Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu

Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu : Efek Jika Terlalu Panjang, Rumus dan Harga

Posted on

Empat Pilar – Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu : Efek Jika Terlalu Panjang, Rumus dan Harga. Kulkas adalah salah satu perangkat rumah tangga yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa kulkas, kita akan kesulitan untuk menyimpan makanan dan minuman segar.
Tetapi, untuk memastikan kulkas Kalian berfungsi dengan baik, Kalian perlu memperhatikan ukuran pipa kapiler kulkas 1 pintu.

Ukuran pipa kapiler kulkas 1 pintu sangat penting karena dapat memengaruhi kinerja kulkas Kalian.

Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang ukuran pipa kapiler kulkas 1 pintu dan bagaimana memilih yang tepat untuk kulkas Kalian.

Apa Itu Pipa Kapiler

Pipa kapiler adalah sebuah tabung kecil pada perangkat pendingin seperti AC, kulkas, dan sejenisnya. Pipa kapiler ini adalah yang paling kecil dibandingkan dengan pipa lainnya.

Pada perangkat freezer atau dispenser, pipa kapiler berukuran antara 0,26″ hingga 0,31″, sementara pada AC berukuran antara 0,5″ hingga 0,7″ untuk kapasitas 1/2 hingga 2 pk. Kebanyakan kerusakan pada pipa kapiler pada perangkat pendingin terjadi karena pipa tersebut tersumbat oleh kotoran atau oli.

Detail Pipa Kapiler

Terdapat berbagai ukuran pada jenis pipa ini dan untuk mengetahuinya, perlu melihat diameter bagian dalam pipa.

Berikut adalah detail dari komponen jenis pipa ini yang perlu diketahui:

  • Jenis pipa ini menghubungkan saringan dengan evaporator, sehingga memungkinkan kulkas berfungsi secara optimal dengan memberikan batasan tekanan pada komponen bertekanan rendah dan tinggi.
  • Pada bagian tengah pipa terdapat saluran hisap yang dipasang dengan cara disolder. Fungsinya sebagai penukar kalor di dalam kulkas.

Fungsi Pipa Kapiler

Pipa kapiler berperan penting dalam menurunkan tekanan, mengubah gas menjadi cairan, dan mengatur aliran refrigeran dari pipa kondensor.

Sebelum masuk ke pipa kapiler, gas refrigeran harus melewati alat yang disebut drien strainer atau saringan gas yang sudah terpasang di mesin pendingin oleh pabrik.

Fungsi dari drier strainer adalah menyaring dan menangkap debu yang akan masuk ke dalam pipa kapiler dan jalur pipa menuju evaporator indoor.

Penting untuk diingat bahwa penggantian kompresor harus melibatkan penggantian pipa kapiler, karena hasil survei menunjukkan bahwa tanpa penggantian pipa kapiler, kemungkinan terjadi kebuntuan pipa kapiler tetap tinggi.

Namun, apabila ingin tetap menggunakan pipa kapiler lama, Kalian dapat melakukan proses FLUSHING dengan bantuan R11.

Apa Efek Jika Pipa Kapiler Terlalu Panjang ?

Tentu saja ada. Jika panjang pipa kapiler terlalu pendek, maka hambatan gesek pipa akan semakin kecil.

Hal ini akan membuat kapasitas pipa untuk menyalurkan refrigeran cair dari kondensor ke evaporator menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan kapasitas tekanan kompresi.

Peningkatan kapasitas aliran refrigeran cair tersebut terjadi karena pipa kapiler menjadi semakin lebar, sehingga resistansi dalam pipa pun semakin berkurang.

Dengan demikian, refrigeran cair dapat mengalir dengan lebih mudah dari kondensor ke evaporator.

Namun, akibatnya adalah evaporator akan kelebihan refrigeran cair sehingga tekanan meningkat. Ketika tekanan di dalam evaporator meningkat, suhu evaporator pun menjadi semakin tinggi.

Oleh karena itu, tidak semua refrigeran cair dapat menguap sepenuhnya di dalam evaporator, karena suhu tersebut melebihi titik didih refrigeran.

Refrigeran cair yang tidak dapat menguap sempurna di dalam evaporator tersebut akan masuk ke kompresor.

Hal ini berisiko merusak kompresor, karena tekanan dan suhu refrigeran yang terlalu tinggi dapat membebani kompresor secara berlebihan.

Oleh karena itu, panjang pipa kapiler yang optimal perlu diperhitungkan dengan baik untuk menjaga keseimbangan aliran refrigeran cair dari kondensor ke evaporator.

Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu, Bagaimana Efeknya?

Sebaliknya, jika panjang pipa kapiler terlalu panjang, maka hambatan gesek di dalam pipa akan semakin besar.

Hal ini disebabkan oleh kapasitas penyaluran refrigeran cair dari kondensor ke evaporator yang menjadi lebih kecil dibandingkan dengan kapasitas tekanan kompresi.

Akibatnya, evaporator akan kekurangan refrigeran cair sehingga tekanannya akan menurun. Jika tekanan di dalam evaporator menurun, suhu di dalam evaporator pun akan turun.

Baca Juga :  Toko Sparepart Kulkas di Bandung Terdekat dan Terlengkap

Hal ini dapat membuat pendinginan pada sistem menjadi kurang optimal karena suhu di dalam evaporator tidak cukup rendah untuk menguapkan refrigeran cair secara efisien.

Di sisi lain, refrigeran cair pada kondensor akan meningkat karena kurangnya aliran refrigeran cair dari kondensor ke evaporator.

Kenaikan suhu dan tekanan pada kondensor dapat membuat sistem menjadi tidak stabil dan efek pendinginan pun akan berkurang.

Dalam situasi ini, pipa kapiler yang terlalu panjang akan mempengaruhi kinerja sistem pendinginan secara negatif.

Oleh karena itu, panjang pipa kapiler perlu dipilih dengan hati-hati agar dapat mencapai keseimbangan yang optimal antara aliran refrigeran cair dan kapasitas pendinginan pada sistem.

Harga Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu

Jika membicarakan harga pipa kapiler untuk kulkas 1 pintu, harganya sebenarnya tergantung pada ukuran dan panjang pipa tersebut yang dijual di pasaran.

Di berbagai marketplace, harganya dapat bervariasi dan bahkan untuk per meternya hanya sekitar Rp10.000.

Harga pipa kapiler ini biasanya juga disesuaikan dengan ukuran dan kode pipanya. Sebagai contoh, untuk ukuran 0.26, ada yang menjualnya dengan harga sekitar Rp6.000 per meter, sedangkan untuk ukuran 0.54, dijual dengan harga sekitar Rp8.000 per meter.

Cara Menentukan Panjang Pipa Kapiler Kulkas

Setelah mengetahui Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu. Memilih pipa kapiler untuk kulkas tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Ada beberapa sumber yang menyarankan agar panjang pipa kapiler untuk kulkas 1 pintu tidak kurang dari 5 kaki (1,5 meter) dan tidak lebih panjang dari 16 kaki (4,88 meter).

Semakin pendek panjang pipa kapiler akan membuat aliran bahan pendingin menjadi lebih cepat dan jumlah aliran bahan pendingin menjadi lebih besar.

Hal ini disebabkan oleh resistansi pipa kapiler yang semakin kecil, sehingga refrigeran cair dapat mengalir dengan lebih mudah dan cepat.

Sementara itu, jika panjang pipa kapiler terlalu panjang, tahanan dalam pipa kapiler akan semakin besar dan efek pendinginan pada sistem akan cepat berkurang.

Selain tidak ekonomis, kenaikan tekanan pada sistem juga bisa sangat tinggi sehingga evaporator tidak dapat mendingin dengan baik dan beban kerja pada kompresor menjadi lebih berat.

Oleh karena itu, pemilihan panjang pipa kapiler yang tepat sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara aliran bahan pendingin dan efisiensi sistem pendinginan pada kulkas.

Panjang Pipa Kapiler Kulkas 2 Pintu

Sejatinya, ukuran panjang pipa kapiler baik untuk kulkas 1 pintu maupun 2 pintu tidak jauh berbeda dari segi penghitungan.

Adapun panjang normalnya sekitar 170cm, namun hal ini akan disesuaikan lagi dengan spesifikasi masing-masing pabrikan.

Pipa kapiler memang terdiri dari beberapa ukuran di mana pengukuran dilakukan pada bagian diameter dalam (inside diameter/ID) dari pipa tersebut.

Ukuran panjang yang terdapat pada setiap lemari es biasanya juga dipengaruhi oleh bahan pendingin, suhu, hingga kondensor yang digunakan.

Rumus Menentukan Pipa Kapiler

Setelah mengetahui Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu, jika kamu berencana untuk mengganti pipa kapiler, ada tabel standar yang berisi daftar perbandingan pipa kapiler yang dapat digunakan.

Namun, penting untuk memahami rumus perhitungan untuk memilih pipa kapiler yang tepat, terutama jika ingin mengganti dengan pipa kapiler yang memiliki diameter dalam (inside diameter/ID) yang berbeda meskipun karakteristiknya sama.

Sebagai contoh, jika kamu ingin mengganti pipa kapiler dengan diameter dalam (inside diameter/ID) 0.040 dan panjang 3 meter, kamu dapat menggunakan daftar perbandingan panjang pipa kapiler. Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Di bawah 0.036 ID terdapat faktor 0.62
  • Di bawah 0.042 ID terdapat faktor 1.25

Sehingga jika dihitung manual akan menjadi seperti berikut.

Kalau menggunakan pipa kapiler dengan ID 0.036

0.62 x 3 meter = 1.86 meter

Kalau menggunakan pipa kapiler dengan ID 0.042

1.25 x 3 meter = 3.75 meter

Daftar Harga Pipa Kapiler Kulkas Terbaru

Berikut kami berikan rekomendasi mengenai Daftar harga pipa kapiler kulkas terbaru :

Pipa Kapiler kulkas ac 031 ecer METERANRp8,500
Pipa Kapiler Freezer 031 meteran capillary tube capiller tembaga 0.31 0.031mm meter kulkas es showcase 1 2 pintu kondensor kompresorRp6,500
Filter Kosong 1 2 lubang Kulkas AC pipa tembaga 1/4 inci 1 pk kapiler Saringan oli kompresor StrainerRp7,000
pipa kapiler kulkas ukuran 0,64 jual per meterRp12,000
pipa kapiler kulkas ukuran 0.54 jual per meterRp10,000
filter kosong kulkas 1x2 kulkas pipa kapiler body 3per4Rp6,000
PIPA KAPILER TEMBAGA UKURAN 0.26 PANJANG 30M roll capiler tembaga AC KULKASRp157,000
PIPA KAPILER TEMBAGA UKURAN 0.54 PANJANG 30M roll capiler tembaga AC KULKASRp249,000
Thawzone Pembersih Sumbatan Pipa Kapiler Filter Kulkas Freezer Moisture Control Flushing Refrigerator metil Metyl SumbatRp4,000
PIPA KAPILER KULKAS 0,31 MM 0,031" X 1,5MM X 30M SSFRp135,000
Baca Juga :  Panduan, Cara Membuka Child Lock Mesin Cuci Electrolux Termudah

Penutup

Dalam rangkaian pendingin kulkas 1 pintu, ukuran pipa kapiler sangatlah penting untuk memastikan kinerja yang optimal.

Dengan memahami ukuran yang tepat untuk pipa kapiler, Kalian dapat memastikan bahwa kulkas Kalian bekerja dengan efisien dan dapat bertahan lama.

Namun, meskipun penting, ukuran pipa kapiler bukanlah satu-satunya faktor yang memengaruhi kinerja kulkas. Ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan, seperti kebersihan dan perawatan berkala.

Oleh karena itu, sebagai pemilik kulkas 1 pintu, penting untuk memperhatikan semua faktor yang mempengaruhi kinerja kulkas Kalian.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli teknik pendingin untuk mendapatkan saran dan tips terbaik dalam menjaga kulkas Kalian tetap berfungsi dengan baik.

Dengan perawatan yang tepat, kulkas 1 pintu Kalian dapat bertahan lama dan menjaga makanan dan minuman Kalian tetap segar dan dingin.

Demikian ulasan yang bisa empatpilar.com berikan kepada kalian mengenai Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu. Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/ukuran-pipa-kapiler-kulkas-1-pintu/,panjang kapiler kulkas 1 pintu,Ukuran pipa kapiler epap kulkas 1 pintu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *