Aplikasi Mind Mapping

6 Aplikasi Mind Mapping untuk Mensupport Brainstorming

Aplikasi Mind Mapping-Mind mapping ialah metode efisien untuk merekam hasil brainstorming. Seluruh ide yang awal mulanya berantakan, dapat Kamu petakan kedalam visualisasi yang lebih tertib dan gampang dimengerti. Kamu bisa mengawalinya dengan“ big idea”. Berikutnya, setiap masukan dalam proses brainstorming akan jadi percabangan ide.

Kamu bisa saja saja membuat mind mapping dengan buku memo. Tapi akan lebih efektif dan efisien bila Kamu menggunakan aplikasi mind mapping. Kamu yang bertugas di bidang inovatif, mungkin akan menginginkan hal ini.

Kami telah merangkum beberapa aplikasi mind mapping gratis, yang dapat mempermudah Kamu dalam membuat mind map.

1. Coggle

Coogle ialah aplikasi mind mapping online, berplatform website. Artinya, Kamu bisa langsung mengaksesnya memakai browser. Kamu masih pemula? Coogle akan bersahabat dengan Kamu. Cara mengoperasikannya relatif gampang.

Tidak hanya itu, Kamu juga dapat membuat mind mapping dengan tampilan yang menarik. Untuk mendukung tampilannya, Kamu juga dapat menerapkan gambar kepunyaan Kamu sendiri. Coogle jadi semakin istimewa sebab membolehkan untuk real time collaboration. Jadi, Kamu bisa bekerja sama dengan teman buat membuat mind mapping bersama- sama dalam waktu yang sama, di lokasi yang berbeda sekalipun.

2. Mindly

Dengan Mindly, Kamu tidak harus membuka laptop dahulu untuk membuat mind mapping. Aplikasi Mindly berplatform mobile. Kamu bisa menggunakannya dengan HP Android ataupun iOS.

Mind mapping di Mindly mempunyai karakteristik khas konsep dengan bulatan. Mereka mengadopsi konsep aturan surya. Seperti planet yang mengelilingi Matahari serta satelit yang mengelilingi planet. Untuk paket gratisannya, Kamu hanya bisa membuat 3 dokumen. Setiap dokumen terbatas dengan 100 elemen( maksimum). Pada paket berbayarnya, Mindly meresmikan satu kali pembayaran untuk mendapat fitur- fitur tambahan.

3. MindMup

MindMup cukup stand out dengan kepraktisannya. Kamu tidak harus mencatat sebagai member untuk dapat membuat mind map. Tidak cuma itu yang istimewa dari MindMup. Saat aplikasi lain menghalangi jumlah dokumen di versi gratisnya, di MindMup Kamu dapat membuat dokumen mind map seberapapun banyaknya.

Batasannya adalah di penyimpanan. Dokumen yang sudah Kamu buat akan hilang setelah 6 bulan. Tidak hanya itu, ukuran maksimal dari dokumen yang dapat Kamu simpan yaitu 100 kb. Tetapi, Kamu masih bisa menyimpan dokumen yang ukurannya lebih dari 100 kb di Google Drive. Kamu juga mempunyai keleluasaan untuk mengurusnya dengan Google Apps.

4. MindMeister

MindMeister dapat Kamu akses memakai browser ataupun aplikasi mobile. Aplikasi ini lumayan mengesankan secara grafis. Ada banyak template untuk bermacam keperluan, yang dapat Kamu pakai. Kamu memiliki kebebasan untuk membuat mind map aesthetic di sini.

UI nya yang clear serta modern juga membagikan experience yang mengasyikkan saat memakainya. MindMeister juga mempunyai fitur kolaborasi. Untuk mendukung fitur tersebut, ada fitur pelacakan perubahan. Jadi Kamu bisa memantau tiap perubahan yang terjadi pada diagram Kamu, dari waktu ke waktu. Tipe gratis dari MindMeister agak terbatas. Kamu hanya bisa membuat 3 dokumen dan memakai fitur kerja sama.

Apalagi untuk bisa menyertakan file tambahan, ekspor ke PDF atau lukisan, Kamu wajib upgrade ke layanan berbayar. Biaya berlangganannya mulai dari$2, 49 per bulan.

5. XMind

XMind tercantum aplikasi mind mapping yang kaya fitur. Kamu bisa membuat berbagai tipe diagram di sini. Ada banyak template dengan struktur yang istimewa. Kamu bahkan bisa mengombinasikan bermacam bentuk dalam satu mind map.

XMind juga mempunyai bentuk pitch. Dengan fitur itu, Kamu bisa menunjukkan mind map dalam bentuk siaran slideshow. Sayangnya, menu di aplikasi ini kurang berkawan untuk pemula. XMind dapat Kamu akses secara free di desktop, mobile, ataupun website. Pasti saja fitur di versi gratis akan terbatas.

6. SimpleMind

Tapi versi gratisnya hanya ada di mobile app. Kamu bisa download aplikasi mind mapping ini baik di Playstore( Android) maupun AppStore( iOS). Aplikasi ini penggunaannya cukup gampang dan efisien. Kamu bisa langsung mengaksesnya tanpa perlu pendaftaran.

SimpleMind bahkan tidak memunculkan iklan di tipe gratisnya. Jadi Kamu bisa leluasa memakainya tanpa kendala iklan. Tetapi, akan ada beberapa batasan guna di versi gratisannya. Misalnya, tidak dapat memasukan lukisan, sinkronisasi dengan penyimpanan awan, membagikan mind map dalam tipe PDF, dan lain- lain.

 

Penutup

Mind mapping sangat membantu dalam proses pengembangan ide. Ketika melaksanakan brainstorming, tata cara ini dapat Kamu maanfaatkan untuk mencatat tiap ide yang diperoleh.

Tidak hanya itu, visualisasi mind mapping juga dapat Kamu maanfaatkan untuk menarangkan ide tadi. Mudah- mudahan dengan adanya ulasan mengenai aplikasi mind mapping ini, Kamu ingin mencobanya. Mudah- mudahan Bermanfaat