Aplikasi pembukuan usaha

Aplikasi Pembukuan Usaha yang Mudah dan Sederhana

Aplikasi pembukuan usaha adalah alat bantu yang dapat pebisnis gunakan. Sebab pencatatan keuangan meliputi arus uang masuk dan keluar adalah hal yang sangat penting bagi sebuah usaha, khususnya usaha yang baru berdiri.

Dengan menggunakan aplikasi, Anda lebih terbantu untuk melakukan pencatatan dengan rapi dan lebih mudah untuk dievaluasi kemudian hari. Karena ada banyak hal yang harus diurusi oleh pebisnis, akan merepotkan apabila pencatatan keuangan dilakukan manual.

Pembukuan Usaha Sederhana Pemilik Usaha

Sebagai pemilik usaha sudah seharusnya memiliki catatan keuangan rapi terkait usahanya. Hal ini dilakukan agar mudah melakukan control. Berikut ini adalah pembukuan usaha sederhana yang dapat Anda buat.

  1. Biaya Pemasukan dan Pengeluaran Usaha

Buat laporan arus kas masuk dan arus kas keluar dalam buku laporan yang terpisah. Hal ini agar memudahkan Anda dalam membaca data, table serta mengurangi kebingungan.

 

Dalam table arus pengeluaran berisi nomor, tanggal transaksi, keterangan, nomor bukti transaksi dan nominal pengeluaran. Sedangkan table arus pemasukan terdiri dari tanggal transaksi, hasil penjualan, pembayaran piutang dan uang masuk lainnya.

 

Lakukan pencatatan arus kas masuk dan keluar setiap hari untuk menghindari ada transaksi yang terlewat. Serta memberikan kemudahan pengecekan kondisi usaha per bulan.

 

  1. Buat Buku Besar Keuangan Perusahaan

Dari laporan arus kas masuk dan keluar, kemudian Anda buat buku besar yang menyatukan keduanya atau disebut arus kas utama. Di dalamnya terdapat kolom debit untuk pemasukan dan kolom kredit untuk pengeluaran.

 

  1. Buat Daftar Inventaris dan Stok

Modal pengeluaran yang Anda lakukan tidak hanya untuk kegiatan operasional harian. Namun Anda juga mengeluarkan uang untuk membeli inventaris dan stok barang yang menunjang keberlangsungan usaha Anda.

Baca Juga :   Aplikasi Trader Terbaik untuk Forex Terpercaya

 

Daftar inventaris dan stok penting dibuat karena barang – barang ini mudah hilang. Apabila ada barang yang hilang, tentu saja itu kerugian untuk Anda. Selian itu, dari daftar Anda dapat mengetahui inventaris yang perlu segera diganti.

 

  1. Ketahui Laba Rugi Perusahaan

Langkah selanjutnya adalah melihat laba rugi perusahaan. Apabila Anda sudah membuat laporan – laporan di atas akan memudahkan Anda mengetahui laba rugi perusahaan.

 

Untuk menghitungnya, Anda dapat melihat pendapatan perusahaan dibandingkan dengan pengeluaran yang harus dibayarkan. Tambahkan juga informasi mengenai hutan yang belum terbayar dan yang lainnya.

 

Apabila Anda masih merasa berat membuat laporan keuangan sederhana, ada alat bantu gratis yang bisa digunakan. Yakni aplikasi pembukuan usaha yang bisa Anda download melalui gadget.

 

Aplikasi Pembukuan Usaha Mudah dan Sederhana

Beberapa aplikasi yang memudahkan anda melakukan pembukuan adalah Akuntansi Keuangan, Paper.id, Buku Kas, Money Lover, Buku Warung dll. Ada aplikasi yang gratis namun ada juga aplikasi berbayar.

 

  1. Akuntansi Keuangan

Aplikasi ini dapat Anda download di HP android atau iOS secara gratis. Aplikasi ini memudahkan Anda melakukan pencatatan keuangan seperti buku besar, neraca laba rugi dll. Aplikasi ini cocok digunakan untuk Anda yang baru membuka usaha.

 

  1. id

Paper.id membantu Anda membuat invoice serta mengelola pembayaran dan pendanaan usaha Anda. Aplikasi pembukuan usaha ini sudah digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia.

 

  1. Buku Kas

Aplikasi keuangan ini gratis Anda gunakan. Membantu pengusaha mengatur arus kas. Aplikasi ini memiliki fitur untuk mencatat semua transaksi, laporan keuangan dan menagih hutang.

 

  1. Money Lover

Aplikasi ini memiliki opsi gratis atau berbayar untuk versi premium. Money lover membantu mengatur keuangan, anggaran dan budget perusahaan serta mensinkronkan semuanya di perangkat Anda.

Baca Juga :  Memahami Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat dengan Mudah

 

  1. Buku Warung

Aplikasi ini tidak gratis alias berbayar, membantu Anda mengelola stok barang dan melakukan pembukuan usaha. Cocok bagi Anda yang sudah mengalokasikan budget khusus untuk kelancaran perusahaan.

 

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu pencatatan keuangan di perusahaan. Beragam aplikasi itu memudahkan pengusaha dalam mengevaluasi bisnisnya melalui aplikasi pembukuan usaha.