Ukuran ACP Per Lembar

Ukuran ACP Per Lembar (Aluminium Composite Panel) : dan Harganya

Posted on

Empat Pilar – Ukuran ACP Per Lembar (Aluminium Composite Panel) : dan Harganya. Selamat datang di panduan lengkap tentang Ukuran ACP Per Lembar (Aluminium Composite Panel). Dalam artikel komprehensif ini, kita akan membahas panel komposit aluminium, termasuk ukuran, pemasangan, dan banyak lagi. Baik kalian seorang ahli berpengalaman atau pemula, kalian akan menemukan wawasan berharga di sini untuk meningkatkan pengetahuan kalian.

Apa itu Aluminium Composite Panel?

Aluminium Composite Panel (ACP) adalah gabungan antara lembaran aluminium dan material komposit. Dengan demikian, bahan bangunan ini terbuat dari inti polyethylene yang dilapisi dengan lembaran aluminium di kedua sisinya. Lembaran aluminium pada panel komposit ini memiliki sifat kaku dan tahan, tetapi bobotnya relatif ringan.

Biasanya, ACP digunakan sebagai pelapis dinding eksterior maupun interior bangunan. Hal ini dikarenakan material ini tersedia dalam berbagai warna metalik dan non-logam yang dapat memberikan sentuhan artistik dan mewah pada fasad bangunan.

Saat ini, ACP juga semakin populer digunakan dalam desain rumah minimalis. Selain itu, bagi mereka yang tertarik menggunakan aluminium composite panel di bagian interior rumah, bahan ini bisa digunakan untuk membuat partisi, menutupi kolom, atau bahkan menciptakan plafon artistik.

Fungsi ACP

Penting untuk diketahui bahwa ACP memiliki ketahanan terhadap air dan kondisi cuaca yang kuat. Itulah mengapa banyak orang memilih menggunakan ACP sebagai pelapis dinding untuk bangunan, baik itu di dalam maupun di luar ruangan.

Selain digunakan sebagai pelapis dinding bangunan, ACP juga sering digunakan dalam berbagai aplikasi interior dan eksterior. Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut adalah beberapa kegunaan dan fungsi ACP dalam industri konstruksi bangunan:

  1. Fasad rumah.
  2. Fasad gedung.
  3. Wall cladding pada gedung-gedung bertingkat di luar ruangan.
  4. SPBU.
  5. Toko atau ruko.
  6. Kantor.
  7. Dealer otomotif.
  8. Panel tangga atau eskalator.
  9. Partisi atau pemisah ruangan.
  10. Kitchen set.
  11. Plafon.

Berapa Ukuran ACP Per Lembar?

Ukuran ACP Per Lembar bervariasi tergantung pada spesifikasinya. Umumnya, ACP diproduksi dalam ketebalan yang berkisar antara 1 hingga 10 milimeter (mm) dan lebar antara 1.200 hingga 1.600 mm. Selain itu, lapisan aluminium yang melapisi kedua sisi ACP biasanya memiliki ketebalan antara 0,3 hingga 0,5 mm.

Dalam pengertian umum, ukuran standar ACP adalah sekitar 1220 mm x 2440 mm per lembar. Meskipun ACP memiliki bobot ringan, yakni sekitar 3,5 hingga 5,6 kilogram per meter persegi, ia memiliki kekuatan dan ketahanan yang sangat baik dalam konstruksi. Kombinasi antara berat yang ringan dan kekuatan yang tinggi membuat ACP menjadi pilihan yang populer dalam berbagai aplikasi arsitektur dan desain, termasuk fasad bangunan, panel dinding, dan banyak lagi.

ACP Tebal Berapa?

Setelah mengetahui Ukuran ACP Per Lembar, nah selanjutnya ACP (Aluminium Composite Panel) memiliki dua jenis ketebalan, yaitu 3mm dan 4mm, tergantung pada bahan lapisannya. Terdapat dua jenis ACP berdasarkan lapisan catnya, yaitu jenis Polyester (PE) dan jenis Poly Vinyl De Flouride (PVDF). Berikut penjelasannya.

1. Jenis Polyester (PE)

Jenis Polyester (PE) memiliki ketebalan ACP sebesar 3mm, sehingga sering digunakan untuk keperluan interior bangunan. ACP tipe PE lebih ekonomis di pasaran karena lebih tipis dan hanya menggunakan satu lapisan. Kelebihan jenis PE adalah cocok digunakan dalam interior bangunan seperti kitchen set, lemari, meja, dan sebagainya.

Baca Juga :  Mengenal Hebel (Bata Ringan) : Jenis dan Keunggulannya

2. Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride)

Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) memiliki ketebalan ACP sebesar 4mm, sehingga sering digunakan untuk aplikasi eksterior bangunan. Hal ini disebabkan oleh sifat PVDF yang tahan terhadap berbagai jenis cuaca. Keunggulan ini membuat warna pada PVDF dapat tetap tahan lama meskipun terpapar hujan dan panas. Oleh karena itu, untuk penggunaan pada bagian eksterior bangunan, PVDF lebih direkomendasikan dibandingkan dengan jenis Polyester (PE).

Jadi, pilihan antara ACP 3mm dan 4mm tergantung pada kebutuhan Anda, apakah itu untuk aplikasi interior atau eksterior. Sementara itu, pilihan antara jenis PE dan PVDF tergantung pada sejauh mana Anda memerlukan ketahanan terhadap cuaca dan lingkungan.

Harga ACP Per Lembar

Sebelumnya, kita telah membahas dengan rinci mengenai Ukuran ACP Per Lembar, termasuk panjang, lebar, dan ketebalannya. Sekarang, mari kita lihat perkiraan harga ACP per lembar di pasar Indonesia, baik jenis PE maupun PVDF.

Perlu diingat bahwa harga material ACP per lembar bisa bervariasi di berbagai daerah, dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk ukuran standarnya. Oleh karena itu, berikut ini kami sajikan perkiraan harga ACP per lembar di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta:

Jenis ACPUkuranHarga Per Lembar
ACP PE1220 x 2440 mmRp550,000
ACP PE1220 x 4880 mmRp1,100,000
ACP PVDF1220 x 2440 mmRp 770.000 – Rp 1.450.000
ACP PVDF1220 x 4880 mmRp 1.540.000 – Rp 2.900.000

Penutup

Pemahaman yang baik tentang ukuran ACP per lembar adalah kunci untuk memastikan proyek berjalan lancar dan sesuai dengan rencana. Oleh karena itu, sebelum Anda memulai proyek konstruksi atau renovasi, penting untuk mempertimbangkan dengan cermat ukuran ACP yang akan Anda gunakan.

Dengan demikian, pemilihan ukuran ACP per lembar adalah salah satu aspek penting dalam merencanakan dan melaksanakan proyek konstruksi. Semakin baik pemahaman kita tentang bagaimana ukuran ACP mempengaruhi hasil akhir proyek, semakin mungkin kita akan mencapai tujuan desain dan fungsionalitas yang diinginkan.

Itu saja ulasan yang secara lengkap empatpilar.com bahas mengenai Ukuran ACP Per Lembar. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *