Apa Itu LCN Pada Set Top Box

Apa Itu LCN Pada Set Top Box ? : Penjelasan Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Apa Itu LCN Pada Set Top Box ? : Penjelasan Secara Lengkap. Apakah kalian sering menggunakan Set Top Box (STB) untuk menonton acara televisi favorit kalian? Jika ya, maka mungkin kalian pernah mendengar tentang istilah LCN atau Logical Channel Number. Apa itu LCN pada Set Top Box? Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap tentang LCN pada Set Top Box.

Set Top Box TV Digital

Set top box TV digital adalah perangkat yang berfungsi sebagai penerima siaran TV digital. Komponen ini sangat penting dalam migrasi TV analog ke TV digital. Set top box dapat disebut juga sebagai receiver TV digital atau dekoder.

Dalam tugas utamanya, set top box TV digital berperan sebagai peranti teknologi informasi yang memproses sinyal digital menjadi sinyal analog.

Cara kerja set top box TV digital adalah dengan mengolah input sinyal digital yang ditangkap oleh antena UHF, kemudian mengeluarkan gambar dan suara dalam bentuk analog ke TV.

Hal ini membuat penikmat siaran TV analog bisa menikmati siaran TV digital dengan mudah, cukup dengan memasang set top box di TV analog.

Set top box TV digital juga memiliki fitur tambahan, seperti informasi kebencanaan dan pengaturan siaran yang dapat disesuaikan dengan usia penontonnya.

Orangtua dapat mengatur tontonan anak-anak dengan mudah melalui set top box.

Set top box TV digital tersedia dalam beberapa jenis, tergantung pada jenis penyiaran TV yang digunakan. Ada set top box DVB-C (kabel), DVB-S (satelit), DVB-IPTV (internet protokol TV). Untuk TV digital, digunakan set top box DVB-T2.

Apa Itu LCN Pada Set Top Box ?

Apa Itu LCN Pada Set Top Box

LCN pada STB merupakan singkatan dari Logical Channel Number. LCN pada STB didefinisikan sebagai kanal virtual pada program siaran TV digital dengan basis Digital Video Broadcasting.
Implementasinya berupa nomor kanal remote yang dimulai dari angka 1-999. Ini berbeda dengan siaran TV analog yang ditentukan pengguna layanan.

Pada prinsipnya, LCN hanyalah pengaturan pada remote televisi dan memiliki karakteristik khusus serta jaringan unik.

Tujuannya agar tidak terjadi duplikasi kanal yang membuat penerima atau receiver tidak bisa menerima siaran secara utuh.

Oleh karena itu, penerapan LCN ini perlu diatur dengan baik agar tidak terjadi gangguan pada siaran digital.

Beberapa negara maju seperti Amerika, Jepang, Filipina, Italia, Australia, dan Inggris juga menerapkan LCN pada siaran digital mereka. Di Jepang, LCN dikenal dengan sebutan ‘Remocon id’ atau Remote Control Identifire.

LCN pada STB memiliki peran penting dalam menata nomor saluran televisi secara otomatis dan memastikan siaran televisi digital bisa dinikmati dengan baik oleh masyarakat.

Manfaat dan Waktu LCN pada STB

Penerapan LCN pada STB memiliki manfaat dalam membantu penyeragaman konten pada siaran digital. Dengan LCN yang ditentukan dan diatur dengan baik, receiver digital seperti STB dapat memprogram suatu channel di nomor siaran tertentu, sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses konten yang diinginkan.

Selain itu, LCN juga menjadi sumber pendapatan negara. Regulator yang ditunjuk dapat mengeluarkan lisensi atau izin penggunaan LCN, dan batas nomor kanal yang tersedia dapat dibuat sebagai mekanisme untuk memberikan izin tersebut.

Baca Juga :  Pahami, Perbedaan Timer Kulkas Polytron 2 Pintu 1-3 dan 1-4

Rentang waktu penggunaan LCN diatur berdasarkan waktu penggunaannya, yaitu selama siaran berlangsung, per kontrak dalam jangka waktu tertentu, atau per periode dalam jangka waktu tertentu. Jika menggunakan waktu per periode, pengguna harus melakukan registrasi ulang LCN yang digunakan.

Penggunaan LCN secara teratur dan tepat waktu dapat memberikan manfaat bagi pengguna dan negara. Oleh karena itu, penting untuk mengatur LCN dengan baik dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

LCN TV Digital On atau Off?

Set top box (STB) Nextron, Matrix, Advance, Luby, dan lainnya selalu memiliki opsi LCN ketika pertama kali diatur atau saat memindai siaran ulang secara manual atau otomatis. LCN pada DVB-T2 berfungsi untuk mengatur nomor setiap channel TV dalam rentang 1 hingga 999 agar tidak ada duplikasi kanal pada STB yang dapat mengganggu kualitas siaran.

Jika kalian bingung mengaktifkan atau mematikan LCN pada STB, pilih saja untuk menonaktifkan opsi LCN menjadi [OFF]. Meskipun demikian, hal ini tidak mempengaruhi jumlah siaran yang didapatkan oleh STB kalian.

Jadi, apakah LCN TV digital harus dihidupkan atau dimatikan? Jawabannya adalah terserah kalian. Namun, untuk memastikan bahwa STB kalian dapat menerima siaran secara utuh, pastikan LCN pada STB diatur dengan benar dan tidak mengalami duplikasi kanal. Hal ini berlaku untuk semua merek STB DVB-T2 dan tidak mempengaruhi kinerja perangkat kalian.

Kesimpulan

Dalam industri televisi satelit, kalian mungkin pernah mendengar istilah LCN atau Logical Channel Number.

LCN adalah sebuah fitur pada Set Top Box (STB) yang berfungsi untuk mengelompokkan dan menyusun saluran televisi secara logis berdasarkan kategori atau jenis programnya.

Dengan LCN, kalian dapat dengan mudah menemukan saluran televisi favorit kalian dengan cara mengakses nomor saluran yang telah ditentukan.

Misalnya, saluran berita biasanya diberi nomor antara 100-199, saluran olahraga antara 200-299, dan saluran hiburan antara 300-399.

Dengan begitu, pengguna STB dapat dengan mudah menemukan saluran yang diinginkan tanpa harus mencari satu per satu.

LCN sangat berguna bagi pengguna STB yang memiliki banyak saluran televisi. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi mengingat nomor saluran satu per satu dan dapat mengakses saluran yang diinginkan dengan mudah dan cepat.

Selain itu, LCN juga membantu pengguna dalam menjelajahi dan menemukan saluran televisi baru.

Meskipun LCN adalah fitur yang sangat berguna, tidak semua STB memiliki fitur ini. Sebelum membeli STB, pastikan untuk memeriksa apakah STB memiliki fitur LCN atau tidak.

Jika iya, pastikan untuk memahami cara menggunakan LCN dengan baik agar dapat memaksimalkan penggunaannya.

Demikianlah penjelasan singkat dari empatpilar.com tentang Apa Itu LCN Pada Set Top Box. Semoga penjelasan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai fitur ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *