Kabel Antena TV Yang Bagus

Rekomendasi Kabel Antena TV Yang Bagus : Tips Cara Memilihnya

Posted on

Empat Pilar – Rekomendasi Kabel Antena TV Yang Bagus : Tips Cara Memilihnya. Siaran televisi menjadi salah satu hiburan yang masih populer hingga saat ini. Namun, masalah sering terjadi ketika sinyal televisi yang didapatkan kurang stabil dan mengalami gangguan.

Salah satu penyebabnya adalah kualitas kabel antena TV yang digunakan. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi kabel antena TV yang bagus untuk memastikan Kalian bisa menikmati siaran televisi tanpa gangguan.

Sebelumnya kami telah membahas Booster Antena TV Digital, selanjutnya kami akan rekomendasikan kabel antena TV yang bagus. Kabel antena TV merupakan kabel yang digunakan untuk menghubungkan antena TV ke televisi. Kabel ini berfungsi sebagai penghantar sinyal televisi yang diterima oleh antena TV ke televisi.

Apa Itu Kabel Antena ?

Secara umum, kabel antena adalah jenis kabel yang terdiri dari dua konduktor dengan inti kawat padat yang dililit kembali dengan kawat berselaput konduktor.

Kabel ini umumnya digunakan untuk jaringan dengan bandwidth tinggi dan memiliki pengalir tembaga di bagian tengahnya.

Lapisan plastik atau dielektrik yang mengelilingi tembaga berfungsi sebagai penebat antara tembaga dan lapisan metal pelindung.

Lapisan metal ini berfungsi sebagai penghalang gangguan dari sumber luar seperti lampu dan peralatan lainnya. Lapisan terluar dari kabel ini adalah jaket plastik yang berfungsi sebagai pelindung.

Kabel antena ini juga dikenal dengan sebutan Bayonet Naur Connector atau coax dan sering digunakan sebagai kabel antena TV atau dalam jaringan LAN.

Kabel ini biasanya digunakan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai dari 300 kHz ke atas.

Karena kemampuannya dalam menyalurkan frekuensi tinggi, sistem transmisi yang menggunakan kabel antena ini memiliki kapasitas kanal yang besar.

Bagian Bagian Kabel Antena

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa komponen dan bagian dari kabel antena:

  • Di bagian tengah kabel antena terdapat kabel tembaga yang berfungsi sebagai penghantar listrik.
  • Lapisan plastik dipakai untuk memisahkan kabel tembaga dan lapisan metal pembalut.
  • Lapisan metal berfungsi sebagai pelindung inti kabel serta melindungi dari gelombang elektromagnetik luar.
  • Lapisan plastik paling luar berfungsi sebagai pelindung untuk seluruh komponen kabel dan untuk melindungi pengguna dari kontak langsung dengan bagian kabel tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Antena

Kabel Antena TV Yang Bagus, seperti jenis kabel lainnya, kabel antena juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui, di antaranya:

1. Kelebihan Kabel Antena:

  • Harganya lebih murah dibandingkan dengan kabel fiber optik.
  • Kecepatan transmisi dari kabel antena lebih tinggi dengan jangkauan tertentu.
  • Bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dan menyalurkan informasi hingga 900 kanal telepon.
  • Bisa ditanam di dalam tanah sehingga biaya perawatan lebih rendah.
  • Sangat baik digunakan sebagai transmitter dan tahan terhadap arus yang semakin mengecil di frekuensi yang meningkat.
  • Pemasangan kabel antena yang teliti dapat memastikan kinerjanya yang baik.
  • Teknologi pada jaringan kabel antena mudah dipahami.

2. Kekurangan Kabel Antena:

  • Proses instalasi yang rumit karena harus disesuaikan dengan ukuran kabel.
  • Memerlukan biaya perawatan dan pemeliharaan yang lebih mahal.
  • Redaman yang relatif besar memerlukan repeater untuk jarak jauh.
  • Rentan pada perubahan suhu di dalam kabel.
  • Jangkauan sinyal terbatas dan memerlukan bantuan repeater untuk jangkauan jarak jauh.

Macam Jenis Kabel Antena

Kabel antena sendiri umumnya terdiri dari dua jenis yakni thin [RG-58] dan thick [RG-8] :

1. Thin

Disebut juga dengan 10Base2 [thinnet] dimana angka 2 menunjuk ke panjang maksimum untuk segment kabel tersebut yakni 200 meter akan tetapi pada kenyataannya hanya sampai 185 meter saja.

2. Thick

Disebut juga dengan 10Base5 dengan spesifikasi teknis seperti bisa menjangkau bentangan maksimum hingga 500 meter, impedansi terminator 50 Ohm dan butuh transceiver sebelum dihubungkan.

Fungsi dan Penggunaan Kabel Antena

Kabel antena koaksial umumnya digunakan dalam jaringan LAN dengan topologi bus yang banyak memakai kabel antena.

Namun, kesulitan utama dalam penggunaan kabel ini adalah mengukur apakah kabel antena yang digunakan sudah tepat atau tidak.

Jika tidak diukur dengan benar, maka dapat merusak Network Interface Card (NIC) dan menghambat kinerja jaringan.

Kabel antena juga digunakan untuk mentransmisikan frekuensi tinggi mulai dari 300 kHz ke atas, dengan kapasitas kanal frekuensi yang lebih besar.

Dalam pemakaian sehari-hari, kabel antena banyak digunakan untuk antena televisi, pemancar radio, dan jaringan LAN. Pemakaian kabel antena (koaksial) dalam jaringan internet melengkapi instalasi kabel UTP untuk jaringan LAN.

Kabel yang sering digunakan untuk kabel antena TV memiliki perlindungan dari derau yang lebih baik, sehingga sistem transmisi dengan kabel antena memiliki kapasitas kanal yang besar.

10 Daftar Rekomendasi Kabel Antena TV Terbaik

Buat Kalian yang sedang mencari referensi Kabel Antena TV Yang Bagus, empatpilar.com sudah menyiapkan daftar rekomendasi kabel antena TV yang dapat Kalian pertimbangkan. Sebaiknya pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di lingkungan Kalian.

Baca Juga :  Daftar Kode Remot TV Sharp, Tabung dan LCD : Cara Settingnya

1. Kabel Antena TV Jack Compression

Rekomendasi kabel antena TV terbaik pertama adalah Jack Compression. Kabel ini berukuran 15 meter dan dapat meningkatkan kualitas gambar siaran sehingga menjadi lebih jernih.

Kabel jenis ini memiliki banyak serabut luar yang dapat meminimalkan kebocoran sinyal.

Kabel ini juga memiliki selubung yang tahan cuaca, baik panas maupun hujan, sehingga dapat digunakan di dalam atau di luar ruangan.

Kabel ini juga dapat digunakan untuk parabola dan first media karena sudah dilengkapi dengan F Connector. Impedansinya sekitar 75 ohm, sama dengan kabel antena berkualitas lainnya.

2. Kabel Antena TV Kitani 3C

Kabel antena TV terbaik selanjutnya adalah Kitani 3C dengan panjang sekitar 10 meter. Kabel ini terbuat dari bahan tembaga murni dengan ketebalan 1mm dan memiliki kualitas yang tinggi, sehingga tahan lama dan tidak mudah putus.

Kulit kabelnya terbuat dari bahan PVC murni yang aman dan tahan cuaca.

Konduktor kabel ini terbuat dari kawat tembaga murni yang baik dan memiliki resistansi yang lebih rendah dibandingkan aluminium dan besi.

Sedangkan insulator kabel antena TV Kitani 3C ini terbuat dari bahan polyethylene yang dicampur dengan carbon black yang dapat membantu meredam sinyal televisi keluar dari kawat inti.

Kemudian carbon black tersebut akan memantulkan sinyal kembali ke kawat inti sehingga tidak terjadi sinyal bocil dari insulatornya.

Kulit kabelnya terbuat dari bahan PVC sehingga tetap aman dalam berbagai jenis cuaca.

3. Kabel Antena TV Bervin

Rekomendasi produk antena TV terbaik selanjutnya datang dari salah satu perusahaan yang memproduksi kabel TV berkualitas bagus, yaitu kabel antena Bervin.

Kabel antena Bervin sangat mendukung bentuk sinyal digital dan analog karena impedansinya sekitar 75 ohm.

Colokan pada kabel ini terbuat dari kuningan berlapis chrome sehingga tahan lama, tidak mudah teroksidasi, dan tidak cepat putus karena bahannya tahan terhadap gesekan.
Tembaga murni yang terdapat pada kabel ini dapat menghantarkan gambar yang lebih jernih. Kabel antena Bervin ini memiliki panjang sekitar 10 meter dengan maksimum frekuensi transmisi sebesar 75 Ghz.

4. Kabel Antena Aoki AT3000

Jika Kalian mencari kabel antena dengan diameter yang lebih kecil, maka Aoki AT3000 adalah pilihan yang tepat. Kalian dapat memilih jenis kabel 3C dengan ukuran sekitar 15 meter.

Kabel ini memiliki impedansi sebesar 75 ohm dan dapat digunakan untuk 2 TV sekaligus.

Kabel antena Aoki AT3000 ini didesain khusus untuk menerima sinyal terrestrial broadcasting.

Desain dan modelnya yang menarik akan dapat bekerja sangat baik dalam Set Top Box Digital Kalian.

Keuntungan lain yang dapat ditemukan pada Aoki 3000 yaitu tahan terhadap segala jenis cuaca

5. Kabel Antena TV Tanaka

Kabel antena TV terbaik selanjutnya dari merek Tanaka. Kabel ini memiliki panjang sekitar 20 meter dengan kemampuan transmisi data yang sangat baik.

Oleh karena itu, Kalian tidak perlu lagi menggunakan booster untuk membantu memperkuat sinyal.

Kabel ini terbuat dari tembaga murni dengan resistansi rendah sehingga dapat menghasilkan gambar yang jernih tanpa gangguan.

Plug kuningan pada kabel ini dilapisi dengan bahan chrome yang tahan karat sehingga mampu menjaga plug tetap prima meskipun sering digunakan.

Keuntungan lainnya dari menggunakan kabel ini adalah kemampuan untuk menangkap siaran komunikasi radio, CCTV, dan parabola.

6. Kabel Antena TV Kitani 5C-2V

Kabel antena TV Kitani 5C-2V hadir dengan kualitas terbaik dan sudah terkenal dengan kabel antena kualitas premium.

Kabel ini dilengkapi dengan bahan tembaga murni yang berserabut tembaga dan pelapis gKalian sehingga dapat menerima sinyal yang lebih kuat.

Kabel antena Kitani 5C-2V sudah dilengkapi dengan konektor profesional plug yang kuat sehingga Kalian tidak perlu lagi mencari konektor tambahan.

Keuntungan lain yang dapat ditemukan di kabel antena TV Kitani 5C-2V ini adalah kemampuannya untuk menerima sinyal TV analog dan digital lebih baik tanpa adanya booster.

Impedansinya sekitar 75 ohm, memiliki selubung aluminium foil, dan cocok untuk digunakan dengan semua jenis antena.

7. Kabel Antena TV Maxtron

Kabel antena TV Maxtron memiliki kualitas bahan yang tinggi. Kabel ini berukuran 20 meter dan terbuat dari tembaga murni serta pelapis gKalian berkualitas.

Jenis kabel ini dapat digunakan untuk berbagai jenis televisi, seperti TV LCD, TV Plasma, smart TV, dan TV tabung.

Kabel antena Maxtron juga dapat digunakan dalam perangkat CCTV dan receiver parabola. Kalian tidak perlu mencari konektor tambahan karena kabel antena Maxtron sudah dilengkapi dengan konektor profesional plug yang dapat disambungkan ke TV.

Impedansinya sebesar 75 ohm, sama seperti impedansi kabel antena berkualitas tinggi lainnya.

8. Kabel Antena Belden RG 6

Kabel antena Belden RG 6 memiliki kandungan tembaga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel antena lainnya.

Kandungan tembaga yang tinggi ini menghasilkan pengiriman video yang baik pada jarak yang lebih jauh. Kabel antena Belden RG 6 dapat digunakan untuk transmisi video pada jarak yang sedang.

Pada kabel ini, terdapat insulasi aluminium foil dan PVC jacket yang menghindari gangguan noise yang disebabkan oleh peralatan listrik dan kabel lainnya saat transmisi data. Oleh karena itu, Belden RG 6 menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung kejernihan gambar televisi Kalian.

Kabel ini juga memiliki lapisan terluar yang tahan terhadap segala cuaca sehingga dijamin tahan lama hingga 10 tahun.

Inti tembaga diameternya sekitar 1mm dengan serabut luar yang banyak untuk mencegah terjadinya kebocoran sinyal.

9. Kabel Antena TV Shinhwa

Kabel antena TV terbaik dari merk Shinhwa hadir dengan kualitas yang tidak diragukan lagi. Terbuat dari bahan tembaga murni, berserabut tembaga, dan pelapis gKalian, kabel ini dapat menerima sinyal yang bagus tanpa perlu adanya booster.

Bahannya yang kuat membuat kabel ini tahan lama, baik digunakan di dalam maupun di luar ruangan.

Baca Juga :  Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung yang Mudah Dipahami

Kabel ini juga menggunakan material coaxial cable sehingga lebih lentur dan fleksibel. Ketika membeli kabel antena TV Shinhwa ini, Kalian tidak perlu lagi untuk mencari kokektor lagi karena konektornya sudah profesional.

10. Kabel Antena TV Intracom

Rekomendasi kabel antena TV yang terakhir adalah kabel antena Intracom. Kabel ini sangat cocok digunakan untuk mendukung antena TV karena memiliki kualitas yang tinggi dan pastinya terbuat dari bahan tembaga murni.

Untuk serabut kabelnya terbuat dari bahan tembaga dan pastinya sudah memiliki pelapis gKalian.

Tidak perlu khawatir lagi karena kabel ini udah dilengkapi dengan konektor professional plug. Kabel antena TV intracom ini memiliki impedansi yang sama dengan kabel antena berkualitas lainnya yaitu 75 ohm.

Tentunya kabel antena Intracom ini juga tahan lama, dan tidak mudah rusak meski disimpan di indoor maupun outdoor.

Cara Memilih Kabel Antena TV yang Bagus

Nah, bagi Kalian yang ingin memutuskan untuk membeli Kabel Antena TV Yang Bagus sebaiknya Kalian harus mengetahui bagaimana cara memilih kabel antena TV. Berikut ini tips yang bisa Kalian ketahui agar mendapatkan produk antena TV yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Kalian.

1. Pilihlah Antena Deret yang Lebih Panjang

Pastikan antena yang dipilih memiliki deret elemen yang lebih panjang. Semakin panjang deret antenanya, semakin baik daya tangkap sinyalnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemasangan antena harus tepat agar tidak terhalang gedung atau pohon yang dapat mempengaruhi hasilnya.

2. Pilih Kabel Antena Berkualitas

Pilihlah kabel antena TV yang berkualitas baik. Kabel antena yang bagus ditKaliani dengan serat luarnya yang lebih tebal dan terbuat dari tembaga asli. Semakin rapat seratnya, semakin bagus kualitasnya. Kabel bagian dalamnya terbuat dari kawat tembaga dengan diameter sekitar 1 mm.

Untuk memastikan keaslian sebuah kabel antena, bisa dilihat dengan mengupas ujung kabel konduktor menggunakan gunting atau pisau. Jika inti tembaga berwarna kuning kecoklatan, maka kabel tersebut asli. Namun, jika serat luarnya tipis dan dibungkus dengan bahan aluminium foil, dapat dipastikan kualitasnya rendah.

3. Ketahui Jenis TV yang Digunakan

Jenis televisi yang digunakan sangat mempengaruhi tipe antena yang tepat. TV LCD/LED umumnya tidak maksimal menangkap sinyal, sehingga antena yang cocok adalah antena berukuran sedang hingga besar. Sementara untuk TV tabung, antena yang lebih kecil sudah cukup karena memiliki daya tangkap sinyal yang lebih baik daripada TV LCD/LED.

4. Pilih Kabel Coaxial

Salah satu komponen yang akan menentukan bagaimana kualitas dari sebuah antena adalah kabel coaxial yang disematkan. Kabel coaxial sendiri digunakan sebagai jaringan yang menghubungkan transmisi perangkat elektronik. Oleh sebab itu, pilihlah kabel coaxial yang memiliki jumlah serabut yang banyak dan memiliki kawat konduktor yang lebih tebal. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun daya tangkap sinyal yang dihasilkan akan semakin baik.

5. Perhatikan Besaran Diameternya

Poin selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih antena TV adalah besaran diameternya. BIasanya untuk kebutuhan antena TV menggunakan ukuran 3C dan 5C. Ukuran 3C sendiri memiliki panjang sekitar 10 meter dan kabel 5C memiliki panjang sekitar 20 hingga 30 meter.Untuk instalasi CCTV biasnaya menggunakan ukuran diameter 7C dengan panjang sekitar 50 meter. Bila Kalian berada di lokasi tempat yang tinggi dan dekat dengan sumber pemancar, Kalian disarankan untuk memilih ukuran 3C.

6. Perhatikan Koefisien Parameternya

Poin terakhir adalah memperhatikan koefisien parameter penuaan. Dengan kata lain adalah daya tahan. Kabel antena yang bagus harus memiliki koefisien atenuasi yang rendah dan impedansinya adalah 75 ohm. Kabel coaxial yang digunakan pada antena ketika berada ditempat-tempat yang memiliki indikator interfensi elektromagnetik akan mempengaruhi kualitas sinyal yang dipancarkan. Sehingga parameter yang disarankan harus memiliki koefisien atenuasi serendah mungkin.

 

Penutup

Itulah pembahasan dari empatpilar.com mengenai 10 rekomendasi Kabel Antena TV Yang Bagus yang bagus dengan spesifikasi dan harga lengkap yang bisa menjadi pilihan Kalian.

Semoga artikel ini dapat membantu Kalian dalam memilih kabel antenna TV yang tepat untuk kebutuhan Kalian.

Ingatlah untuk selalu memperhatikan spesifikasi kabel serta kualitasnya agar bisa mendapatkan pengalaman menonton TV yang lebih baik dan nyaman. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *