Ukuran Talang Air PVC

Daftar Ukuran Talang Air PVC yang Tersedia di Pasaran

Posted on

Empat Pilar – Daftar Ukuran Talang Air PVC yang Tersedia di Pasaran. Ukuran talang air PVC menjadi salah satu aspek penting dalam merancang sistem pembuangan air hujan yang efektif dan efisien untuk sebuah bangunan. Dalam menentukan ukuran yang tepat, perlu dipahami bahwa talang air PVC memiliki peran vital dalam menjaga keberlanjutan fungsi atap dan dinding bangunan dari dampak buruk air hujan.

Talang air PVC, yang terbuat dari bahan plastik polyvinyl chloride, menjadi pilihan utama karena sifatnya yang tahan terhadap korosi dan ringan. Namun, bagaimana kita dapat menentukan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan? Artikel ini akan membahas secara rinci tentang faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan ukuran talang air PVC, mulai dari luas atap, curah hujan, hingga desain bangunan.

Dengan memahami secara mendalam mengenai ukuran talang air PVC, kita dapat meningkatkan efisiensi sistem pembuangan air hujan, mencegah genangan air, dan menjaga integritas struktural bangunan. Simaklah ulasan selengkapnya untuk mendapatkan panduan yang komprehensif.

Apa itu Talang Air?

Dalam beberapa kasus, banyak orang yang kurang mempertimbangkan pentingnya talang air bahkan menganggap remeh ketika merencanakan pembangunan rumah. Padahal, talang air memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dalam mengatur aliran air hujan yang turun dari atap rumah.

Tahukah Anda? Pada atap rumah dengan kemiringan tertentu seperti atap limas, pelana, dan sejenisnya, penting untuk dilengkapi dengan talang air agar dapat menampung air hujan saat musim penghujan tiba. Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara tropis dengan tingkat curah hujan yang tinggi, kehadiran talang air menjadi sangat krusial sebagai tindakan preventif.

Lalu, apa sebenarnya talang air itu? Talang air adalah suatu sistem atau saluran berbentuk pipa yang berfungsi utama sebagai media atau tempat agar air hujan yang jatuh ke atap rumah dapat mengalir dengan teratur ke arah yang telah ditentukan. Ini dapat berupa saluran khusus untuk air hujan, tangki penampungan, atau daerah sumur resapan.

Jika Anda tidak memasang talang air di atap rumah, air hujan akan mengalir secara bebas dari atap dan akhirnya dapat menyebabkan rembesan pada dinding atau plafon rumah. Bahaya lainnya adalah bahwa rembesan air yang tidak terkendali akibat kurangnya talang air yang efektif dapat menyebabkan korsleting pada kabel listrik yang melewati atau menempel pada plafon rumah.

Banyak orang sering mengabaikan fungsi talang air ini, padahal saluran air ini selalu berdekatan dengan atap rumah. Selain memperkaya karakteristik rumah, talang air juga dapat melindungi rumah dari kerusakan yang disebabkan oleh kelembaban dan air hujan. Dengan pemasangan talang air yang tepat, tampilan rumah dapat ditingkatkan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Daftar Ukuran Talang Air PVC

Berikut adalah beberapa Daftar Ukuran Talang Air PVC yang bisa kalian pahami dengan baik :

DiameterJumlah Volume Air
DiameterJumlah Volume Air
DiameterJumlah Volume Air
DiameterJumlah Volume Air
DiameterJumlah Volume Air
DiameterJumlah Volume Air

Harga Talang Air PVC Terbaru

Berikut adalah beberapa Harga Talang Air PVC Terbaru yang bisa kalian pahami :

Talang PVCHarga
OWER PIPA TALANG PVC 140 / GUTTER PROFILERp121.00
PN TALANG DB-AK12Rp70.00
Roof Drains pvc 4 / Saringan Talang pvc 4Rp14.90
Talang Air PVC Setengah Lingkaran HR 6 MaspionRp210.00
GUTTER UTOMO TALANG (0.30MMX6MTR)Rp242.50
Talang Air PVC Langgeng HR 8″ 8 Inch 4 meter Setengah LingkaranRp201.00
Talang Bulat PVC Abu 8Rp84.80
Baca Juga :  Mengenal Secondary Skin Dalam Dunia Arsitektur : dan Fungsinya

Talang Air Berdasarkan Materialnya

Berikut ada beberapa Rekomendasi Talang Air Berdasarkan Materialnya secara lengkap :

1. Talang Air PVC

Talang air pertama yang direkomendasikan adalah talang PVC yang terbuat dari Poly Vinyl Chloride atau plastik. Harganya relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan talang air dari bahan lain. Kelebihan talang PVC meliputi ketahanannya terhadap korosi, bobot ringan yang memudahkan instalasi. Namun, talang ini memiliki kekurangan yaitu umur pemakaian yang terbatas (sekitar satu hingga dua tahun) dan tidak ramah lingkungan. Talang ini cocok untuk rumah sederhana seperti tipe 36, 46, dan sejenisnya.

2. Talang Air Aluminium

Talang air berikutnya yang direkomendasikan terbuat dari aluminium yang tahan terhadap korosi atau karat. Meskipun relatif ringan, talang air aluminium sering dipilih sebagai talang air untuk rumah. Namun, perlu diingat bahwa talang ini mudah penyok. Meskipun demikian, talang air aluminium bisa menjadi alternatif yang baik selain talang air PVC.

3. Talang Air Logam

Jika Anda menginginkan talang air dengan beragam warna, talang air logam bisa menjadi pilihan. Talang jenis ini pasti tahan terhadap karat. Namun, perlu diperhatikan bahwa talang air logam memiliki harga yang lebih tinggi dibanding talang air lainnya. Jadi, jika Anda memilih talang air logam, siapkan budget yang lebih besar.

4. Talang Air Beton

Selanjutnya, terdapat talang air dengan kapasitas lebih besar dibanding yang lain, yaitu talang air beton. Pembuatan talang beton memerlukan biaya dan tenaga lebih besar dibanding talang air lainnya. Namun, keuntungannya adalah Anda dapat membuat talang air sesuai dengan bentuk atap rumah.

5. Talang Air Galvalum

Terbuat dari campuran baja dan aluminium, talang air galvalum sangat kokoh, ringan, dan tahan lama. Harganya bervariasi di pasaran, tergantung pada ketebalannya. Semakin tebal, harganya pun semakin mahal. Talang air galvalum menjadi pilihan yang tepat untuk rumah-rumah tipe besar hingga mewah.

6. Talang Air Seng

Talang air seng adalah pilihan yang sesuai bagi yang memiliki keterbatasan budget. Dijual dalam bentuk gulungan atau lembaran, harganya bisa lebih terjangkau dibanding talang PVC. Namun, kelemahannya adalah rentan terhadap karat sehingga dapat mudah bocor. Oleh karena itu, jika menggunakan talang jenis ini, Anda perlu siap melakukan penggantian secara berkala dan sering memperbaiki atap yang bocor.

7. Talang Air Zincalume

Terakhir, ada jenis talang air yang kurang lebih mirip dengan alumunium, yaitu talang air zincalume. Jenis talang ini tidak begitu populer karena harganya relatif mahal dan kurang cocok untuk instalasi saluran hujan di Indonesia yang memiliki intensitas hujan yang cukup tinggi.

 

BACA JUGA :

Penutup

Dalam mengejar efisiensi dan keberlanjutan, pemilihan material konstruksi menjadi hal yang krusial. Salah satu komponen penting yang memerlukan perhatian adalah ukuran talang air PVC. Dalam artikel ini, empatpilar.com telah membahas berbagai aspek terkait ukuran talang air PVC, mulai dari keunggulan, penggunaan yang tepat, hingga panduan memilih sesuai kebutuhan.

Kesadaran akan pentingnya ukuran yang tepat tidak hanya mengoptimalkan fungsi talang air, tetapi juga mendukung upaya konservasi dan pengelolaan air. Semoga artikel ini memberikan wawasan dan panduan praktis bagi pembaca dalam memilih ukuran talang air PVC yang sesuai dengan kebutuhan bangunan mereka. Dengan langkah cerdas ini, kita dapat memastikan kelangsungan hidup lingkungan dan membangun struktur yang tangguh dan efisien.

Baca Juga :  Mengenal Jenis-Jenis Talang Air : Fungsi dan Kelebihannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *