Cara Merawat Hamster

Cara Merawat Hamster Agar Tidak Cepat Mati : Tips Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Cara Merawat Hamster Agar Tidak Cepat Mati : Tips Lengkap. Hamster adalah hewan peliharaan yang menggemaskan dan dapat menjadi teman yang setia. Namun, seperti semua hewan, mereka membutuhkan perhatian dan perawatan yang tepat untuk memastikan kesehatan dan kebahagiaan mereka.

Artikel ini akan memberikan panduan komprehensif tentang cara merawat hamster agar tidak cepat mati. Dari makanan yang tepat hingga lingkungan yang sesuai, kami akan membahas semua yang kalian butuhkan untuk memberikan perawatan terbaik bagi hamster kesayangan kalian.

Hamster Adalah

Hamster merupakan jenis hewan pengerat, terdapat beragam variasinya di seluruh dunia dan hampir dapat ditemukan di setiap negara. Meskipun berukuran kecil, hamster memerlukan kandang yang luas untuk tempat tinggalnya. Hamster termasuk dalam kelompok binatang pengerat subfamili Cricetinae. Subfamili ini terdiri dari sekitar 19 spesies yang dapat dikelompokkan ke dalam enam atau tujuh genus.

Tubuh hamster cenderung berisi, memiliki ekor yang pendek dibandingkan dengan tubuhnya, telinga berambut, kaki yang lebar, pendek, dan gemuk. Bulu hamster sangat tebal dan panjang, serta memiliki berbagai variasi warna bergantung pada jenisnya, seperti hitam, abu-abu, putih, cokelat, kuning, dan merah. Bagian perut hamster umumnya berwarna putih hingga abu-abu atau hitam.

Sebagai contoh, Hamster Dzhungaria, yang juga dikenal sebagai Hamster Winter White (Phodopus sungorus), serta hamster kerdil bergaris (Cricetulus barabensis), memiliki garis hitam di bagian tengah punggungnya. Salah satu jenis hamster terkecil adalah hamster kerdil padang pasir (genus Phodopus), dengan panjang tubuh sekitar 5 hingga 10 sentimeter (sekitar 2 hingga 4 inci). Sementara itu, hamster terbesar adalah hamster Eropa (Cricetus cricetus), yang memiliki panjang tubuh lebih dari 34 sentimeter, tidak termasuk ekor pendek berukuran 6 sentimeter.

Keistimewaan Hamster

Hamster merupakan hewan pengerat yang mirip tikus. Hewan ini kerap menjadi peliharaan favorit karena mudah dijumpai di toko hewan. Banyak orang yang menyukai hamster karena terlihat imut dan menggemaskan.

Di balik kesan imutnya, hamster memiliki keunggulan yang membedakannya dari hewan peliharaan lain, lho. Ayo, mari kita simak artikel ini sampai tuntas!

1. Harganya relatif terjangkau

Hamster adalah salah satu hewan yang mudah ditemukan di toko hewan. Selain ketersediaannya yang melimpah, harga seorang hamster juga cukup terjangkau. Tentu saja, harga dapat bervariasi tergantung pada jenis dan corak bulunya.

Dengan uang seratus ribu rupiah, kalian sudah bisa membawa pulang 2 ekor hamster. Harga ini jauh lebih ekonomis jika dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya.

2. Menggemaskan dengan pesona tersendiri

Salah satu alasan kuat mengapa banyak orang tertarik untuk memelihara hamster adalah karena sifatnya yang menggemaskan. Bentuk tubuh hamster yang bulat seperti bola bulu membuatnya terlihat mengundang untuk dielus-elus.

Saat diajak bermain, tingkah aktif dan rasa ingin tahu dari hamster akan membuat kalian tersenyum. Ketika sedang makan, gaya makannya yang unik juga menambah kesan lucu pada hamster.

3. Dapat diajak main

Apabila kalian merawat hamster sejak usia dini, mereka akan tumbuh menjadi jinak. kalian bisa berinteraksi dengan mereka, seperti mengelus atau mengeluarkan mereka dari Kandang.

Hamster juga memiliki kemampuan mengenali pemiliknya melalui aroma tubuh. Bahkan, hamster yang sudah jinak bisa mendekati pemiliknya saat dipanggil dengan namanya.

Perlu diingat, tiap jenis hamster memiliki karakteristik yang berbeda. Pilihlah jenis hamster yang cenderung jinak jika ingin memiliki teman bermain yang interaktif.

4. Biaya perawatan yang murah

Merawat hamster tidak akan menguras kantong. kalian hanya perlu menyediakan Kandang yang layak dan makanan mereka. Biaya untuk peralatan tersebut juga cukup terjangkau dan bisa bertahan selama berminggu-minggu.

Hamster sangat cocok bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas namun tetap ingin memiliki hewan peliharaan. kalian tidak perlu khawatir akan biaya perawatan yang tinggi.

Baca Juga :  Perbedaan Freon R32 dan R410A Pada AC : Pahami Secara Lengkap

5. Dapat dijadikan hiasan

Kandang hamster biasanya memiliki desain yang unik. kalian bisa membeli atau bahkan membuat sendiri rumah hamster yang lucu untuk mempercantik penampilan Kandang mereka.

Banyak toko yang menyediakan aksesoris lucu untuk hamster, sehingga Kandang mereka semakin menarik. Kandang hamster yang estetis juga bisa berfungsi sebagai hiasan menarik di dalam rumah kalian.

Cara Merawat Hamster Agar Tidak Cepat Mati

Cara merawat hamstersangat praktis sehingga bisa dilakukan seluruh anggota keluarga di rumah. Hingga saat ini masih banyak orang beranggapan bahwa hamster termasuk hewan peliharaan yang rentan mati. Padahal, anggapan tersebut tentu tidak sepenuhnya benar.

Cara memelihara hamster yang benar akan membuat hewan kesayangan tersebut selalu sehat dan berumur panjang. Yuk, simak dulu ulasan lengkap seputar cara merawat hamster agar tidak mati berikut ini :

1. Menyiapkan Fasilitas yang Memadai Sebelum Memelihara Hamster

Apabila Anda berencana untuk segera merawat seekor hamster, maka Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan sebagai berikut:

Kandang yang cukup luas sesuai dengan ukuran hamster. Semakin besar ukuran hamster atau semakin banyak jumlahnya, maka semakin besar pula ukuran kandang yang diperlukan.

Tempat untuk makanan dan minuman berupa botol yang dapat digantung.

Berbagai mainan untuk hamster seperti roda berlari, rumah-rumahan, ayunan, dan lainnya.

Makanan kering yang terdiri dari campuran biji-bijian, gandum, dan kacang-kacangan.

Serbuk kayu sebagai alas dalam kandang hamster.

Pasir zeolit dan wadah khusus sebagai tempat mandi bagi hamster.

2. Memberi Makanan dan Minuman Secara Rutin

Setelah Anda mempersiapkan segala kebutuhan untuk merawat hamster dengan lengkap, langkah selanjutnya adalah memberi perhatian pada pemberian makanan dan minuman secara rutin. Merawat hamster melibatkan kegiatan memberi makan dan minum dua kali sehari.

Disarankan agar Anda memberikan makanan kering sebagai prioritas, hal ini bertujuan untuk mengurangi volume urin hamster serta mencegah bau yang tidak sedap. Namun, sesekali Anda bisa memberikan variasi dengan memberikan makanan basah seperti sayuran dan buah-buahan, tetapi frekuensinya sebaiknya tidak lebih dari sekali seminggu.

Pastikan untuk tidak memberikan sayuran dan buah yang masih dingin dari kulkas, karena hal ini dapat mengganggu sistem pencernaan hamster.

3. Membersihkan Kandang Hamster Secara Teratur

Hamster dikenal sebagai hewan peliharaan yang memiliki kebiasaan bersih, karena cenderung buang air kecil di lokasi yang tetap, seperti salah satu sudut kandang. Oleh karena itu, perawatan hamster tergolong mudah karena proses pembersihan kandangnya tidak memakan banyak waktu. Anda hanya perlu mengganti serbuk kayu yang terkontaminasi urin setiap harinya.

Tindakan pembersihan ini sangat penting untuk mencegah hamster terkena penyakit kulit akibat kelembapan yang berlebih di kandang. Selain itu, proses pergantian seluruh serbuk kayu di kandang sebaiknya dilakukan sekali dalam seminggu untuk menjaga kebersihan secara keseluruhan.

4. Membantu Hamster untuk Mandi Kering di Pasir Zeolite

Perawatan hamster tidak melulu tentang mandi seperti yang umumnya dilakukan pada anjing atau kucing. Hamster hanya perlu mandi kering dengan menggunakan pasir zeolite untuk menjaga kebersihan tubuhnya. Caranya adalah dengan meletakkan hamster di wadah berisi pasir zeolite selama sekitar 10 menit.

Hamster biasanya akan dengan lincah mengguling-gulingkan tubuhnya untuk membersihkan bulu dan kulitnya. Rutinitas ini sebaiknya dilakukan hanya dua kali dalam seminggu. Penting untuk diingat bahwa hamster tidak perlu dimandikan dengan air, mengingat biasanya hewan ini tidak begitu menyukai air dan bisa stres akibat mandi basah.

5. Mengawasi Hamster yang Bermain di Luar Kandang

Terkadang, adalah ide bagus untuk memberi kesempatan pada hamster untuk bermain di luar kandang, sehingga mereka dapat menjelajahi ruangan di dalam rumah. Namun, perlu diingat bahwa kegiatan ini harus diawasi dengan cermat agar hamster tidak melarikan diri atau berinteraksi dengan benda-benda berbahaya, seperti kabel listrik. Pastikan Anda tidak membiarkan hamster bermain terlalu jauh dari pandangan, sehingga Anda tidak mengalami kesulitan saat hendak mengembalikannya ke dalam kandang.

6. Mainan Apa yang Disukai oleh Hamster?

Hamster merupakan hewan yang ceria dan senang bermain dengan berbagai jenis mainan. Ada beberapa jenis mainan yang sangat disukai oleh hamster, seperti roda hamster, bola hamster, terowongan, tangga, dan mainan kunyah.

Roda hamster memungkinkan mereka untuk berlari dan berolahraga, sedangkan bola hamster memberi mereka kesempatan untuk menjelajahi sekitar dengan aman. Terowongan dan tangga memberikan variasi yang menarik dan memberikan stimulasi bagi aktivitas fisik dan mental mereka. Sementara itu, mainan kunyah, seperti mainan kayu atau bola kunyah, memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan gigi hamster tetap optimal.

Baca Juga :  Pahami, Perbedaan AC 1 Phase dengan AC 3 Phase

Pastikan untuk menyediakan beragam mainan yang sesuai dan aman untuk hamster Anda. Ini akan memberikan mereka stimulasi yang diperlukan untuk menjaga kesejahteraan fisik dan mental mereka. Dengan memberikan berbagai jenis mainan, Anda dapat membuat lingkungan hamster menjadi lebih berwarna dan menarik.

Penutup

Sebagai kesimpulan dari empatpilar.com ini, cara merawat hamster agar tidak cepat mati memang memerlukan perhatian dan dedikasi yang tinggi. Mulai dari memilih kandang yang tepat, menjaga kebersihan habitat, memberikan makanan yang seimbang dan nutrisi yang cukup, hingga memerhatikan aspek kesejahteraan mental hewan peliharaan kalian.

Setiap detail kecil dalam perawatan bisa berdampak besar pada kesehatan dan umur panjang hamster kalian. Ingatlah bahwa hamster juga memerlukan interaksi sosial dan stimulasi mental, jadi luangkan waktu untuk bermain dan berinteraksi dengan mereka.

Konsultasikan juga dengan dokter hewan untuk pemeriksaan rutin dan saran profesional agar hamster kalian mendapatkan perawatan terbaik. Dengan mempraktikkan semua tips ini, kalian tidak hanya akan memperpanjang usia hamster kalian, tetapi juga akan memperkaya kualitas hidup mereka. Selamat merawat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *