Harga Pasang ACP Per m2

Harga Pasang ACP Per m2 (Aluminium Composite Panel) : Terbaru

Posted on

Empat Pilar – Harga Pasang ACP Per m2 (Aluminium Composite Panel) : Terbaru. Selamat datang pada eksplorasi mendalam mengenai Harga Pasang ACP Per m2. Jika kalian mencari wawasan dari para ahli, informasi yang menarik, dan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan tentang topik ini, kalian berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan mencakup semua aspek Harga Pasang ACP Per m2, memberikan pemahaman yang komprehensif.

Harga Pasang ACP Per m2 pada dasarnya adalah harga yang akan kalian bayar untuk menginstal Aluminium Composite Panel (ACP) pada area satu meter persegi. ACP adalah bahan serbaguna yang digunakan untuk eksterior bangunan, tanda, dan aplikasi interior. Harga per meter persegi bervariasi berdasarkan beberapa faktor, termasuk jenis ACP, biaya tenaga kerja, dan layanan tambahan yang dibutuhkan.

Apa Itu Aluminium Composite Panel?

Kalian mungkin sering menemukan Aluminium Composite Panel (ACP) sebagai salah satu bahan konstruksi yang digunakan dalam bangunan komersial seperti pusat perbelanjaan, hotel, atau gedung perkantoran. ACP, sesuai dengan namanya, adalah bahan gabungan yang terdiri dari plat aluminium dan material komposit.

Bentuk ACP sendiri adalah lembaran datar yang terbuat dari bahan non-aluminium, biasanya polietilena, yang kemudian digabungkan dengan dua lembaran aluminium. Biasanya, Aluminium Composite Panel diproduksi dalam berbagai ukuran, dengan lebar berkisar antara 1.200 hingga 1.600 mm dan ketebalan berkisar antara 1 hingga 10 mm.

ACP biasanya hadir dalam bentuk lembaran yang kokoh, dengan berbagai pilihan warna, baik yang bersifat metalik maupun bukan logam, serta memiliki kekuatan yang tinggi dengan bobot yang relatif ringan. Selain itu, permukaan ACP dapat diolah dengan berbagai pola sesuai dengan pesanan khusus, sehingga dapat meniru berbagai material lain seperti keramik atau pola kayu.

ACP sering digunakan sebagai bahan penutup dinding baik dalam bangunan komersial maupun hunian. Selain itu, Aluminium Composite Panel sering digunakan bersama dengan kaca dan bahan logam lainnya untuk meningkatkan estetika arsitektur pada fasad bangunan, partisi, plafon, penutup kolom, dan berbagai aplikasi lainnya.

Jenis Aluminium Composite Panel

Jenis Aluminium Composite Panel (ACP) dapat dibedakan berdasarkan lapisan catnya menjadi dua jenis utama, yaitu PVDF (poly de fluoride) dan PE (polyster).

1. PVDF (Poly De Fluoride)

PVDF adalah jenis ACP yang terbuat dari termoplastik khusus yang memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap asam dan basa. Biasanya, ACP tipe PVDF digunakan untuk aplikasi eksterior pada bangunan. Salah satu keunggulan utama ACP PVDF adalah kemampuannya untuk menahan berbagai jenis cuaca.

Warna pada ACP PVDF memiliki ketahanan yang lama, bahkan jika terpapar oleh hujan dan sinar matahari yang intens. Oleh karena itu, ACP PVDF sangat direkomendasikan untuk penggunaan di luar ruangan. Untuk proyek eksterior yang memerlukan tingkat keamanan tambahan terhadap api, kalian dapat mempertimbangkan penggunaan ACP Tahan Api dengan merek Alcotuff.

2. PE (Polyster)

Jenis ACP PE biasanya banyak digunakan untuk proyek interior bangunan. Keunggulan utama ACP tipe PE adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan PVDF, karena biasanya lapisan catnya lebih tipis, hanya menggunakan satu lapisan cat. Ini membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis untuk proyek interior. Jika kalian mencari ACP PE berkualitas, merek Decobond adalah salah satu pilihan yang dapat kalian pertimbangkan.

Dalam pemilihan jenis ACP yang sesuai, penting untuk mempertimbangkan lingkungan penggunaan dan tujuan proyek kalian. Jika proyek kalian berfokus pada eksterior dan memerlukan ketahanan yang tinggi terhadap cuaca eksternal, maka ACP PVDF adalah pilihan yang baik. Namun, jika kalian membutuhkan solusi ekonomis untuk interior, ACP PE dapat menjadi pilihan yang sesuai.

Harga Pasang ACP per M2

Harga pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP) per meter persegi (m2) dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Terdapat dua jenis tipe ACP yang berbeda, yaitu ACP tanpa bahan tambahan dan ACP termasuk bahan. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai harga pemasangan ACP per m2:

Baca Juga :  Ukuran ACP Per Lembar (Aluminium Composite Panel) : dan Harganya

1. Harga Pasang ACP per M2 Tanpa Bahan

Harga pemasangan ACP per m2 tanpa bahan berkisar antara Rp130 hingga Rp170 ribu. Angka ini bisa berubah tergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi proyek, tingkat kerumitan, volume pemasangan, dan tingkat risiko yang terlibat dalam pemasangan.

2. Harga Pasang ACP per M2 Termasuk Bahan

Jika Anda membutuhkan pemasangan ACP yang sudah termasuk bahan, biayanya akan berbeda. Harga pemasangan ACP per m2 termasuk bahan biasanya dimulai dari Rp550 ribu untuk instalasi indoor dan Rp650 ribu untuk instalasi outdoor. Selain itu, ketebalan dan lebar lembaran ACP juga memengaruhi harga, dengan rincian sebagai berikut:

Tipe PE Tebal 0.3mm

  • Ukuran 122cm x 244cm = Rp525.000
  • Ukuran 122cm x 488cm = Rp1.000.000

Tipe PVDF Tebal 0.3mm

  • Ukuran 122cm x 244cm = Rp750.000
  • Ukuran 122cm x 488cm = Rp1.450.000

Tipe PVDF Tebal 0.5mm

  • Ukuran 122cm x 244cm = Rp900.000
  • Ukuran 122cm x 488cm = Rp1.750.000

Harga pemasangan ACP per m2 dengan atau tanpa bahan dapat bervariasi, tergantung pada jenis ACP yang Anda pilih, spesifikasinya, dan kondisi proyek. Pastikan untuk mempertimbangkan semua faktor ini ketika menghitung anggaran Anda untuk pemasangan ACP.

Simulasi Cara Menghitung Pasang ACP per M2

Pada penjelasan sebelumnya, kalian telah mendapatkan informasi tentang harga pemasangan ACP per meter persegi dan perkiraan harga berdasarkan jenis dan lebar ACP. Untuk lebih memahaminya, mari kita lakukan simulasi perhitungan biaya pemasangan ACP per meter persegi untuk eksterior beserta semua material pendukung yang diperlukan:

MaterialHarga
ACP Seven PVDFRp300.00
Sealant/lem aluminumRp25.00
Rangka HollowRp45.00
Besi Siku/BracketRp15.00
Aksesoris, sekrup, bautRp10.00
Pasang ScaffoldingRp20.00
Upah Tenaga KerjaRp140.00
Waste Material 10%Rp555.00
Total Material + OngkosRp45.50
TOTAL BIAYARp600.50

Dari perhitungan di atas, kalian perlu mempertimbangkan bahwa pihak jasa pemasangan ACP mungkin mengenakan margin atau keuntungan sebesar 30%. Oleh karena itu, biaya tambahan yang harus kalian siapkan adalah 30% dari Rp600,500, yang setara dengan Rp180,150. Dengan demikian, total biaya keseluruhan pemasangan ACP per meter persegi menjadi Rp780,650.

Cara Memilih Jasa Pasang ACP yang Berkualitas

Untuk mendapatkan hasil pemasangan ACP yang optimal, kalian perlu memilih jasa pemasangan ACP yang berkualitas dan memiliki pengalaman yang baik. Berikut beberapa tips untuk memilih jasa pemasangan ACP yang berkualitas:

1. Portofolio yang Informatif

Saat kalian mencari jasa pemasangan ACP yang berkualitas, memeriksa portofolio mereka adalah langkah penting. Portofolio akan memberikan wawasan tentang sejauh mana pengalaman dan kualitas pekerjaan yang mereka tawarkan. kalian dapat melihat proyek-proyek sebelumnya yang mereka kerjakan, termasuk desain, warna, dan detail hasil pekerjaan.

Portofolio Platinum Aluminium adalah bukti nyata dari pengalaman mereka dalam pemasangan Fasad ACP dan Curtain Wall selama lebih dari 10 tahun. kalian dapat mengevaluasi kualitas kerja mereka dengan melihat galeri hasil pekerjaan mereka.

2. Rekomendasi dari Orang Terpercaya

Selain melihat portofolio, rekomendasi dari teman, keluarga, atau rekan kerja yang pernah menggunakan jasa pemasangan ACP adalah cara lain yang baik untuk menilai kualitas pelayanan.

Mereka bisa memberikan wawasan berharga tentang pengalaman mereka, kualitas pekerjaan, dan apakah mereka puas dengan layanan yang diberikan oleh penyedia jasa ACP.

3. Perbandingan Harga yang Bijak

Ketika memilih jasa pemasangan ACP, penting untuk membandingkan harga dari berbagai penyedia jasa. Meskipun harga tentu menjadi faktor yang relevan, ingatlah bahwa harga yang terlalu murah mungkin mengindikasikan kualitas pekerjaan yang kurang baik.

Sebaliknya, harga yang terlalu tinggi mungkin tidak selalu menggaransi kualitas yang lebih baik. Pilih jasa pemasangan ACP yang menawarkan harga yang wajar dan sesuai dengan kualitas yang mereka tawarkan. Perhatikan juga bahwa harga dapat berbeda tergantung pada jenis ACP yang kalian pilih, desain, dan ukuran proyek.

4. Perlindungan dengan Garansi

Pastikan penyedia jasa pemasangan ACP yang kalian pilih menawarkan garansi untuk hasil pekerjaan mereka. Garansi ini adalah jaminan bahwa penyedia jasa berkomitmen terhadap kualitas dan kepuasan kalian sebagai pelanggan.

Jika terjadi masalah atau kekurangan dalam hasil pekerjaan, garansi akan memberikan perlindungan bagi kalian. Pastikan untuk memahami syarat-syarat garansi tersebut sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan penyedia jasa ACP tertentu.

Baca Juga :  Harga Relief Dinding Per Meter : UPDATE Terbaru Saat Ini

Penutup

Dari artikel ini, empatpilar.com telah membahas berbagai faktor yang memengaruhi Harga Pasang ACP Per m2. Sebagai seorang konsumen yang cerdas, penting untuk memahami bahwa harga ACP tidak hanya dipengaruhi oleh material itu sendiri, tetapi juga oleh biaya tenaga kerja, lokasi proyek, dan berbagai pilihan tambahan yang mungkin kalian pilih.

Meskipun harga pasang ACP per m2 bisa bervariasi, dengan penelitian yang cermat dan pemahaman yang baik mengenai kebutuhan proyek kalian, kalian dapat menemukan solusi yang sesuai dengan anggaran kalian. Ingatlah untuk selalu bekerja sama dengan penyedia jasa yang terpercaya dan memiliki pengalaman untuk memastikan hasil akhir yang memuaskan.

Jadi, sebelum kalian memulai proyek pemasangan ACP kalian, pertimbangkan semua faktor yang telah kita bahas dalam artikel ini dan buat keputusan yang bijak. Semoga proyek kalian berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *