Ukuran Meja Makan Ideal

Macam-Macam Ukuran Meja Makan Ideal : Ketahui Secara Lengkap!

Posted on

Empat Pilar – Macam-Macam Ukuran Meja Makan Ideal : Ketahui Secara Lengkap!. Memiliki meja makan yang sesuai dengan kebutuhan Kalian sangat penting untuk menciptakan suasana makan yang nyaman dan fungsional.

Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai macam Ukuran Meja Makan Ideal yang tersedia di pasaran, serta memberikan tips dalam memilih meja makan yang tepat. Mulai dari ukuran kecil untuk ruangan yang terbatas hingga ukuran besar untuk keluarga besar, kami akan membantu Kalian menemukan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Kalian. Mari kita mulai!

Meja Makan Adalah

Meja merupakan jenis produk perabotan berwujud bidang rata yang didukung oleh sejumlah kaki. Fungsinya seringkali adalah sebagai tempat penaruh barang dan makanan pada tingkat ketinggian yang memudahkan saat kita sedang duduk. Biasanya, meja dilengkapi dengan empat kaki dan dipadukan dengan kursi, salah satunya adalah meja makan.

Meja makan adalah perabotan rumah yang berfungsi untuk menyediakan tempat penyajian makanan. Varietas meja makan hadir dalam berbagai bentuk, ketinggian, dan material yang dirancang untuk mendukung desain, gaya, dan fungsi penggunaannya.

Salah satunya adalah meja makan dari mebel jati, saat ini terdapat beraneka ragam bentuk meja makan, mulai dari bentuk persegi panjang, kotak, lingkaran, hingga elips. Setiap bentuk meja makan ini menyesuaikan tingginya dengan kursi yang menjadi pasangannya.

Fungsi Meja Makan yang Sering Diabaikan

Meja makan memang merupakan sebuah elemen penting dalam rumah yang sering kali hanya dikaitkan dengan fungsi utamanya, yaitu sebagai tempat untuk meletakkan makanan. Namun, fungsi meja makan tidak hanya sebatas itu.

Berikut ini beberapa fungsi meja makan yang seringkali diabaikan:

1. Tempat Berkumpul Seluruh Anggota Keluarga

Meja makan sering menjadi pusat gravitasi di dalam rumah, tempat di mana seluruh anggota keluarga dapat berkumpul dan berinteraksi. Makan bersama di meja makan memberikan nilai kebersamaan dan kehangatan keluarga. Dalam momen ini, kita dapat berbagi cerita dan berdiskusi tentang berbagai hal, menguatkan ikatan antar anggota keluarga, dan menciptakan suasana rumah yang lebih hangat dan penuh kasih sayang.

2. Tempat Diskusi Anggota Keluarga

Meja makan juga dapat berfungsi sebagai tempat diskusi untuk berbagai topik, mulai dari hal-hal sepele hingga isu-isu yang penting. Meja makan menjadi tempat yang nyaman dan informal untuk berdiskusi, memungkinkan setiap anggota keluarga untuk berbicara dan didengarkan. Hal ini dapat membantu meningkatkan komunikasi antar anggota keluarga dan memperdalam hubungan satu sama lain.

3. Menambah Nilai Sajian Makanan

Selain itu, meja makan juga berperan dalam meningkatkan estetika dan nilai sajian makanan. Penataan makanan yang rapi, bersih, dan indah di meja makan dapat menambah selera makan dan membuat pengalaman makan menjadi lebih menyenangkan. Hal ini juga dapat menunjukkan rasa hormat kepada anggota keluarga lainnya, menunjukkan bahwa mereka dihargai dan dicintai.

Macam-Macam Ukuran Meja Makan Ideal

Ukuran standar ideal untuk tinggi meja makan sederhana seperti pada gambar di atas yakni 78 cm. Walaupun begitu, ukuran minimalis untuk meja makan berkapasitas 6 kursi bisa bervariasi, tergantung pada desain dan kebutuhan penggunanya.

Berikut adalah beberapa Ukuran Meja Makan Ideal dengan desain dan prinsip ergonomi :

1. Ukuran Meja Makan Bulat 2 Kursi

Meja makan berbentuk bulat ini sangat diminati karena terlihat sederhana. Agar menjadi meja yang ideal, ukuran meja makan untuk 2 orang dapat dibuat dengan diameter sekitar 122 cm. Ketinggian meja dari permukaan lantai sekitar 71-80 cm. Kelebihan dari meja makan bulat adalah kursinya dapat diatur mengelilingi meja sesuai dengan keinginan.

Kursi yang cocok untuk meja makan bulat sebaiknya memiliki desain minimalis dan ramping. Hindari menggunakan kursi dengan sKalianran tangan yang terlihat berat. Bahan kursi dapat menggunakan kayu, plastik, atau kombinasi dengan besi.

Desain meja makan seperti ini juga banyak tersedia di pasaran. Kalian dapat mencarinya di platform jual-beli seperti Shopee dan Tokopedia.

2. Ukuran Meja Makan 6 Kursi Berbentuk Oval

Apabila Kalian ingin memberikan sentuhan mewah, meja makan oval bisa menjadi pilihan yang tepat. Meja ini memiliki bentuk lonjong di kedua sisinya. Ukuran ideal untuk meja makan minimalis dengan 6 kursi adalah sekitar 130 cm panjangnya (tepat di bagian tengah meja). Lebar meja dapat mencapai 90 cm, dan ketinggian meja sebaiknya antara 71 – 75 cm.

Baca Juga :  Rekomendasi TV Yang Bagus Buat PS5 : dan Contohnya Lengkap

Untuk menciptakan kesan mewah di rumah, gunakanlah material kayu keras seperti jati, mahoni, atau ulin. Selesaikan meja dengan cat finishing berwarna mengkilap. Agar lapisan meja tidak mudah rusak, tambahkan lapisan kaca di bagian atasnya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa meja makan oval tidak cocok untuk rumah dengan konsep yang lebih kecil. Meja ini cenderung membutuhkan ruangan yang lebih luas, terutama jika dipadukan dengan kursi bersKalianran tangan dan punggung.

3. Ukuran Meja Makan 2 Kursi Minimalis

Meja makan dengan desain ini merupakan yang paling umum digunakan. Meja makan jenis ini dapat terbuat dari berbagai material, mulai dari kayu mahal, besi, plastik, hingga rotan. Ukuran meja makan berbentuk kotak sebaiknya memiliki dimensi antara 80 x 80 cm sampai 120 x 120 cm.

Kalian dapat menyesuaikan ukuran meja sesuai dengan kapasitas ruang makan. Ketinggian meja sebaiknya berada antara 75 – 78 cm. Kursi yang cocok untuk meja ini sebaiknya memiliki desain ramping, dilengkapi dengan sKalianran punggung, dan menggunakan material serupa dengan meja.

4. Ukuran Meja Makan Minimalis 4 Kursi

Meja makan yang paling umum digunakan untuk kegiatan makan adalah meja untuk 4 orang. Meja persegi panjang sangat cocok untuk keluarga beranggotakan 4-6 orang. Kursi-kursinya ditempatkan menghadap satu sama lain dalam formasi 2 – 2. Meja makan ini sebaiknya memiliki ukuran sekitar 75 x 120 cm.

Ketinggian meja dari lantai sebaiknya sekitar 70 – 75 cm. Untuk memastikan kekokohan meja, para pengrajin mebel biasanya membuatnya dengan ketebalan sekitar 3 cm. Meja dengan bahan kayu sangat cocok ditempatkan di ruangan yang luas. Namun, jika ruang makan terbatas, Kalian dapat memilih meja dengan bahan plastik PVC.

5. Ukuran Meja Makan Lingkaran Mini 4 Kursi

Apabila Kalian tinggal di perumahan atau apartemen dengan ukuran yang lebih kecil, meja jenis ini sangat cocok digunakan. Untuk keluarga kecil yang umumnya tidak membutuhkan banyak jenis makanan, meja bulat kecil sudah cukup. Terlebih lagi, jika desainnya minimalis, ruangan akan tetap terasa luas.

Kalian dapat membeli meja bulat dengan diameter sekitar 78 cm. Tingginya sekitar 79-75 cm, dan lengkapi dengan kursi berdesain minimalis juga. Pilihan yang baik adalah memilih desain skandinavia dengan warna cerah, yang akan memberikan tampilan yang lebih menarik.

6. Meja Persegi Minimalis 4 Kursi

Jika Kalian merasa jenuh dengan tampilan kayu yang terkesan “kuno”, alternatif yang dapat Kalian pilih adalah menggunakan material metal dan kulit sintetis. Meja ini memiliki bentuk persegi dengan ukuran 90 x 90 cm. Keunikan dari meja ini adalah terdapat 4 kursi yang ditempatkan pada sudut-sudutnya.

Dengan demikian, meja persegi dan kursi-kursinya dapat disusun seperti teka-teki saat digabungkan. Model meja makan seperti ini cenderung lebih efisien dalam penggunaan ruang saat tidak digunakan. Selain itu, bentuknya juga sangat modern sehingga cocok untuk rumah minimalis atau apartemen.

7. Meja Lipat 2 Kursi

Meja jenis ini sangat populer di apartemen kecil dengan tipe studio. Meja ini memiliki fleksibilitas karena dapat dilipat. Untuk meja makan, sebaiknya memiliki ukuran 100 x 40 cm agar cukup untuk menampung 4 anggota keluarga. Meja ini harus dipasang secara permanen di dinding.

Ketika tidak digunakan, meja makan ini dapat dilipat ke bawah, sementara kursinya dapat digeser hingga menempel dengan tembok. Hal ini akan menciptakan ruang yang lebih luas untuk anggota keluarga beraktivitas. Meja baru akan dipasang kembali saat tiba waktu makan.

Meja makan lipat ini biasanya didesain dengan fungsi yang multifungsi, terutama ketika digunakan dalam apartemen studio. Selain untuk makan, meja ini sering digunakan sebagai meja kerja atau belajar. Ketinggian meja dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan keluarga.

Cara Menentukan Jarak Kursi dan Meja Makan

Setelah mengetahui Macam-Macam Ukuran Meja Makan Ideal, langkah selanjutnya yang sangat penting adalah menentukan jarak antara kursi dan meja. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa ruang makan Kalian nyaman dan berfungsi sebaik mungkin.

Berikut ini beberapa aturan umum atau biasa disebut ‘rule of thumb’ (aturan ibu jari) yang dapat Kalian gunakan untuk menentukan jarak tersebut, meskipun perlu diingat bahwa ini bukanlah aturan yang mutlak dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi Kalian:

  1. Berikan jarak antara 25 cm sampai 30 cm antara kursi dan meja makan. Jarak ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah bergerak masuk dan keluar dari kursi, serta memberikan cukup ruang untuk mereka duduk dengan nyaman.
  2. Pastikan ada jarak antara 18 cm sampai 20 cm di antara setiap kursi. Jarak ini memastikan bahwa saat makan, pengguna tidak akan bersentuhan dengan orang di sebelahnya, membuat mereka merasa lebih nyaman dan memiliki ruang pribadi mereka sendiri.
  3. Setiap pengguna harus memiliki ruang sebesar 60 cm sampai 75 cm di meja makan. Jarak ini membantu mencegah pengguna bersenggolan satu sama lain, yang bisa menjadi gangguan saat makan.
  4. Untuk meja makan berbentuk persegi panjang, tambahkan jarak antara 25 cm sampai 30 cm di bagian kepala dan kaki meja jika ada yang duduk di sana. Jarak tambahan ini memastikan bahwa mereka yang duduk di ujung meja makan dengan arah melintang memiliki cukup ruang untuk bergerak.
  5. Berikan jarak setidaknya 80 cm sampai 90 cm antara meja makan dengan dinding atau perabotan lainnya di ruang makan. Jarak ini memungkinkan untuk sirkulasi bergerak yang baik, memudahkan pengguna untuk bergerak di sekitar ruang.
Baca Juga :  Jenis Batu Hias Taman Paling Populer : Saran Terbaik

Dengan mengikuti pedoman ini, Kalian akan dapat menciptakan ruang makan yang nyaman dan fungsional. Selalu ingat bahwa kenyamanan pengguna adalah prioritas utama saat merancang dan menata ruang makan.

Penutup

Demikianlah pembahasan empatpilar.com tentang macam-macam Ukuran Meja Makan Ideal. Dalam memilih meja makan, jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan ukuran ruangan Kalian, jumlah anggota keluarga, serta kebutuhan dan gaya hidup Kalian.

Setiap ukuran meja makan tentunya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Jadi, jangan terburu-buru dalam memilih.

Harapan kami, artikel ini bisa memberikan gambaran yang jelas tentang berbagai pilihan Ukuran Meja Makan Ideal yang ada, sehingga Kalian bisa menemukan ukuran meja makan yang paling sesuai dan membuat waktu makan Kalian bersama keluarga menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Selamat memilih dan semoga bermanfaat! Kata Pencarian TerpopulerUkuran kursi makan kayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *