TV LG Tidak Ada Audio Out

TV LG Tidak Ada Audio Out : Cara Mengatasinya Lengkap

Posted on

Empat Pilar – TV LG Tidak Ada Audio Out : Cara Mengatasinya Lengkap. TV LG adalah salah satu merek televisi yang cukup populer dan memiliki kualitas suara yang cukup baik. Namun, tidak jarang pengguna TV LG mengalami masalah dengan audio out pada televisi mereka. Audio out yang tidak berfungsi akan membuat pengguna tidak bisa mendengarkan suara dari televisi. Jika Anda mengalami masalah yang sama, jangan khawatir, karena artikel ini akan memberikan solusi mudah untuk mengatasi masalah TV LG tidak ada audio out.

Kelebihan dan Kekurangan TV LG Edisi Terbaru

LG menawarkan TV bermutu tinggi dengan beragam varian baik dari sisi spesifikasi maupun dimensi produk. Supaya kamu dapat memilih salah satu unit impian berdasarkan kebutuhan dan budget masing – masing.

Sebagai calon pelanggan, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan TV LG terlebih dahulu sebelum transaksi. Hal ini berguna sebagai bahan pertimbangan agar memperoleh unit terbaik sesuai harapan. Simak berikut ini :

Kelebihan TV LG

Keunggulan sebuah produk tentu selalu di promosikan oleh pihak produsen guna menarik minat calon konsumen. Ini merupakan faktor penentu sebuah keputusan apakah mereka membeli unit atau beralih ke merek lain.

Berikut beberapa kelebihan TV LG yang perlu kamu ketahui:

1. Layar Jernih

Jika kita berbicara tentang kejernihan gambar dan kecerahan warna yang dihasilkan, TV LG merupakan yang terbaik. Kamu bisa langsung membandingkan dua unit televisi merek yang berbeda di toko elektronik terdekat.

Produsen ini memproduksi komponen layar televisi di pabrik mereka sendiri, bukan membelinya dari perusahaan lain. Oleh karena itu, jika kamu mengutamakan gambar yang memanjakan mata, TV merek LG adalah pilihan yang tepat.

2. Produk Awet

Banyak orang telah membuktikan bahwa TV LG memiliki daya tahan yang cukup baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Jika dibandingkan dengan produk kompetitornya, TV LG cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah rusak, bahkan jika masih dalam masa garansi.

Keandalan produk LG juga didukung oleh faktor ketahanan unit yang menjadi keunggulan merek ini. Namun, keawetan perangkat juga tergantung pada kebiasaan penggunanya. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengoperasikan produk sesuai dengan petunjuk yang tertera pada buku panduan.

3. User Interface Keren

Tampilan user interface menjadi faktor yang menentukan kenyamanan konsumen saat mengoperasikan produk. Nah, TV LG mempunyai ciri khas tersendiri untuk aspek antarmuka yang sederhana, mudah dan elegan.

Bahkan, UI (user interface) pada TV LG termasuk yang terbaik dibandingkan dengan merek ternama lainnya. Saat kamu melihat secara langsung, akan terasa keunikan dari tampilan TV LG terutama berjenis webOS.

4. Fitur Canggih

Sebagai perusahaan global dengan reputasi yang baik, LG tidak mengambil enteng masalah teknologi dan spesifikasi produk. Mereka memastikan bahwa produk yang mereka hadirkan memiliki kualitas yang tinggi karena hal ini berkaitan dengan nama baik dan merepresentasikan merek mereka.

Tidak perlu diragukan lagi berbagai fitur dan teknologi canggih yang dimiliki oleh TV LG, karena merek ini sering menjadi pelopor dalam hal inovasi produk. Selain itu, berbagai komponen dalam produk LG dibuat dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi.

Kekurangan TV LG

Meski TV LG di rancang khusus dengan segudang fitur, tetapi sebagai produk elektronik pasti ada kelemahan tertentu. Informasi seperti ini beranfaat bagi calon konsumen sebagai dasar pertimbangan tersendiri.

Berikut beberapa kekurangan TV LG:

1. Harga Mahal

Harga jual TV LG baru tergolong tinggi jika dibandingkan dengan merek lain yang memiliki spesifikasi serupa. Faktor ini seringkali menjadi kendala bagi sebagian orang yang memiliki keterbatasan dana.

Namun, kenyataan bahwa TV LG memiliki harga yang relatif mahal sebanding dengan kualitas produk yang cukup baik. Produk tersebut memberikan kenyamanan bagi konsumen dalam menikmati berbagai konten multimedia dengan maksimal.

2. Dukungan Audio Minim

TV LED biasa dari LG memiliki keterbatasan dalam mendukung audio eksternal, yang dapat menjadi kekurangan dari produk tersebut. LG hanya menyediakan port audio optik untuk menghubungkan TV dengan speaker aktif.

Oleh karena itu, satu-satunya solusi untuk masalah ini adalah dengan membeli setidaknya Smart TV LG. Produk ini mendukung koneksi audio nirkabel melalui Bluetooth, namun pastikan untuk memeriksa spesifikasinya terlebih dahulu.

3. Masalah Pemutaran Video

Banyak orang menggunakan flashdisk atau hardisk eksternal untuk menyimpan berbagai konten multimedia, seperti film favorit, foto, dan musik, agar dapat diputar di TV LG tanpa perlu koneksi internet.

Namun, untuk produk TV LED biasa yang belum termasuk dalam kategori Smart TV, terdapat sedikit masalah pada pemutaran video. TV merespon dengan lambat dalam memproses perintah saat ukuran file besar atau terdapat banyak file dalam playlist.

TV LG Tidak Ada Audio Out

TV LG tidak dilengkapi dengan audio out RCA analog, tetapi memiliki dua output audio yang dapat digunakan untuk menghubungkan TV ke soundbar atau penerima audio lainnya. Selain itu, ada juga output headphone yang dapat dihubungkan ke input RCA Stereo menggunakan kabel adaptor RCA.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menghubungkan speaker eksternal dengan TV LG tidaklah mudah, namun ada beberapa opsi yang dapat dilakukan untuk membuat semuanya menjadi lebih mudah, yaitu:

  • Menggunakan colokan headphone 1/8 inch untuk menyambungkan colokan RCA stereo (Opsi Analog)
  • Menggunakan kabel Fiber Optik (Opsi Digital)

Pilih salah satu opsi yang telah disebutkan sebelumnya untuk menghubungkan speaker eksternal dengan TV LG, dan sesuaikan dengan input yang tersedia pada receiver. Banyak orang lebih suka menggunakan opsi digital karena suara yang dihasilkan adalah Dolby Digital 5.1 surround dari tayangan atau film apa pun.

Baca Juga :  8 Rekomendasi Merk Lantai Vinyl Yang Bagus Buat Kalian

Cara Menyambungkan Speaker Eksternal ke TV LG Model Lama

Jika tipe TV LG merupakan model lama dan speaker eksternalnya merupakan model terbaru, bisakah keduanya dihubungkan? untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

1. Output Audio Analog

Pada model TV LG yang lebih lama, terdapat soket output audio analog berwarna merah dan putih, sehingga sulit untuk menghubungkan speaker secara langsung ke TV.

Namun, ada cara untuk menghubungkan TV dengan speaker, yaitu dengan menghubungkan sistem Hi-Fi, soundbar, sistem suara, atau penerima home theater ke soket tersebut.

Sebenarnya, menghubungkan peralatan audio ke soket keluaran analog hanya dapat dilakukan jika speaker memiliki power sendiri, artinya memiliki amp built-in, sehingga hanya akan berfungsi jika dicolokkan langsung ke sumber listrik.

2. Mamakai Koneksi RCA Pada TV LG Model Lama

Dibawah ini merupakan langkah menghubungkan memakai kabel RCA :

  • Ambil kabel RCA lalu hubungkan melalui output audio TV LG
  • Kemudian hubungkan ujung kabel RCA lainnya ke output audio pada speaker eksternal
  • Jika sudah terpasang semua, selanjutnya nyalakan soundbar atau receiver
  • Setelah itu masuk ke pengaturan audio di TV, dalam beberapa kasus bisa juga menggunakan petunjuk penyiapan audio eksternal
  • Berikutnya pilih input pada sistem suara , sehingga akan terdengar output dari TV

Perlu di ingat bahwa keluaran RCA bergantung pada konten dua saluran stereo, dimana dijalankan dari TV ke perangkat soundbar. Jadi pastikan melihat peningkatan perangkat seperti suara surround atau audio soundstage jika menggunakan pengaturan koneksi analog dengan soundbar.

Cara Menyambungkan Speaker Pada TV LG Model Baru

Untuk para pengguna TV LG model baru, berikut ini penjelasan cara menghubungkannya.

1. TV LG Tidak Ada Audio Out Memakai Koneksi Optik Digital

Di bawah ini merupakan langkah menghubungkan dengan memakai koneksi Optik Digital :

  • Colokan kabel optik digital pada port optik digital audio di TV LG
  • Kemudian colokan ujung lainnya kabel optik ke input optik soundbar, home theater atau penerima lainnya
  • Selanjutnya setelah semua tersambung, masuk ke menu Pengaturan di TV, lalu ke sistem audio
  • Setelah itu pilih optik digital, maka suara akan keluar
  • Namun jika tidak berhasil, masuk ke pengaturan output audio lalu cari Pengaturan PCM.

2. TV LG Tidak Ada Audio Out Memakai Soket HDMI

TV LG terbaru dilengkapi dengan banyak fitur canggih, salah satunya adalah output audio digital yang terdiri dari output audio dan port HDMI.

Port HDMI ini dapat digunakan untuk mengirimkan video dan audio secara bersamaan, namun sebelum menggunakannya, pastikan untuk memeriksa spesifikasi TV karena tidak semua port HDMI dapat berfungsi sebagai input dan output.

Seperti halnya output audio analog, port digital juga dapat mengirimkan audio ke sistem soundbar dan home theater.

Langkah-langkah untuk Menghubungkan Speaker Aktif ke TV LED LG

Speaker merupakan alat yang digunakan untuk menghasilkan suara. Adapun speaker dapat menerima sinyal dari TV yang kemudian dikeluarkan dalam bentuk frekuensi audio. Berikut adalah cara menghubungkan speaker aktif ke TV LED LG:

  1. Untuk melakukan pengaturan tambahan buka Daftar Perangkat, kamu dapat menekan tombol input di remot tv LG.
  2. Pertama, pilih Sound Out Speaker LG Sound Sync.
  3. Setelah dongle nirkabel dicolokkan dan speaker diaktifkan, masuk ke menu pengaturan audio LG TV dan pilih Sound Out.
  4. Lalu sambungkan kabel cocok dengan warna untuk merah dan-untuk hitam.

Cara di atas mungkin berbeda-beda tergantung dari model TV. Nah, apabila suara TV tidak keluar dari soundbar, kamu dapat mengatur dengan menggunakan LG Sound Sync:

  1. Untuk dapat terhubung melalui kabel optik, kamu dapat menggunakan LG Sound Sync.
  2. Hubungkan kembali kabel optik antara TV dan Sound Bar.
  3. Klik tombol “Pilih Fungsi” pada remote control Sound Bar dan mengatur input mode sebagai “Optical”.
  4. Setelah itu, gunakan remote control TV dan klik Menu > Sound > Pilih Sound Out Speaker > LG Sound Sync.
  5. Tekan tombol volume dan periksa apakah suara keluar.
  6. Jika ada suara, berarti kamu sudah berhasil mengikuti langkah-langkah di atas.

Cara Memperbaiki Warna TV LG

Kendala pada warna TV LG kadang terjadi di mana warna TV bisa terlihat tidak normal atau disebut juga sebagai warna yang abnormal. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Menurut situs resmi LG, masalah pada warna dapat disebabkan oleh kabel RGB atau HDMI yang rusak atau tidak tersambung dengan benar ke proyektor beam. Selain itu, penyebab masalah juga bisa karena pengaturannya. Oleh karena itu, tergantung pada pengaturan warna TV yang digunakan, warna TV dapat terlihat berbeda.

Cara untuk memperbaikinya adalah dengan menyetel ulang pengaturannya. Periksa kabel dan konektornya, yaitu RGB dan HDMI. Kemudian, masuk ke Pengaturan, pilih gambar Mengatur Mode Gambar ke “Standar” atau “Vivid”. Selanjutnya, pilih Atur Ulang Gambar, lalu klik OK.

Udah gitu aja. Nanti, pengaturan warna TV LG kamu, bakal kembali seperti sedia kala. Jadi, akan kembali normal, dan kamu bisa balik nonton TV dengan nyaman.

Rekomendasi Produk TV LG

Buat kamu yang mau beli TV LG, cari tahu dulu aja rekomendasinya. Dari sini, kamu bisa tahu manakah sekiranya TV yang kamu butuhkan. Berikut rekomendasinya:

1. LG 43LM5750PTC Full HD Smart TV [43 Inch]

TV LG ini harganya sekitar Rp 4,4 jutaan. Produk ini merupakan TV Full HD dengan tingkatan terbaru. Untuk kelebihan fiturnya, salah satunya yaitu memiliki Dynamic Color Enhancer. Jadi, warnanya terlihat lebih dinamis sekaligus cemerlang. Di samping itu, terdapat prosesor Quad Core untuk TV ini.

Prosesor tersebut menciptakan gambar yang terlihat lebih hidup. Nggak cuma itu aja. TV ini juga dilengkapi dengan teknologi HDR untuk detail yang luar biasa. Di samping itu, juga terdapat Virtual Surround Plus yang membuat suara memenuhi ruangan. Jadi serasa kamu nonton di bioskop, deh.

Baca Juga :  Kenapa TV LED Polytron Standby Susah Start? : Penyebabnya

2. LG 65 INCH 4K UHD SMART TV NANO75 SERIES 65NANO75TPA

TV LG ini harganya sekitar Rp 14,1 jutaan. Nah, kalau TV yang ini memang memiliki layar besar. Layar TV-nya seluas 65 inci. Produk LG ini merupakan smart TV yang juga menjalankan sistem digital. Untuk kualitas gambarnya yaitu Real 4K Nano Cell. Gambar di TV-nya terlihat jelas dan nyata.

Selain itu, udah ada konektivitas lengkap pada TV ini. Ada koneksi Bluetooth dan juga Wi-Fi. Sementara, TV ini dibekali Quad Core Processor untuk mengoperasikannya. Ada juga teknologi 4K Up Scaling, serta LG Thin Q AI, dan AI Sound. Di samping itu, terdapat port HDMI dan USB.

3. LG 55UP7500PTC 4K Smart UHD TV [55 Inch]

TV LG ini harganya sekitar Rp 8,1 jutaan. Produk TV ini hadir dengan fitur UHD Real 4K. Jadi, kualitas gambarnya terlihat jernih dan detail. Di samping itu, di dalam sistemnya terdapat Quad Core Processor 4K. Nggak lupa produk TV LG ini juga dibekali dengan fitur teknologi ThinQ AI.

Terus, sudah ada fitur aplikasi Apple TV dan Netflix. Kamu bisa pilih film, series, dokumenter, hingga siaran langsung olahraga kesukaanmu. Lalu, ada juga fitur Game Optimizer, HDMI 2.0, dan grafik HDR yang udah disempurnakan, dilengkapi input lag rendah, sehingga pengalaman main game makin cepat dan intens.

4. LED TV LG 50UN7300 Smart TV UHD 4k

TV LG ini harganya sekitar Rp 7,3 jutaan. Spesifikasinya yaitu memiliki bezel Mold C/T. Kemudian, TV ini punya 2 pole. Selain itu, engine TV menjalankan prosesor Quad Core. TV ini memiliki kualitas HDR10, HLG, FILMMAKER dari LG. Ada juga fitur True Color Accuracy yang membuat warna terlihat cemerlang.

TV dari LG ini juga dilengkapi teknologi wide viewing angle. Kemudian, refresh rate 60 Hz membuat gambarnya bergerak dengan sangat halus. Di samping itu, ada Ultra Surround dan Bluetooth Surround untuk audionya. Sementara, untuk koneksi, udah ada HDMI 3, USB 2, dan Bluetooth versi 5.0.

5. LED TV LG 32 INCH 32LM550 HD

TV LG ini harganya sekitar Rp 2,7 jutaan. TV ini merupakan salah satu seri LED TV dari LG. Layar TV ini yaitu 32 inci. Ukurannya ideal untuk TV di rumah. Kemudian, resolusinya HD TV 1366 x 768 piksel. TV ini juga dilengkapi Hard Panel IPS berupa panel sentuh untuk mengoperasikannya.

Kemudian, terdapat Dolby Audio untuk sistem audionya. Suara terdengar jernih dan nyata. Lalu, ada fitur USB Movie. Selain itu, ada pula konektivitas berupa satu port USB dan dua HDMI. Sementara, fitur lainnya yakni AV Component In dan Optical Audio Out. TV ini juga dilengkapi remote untuk mengoperasikannya.

6. Smart TV LG 43LN560 TV LED 43 Inch

TV LG ini harganya sekitar Rp 4,5 jutaan. Desain TV ini minimalis, sehingga cocok buat interior modern. TV LED ini menampilkan visual yang realistis. Tampilan gambarnya terlihat seperti nyata. Kemudian, desain TV yang minimalis dengan bezel nggak terlalu tebal, bikin interior ruangan terasa lebih hidup.

Di samping itu, adanya teknologi Dynamic Color Enhancer, membuat TV ini memiliki hasil gambar yang nyata sekaligus kelihatan alami. Ada pula teknologi Dolby Audio yang bikin suaranya seperti sound di bioskop. Nggak lupa, ada port USB dan hard drive eksternal buat menikmati berbagai konten di TV ini.

7. LG 32LM630BPTB LED TV

TV LG ini harganya sekitar Rp 3,1 jutaan. TV ini memiliki beragam fitur canggih. Ada fitur Dynamic Color Enhancer yang menyesuaikan warna buat menciptakan gambar lebih rich dan alami. Lalu, ada Quad Core Processor, yaitu empat prosesor yang bekerja cepat sekaligus akurat dalam menghilangkan noise, serta menciptakan warna dan kontras lebih dinamis.

Di samping itu, ada HDR aktif yang menyajikan detail luar biasa. HDR aktif bikin detailnya halus dengan warna yang kaya. Lalu, ada teknologi AI Smart yang dikembangkan oleh AI. LG ThinQ AI memudahkanmu buat mengoperasikan TV hanya dengan suaramu. Kemudian, ada Dolby Audio dengan pengalaman suara yang seperti audio film berkualitas teater.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi TV LG yang tidak memiliki Audio Out secara lengkap. Dengan melakukan pengecekan kabel dan settingan pada TV, Anda dapat memperbaiki masalah tersebut dan menikmati kembali pengalaman menonton TV yang berkualitas.

Semoga informasi ini dapat membantu dan mengatasi kendala yang sedang Anda alami pada TV LG Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini tentang “TV LG Tidak Ada Audio Out: Cara Mengatasinya Lengkap”. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/tv-lg-tidak-ada-audio-out/,audio out tv lg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *