Sistem Operasi

5 Jenis Sistem Operasi dan Fungsinya Yang Perlu Kalian Tahu

 

Jenis Sistem Operasi – Sistem operasi atau Operating System (OS) sendiri adalah sekumpulan perangkat yang dimiliki komputer dan saling berkaitan satu dengan yang lain serta berinteraksi untuk menjalankan proses dalam pengolahan data untuk menghasilkan sebuah informasi.

Definisi lain dari sistem operasi adalah software pada komputer yang melakukkan kontrol dan manajemen hardware serta segala operasi dasar sistem termasuk mengoperasikan software aplikasi, seperti program pengolah data yang bermanfaat buat mempermudah kegiatan manusia. Nah kali ini kami akan menguraikan mengenai beberapa jenis dan manfaat dari sistem operasi ikuti terus ya.

Jenis sistem operasi komputer

Setelah mengurai pembahasan mengenai apa definisi sistem operasi komputer, kali ini kalian akan mengetahui apa saja jenis sistem operasi komputer itu, beserta masing-masing karakternya.

 

1. Windows

Sistem operasi komputer ini telah berdiri dan di kembangkan sejak tahun 1985, windows sendiri adalah salah satu sistem operasi yang sangat populer, windows juga terus berupaya melakukkan pembaruan demi meningkatkan pengalaman bagi pengguna, dengan melakukan berbagai upgarde hardare dan software demi hingga mudah di akses oleh pengguna. Beberapa versi dan pembaruannya diantaranya Windows 95, Windows Vista, Windows 7 hingga seri terbarunya Windows 11 yang sudah rilis pada 5 Oktober 2021.

Banyak pengguna yang memilih windows sebagai sistem operasi bagi komputenya karena di anggap lebih kompatibel dengan banyak jenis software, dan terdapat banayak program komputer yang berjalan dengan baik karena menggunakan windows. Sistem operasi komputer ini memiliki bahasa pemrograman C, C++, C#.

2. Mac OS

Berikutnya ada sistem operasi bernama MACOS/Macintosh adaalah sistem yang di buat dan di kembangkan oleh perusahaan aple sejak 2001, sistem operasi ini hanya bekerja di perangkat khusus milik aple sendiri. Sistem operasi ini banyak di sukai oleh pengguna karena memiliki kelebihan beruapa kemudahan dan kecepatan pemrosesan, dan pihak MacOS selalu melakukkan pembaruan buat meningkatkan user experience. Selain itu juga ada keunggulan lain berupa sistem operasi ini jarang sekali di temui bug dan mampu membuat perangkat sulit buat diretas, MacOS memiliki bahasa pemrograman C++.OBJECTIVE C DAN SWIFT.

3. Linux

Nah selanjutnya ada sistem operasi linux yang berbeda dengan dua sistem operasi di atas, Linux adalah keluarga sistem sumber terbuka,yang mana sistem ini bisa di modifikasi dan di pakai oleh siapapun. Linux Tersedia dalam banyak versi open source yang berbeda dan bisa di unduh secara gratis, jika kalian adalah orang yang mengetahui cara menyesuaikan dan bekerja dengan sistem operasi maka mungkin sistem ini pilihan yang pas buat kalian.

Apabila pengkodean dan pekerjaan back-end semacam ini menarik buat kalian,maka kalian bisa menggunakan sistem operasi linux ini dan memulai manipulasinya. Selain itu, sistem ini terkenal kebal akan virus, tetapi untuk software tambahan masih rentan terhadap malware pada web server. Bahasa yang kerap digunakan dalam pengembangan Linux merupakan C dan Assembly.

4. MS Dos

Ms Dos memiliki kepanjangan Microsoft Disk Operating System, adalah sistem operasi komputer yang dominan buat komputer pribadi sepanjang tahun 1980an, nah meskipun MS dOS menikmati popularitas yang luar biasa pada tahun 1980an tetapi teknologi ini tidak selalu mengikuti kompetisinya.

Sismtem operasi ini tidak memiliki kemampuan multitasking dan multiuser dan terbatas pada antar muka baris perintah dan berbeda dengan graphical user interface (GUI) yang ramah pengguna dari komputer Macintosh awal dari Apple. Meskipun Ms Dos tidak lagi dipasarkan sebagai sistem operasi komputer yang berdiri sendiri, platform yang relatif sederhana dan stabil masih digunakan di beberapa sistem komputer tertanam.

5. UNIX

Unix sendiri adalah sistem operasi multi user dan multitasking yang paling populer dan kuat, konsep dasar dari UNIX berasal dari proyek multics tahun 1969, Sistem multich di maksudkan sebagai sistem pembagian waktu yang memungkinkan banyak pengguna buat mengakses komputer mainframe secara sama sama. Ken Thompson, Dennis Ritchie, dan lainnya mengembangkan blok bangunan dasar Unix termasuk sistem file hierarkis, yaitu konsep proses dan penerjemah baris perintah untuk PDP-7. Dari sana, beberapa generasi Unix dikembangkan untuk berbagai mesin. Nah munculnya ketidakcocokan antara sistem ini menyebabkan terciptanya standar interoperabilitas seperti POSIX dan spefisifikasi unix tunggal.

Fungsi Dari Sistem Operasi

 

1. Manajemen perangkat, yang pertama adalah berfungsi sebagai pengontrol atau pengatur jalannya komunikasi anatar perangkat yang di lakukkan dengan melewati semua driver.

2. Manajemen Prosessor, fungsi ke dua adalah sebagai manajemen prosessor dimana sistem opersi komputer bisa mendukung multi programming.

3. Manajemen Memori, Pada fungsi sistem operasi komputer kali ini terbagi dalam 2 macam, primary memory dan main memory. Primary memory berarti kebutuhan penyimpanan yang diutamakan, seperti RAM. Sedangkan main memory berarti penyimpanan yang dapat diakses langsung lewat CPU (Central Processing Unit).

4. Manajemen File, terakhir sistem operasi berfungsi sebagai manajemen file dimana bisa di gunakan buat melakukkan pembentukan file dari dokumen awal hingga akhir yang mengontrol apa saja kebutuhan informasi.

 

Nah demikian beberapa uraian dari kami mengenai 5 Jenis Sistem Operasi dan Fungsinya Yang Perlu Kalian Tahu, Semoga mudah di pahami dan menjadikan kalian penambah ilmu. Terima Kasih.