Fungsi Power Supply Simetris

Fungsi Power Supply Simetris, Pengertian dan Skemanya

Posted on

Empat Pilar – Fungsi Power Supply Simetris, Pengertian dan Skemanya. Dalam dunia elektronika, power supply simetris merupakan komponen yang sangat penting dalam mendukung berbagai macam aplikasi, seperti pembuatan perangkat elektronik yang menggunakan tegangan positif dan negatif secara bersamaan.

Power supply simetris ini berfungsi untuk menghasilkan arus searah (DC) yang stabil dan teratur, dengan tegangan positif dan negatif yang sama besar. Namun, apa itu sebenarnya Fungsi Power Supply Simetris dan Skemanya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Apa itu Power supply ?

Power supply adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menyediakan sumber daya atau tegangan DC untuk berbagai rangkaian elektronik. Power supply juga dikenal sebagai adaptor atau regulator. Biasanya, power supply terdiri dari beberapa bagian, yaitu transformator, dioda, dan kapasitor.

Apa itu Power Supply Simetris ?

Power supply simetris adalah jenis power supply yang memiliki dua output tegangan dengan polaritas yang berlawanan, yaitu positif dan negatif. Sebagai contoh, power supply simetris 15 Volt artinya power supply tersebut dapat memberikan tegangan sebesar 15 Volt. Skema power supply simetris 15 Volt dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang rangkaian power supply tersebut.

Harga power supply simetris 15 Volt bervariasi, mulai dari Rp 13.000 hingga Rp 25.000. Power supply simetris 15 Volt dapat dibeli langsung di toko peralatan elektronik atau melalui berbagai toko online.

Fungsi Power Supply Simetris

Fungsi Power Supply Simetris adalah memberikan tegangan yang stabil pada rangkaian elektronik dalam suatu perangkat elektronik.

Jika menggunakan power supply simetris dengan tegangan 15 Volt, maka tegangan sebesar 15 Volt akan diberikan pada perangkat elektronik tersebut.

Agar power supply simetris dapat bekerja dengan baik, skema power supply simetris dengan tegangan 15 Volt harus dirancang dengan baik dalam perangkat tersebut.

Beberapa perangkat elektronik yang menggunakan power supply simetris sebagai sumber tegangan adalah :

  • Rangkaian audio equalizer
  • Mixing console
  • Perangkat motherboard dalam komputer
  • Power amplifier
  • Sirkuit tone control

Selain beberapa perangkat elektronik tersebut, power supply simetris jug dapat digunakan pada rangkaian elektronik lainnya.

Perbedaan dengan Non Simetris

Perbedaan yang paling mencolok antara power supply simetris dan non simetris terletak pada tegangan output yang dihasilkan.

Pada power supply non simetris, hanya satu output tegangan dan ground yang dihasilkan, sedangkan pada power supply simetris, dua output tegangan yang memiliki polaritas yang berbeda dihasilkan.

Selain itu, jenis trafo yang digunakan pada rangkaian adaptor simetris adalah trafo CT atau center-tapped transformer.

Trafo ini memiliki pusat yang dililit oleh dua kumparan yang sama besar. Fungsi dari trafo CT adalah untuk menghasilkan tegangan dengan dua polaritas yang seimbang terhadap ground.
Dalam power supply simetris, pusat trafo CT dihubungkan dengan ground sehingga menghasilkan dua tegangan output yang seimbang.

Dengan adanya dua output tegangan yang seimbang, power supply simetris dapat memberikan lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan power supply non simetris.

Misalnya pada aplikasi audio, power supply simetris dapat memberikan output yang lebih bersih dan kurang terpengaruh oleh noise listrik yang terjadi di sekitarnya.

Namun, power supply simetris membutuhkan lebih banyak komponen dan biaya yang lebih tinggi untuk dirancang dan diproduksi.

Contoh Skema Power Supply Simetris

Fungsi Power Supply Simetris, bagaimana bentuk skema power supply simetris? Berikut adalah dua contoh skema power supply simetris secara sederhana:

Baca Juga :  Cara Mematikan Timer AC Mitsubishi : Panduan Mudah Tanpa Ribet

1. Contoh Skema Power Supply Simetris dengan Trafo CT

Skema power supply ini sangat sederhana dan tidak memerlukan sirkuit regulator tegangan tambahan. Skema ini sering digunakan pada sirkuit power amplifier.

2. Contoh Skema Power Supply Simetris dengan IC Regulator

Skema power supply ini menggunakan IC regulator untuk mengatur tegangan keluaran. IC regulator digunakan untuk memastikan tegangan keluaran stabil dan tidak terpengaruh oleh perubahan beban dan sumber tegangan input.

Skema ini lebih kompleks dibandingkan dengan skema pertama, namun memberikan kestabilan yang lebih baik pada output tegangan.

Skema Power Supply Simetris 15 Volt dan Cara Merangkainya

Fungsi Power Supply Simetris, merakit power supply simetris 15 Volt sebenarnya cukup mudah dilakukan oleh seseorang yang sudah berpengalaman dalam merakit rangkaian elektronik. Namun, tentunya dibutuhkan skema atau gambaran power supply simetris 15 Volt yang jelas agar dapat dilakukan dengan benar. Berikut ini adalah skema power supply simetris 15 Volt beserta penjelasan tentang cara merakitnya:

1. Skema dari Power Supply Simetris 15 Volt IC 7815 dan 7915

Skema power supply simetris 15 Volt dapat dibuat dengan merangkai IC 7815 dan 7915.

Fungsi dari kedua IC ini adalah untuk menstabilkan dan mengarahkan tegangan sebesar 15 Volt dengan tepat sesuai kebutuhan rangkaian elektronik.

Untuk merangkai power supply simetris 15 Volt menggunakan skema di atas, langkah pertama adalah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan.

Bahan yang dibutuhkan untuk merangkai rangkaian power supply simetris 15 Volt di atas, yaitu:

  • Diode 1A 4 X 4
  • Trafo CT
  • IC 7815 dan IC 7915
  • Elko 2200 UF 35V
  • Elko 22UF 50V
  • Kapasitor 104J 100V
  • PCB

Setelah semua bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah merangkai sesuai skema yang diberikan.

Perhatikan letak kaki IC 7815, polaritas elko, dan polaritas dioda dengan baik. Ketiga komponen tersebut harus dipasang dengan benar dan tidak boleh terbalik.

Jika salah memasangnya, maka komponen yang dirangkai tidak dapat bekerja atau malah mati.

Saat memasang dioda, perhatikan setrip warna putih. Jika setrip putih berada di depan, maka itu artinya output positif.

Namun, jika setrip putih berada di belakang, artinya output negatif. Pemasangan polaritas elko juga harus tepat. Aki negatif pada polaritas elko dapat ditandai dengan setrip putih atau hitam.

IC juga harus dipasang dengan benar sesuai skema yang ada. Jangan sampai terbalik karena dapat menyebabkan tegangan mati atau bahkan terlalu berlebihan (over).

2. Skema Rangkaian Power Supply Simetris 15 Volt TIP31 dan TIP32

Selain menggunakan IC 7815 dan 7915, power supply simetris 15 Volt juga dapat dirangkai menggunakan transistor TIP31 dan TIP32.

Namun, rangkaian power supply simetris menggunakan transistor lebih rumit daripada menggunakan IC. Hal ini karena transistor tidak dapat menurunkan tegangan.

Oleh karena itu, perlu menggunakan komponen tambahan seperti diode zener 15V untuk menurunkan dan menstabilkan tegangan menjadi 15V sesuai dengan kebutuhan rangkaian power supply.

Selain itu, R 220 Ohm juga diperlukan sebagai penstabil tegangan pada transistor. Berikut ini skema dari power supply simetris 15 Volt menggunakan transistor TIP31 dan TIP32.

Setelah mempersiapkan semua komponen tambahan, rangkaian dapat dirangkai sesuai dengan skema yang ada.

Pastikan setiap komponen diletakkan dengan benar agar rangkaian dapat bekerja dengan baik. Meskipun lebih rumit, power supply simetris 15 Volt yang dirangkai menggunakan transistor memiliki keunggulan.

Output tegangan yang dihasilkan lebih bersih dibandingkan dengan output tegangan power supply simetris menggunakan IC.

Penutup

Dalam dunia elektronika, power supply simetris merupakan komponen penting yang digunakan untuk memberikan tegangan yang stabil dan seimbang pada rangkaian elektronik.

Fungsi utama dari power supply simetris adalah untuk memberikan dua buah tegangan yang sama besar, namun berlawanan polaritasnya, yaitu positif dan negatif.

Secara keseluruhan, fungsi power supply simetris sangatlah penting dalam dunia elektronika, terutama pada rangkaian yang membutuhkan tegangan stabil dan seimbang.

Baca Juga :  Memahami Perbedaan Voltmeter dan Amperemeter Secar Lengkap

Dengan menggunakan power supply simetris, rangkaian elektronik dapat beroperasi dengan lebih efektif dan efisien, serta menghasilkan kinerja yang optimal.

Demikian ulasan yang empatpilar.com berikan kepada kalian mengenai Fungsi Power Supply Simetris. Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/fungsi-power-supply-simetris/,amplifier simetris & non simetris,arti dc simetris,harga psu simetris 15 volt 5a menggunakan transistor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *