TV Yang Bagus Buat PS5

Rekomendasi TV Yang Bagus Buat PS5 : dan Contohnya Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Rekomendasi TV Yang Bagus Buat PS5 : dan Contohnya Lengkap. PS5 adalah konsol game terbaru dan tercanggih yang dirilis oleh Sony. Namun, untuk menikmati game-game yang memukau pada PS5, Anda memerlukan TV yang bagus. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa TV terbaik yang dapat meningkatkan pengalaman gaming Anda dengan PS5.

Mengenai PlayStation 5 (PS5)

Mengenai PlayStation 5 (PS5)

PlayStation 5 (PS5) adalah konsol video game yang dikembangkan oleh Sony Interactive Entertainment. Pada tahun 2019, PS5 diumumkan sebagai pengganti atau penerus dari PS4 dan kemudian dirilis pada tanggal 12 November di beberapa negara, termasuk Jepang, Amerika Utara, Selandia Baru, Australia, dan Korea Selatan.

Kemudian, satu minggu setelahnya, PS5 dirilis di seluruh dunia. Konsol ini merupakan bagian dari generasi kesembilan dari konsol game.

PS5, sebagai konsol game generasi terkini, menawarkan banyak fitur terbaru yang akan meningkatkan pengalaman bermain game.

Salah satu fitur tersebut adalah kemampuan untuk mendukung resolusi 4K dengan kecepatan 120 fps. Meskipun sebagian besar televisi modern hanya memiliki resolusi 720p (HD) atau 1080p (FHD), namun televisi tersebut sudah cukup untuk memainkan PS5 dengan tampilan grafis yang jernih dan tajam.

Namun karena konsol game PS5 mendukung tampilan hingga 4K (Ultra HD) dan kecepatan 120 fps akan lebih maksimal jika digunakan pada perangkat televisi yang sudah mendukung tampilan 4K pula dan mendukung fitur HDMI 2.1.

Fitur Unggulan PlayStation 5

Beberapa fitur dari PS5 yang menjadikanya lebih baik dari versi sebelumnya, yaitu sebagai berikut :

1. Ray Tracing

PS5 memiliki level realisme baru yang mengesankan karena sinar cahaya disimulasikan secara individual untuk menciptakan bayangan dan pantulan yang realistis dalam game.

2. Game 4K TV

Menggunakan perangkat TV 4K akan memaksimalkan tampilan, sehingga aktivitas gaming akan menjadi lebih realistis dan menyenangkan.

3. Kecepatan 120 fps pada output 120 Hz

PS5 memiliki kecepatan bingkai yang tinggi dan mulus hingga 120 fps dengan dukungan output 120 Hz pada tampilan 4K.

4. Teknologi HDR

Dengan teknologi HDR, game PS5 akan menampilkan gamut warna yang cerah dan hidup pada perangkat TV yang mendukung HDR.

5. Dukungan 8K

Dengan dukungan HDMI 2.1, PS5 kompatibel dengan layar 8K untuk memberikan pengalaman gaming yang lebih tajam dan jelas.

7 Hal Penting yang Menjadi Pertimbangan Sebelum Membeli PS5

TV Yang Bagus Buat PS5, namun, bagi kamu yang ingin membeli PS5, ada beberapa pertimbangan penting yang harus dipikirkan terlebih dahulu. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kamu tidak kecewa setelah membeli PS5. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli PS5.

1. Game PS5 yang Memiliki Kapasitas Jumbo

Tidak mengherankan bahwa game PS5 dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan dengan grafis kelas AAA yang menarik.

Hal ini disebabkan oleh kapasitas memori setiap game yang melebihi 100GB. Meskipun memori PS5 memiliki kapasitas hingga 1TB, ini berarti bahwa Anda hanya dapat menyimpan hingga 9 game saja jika setiap game memerlukan kapasitas lebih dari 100GB.

Salah satu game PS5 yang sangat fenomenal dengan ukuran lebih dari 100GB adalah Cyberpunk 2077. Di balik pengalaman game yang luar biasa, memerlukan kapasitas memori yang besar. Oleh karena itu, ini menjadi pertimbangan penting sebelum Anda memutuskan untuk membeli PS5.

2. Spesifikasi TV yang Digunakan Harus Mumpuni

Seiring dengan kualitas grafis yang luar biasa dari PS5, TV yang digunakan untuk memainkannya juga harus memiliki spesifikasi yang tinggi.

Sebagai syarat standar, TV yang digunakan untuk bermain PS5 harus memiliki resolusi 4K. Jika Anda belum memiliki TV dengan resolusi 4K dan dukungan HDR, maka Anda harus siap mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan tampilan grafis yang sempurna dari PS5.

3. Koleksi Game yang Belum Banyak

PS5 baru saja dirilis beberapa bulan yang lalu, sehingga koleksi game yang tersedia masih tergolong minim. Hal ini juga terlihat dari beberapa game PS5 yang masih dapat dimainkan melalui PS4 sehingga belum menjadi game eksklusif yang hanya tersedia untuk PS5. Oleh karena itu, pertimbangan untuk membeli PS5 menjadi penting karena Anda masih dapat memainkan game di konsol PS4.

Sementara Anda menunggu game PS5 yang akan segera tersedia di masa depan, PS4 tetap menjadi konsol game yang dapat dimainkan dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga :  Daftar Frekuensi LNB Palapa D Terlengkap

4. Ada Dua Versi PS5

PS5 yang tersedia di pasar dijual dalam dua versi yang berbeda, yaitu PS5 dengan disk drive dan PS5 digital edition yang tidak dilengkapi dengan disk drive.

Kedua jenis PS5 ini memiliki daya tarik yang berbeda-beda bagi para penggemarnya. Jika Anda memilih versi dengan disk drive, Anda dapat menjual kembali game fisik setelah selesai memainkannya.

Namun, jika Anda memiliki anggaran terbatas dan tidak peduli dengan game fisik, maka PS5 digital edition bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Rilisan Generasi Pertama yang Memiliki Banyak Kendala

Membeli PS5 di generasi awal memiliki risiko tertentu, seperti yang terjadi pada PS4 ketika pertama kali dirilis, di mana sistemnya masih dalam keadaan brick atau pada XBOX 360 yang mengalami masalah overheating.

Hal-hal seperti itu mungkin akan terjadi ketika Anda menjadi salah satu pembeli awal PS5. Beberapa kendala yang dilaporkan oleh pengguna PS5 antara lain:

  • Terjadinya error pada data transfer dari PS4 ke PS5.
  • Overheating.
  • Kamera PlayStation tidak bisa tersambung.
  • DualSense tidak bisa mengisi daya.
  • Tidak dapat tersambung ke PlayStation Network.
  • Terjadinya error pada saat restart PS5.
  • Sistem PS5 yang sering mengalami crash.
  • Namun, hal-hal tersebut pastinya bisa terselesaikan ketika adanya pembaruan sistem PS5.

6. Pengguna PS5 yang Masih Sedikit

Salah satu keunggulan dari game konsol PS4 maupun PS5 adalah akses online sehingga bisa bermain dengan pengguna lainnya.

Jika Anda biasa bermain PS4 secara online dengan teman-teman, maka di PS5 hal tersebut belum bisa terwujud secepatnya. Hal ini disebabkan karena pengguna PS5 yang masih belum banyak, alias masih sedikit.

Meskipun server dari PS4 dan PS5 dapat terhubung, namun pengalaman bermain akan berbeda. Bagi Anda yang biasa bermain online dengan teman-teman, hal ini menjadi pertimbangan penting untuk bersabar dan tidak terburu-buru membeli PS5 dalam waktu dekat.

7. Keberadaan PS4 yang Masih Worth It

Mengingat, beberapa game PS5 yang masih bisa dimainkan melalui PS4, hal ini menjadi pertimbangan penting. Kamu masih bisa menunggu untuk upgrade ke PS5 dengan memainkan game PS4 yang didukung dengan grafis 4K untuk memanjakan mata saat memainkannya.

Dengan begitu, kamu bisa menabung untuk membeli PS5 nantinya.

Syarat TV Untuk PS5

TV Yang Bagus Buat PS5, ada beberapa syarat yang harus dimuliki oleh sebush perangkat televisi agar bisa terhubung ke konsol PS5 dan bermain game jadi lebih maksimal, yaitu berikut.

1. TV Yang Bagus Buat PS5 Dilengkapi dengan Port HDMI 2.1

Konsol game PS5 Next Gen dilengkapi dengan berbagai fitur terbaru, salah satunya adalah interface HDMI terbaru (versi 2.1) beserta kabelnya. HDMI 2.1 diperlukan pada PS5 untuk bisa menjalankan game dengan resolusi serta frame rate tinggi hingga 4K 120 fps.

Interface HDMI 2.1 memiliki kecepatan transfer data 48 Gbps yang jauh lebih tinggi dibanding versi sebelumnya yaitu HDMI 2.0 yang hanya 18 Gbps. Selain itu, HDMI 2.1 juga mendukung output display dengan resolusi dan refresh rate yang tinggi. Jadi, pengguna atau pemilik PS5 tidak perlu lagi membeli kabel HDMI 2.1 secara terpisah, karena kabel HDMI 2.1 sudah tersedia dan termasuk dalam satu paket pembelian.

2. TV Yang Bagus Buat PS5 Mendukung Resolusi 4K 120 Hz

Dalam situs HDMI.org dikutip bahwa HDMI 2.1 memiliki kemampuan untuk mentransmisikan output video hingga 8K (maksimum 10K) dengan refresh rate 60 Hz atau 4K dengan refresh rate 120 Hz. Namun, untuk mencapai kecepatan transfer data maksimal tersebut, interface HDMI 2.1 harus dipasangkan dengan kabel khusus yang berlabel HDMI Ultra High Speed.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa untuk menggunakan PS5 dengan settingan resolusi 4K dan refresh rate 120 Hz, televisi yang digunakan harus mendukung teknologi tersebut.

Jika perangkat TV hanya mendukung resolusi 1080p, output displaynya akan mentok di angka tersebut begitu juga refresh rate 60 Hz hanya akan sinkron dengan 60 fps.

Sebenarnya pada Konsol PS4 (2013) sebelumnya juga sudah memakai interface HDMI, namun masih yang lawas yakni versi 1.4 jadi hanya bisa menampilkan resolusi hingga 4K 30 Hz. Sedangkan PS4 Pro yang dirilis belakangan memiliki HDMI 2.0 serta dukungan output display hingga 4K 60 Hz.

Selain PS5, perangkat yang akan menggunakan HDMI 2.1 diantaranya seperti konsol next-gen Microsoft, Xbox Series X. Bahkan kabarnya Microsoft sudah menyiapkan beberapa game eksklusif yang akan berjalan di resolusi 4K 120 fps misalnya seperti Gears 5 dan Ori and the Will of the Wisps.

Saran Harga TV Yang Bagus Buat PS5

TV Yang Bagus Buat PS5, dibawah ini merupakan rekomendasi beberapa TV 4K yang bagus buat PS5 disertai dengan spesifikasi serta harga peoduk dipasaran.

1. TCL 43A8 4K UHD Android Smart TV

Harga : Rp 3.549.000,-

TV yang bagus buat PS5 yang pertama datang dari sebuah brand elektronik bernama TCL, dimana menawarkan Android Smart TV resolusi tinggi berukuran 43 inch dengan harga yang terjangkau dan sudah dibekali prosesor 64 bit 4 core. TCL 43A8 4K UHD menghasilkan warna yang cerah dan natural serta detail yang memuaskan sehingga cocok untuk bermain game di resolusi 3840 x 2160.

2. LED TV Android Smart TV COOCAA 50S6G Pro

Harga : Rp 4.499.000,-

Kemudian TV yang bagus buat PS5 berikutnya yaitu COOCAA 50S6G Pro, dibekali layar 50 inch beresolusi UHD 3840 x 2160 yang akan membuat pengalaman bermain game lebih menyenangkan. Selain itu juga dilengkapi Android 10.0 dengan Google Assistant, ditambah konektivitas yang lengkap sehingga membuat TV ini akan cocok jika dikombinasikan dengan konsol PS5.

Baca Juga :  TV LG Tidak Ada Audio Out : Cara Mengatasinya Lengkap

3. Samsung UHD 4K Smart TV 43 UA43TU7000

Harga : Rp 4. 695.000,-

Samsung juga menawarkan sebuah TV 4K yang bagus buat PS5 melalui produknya yang bernama Samsung UHD 4K Smart TV 43UA43TU7000 dengan kualitas yang tetunya tidak diragukan lagi. TV ini sudah berteknologi 4K Crystal Display dan Crystal 4K Processor sehingga membuat lampilan layar terlihat tajam dan jernih.

4. LG LED TV 43UK6300

Harga : Rp 4.999.000,-

TV berukuran 43 inch dari LG ini juga bagus buat PS5, karena sudah dibekali teknologi bernama True Color Accuracy yang menghasilkan kualitas gambar yang sangat jernih. Selain itu LG LED TV 43UK6300 juga dilengkapi bebagai fitur, seperti HDR, 4K Upscaler dan DTS Virtual Ultra Surround yang akan membuat suara jadi lebih bagus.

5. Sharp Smart LED TV 40 Inch 4T-C40AH1X

Harga : Rp 5.200.000,-

Kemudian TV yang bagus buat PS5 berikutnya adalah Sharp 4T-C40AH1X, fitur unggulan dari Sharp yakni Easy Smart TV dan memiliki resolusi 4K Ultra HD dengan standar HDR terbaru. Selain itu TV ini juga mendukung mirroring, jadi bisa untuk menampilkan layar ponsel ke televisi.

6. TV Yang Bagus Buat PS5 LG OLED 55″ CXPTA

Harga : Rp 33.000.000,-

Banyak kelebihan serta fitur-fitur canggih yang didapatkan bila memiliki LG OLED 55 Inch CXPTA, OLED yang dimaksud disini yakni lebih dari 100 juta self lit pixel pada layar TV yang menjadikan warna yang ditampilkan dijamin jernih. Selain itu TV ini juga memiliki refresh rate hingga 120Hz, Dolby Vision dan hybrid log gamma (HLG). Dilengkapi juga prosessor kecerdasan (Al) a9 Gen 3 yang berbasis keep learning, Dolby Atmos, empat port HDMI 2.1.

7. Samsung Q80T 55″

Harga : Rp 26.500.000,-

TV yang bagus buat PS5 selanjutnya yakni Samsung Q80T 55 inch, TV ini sangat cocok untuk bermain PS5 karena debekali dengan prosessor kuantum 4K yang mana dapat mengupscale grafis ke resolusi 4K. Kemudian ada fitur Direct full Array 8x serta quantum HDR 12x, HDR10+ dan HLG.

Selain itu dilengkapi dengan 4 port HDMI 2.1 sebagai koneksinya, sehingga dapat memperlancar dalam bermain game di resolusi 4K 120Hz.

8. Sony BRAVIA X95H 55″

Harga : Rp 20.000.000,-

Sony BRAVIA X95H 55 inch juga TV yang bagus buat PS5, dilengkapi dengan prosessor anyar X1 Ultimate yang digunakan pada TV resolusi 8K. Kemudian sudah didukung pula fitur full array LED, teknologi acoustic multi audio, Dolby atmos serta empat port HDMI 2.1.

 

Penutup

Dengan semakin berkembangnya teknologi pada PS5, memiliki TV yang mendukung resolusi dan refresh rate yang tinggi menjadi semakin penting.

Untuk itu, kami merekomendasikan beberapa TV yang bagus untuk digunakan bersama dengan PS5, di antaranya LG CX OLED, Samsung Q80T QLED, dan Sony X900H.

LG CX OLED memiliki resolusi 4K dengan refresh rate 120 Hz, serta dilengkapi fitur HDMI 2.1 yang cocok untuk menjalankan PS5. Samsung Q80T QLED juga memiliki fitur HDMI 2.1 dan dilengkapi dengan fitur Game Mode Pro yang membuat pengalaman gaming semakin seru.

Sedangkan Sony X900H memiliki layar dengan teknologi Full Array LED dan resolusi 4K dengan refresh rate 120 Hz.

Jadi, bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman gaming terbaik dengan PS5, sebaiknya memilih TV yang mendukung resolusi dan refresh rate tinggi serta dilengkapi dengan fitur-fitur khusus untuk gaming.

Dengan menggunakan salah satu dari TV yang kami rekomendasikan di atas, kamu bisa merasakan sensasi bermain game yang lebih seru dan memuaskan. Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/tv-yang-bagus-buat-ps5/,tv untuk ps5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *