Apa Itu Mesin Sekrap

Apa Itu Mesin Sekrap? Pengertian dan Cara Kerjanya Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Apa Itu Mesin Sekrap? Pengertian dan Cara Kerjanya Secara Lengkap. Dalam dunia teknik mesin, “mesin sekrap” atau “shaper machine” memainkan peran penting dalam membentuk permukaan benda kerja dengan presisi dan akurasi. Mesin ini telah berkontribusi dalam berbagai industri, menghasilkan komponen-komponen kompleks yang digunakan dalam otomotif, pesawat terbang, dan proses manufaktur lainnya.

Memahami dasar-dasar “Apa Itu Mesin Sekrap? Pengertian dan Cara Kerjanya” penting bagi siapa pun yang penasaran tentang teknik mesin atau ingin menjelajahi bidang menarik ini. Dalam artikel ini, kita akan menyelami detailnya, menjelaskan definisinya, cara kerjanya, dan aplikasinya.

Apa Itu Mesin Sekrap?

Mesin sekrap adalah mesin manufaktur khusus yang memiliki ciri khas gerakan utama yang lurus bolak-balik, baik secara vertikal maupun horizontal.

Dikenal juga dengan sebutan “shaping machine,” mesin ini sering disebut sebagai mesin serut atau mesin ketam. Dengan menggunakan mekanisme pengembalian cepat, mesin ini memerlukan waktu perjalanan yang lebih sedikit untuk melakukan gerakan bolak-balik dibandingkan dengan mesin lainnya.

Mesin serut ini biasanya digunakan untuk memproduksi benda-benda dengan berbagai jenis permukaan, mulai dari yang rata, cekung, hingga beralur. Selain itu, mesin ini dapat mengakomodasi kinerja bidang dalam beberapa posisi, baik mendatar, vertikal, maupun miring.

Nama-Nama Bagian Mesin Sekrap

Setelah mengetahui Apa Itu Mesin Sekrap? selanjutnya ada adalah daftar nama-nama bagian dari mesin sekrap:

  1. Badan Mesin
    Merupakan komponen utama yang menampung keseluruhan komponen mesin, termasuk mekanisme penggerak dan tuas pengendali.
  2. Meja Mesin
    Diperuntukkan sebagai platform untuk menempatkan atau menjepit material yang akan dikerjakan. Meja mesin ini memiliki kemampuan untuk bergerak, baik secara horizontal maupun vertikal, dengan opsi pengaturan gerakan otomatis.
  3. Lengan atau Ram
    Ditujukan untuk mengatur pergerakan pahat, baik itu maju maupun mundur. Lengan ini ditempatkan di atas badan mesin dan dijepit dengan pelindung lengan agar pergerakannya tetap linear.
  4. Eretan Pahat
    Berperan dalam mengendalikan kedalaman pemotongan yang dilakukan oleh pahat. Melalui penggunaan roda, kita bisa menaikkan atau menurunkan pahat. Eretan pahat ditempatkan di bagian ujung lengan dan didukung dengan mur baut. Kemiringan eretan dapat diatur untuk kebutuhan khusus dan dapat dilihat pada alat pengukur.
  5. Pengatur Kecepatan
    Digunakan untuk mengendalikan seberapa cepat pergerakan lengan mesin. Kecepatan ini dapat diubah sesuai kebutuhan, namun hanya bisa diatur saat mesin tidak beroperasi.
  6. Tuas Panjang Langkah
    Berguna untuk menyesuaikan seberapa jauh lengan atau pahat bergerak. Penyesuaian ini bergantung pada ukuran material yang dikerjakan dan dilakukan dengan memutar tuas ke kanan atau kiri.
  7. Tuas Posisi Pahat
    Ditempatkan pada lengan mesin dan bertujuan untuk menyesuaikan posisi pahat terhadap material kerja. Penyesuaian ini dilakukan setelah mengendorkan pengikat pada lengan.
  8. Tuas Pengatur Gerakan Otomatis Meja Melintang
    Diperlukan untuk mengotomatisasi proses kerja mesin. Tuas ini mengubah gerakan putaran dari mesin menjadi gerakan linear pada meja, sehingga memungkinkan meja untuk bergerak secara otomatis.

Prinsip Kerja Mesin Sekrap

Mesin sekrap adalah salah satu mesin perkakas yang digunakan untuk pengerjaan material. Mesin ini memiliki serangkaian mekanisme untuk menghasilkan gerakan maju-mundur pada pahat penyayat. Berikut adalah uraian mendetail mengenai prinsip kerja dari mesin sekrap:

  • Pengikatan Benda:
    Sebelum proses dimulai, benda kerja yang akan dikerjakan harus diikat dengan kuat pada ragum. Ini penting agar benda kerja tidak bergerak atau bergeser saat proses penyayatan berlangsung.
  • Proses Penyayatan:
    Pahat penyayat pada mesin sekrap memiliki gerakan maju-mundur. Saat bergerak maju, pahat akan menyayat material, sedangkan saat bergerak mundur, pahat akan bergerak tanpa melakukan penyayatan.
  • Mekanisme Gerakan Pahat:
    Mesin sekrap dilengkapi dengan motor yang akan menggerakkan roda bertingkat melalui sabuk atau belt. Roda bertingkat ini berfungsi sebagai penghubung antara motor dengan mekanisme gerakan selanjutnya.
  • Transmisi Gerakan:
    Dari roda bertingkat, gerakan akan ditransfer ke roda gigi antara. Setelah itu, gerakan berlanjut menuju roda gigi penggerak yang terpasang pada engkol besar.
  • Engkol dan Tap:
    Salah satu komponen kunci dalam mesin sekrap adalah engkol yang memiliki tap. Tap ini berfungsi untuk menghasilkan gerakan eksentrik. Ketika roda gigi penggerak berputar, tap pada engkol akan menghasilkan gerakan eksentrik yang kemudian diubah menjadi gerakan maju-mundur pada lengan mesin.
  • Penyesuaian Gerakan:
    Dengan menggeser tap pada engkol, kita dapat mengatur dan menyesuaikan panjang eksentrik serta panjang langkah pahat. Ini memungkinkan operator untuk menyesuaikan kedalaman dan kecepatan penyayatan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan prinsip kerja di atas, mesin sekrap mampu menghasilkan permukaan yang rata dan halus pada benda kerja. Sehingga, mesin ini sering digunakan dalam industri manufaktur untuk pengerjaan presisi.

Baca Juga :  Mengenal Pahat Bubut : Fungsi dan Jenis-Jenisnya Secara Lengkap

Jenis-Jenis Mesin Sekrap

Pembahasan mengenai Apa Itu Mesin Sekrap? selanjutnya untuk Mesin Sekrap bisa dibedakan berdasarkan sumber gerakan, posisi ram, dan bentuk meja mesinnya. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

A. Menurut Sumber Gerakan

1. Mesin Sekrap Engkol (Crank Shaper)

Mesin Sekrap Engkol merupakan jenis mesin sekrab yang paling umum digunakan. Gerakan ram pada mesin ini berasal dari engkol, blok engkol, dan pin engkol. Ukuran pembentuk atau pemotong pada mesin ini ditentukan oleh besarnya pukulan terbesar yang dapat dihasilkan oleh ram. Biasanya, panjang langkah mesin ini berkisar antara 12″ hingga 36″, dengan ukuran yang paling umum adalah 24″.

2. Mesin Sekrap Roda Gigi (Gear Type Shaper)

Jenis mesin sekrab ini menggunakan gerakan maju mundur yang diperoleh dari pergerakan roda gigi rack dan pinion. Kecepatan gerakan maju mundur pada mesin ini tergantung pada jumlah gigi yang terdapat pada rack. Dengan demikian, mesin sekrab ini dapat disesuaikan kecepatannya berdasarkan jumlah gigi pada rack.

3. Mesin Sekrap Hidrolik (Hydraulic Shaper)

Pada jenis mesin sekrab ini, gerakan maju mundur diperoleh dari tenaga hidrolik. Oli dengan tekanan tinggi dipompa ke dalam silinder yang dilengkapi dengan piston. Ujung batang piston terhubung dengan ram mesin. Cara kerjanya adalah ketika oli bertekanan tinggi bekerja pada satu sisi piston, menyebabkan piston bergerak, dan gerakan tersebut ditransmisikan ke ram mesin.

Kecepatan gerakan ram dapat diatur dengan mengatur jumlah oli yang dikirim oleh pompa. Keuntungan utama dari jenis mesin ini adalah memiliki kecepatan dan kekuatan dorongan ram yang konstan dari awal hingga akhir proses sekrab.

B. Menurut Posisi Ram

1. Mesin Sekrap Horizontal

Mesin Sekrap Horizontal adalah jenis mesin sekrab di mana ram pemegang pahat bergerak maju mundur dalam posisi horizontal. Mesin ini umumnya digunakan untuk melakukan pemotongan pada permukaan datar atau rata. Panjang langkah maksimum pada mesin ini dapat mencapai 1000 mm, memungkinkan untuk melakukan pemotongan dalam skala yang lebih besar.

Kelebihan dari mesin sekrab jenis ini adalah kemampuannya dalam menciptakan permukaan yang datar dan rata dengan presisi yang tinggi. Hal ini menjadikannya sangat cocok untuk berbagai aplikasi, termasuk dalam industri manufaktur dan produksi komponen teknik.

2. Mesin Sekrap Vertikal (Slotter)

Mesin Sekrap Vertikal, yang juga dikenal sebagai slotter, memiliki ram pemegang pahat yang bergerak maju mundur dalam posisi vertikal. Mesin ini khusus digunakan untuk melakukan pemotongan yang dalam, menyudut, dan pengerjaan yang sulit dijangkau oleh mesin-mesin lainnya.

Dengan kemampuan ram yang bergerak secara vertikal, mesin ini sangat cocok untuk menciptakan alur, lubang, atau profil dengan ketelitian dan kedalaman tertentu. Keunggulan utama dari mesin sekrab jenis ini adalah dapat digunakannya untuk proses produksi yang membutuhkan pemotongan dengan kedalaman dan sudut yang khusus.

C. Menurut Bentuk Bed atau Meja Mesin

1. Traveling Head Shaper

Mesin Sekrap Jenis Traveling Head memiliki ram pemegang pahat yang bergerak maju mundur dan sekaligus melakukan pemakanan material. Selama proses pemotongan, ram juga dapat bergerak ke kanan atau kiri secara menyilang untuk terus melakukan pemakanan dan menghasilkan bentukan yang diinginkan.

Kelebihan dari mesin sekrab jenis ini adalah kemampuannya untuk melakukan pemotongan dengan presisi yang tinggi dan efisiensi yang baik. Gerakan maju mundur yang dilengkapi dengan pemakanan menyilang memungkinkan mesin ini untuk menghasilkan bentukan yang kompleks dengan detail yang rumit.

2. Mesin Sekrap Standar atau Planer

Mesin Sekrap Standar atau Planer memiliki dua gerakan meja, yaitu gerakan secara vertikal dan horizontal, yang digunakan untuk melakukan pemakanan material. Mesin ini dirancang untuk pemotongan permukaan yang lebih besar dengan tingkat ketelitian yang tinggi.

Dengan memiliki dua gerakan meja, mesin sekrab jenis ini dapat menghasilkan permukaan datar yang rata dengan presisi yang akurat. Mesin ini sering digunakan untuk meratakan dan menghaluskan permukaan kayu, logam, atau bahan lainnya dalam proses manufaktur dan konstruksi.

Baca Juga :  Mengenal Mesin Ball Mill : Penjelasan Lengkap

3. Mesin Sekrap Universal

Mesin Sekrap Universal memiliki meja yang dapat digerakkan secara horizontal dan vertikal, namun tidak hanya sampai di situ. Meja pada mesin ini juga dapat diputar sejajar dengan sumbu ram, serta dimiringkan secara horizontal.

Kemampuan meja yang serbaguna ini memungkinkan mesin sekrab jenis ini untuk melakukan pemotongan dengan sudut dan kemiringan tertentu, menghasilkan bentukan yang lebih kompleks dan beragam. Mesin sekrab universal sering digunakan dalam produksi komponen dengan desain yang unik dan detail yang rumit.

Dengan variasi gerakan dan kemampuannya dalam menghasilkan berbagai bentuk permukaan, mesin sekrab universal menjadi pilihan ideal untuk pekerjaan yang memerlukan kebebasan kreatif dalam proses pemotongan dan pengerjaan material.

Penutup

Dalam perjalanan memahami berbagai alat industri, kita telah mendalami “Apa Itu Mesin Sekrap? Pengertian dan Cara Kerjanya”. Mesin sekrap memegang peranan penting dalam dunia manufaktur, memberikan presisi dalam pengerjaan material dan menjadi salah satu pionir dalam revolusi industri.

Seiring berjalannya waktu, meskipun teknologi semakin canggih, pemahaman akan dasar-dasar seperti mesin sekrap tetap menjadi pondasi yang tidak tergantikan. Semoga pengetahuan dari empatpilar.com ini menjadi pijakan bagi kita untuk terus belajar dan mengapresiasi setiap inovasi yang hadir di dunia industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *