TV LED Polytron Standby Susah Start

Kenapa TV LED Polytron Standby Susah Start? : Penyebabnya

Posted on

Empat Pilar – Kenapa TV LED Polytron Standby Susah Start? : Penyebabnya. TV LED Polytron adalah salah satu merek TV yang banyak digunakan di Indonesia. Namun, seperti halnya dengan barang elektronik lainnya, TV LED Polytron juga bisa mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering ditemui adalah ketika TV LED Polytron sulit dihidupkan dari mode standby.

Masalah ini mungkin terdengar sepele, tetapi sebenarnya cukup menjengkelkan jika terjadi berulang-ulang. Artikel ini akan membahas penyebab TV LED Polytron standby susah start dan solusinya.

Kelebihan TV Polytron

Polytron ternyata mampu bersaing dengan brand ternama lain yang memiliki reputasi tingkat dunia. Target penjualan TV LED per tahun cukup tinggi dan begitu populer dikenal oleh rakyat indonesia sejak dulu.

Berikut beberapa kelebihan TV Polytron:

1. Garansi Paling Lama

Pada TV merek Polytron, garansi produk menjadi kelebihan utama yang menonjol. Produsen menawarkan perlindungan komprehensif selama 5 tahun, yang merupakan periode garansi terpanjang.

Ini sangat berbeda dengan merek lain yang umumnya hanya memberikan garansi selama satu tahun. Beberapa item perlindungan yang termasuk dalam garansi TV Polytron antara lain:

  • Garansi kerusakan pada panel LED yang menjadi komponen utama televisi.
  • Perlindungan terhadap penggantian spare part dan jasa perbaikan gratis.
  • Garansi terhadap kemungkinan sambaran petir yang merusak mesin seluruhnya.
  • Pelindungan kerusakan remote kontrol untuk penggantian original.

2. Service Center Luas

Polytron adalah satu-satunya perusahaan elektronik di Indonesia yang memiliki jaringan layanan service center terluas. Kelebihan ini memberikan ketenangan bagi para pelanggan selain garansi.

Jika terjadi kerusakan, pelanggan tidak perlu khawatir tentang lokasi tempat tinggal karena dapat mengajukan klaim garansi. Bahkan, dalam beberapa kondisi, pihak pabrik akan mengirimkan teknisi langsung untuk melakukan perbaikan di tempat.

3. Dukungan Audio Terbaik

TV Polytron terkenal dengan kualitas audio yang baik, bahkan speaker internalnya mampu menghasilkan suara bass yang kuat. Output suara yang jernih menyebar ke segala arah, menciptakan pengalaman menonton layaknya di bioskop.

Selain itu, beberapa produk TV Polytron juga dilengkapi dengan speaker eksternal untuk suara yang lebih menggelegar. Produk-produk tersebut dapat terhubung ke perangkat headphone melalui koneksi nirkabel Bluetooth.

4. Harga Produk Murah

Sebagai produsen lokal, Polytron ingin memperoleh kepercayaan masyarakat dengan menghadirkan produk murah yang berkualitas. Mampu menjangkau hampir semua kalangan mulai dari entri level hingga kelas premium.

Kamu dapat membuktikan sendiri dengan melakukan perbandingan produk yang memiliki harga setara. TV Polytron ternyata jauh lebih murah dibandingkan kompetitor lain dengan spesifikasi perangkat sama.

Kekurangan TV Polytron

Dibalik segudang fitur yang terdapat pada produk, ternyata TV Polytron juga mempunyai kekurangan tertentu. Hal ini memang tergolong wajar mengingat tidak ada peralatan elektronik yang benar – benar sempurna.

Berikut beberapa kekurangan TV Polytron yang perlu kamu ketahui:

1. Tampilan Menu Kurang

Setiap televisi pasti dilengkapi dengan firmware sebagai dasar kerja keseluruhan mesinnya. Firmware ini juga menentukan tampilan antarmuka pada televisi sehingga pemiliknya dapat menyesuaikan preferensi.

Salah satu kelemahan pada TV Polytron adalah tampilan menu yang kurang menarik. Selain itu, antarmukanya agak rumit sehingga sulit dipahami oleh konsumen pemula. Kamu dapat membandingkannya dengan antarmuka produk LG yang simpel dan elegan.

2. Ketajaman Warna Minim

Produk TV LED merek Polytron menghasilkan saturasi warna standar tanpa sentuhan mewah. Hal ini masih dapat diterima dan tidak terlalu berpengaruh saat menonton siaran digital.

Namun, perbedaannya akan terasa saat kamu menonton televisi dengan teknologi terbaru seperti resolusi UHD, HDR 10 plus, dan Smart TV Quantum LED. Kejernihan warnanya sangat alami sehingga kamu dapat menonton dengan nyaman dalam waktu yang lama.

Penyebab dan Cara Mengatasi TV LED Polytron Mati Standby

TV LED Polytron Standby Susah Start, ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan televisi LED Polytron mengalami kerusakan mati standby, diantaranya yaitu :

1. Bord Rusak

dideteksi dengan melakukan pengujian menggunakan remote kontrol dan tombol panel televisi. Hasilnya adalah baik remote kontrol maupun tombol panel tidak berfungsi sama sekali dan lampu indikator LED standby menyala merah tanpa kedipan seperti televisi normal, yang merupakan ciri khas dari TV Polytron.

Baca Juga :  Tips Membersihkan Lantai Granit : Pembahasan Lengkap

Kedipan adalah ciri khas dari televisi merek Polytron, sehingga kerusakan dapat dengan mudah dideteksi dan dianalisis dengan adanya kedipan ini. Cara mengatasinya cukup mudah dengan menekan tombol On beberapa kali, sehingga televisi dapat menyala normal kembali.

2. Eeprom Rusak

Penyebab selanjutnya adalah kerusakan pada data di eeprom, yang mengakibatkan kerusakan data atau korupsi. Hal ini menyebabkan hanya lampu indikator LED yang menyala dan televisi sulit dihidupkan dari mode standby.

Untuk memperbaikinya, caranya adalah dengan mengganti atau mem-flash ulang firmware yang cocok dengan tipe televisi yang digunakan.

3. IC Micom / IC TZUM 59XX Rusak

IC Micom yang rusak juga bisa menyebabkan permasalahan atau kerusakan seperti ini. Komponen yang satu ini memang sering kali rusak akibat pemakaian televisi yang tidak wajar sehingga mengakibatkan komponennya mengalami panas yang berlebih (over heat) lalu mengalami kerusakan IC micom.

Solusi mengatasinya yaitu dengan melakukan penggantian pada komponen ini yakni IC micom.

4. Elco Power Supply Rusak

Kerusakan di elco power supply juga sering terjadi pada TV LED Polytron, hal tersebut diakibatkan karena kurangnya nilai tegangan sehingga tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Ciri cirinya biasanya ditandai dengan fisik dari elco yang berubah bentuknya yaitu melembung pada ujungnya.

Mengatasinya yaitu dengan cara melakukan penggantian pada elco elco yang mengalami kerusakan, tentunya dengan yang memiliki tipe serta seri yang sama.

Tes Poin Mainboard Untuk TV LED Polytron Mati Standby

TV LED Polytron Standby Susah Start, sebelum melakukan pengujian, persiapkan dulu peralatan yang diperlukan seperti Avo meter atau Multi tester (baik manual maupun digital). Pengukuran ini bertujuan untuk memastikan bahwa tegangan yang masuk ke mainboard berjalan normal.

Ketika terjadi masalah seperti yang disebutkan di atas, bisa menyebabkan TV LED Polytron sulit untuk dinyalakan, gagal untuk menyala, atau menyala sebentar kemudian mati lagi. Masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan cara atau metode yang disebutkan di atas. Setelah proses perbaikan selesai, sebaiknya tes poin tegangan terlebih dahulu agar tidak terjadi kerusakan lainnya. Pastikan bahwa tegangan yang ada di mainboard memiliki nilai yang seharusnya, yaitu:

  • VCC 12 volt
  • 5 volt
  • 3,3 volt
  • 1,75 volt
  • 2,75 volt

Jadi pastikan semua tegangan yang tersebut diatas ada dan memenuhi kebutuhan mainboard, sebelum memastikan komponen seperti eeprom korup, IC MCU dan lainnya mengalami kerusakan.

Sebagai tambahan, cek tegangan pada mainboard normal pada TV LED Polytron tipe PLD24T800 skema serta tegangan PSU normal 5 volt dan 12 volt.

  • C44 = kurang lebih 1,47 volt
  • Q2 = 12 volt
  • U1 =3,39 volt
  • U2 =1,29 volt
  • U3 =1,83 volt
  • TU2 = 3,30 volt

TV Polytron LED Gambar Gelap Suara Normal

TV LED Polytron Standby Susah Start, tampilan gambar yang gelap bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Oleh karena itu, sebelum memperbaikinya, penting untuk mengenali beberapa jenis tampilan gelap.

Misalnya, gambar gelap bisa disebabkan oleh lampu belakang yang tidak menyala atau hanya menyala tapi menunjukkan gambar gelap. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan software, lampu backlight mati, atau kerusakan IC pada modul Tcon.

Mari kita bahas satu per satu kemungkinan kerusakan jika LED TV Anda mengalami gambar gelap. Berikut ini adalah penjelasannya.

a. Gelap Akibat Kerusakan Software

Apabila TV Anda menampilkan gambar gelap namun LED-nya tetap menyala, bisa jadi penyebabnya adalah kerusakan software.

Cara memperbaiki kerusakan TV Polytron LED yang disebabkan oleh software yang rusak yaitu dengan melakukan flash. Tentu saja gunakan jenis firmware yang sesuai pada saat flash TV Anda, ya?

b. Gelap Akibat Backlight

Jika terjadi gambar gelap pada TV Anda, coba periksa lampu backlight terlebih dahulu. Mungkin ada kerusakan pada bagian ini karena jika lampu ini tidak berfungsi, maka layar TV tidak akan menampilkan gambar.

Periksa sejumlah lampu yang terpasang pada panel LED. Lampu LED tersebut terpasang secara seri, sehingga jika ada satu lampu yang terputus, satu set backlight akan mati.

Gunakan AVO meter atau multitester untuk mengetahui apakah lampu LED masih berfungsi atau tidak. Anda dapat menggunakan AVO meter manual atau digital. Setelah menemukan LED yang rusak, segera ganti dengan tipe yang sama.

Baca Juga :  Cara Service Kerusakan TV LED Sony Bravia : Step by Step

c. Gelap Akibat Kerusakan IC pada Modul Tcon

Cara mengetahui kerusakan TV akibat IC yaitu dengan memeriksa Tcon. Cek pada bagian yang berada di dekat modul Tcon. Apabila terasa panas berlebih, maka Anda dapat memastikan ada gangguan di komponen tersebut. Segera ganti sparepart-nya dengan tipe yang sesuai.

 

Penutup

Kesimpulannya, terdapat beberapa penyebab mengapa TV LED Polytron sulit untuk dinyalakan dan hanya berada di mode standby.

Beberapa penyebab tersebut meliputi masalah pada bagian power supply, mainboard, lampu backlight, atau bahkan tegangan yang tidak sesuai. Untuk memperbaiki masalah ini, sebaiknya melakukan pemeriksaan dan pengukuran menggunakan alat yang sesuai seperti AVO meter atau multitester.

Dengan demikian bahasan dari kami mengenai TV LED Polytron Standby Susah Start, Anda dapat menemukan sumber masalah dan mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki TV LED Polytron Anda agar dapat kembali berfungsi normal. Kata Pencarian Terpopulercara merubah tv led polytron mati stanbai menjadi mati total,https://www empatpilar com/tv-led-polytron-standby-susah-start/,Tv led polytron 32 inch kadang susah nyala,tv led polytron pld 22d110 mati standby

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *