TV LCD Layar Gelap Suara Ada

√ TV LCD Layar Gelap Suara Ada : Cara Mudah Mengatasinya

Posted on

Empat Pilar – TV LCD Layar Gelap Suara Ada : Cara Mudah Mengatasinya. Apakah Kalian mengalami masalah saat menonton televisi LCD Kalian ketika suara ada tetapi layar televisi menjadi gelap? Jangan khawatir, Kalian bukan satu-satunya yang mengalami masalah ini.

Ada beberapa alasan mengapa layar TV LCD Kalian menjadi gelap ketika suara masih ada. Televisi adalah barang elektronik yang paling banyak digunakan di rumah-rumah saat ini. Kualitas gambar dan suara menjadi faktor utama yang membuat televisi menjadi pilihan utama keluarga dalam menghabiskan waktu luang.

Namun, masalah sering terjadi ketika layar televisi menjadi gelap tetapi suara masih ada. Ini bisa sangat menjengkelkan dan memengaruhi pengalaman menonton Kalian.

TV LCD

 

Liquid Crystal Display atau lebih dikenal dengan LCD adalah jenis TV yang menggunakan teknologi liquid crystal dalam memproduksi gambar. TV ini biasanya digunakan untuk monitor PC dengan berbagai ukuran dan teknologi yang tersedia.

Meskipun memiliki kelebihan seperti hemat daya dan konsumsi listriknya bisa lebih irit hingga 20% dibanding TV tabung, lebih ringan dan mudah ditempatkan, serta radiasinya rendah sehingga tidak menyebabkan mata lelah, namun sayangnya harga TV LCD cenderung lebih mahal hampir setara dengan TV LED murah.

Selain itu, TV LCD juga rentan cepat rusak dan bisa mengalami dead pixel. Pemakaian TV LCD juga membutuhkan antena yang bagus agar dapat menikmati tayangan televisi dengan baik.

Penyebab TV LCD Layar Gelap Suara Ada

Diatas telah sedikit disinggung bahwa kerusakan TV LCD layar gelap suara ada bukan cuma adanya masalah pada lampu backlightnya saja, tapi ada beberapa bagian lain yang bisa menimbulkan masalah seperti ini. Berikut ini beberapa sebab tersebut.

1. Layar TV Rusak

Penyebab paling umum kerusakan televisi adalah layar TV yang rusak, baik itu LCD maupun LED. Jika hal ini terjadi, gambar tidak akan muncul, meskipun suara masih bisa didengar. Biasanya, kerusakan ini disebabkan oleh flexible atau IC COF yang terbakar.

2. Modul T-Con Rusak

Pada TV LED, modul T-Con bertanggung jawab untuk menyalurkan tegangan ke panel LED. Jika modul T-Con mengalami kerusakan, tidak akan ada tegangan yang masuk ke panel LED. Hal ini akan membuat TV LED hanya mengeluarkan suara tanpa menampilkan gambar.

3. Lampu Backlight Mati

Penyebab ketiga adalah matinya lampu backlight yang berada di belakang lapisan panel LCD TV. Rangkaian backlight biasanya dibuat dalam rangkaian seri, sehingga semua lampu pada backlight akan mati jika salah satunya mati. Hal ini akan membuat gambar di layar TV menjadi gelap, meskipun suara masih terdengar jelas.

4. Fuse SMD Putus

Penyebab keempat adalah putusnya Fuse SMD yang terletak di board T-Con bersama dengan komponen lainnya. Jika Fuse SMD putus, maka layar TV Kalian tidak akan menampilkan gambar. Meskipun suara masih keluar, tetapi gambar tidak akan muncul.

5. IC Gamma Rusak

Penyebab kelima adalah rusaknya IC Gamma yang juga terletak di part atau board T-Con. IC Gamma ini bertanggung jawab untuk menyalakan layar TV dan menampilkan gambar pada layar tersebut.

6. Kabel LVDS Belum Terpasang

Penyebab berikutnya adalah kurangnya pemasangan kabel LVDS yang bertugas untuk mengirimkan gambar ke layar TV LCD Kalian.

Kabel LVDS ini juga terletak di board T-Con dan jika gambar tidak muncul di layar TV, kemungkinan kabel tersebut belum terpasang dengan benar. Perhatikan kabel tersebut dengan baik untuk memastikan gambar dapat ditampilkan di layar TV Kalian.

Itu dia beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan TV LCD maupun LED mengalami masalah kerusakan gambar gelap tetapi suara normal.

Langkah Analisa Sebelum Proses Perbaikan

Berikut ini langkah langkah analisa yang bisa dilakukan untuk memastikan sebab masalah kerusakan yang sebenarnya :

Baca Juga :  Ketahui, Cara Hemat Listrik Kulkas Showcase

  1. Langkah pertama adalah melakukan pengukuran tegangan pada power supply yang menuju Tcon. Pastikan tegangan normalnya adalah 12 volt.
  2. Setelah itu, jika semua tegangan sudah terukur normal, lakukan pengukuran tegangan yang menuju output driver LCD atau LED. Jika tegangan masih dalam keadaan normal, lanjutkan dengan pemeriksaan backlight.
  3. Namun, jika tegangan tidak terukur, lanjutkan dengan pengukuran tegangan sebelum masuk ke IC. Jika voltase masuk terukur tetapi keluar tidak terukur atau bahkan tidak ada, maka ganti IC-nya.
  4. Setelah IC diganti, tegangan seharusnya terukur sekitar 50 volt.
  5. Pastikan juga untuk memeriksa kemungkinan penyebab lain, seperti kondisi PCB, koneksi, dan hal lain yang dapat menyebabkan layar menjadi gelap.

Cara Memperbaiki TV LCD Layar Gelap Suara Ada

Secara umum sebenarnya kerusakan TV LCD layar gelap suara ada atau gambar gelap suara normal, yang sering terjadi penyababnya hanyalah tiga saja. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada penyebab yang lainya. Tiga tersebut yaitu :

  • Karena lampu Baacklight mati
  • Karena kerusakan IC dibagian modul Tcon
  • Karena kerusakan software

Dibawah ini merupakan penjelasan cara memperbaiki TV LCD layar gelap suara ada yang bisa teknisitv bagikan berdasarkan penyebab kerusakannya.

1. Karena Lampu Blacklight Mati

Sebelum memulai pengecekan, pastikan terlebih dahulu tegangan DC yang digunakan untuk mensuplai panel LCD atau LED. Pada TV merek Samsung, biasanya tegangan suplai dihasilkan oleh Boost converter yang menghasilkan tegangan DC sebesar 135 volt. Fungsi dari Boost converter ini adalah untuk meningkatkan tegangan menjadi lebih tinggi.

Tegangan 135 volt tersebut digunakan untuk mensuplai sekitar 45 lampu LED backlight yang dirangkai secara seri. Oleh karena itu, jika ada satu lampu LED yang mati, maka semua lampu akan mati.

Gunakan AVO meter untuk mengukur tegangan 135 volt tersebut. Kalian dapat menggunakan AVO meter manual atau digital melalui dua kaki elektroda eco filter tegangan tersebut yang nilainya C9801 (22uf/250V). Sebelum melakukan pengukuran, atur AVO meter pada angka DCV250.

Jika nilai yang terukur menunjukkan sekitar 230 volt, maka rangkaian lampu LED sudah rusak. Karena nilai sebesar itu bisa terukur sebab tegangan yang dikeluarkan oleh Buck converter tanpa terbebani.

Jika sudah pasti bahwa LED yang bermasalah, langkah selanjutnya adalah membongkar TV dengan hati-hati agar panel tidak rusak. Panel yang rusak sulit untuk diperbaiki atau bahkan mungkin tidak bisa diperbaiki sama sekali. Panel yang rusak harus diganti dengan yang baru dan harganya tidaklah murah.

Perlu diketahui bahwa letak lampu LED berada di belakang panel. Setelah dibongkar, panel akan terlihat seperti gambar di atas. Lakukan pengecekan pada setiap lampu LED sampai menemukan lampu yang mati atau short.

Jika sudah menemukan lampu yang mati, lepas lampu tersebut dan gantilah dengan yang baru. Kalian tidak perlu mengganti seluruh set lampu backlight, cukup ganti lampu yang mati dengan tipe yang sama dan ukuran yang sesuai.

Sebelum memasang lampu yang baru, lakukan pengujian terlebih dahulu untuk memastikan apakah lampu tersebut menyala atau tidak. Pada saat melakukan pengujian, perhatikan juga lampu yang lain apakah ada yang redup.

Jika ada, sebaiknya ganti seluruh lampu tersebut, karena kemungkinan lampu tersebut akan mati juga dalam waktu yang tidak lama.

2. Karena IC Dibagian Modul Tcon Rusak

Kerusakan TV LCD layar gelap suara ada juga bisa disebabkan karena ada masalah pada bagian IC atau IC yang short. Bisa di cek dengan cara menyantuh IC yang letaknya didekat modul Tcon.

Kalau IC yang bermasalah akan terasa panas bahkan panas sekali pada saat kita sentuh. Kalau sudah dipastikan IC nya yang bermasalah, kita bisa menggantinya dengan yang baru. Tentunya penggantinya harus sesuai dan juga memiliki tipe yang sama.

3. Karena Kerusakan Sofware

Perlu diingat bahwa kerusakan pada sebuah perangkat televisi tidak hanya terjadi pada bagian hardware saja, tetapi juga bisa terjadi pada bagian software atau perangkat lunak. Masalah pada software dapat menyebabkan kerusakan pada televisi.

Untuk mengatasi masalah semacam ini, yaitu kerusakan pada software, dapat dilakukan dengan cara mem-flash televisi tersebut menggunakan firmware yang baru dan sesuai dengan tipe televisi yang digunakan.

Setiap merek dan tipe televisi memiliki jenis firmware yang berbeda, sehingga penting untuk memilih firmware yang cocok dan sesuai dengan tipe televisi yang digunakan.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum Secara Lengkap

 

Artikel terkait :

Penutup

Demikianlah beberapa cara mudah yang bisa Kalian lakukan untuk mengatasi TV LCD layar gelap namun suara masih ada. Dengan melakukan beberapa langkah tersebut, diharapkan masalah pada TV LCD Kalian dapat teratasi dan kembali normal seperti sediakala.

Perlu diingat, jika cara-cara tersebut sudah dilakukan namun TV LCD masih tetap bermasalah, segera konsultasikan dengan teknisi atau pihak yang ahli di bidangnya agar masalah yang lebih serius dapat dihindari.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Kalian yang mengalami masalah dengan TV LCD layar gelap namun suara masih ada. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa pada kesempatan berikutnya. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/tv-lcd-layar-gelap-suara-ada/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *