaraan menjadi lebih murah. Namun, harus didukung dengan melakukan servis secara berkala.

Kesimpulan dan Penutup

Demikianlah artikel tentang mengenai cara tips untuk membeli kendaraan mobil yang sudah bekas. Semoga artikel ini membantu Anda untuk memilih mobil agar mendapatkan kualitas yang bagus. Terus baca artikel lain dari kami. Terima kasih.