Cara Menghitung Harga Rolling Door

Cara Menghitung Harga Rolling Door : Panduan Mudah

Posted on

Empat Pilar – Cara Menghitung Harga Rolling Door : Panduan Mudah. Rolling Door adalah pilihan populer baik untuk properti perumahan maupun komersial di Indonesia. Mereka menawarkan keamanan, ketahanan, dan tampilan yang elegan. Jika kalian sedang mencari Rolling Door, penting untuk mengetahui cara menghitung harganya secara akurat. Dalam panduan komprehensif ini, kami akan membahas Cara Menghitung Harga Rolling Door, memberikan kalian keahlian dan wawasan yang diperlukan untuk membuat keputusan yang terinformasi.

Pengertian dan Cara Kerja Rolling Door

Pintu rolling door adalah jenis pintu yang digunakan untuk mengamankan bangunan dan isi di dalamnya. Pintu ini terdiri dari sejumlah lama (slat) yang saling berhubungan dan berfungsi sebagai penutup.

Cara kerja pintu rolling door melibatkan penggulungan seluruh pintu ke atas dan penurunannya saat pintu ditutup. Sistem ini dirancang untuk memastikan bahwa pintu tidak menghambat akses keluar-masuk dan tidak mempersempit ruangan.

Bagian atas pintu dilengkapi dengan pulley dan per yang berperan sebagai katrol, sehingga memudahkan penggunaan pintu rolling door dan membuatnya terasa ringan.

Pintu rolling door memiliki dua jenis sistem operasi, yaitu sistem manual dan sistem otomatis.

  • Sistem Manual:
    Pada sistem manual, pintu rolling door dioperasikan dengan tenaga manusia. Pengguna dapat menggulung atau melepas pintu dengan tangan mereka sendiri. Selain itu, ada juga alat yang disebut takel atau chain block yang dapat digunakan untuk membantu mengoperasikan pintu ini secara manual. Prinsip kerjanya tetap sama, yaitu menggulung atau melepas seluruh lama pintu saat dibuka atau ditutup.
  • Sistem Otomatis:
    Pintu rolling door otomatis dioperasikan dengan mesin rolling door otomatis. Mesin ini dapat diaktifkan melalui tombol mesin rolling door yang dapat dioperasikan oleh tangan manusia. Keuntungan utama dari sistem ini adalah penggunaan tenaga manusia yang lebih ringan karena mesin mengambil alih sebagian besar pekerjaan.

Perbedaan utama antara pintu rolling door sistem manual dan otomatis adalah operatornya. Pada sistem manual, pintu digerakkan oleh tenaga manusia, sedangkan pada sistem otomatis, mesin menggerakkannya setelah diaktifkan oleh pengguna.

Daftar Harga Rolling Door per Meter

Berikut harga rolling door per meter di tahun 2023 sesuai dengan jenis dan ukurannya sebagai berikut:

1. Rolling Door Manual

NoJenis BarangHarga
1Tiang TengahRp 551.000 / Buah
2GantunganRp 300.000 / Set
3Rolling Grille AluminiumRp 690.000 / m2
4Rolling Grille StainlessRp 1.900.000 /m2
5Roll Door Besi 0.3 mmRp 295.500 / m2
6Roll Door Besi 0.4 mmRp 325.000 / m2
7Roll Door Galvalum 0.3 mmRp 315.000 / m2
8Roll Door Galvalum 0.4 mmRp 345.000 / m2
9Roll Door Aluminium 0.6 mmRp 473.800 / m2
10Roll Door Aluminium 0.8Rp 625.000 / m2
11Roll Door Onesheet SolidRp 722.750 / m2
12Rolling Door Onesheet Perforated 20 Cm DitengahRp 711.500 / m2
13Rolling Door Onesheet Perforated 80 Cm DitengahRp 751.500 / m2
14Roll Door Onesheet Full PerforatedRp 855.500 / m2

2. Rolling Door Otomatis

NoJenis BarangHarga
1Roll Door Besi Galvalum 0.8 mmRp950,000
2Roll Door Besi Galvalum 1.0 mmRp1,255,000
3Roll Door Besi Galvalum 1.2 mmRp1,455,000
4Roll Door Besi Galvalum 1.4 mmRp1,700,000
Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Rumah Subsidi : Syarat Mendapatkannya

Cara Menghitung Harga Rolling Door

Perhitungan harga satuan untuk rolling door adalah langkah penting dalam menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk sebuah proyek rumah. Karena berbagai jenis rolling door memiliki perbedaan ukuran dan model, harga satuan untuk setiap jenis tersebut akan sangat bervariasi. Untuk menghitung harga satuan rolling door, Anda perlu melakukan analisis harga satuan terlebih dahulu.

Berikut adalah Cara Menghitung Harga Rolling Door dengan contoh kasusnya :

1. Rolling Door Slat Galvanil

Volume: 14.77 m2

Harga satuan: Rp 1.100.000

Jumlah harga: Rp 46.247.000

2. Finish Powder Coating

Volume: 29.54 m2

Harga satuan: Rp 785.000

Jumlah harga: Rp 5.464.900

3. Motor Operator Ex. Japan

Volume: 1.00 unit

Harga satuan: Rp 24.000.000

Jumlah harga: Rp 24.000.000

4. Upah Pasang

Volume: 12.00 m2

Harga satuan: Rp 225.000

Jumlah harga: Rp 2.700.000

5. Transportasi dan Pengiriman

Volume: 1.00 ls (lot set)

Harga satuan: Rp 1.350.000

Jumlah harga: Rp 1.350.000

Dari perhitungan di atas, total anggaran untuk membeli dan memasang rolling door berbahan galvanil dengan motor operator, ukuran opening 4 meter x 3 meter, dan finishing powder coating adalah sekitar Rp 49.761.900 atau dibulatkan menjadi Rp 49.762.000.

Seperti pada pemasangan folding gate, ada opsi untuk menghemat anggaran dengan tidak menggunakan motor operator otomatis (motor listrik) jika pengguna memilih alternatif manual. Hal ini dapat membantu mengurangi biaya proyek rolling door sesuai dengan preferensi dan anggaran yang tersedia.

Tips Membeli Rolling Door

Setelah mengetahui Cara Menghitung Harga Rolling Door, selanjutnya sebagian besar orang memiliki keinginan untuk mendapatkan rolling door dengan harga yang lebih ekonomis atau terjangkau. Namun, sebelum kalian memutuskan untuk membeli rolling door, ada beberapa hal penting yang perlu kalian ketahui agar kalian dapat membuat keputusan yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kalian dalam proses pembelian rolling door yang ekonomis:

1. Tentukan Jenisnya Terlebih Dahulu

Sebelum kalian mulai mencari harga, yang pertama perlu kalian lakukan adalah menentukan jenis rolling door yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Saat ini, pasar menyediakan beragam jenis rolling door, masing-masing dengan fitur dan kelebihan yang berbeda. Sehingga, menentukan jenis yang sesuai akan membantu kalian fokus pada pilihan yang relevan dan menghindari kebingungan saat berbelanja.

2. Ukur Luas Ruangan dengan Benar

Setiap ruangan dalam rumah kalian mungkin memiliki ukuran yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum kalian membeli rolling door, pastikan untuk mengukur luas ruangan yang akan dilengkapi dengan rolling door tersebut dengan akurat. Dengan mengukur ruangan dengan benar, kalian akan dapat menentukan ukuran rolling door yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Hal ini juga akan mencegah kalian membeli rolling door yang terlalu besar atau terlalu kecil.

3. Lakukan Riset dan Bandingkan Harga

Salah satu langkah penting sebelum membeli rolling door adalah melakukan riset. Luangkan waktu untuk membandingkan harga yang ditawarkan oleh beberapa toko yang berbeda. Pastikan untuk memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan bersama dengan harganya. Harga yang terjangkau penting, tetapi tidak boleh mengorbankan kualitas. Dengan melakukan perbandingan harga, kalian dapat memastikan bahwa kalian mendapatkan penawaran terbaik untuk rolling door yang kalian inginkan.

Dengan mengikuti tips ini, kalian akan lebih siap untuk membeli rolling door dengan harga yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan kalian. Ingatlah untuk mempertimbangkan kualitas produk serta pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya sebelum membuat keputusan akhir. Dengan cara ini, kalian dapat memastikan bahwa rolling door yang kalian beli akan memberikan nilai terbaik untuk investasi kalian.

Penutup

Dalam artikel ini, empatpilar.com telah membahas secara rinci cara menghitung harga rolling door. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi biaya pemasangan rolling door, kalian sekarang dapat merencanakan anggaran dengan lebih akurat untuk proyek kalian.

Baca Juga :  Daftar Ukuran Talang Air PVC yang Tersedia di Pasaran

Ingatlah bahwa faktor-faktor seperti bahan, ukuran, dan fitur tambahan akan berperan penting dalam menentukan harga akhir. Selain itu, selalu disarankan untuk berdiskusi dengan profesional yang berpengalaman dalam pemasangan rolling door untuk mendapatkan perkiraan harga yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *