Perbedaan ABS dan CBS Honda

Simak Perbedaan ABS dan CBS Honda : Ulasan Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Simak Perbedaan ABS dan CBS Honda : Ulasan Lengkap. Sistem rem adalah salah satu komponen paling penting dalam sepeda motor, dan pemilihan yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam keselamatan berkendara. Dua teknologi yang sering menjadi perdebatan adalah ABS (Anti-lock Braking System) dan CBS (Combined Braking System) Honda. Dalam artikel ini, kami akan membahas Perbedaan ABS dan CBS Honda, bagaimana mereka bekerja, dan bagaimana kalian dapat memilih sistem rem yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

A. Pengertian ABS (Anti Lock Braking System)

Tentunya kalian sudah tahu bahwa singkatan ABS adalah Anti Lock Braking System. Ini adalah sistem di dalam kendaraan yang membantu kalian tetap aman saat mengemudi, terutama pada jalan yang licin atau saat kalian harus mengerem tiba-tiba.

Rem ABS membantu mencegah roda kendaraan kalian terkunci saat kalian melakukan pengereman mendadak. Jika kalian menggunakan kendaraan tanpa rem ABS, semua roda kendaraan akan terkunci, dan ini dapat membuat kendaraan sulit untuk dikendalikan.

Dengan adanya sistem ini, kalian dapat lebih mudah mengendalikan kendaraan kalian karena roda tidak terkunci saat kalian melakukan pengereman mendadak. Biasanya, rem ABS sering digunakan pada kendaraan balap agar pengemudi dapat mengendalikannya dengan lebih baik.

B. Pengertian CBS (Combi Brake System)

Combi Brake System (CBS) adalah sebuah sistem pengereman yang mengintegrasikan rem depan dan belakang dengan hanya dengan menekan tuas rem tangan sebelah kiri. Dengan kata lain, ketika Anda menarik tuas rem ini, baik rem depan maupun belakang akan berfungsi secara bersamaan.

Teknologi ini memungkinkan pengereman dengan jarak yang lebih pendek, dengan pembagian beban pengereman yang seimbang antara rem depan dan belakang, sesuai dengan kebutuhan saat mengendalikan kendaraan.

Sejak tahun 2009, Honda telah merencanakan penggunaan Combi Brake System (CBS) pada semua skuter matik Honda. Keputusan ini didasari oleh permintaan konsumen akan kendaraan yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih baik saat berkendara.

CBS adalah sistem pengereman yang menggabungkan rem depan dan belakang. Dengan hanya menarik tuas rem tangan sebelah kiri atau tuas rem belakang, baik rem depan maupun belakang akan beroperasi secara bersamaan.

Biasanya, rem depan memiliki jarak pengereman yang lebih pendek dibandingkan rem belakang. Dengan menggabungkannya, sistem ini menghasilkan pengereman yang optimal dan tepat.

Teknologi ini juga memungkinkan pengaturan proporsi pengereman antara rem depan dan belakang sesuai dengan kebutuhan, sehingga jarak pengereman yang diinginkan dapat dicapai.

Perbedaan ABS dan CBS Honda

Pada motor ada dua sistem pengereman yakni ABS dan CBS. ABS sendiri adalah kepanjangan Anti-Lock Brake System, sementara CBS adalah Combi Brake System.

Meskipun kedua sistem ini, CBS (Combined Brake System) dan ABS (Anti-lock Braking System), berperan dalam meningkatkan keselamatan saat berkendara motor dengan mengoptimalkan pengereman, ada perbedaan utama dalam cara kerja dan fungsionalitas keduanya. Mari kita cermati Perbedaan ABS dan CBS Honda:

1. Cara Kerja CBS

Optimasi Pengereman: CBS berfungsi untuk mengoptimalkan sistem pengereman dengan menghubungkan rem depan dan belakang secara bersamaan.

Nama dan Asal Mula: CBS sebenarnya merupakan istilah yang digunakan oleh Honda untuk merujuk pada sistem pengereman kombinasi ini.

Sistem Mekanikal: Cara kerja CBS lebih sederhana karena mengandalkan sistem mekanikal.

Tuas Rem Kiri: Pada skutik Honda dengan fitur CBS, terdapat tuas rem sebelah kiri yang dilengkapi dengan equalizer yang membagi tenaga ke dua kabel.

Kabel Konektor: Salah satu kabel terhubung langsung ke rem belakang, sedangkan kabel lainnya terhubung ke kabel konektor.

Kerja Koordinatif: Kabel konektor menarik knocker untuk mendorong piston hidrolik di master rem depan. Inilah sebabnya mengapa ketika menekan tuas rem belakang di sisi kiri setang, rem depan juga akan otomatis berfungsi.

2. Cara Kerja ABS

Mencegah Selip Ban: ABS adalah teknologi yang memungkinkan ban motor tidak mengunci atau selip saat pengendara melakukan pengereman keras atau mendadak.

Sensor Cakram: Kemampuan ABS dalam mencegah selip ban berasal dari sensor yang dipasang pada piringan cakram.

Terhubung ke ECU: Sensor tersebut terhubung ke ECU (Electronic Control Unit) yang akan membaca informasi dari sensor ketika cakram dan ban terdeteksi mengunci ketika motor bergerak.

Mengendalikan Tekanan Minyak Rem: Ketika ban mengunci, sistem ABS secara otomatis akan mengendurkan tekanan minyak rem, yang akan membuat piston tertarik, sehingga pengereman dilepaskan untuk memungkinkan ban bergerak kembali.

Pengereman Otomatis: Dalam hitungan mili detik, sistem ABS akan mengaktifkan pengereman kembali secara otomatis, menjaga kendaraan tetap dalam kendali. Singkatnya, ABS bekerja seperti kita mengocok rem secara otomatis.

Kelebihan CBS dan ABS Honda

Setelah memahami Perbedaan ABS dan CBS Honda, nah selanjutnya adalah kelebihan sistem pengereman CBS dan ABS pada kendaraan Honda:

Baca Juga :  Rekomendasi Helm Full Face 300 Ribuan Terlengkap : UPDATE Harga

A. Kelebihan CBS

Sistem Pengereman Gabungan (CBS), seperti yang diterapkan oleh Honda, membawa beberapa keunggulan yang signifikan:

  1. Pengendalian Lebih Baik saat Pengereman Darurat
    CBS memungkinkan distribusi daya pengereman yang optimal antara roda depan dan roda belakang, sehingga kendaraan tetap stabil saat pengereman darurat. Ini mengurangi risiko tergelincir atau terjatuh, yang sangat penting dalam situasi darurat.
  2. Mempertahankan Kemampuan Manuver
    Dengan CBS, Anda dapat menjaga kemampuan manuver kendaraan Anda bahkan saat mengerem keras. Hal ini sangat berguna dalam menghindari hambatan atau mengambil tindakan korektif yang cepat.
  3. Pengurangan Jarak Pengereman
    Sistem CBS memperpendek jarak pengereman dengan mengoptimalkan distribusi daya pengereman. Ini berarti kendaraan dapat berhenti lebih cepat dan lebih aman.
  4. Pemeliharaan Kendali pada Permukaan Licin
    CBS membantu menjaga kontrol kendaraan pada permukaan licin seperti jalan yang basah atau berlumpur. Ini menjaga keamanan Anda saat berkendara dalam kondisi cuaca yang tidak ideal.

Mengurangi Risiko Tergelincir
CBS secara signifikan mengurangi risiko tergelincir roda pada saat pengereman, yang dapat mengakibatkan kehilangan kendali. Ini memberikan tingkat keamanan tambahan kepada pengendara.

B. Kelebihan ABS

Sama seperti CBS, Sistem Pengereman Anti-Blokir (ABS) Honda juga memiliki keunggulan yang penting:

  1. Pengereman Lebih Pakem dan Cepat
    Rem ABS memungkinkan kendaraan untuk melakukan pengereman yang lebih pakem dan efektif dibandingkan dengan sistem rem non-ABS. Hal ini karena ABS mencegah roda terkunci, memungkinkan pengemudi untuk menjaga kontrol dan pengereman optimal.
  2. Kendaraan Tetap Stabil saat Pengereman Mendadak
    Dalam situasi pengereman mendadak, ABS membantu menjaga kendaraan tetap stabil. Ini menghindari gesekan roda yang berlebihan dan potensi tergelincir, sehingga kendaraan dapat berhenti dengan aman.
  3. Efektif pada Kondisi Jalan Basah
    ABS sangat efektif pada kondisi jalan basah karena mencegah roda terkunci dan mendapatkan cengkeraman yang baik pada permukaan licin. Ini meningkatkan keamanan saat berkendara dalam cuaca buruk.

Kesimpulan

Dalam dunia otomotif, teknologi pengereman memegang peranan penting untuk keselamatan pengendara. Honda, sebagai salah satu produsen otomotif terkemuka di dunia, selalu berinovasi untuk menghadirkan sistem pengereman yang lebih andal dan canggih.

Perbedaan ABS dan CBS Honda bukan hanya sekedar istilah, melainkan dua teknologi yang memiliki fungsionalitas berbeda dalam meningkatkan performa pengereman sepeda motor. Sebagai konsumen, mengenali perbedaan tersebut akan membantu kita dalam membuat keputusan yang tepat saat memilih motor, serta dalam mengoperasikannya dengan lebih aman di jalan raya.

Akhirnya, keselamatan harus selalu menjadi prioritas, dan dengan memahami teknologi yang ada di balik setiap komponen kendaraan, kita dapat mengambil langkah-langkah bijak untuk menjaga keselamatan diri dan orang lain.

Baca Juga :  Cara Gadai BPKB di Bank Mandiri : Panduan Mudah Lengkap

Itu saja uraian dari empatpilar.com mengenai Perbedaan ABS dan CBS Honda. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *