Cara Instal Printer Canon IP2770

Cara Instal Printer Canon IP2770 : Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Cara Instal Printer Canon IP2770 : Lengkap. Printer Canon IP2770 adalah salah satu pilihan populer bagi banyak pengguna karena kemampuannya mencetak dengan kualitas tinggi dan harga yang terjangkau. Namun, untuk memaksimalkan kinerja printer ini, instalasi yang tepat sangatlah penting. Bagi Anda yang mungkin baru saja membeli printer ini atau mengalami kesulitan dalam proses instalasinya, artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara instal printer Canon IP2770.

Dengan mengikuti petunjuk yang diberikan, Anda akan dapat menggunakan printer ini tanpa kendala dan memastikan hasil cetakan yang optimal. Mari kita mulai!

Spesifikasi Seputar Printer Canon IP2770

Saking banyaknya yang menggunakan printer Canon IP2770, nggak sedikit yang agak meremehkan kredibilitasnya. Terutama karena harganya yang tergolong “murah”. Eits, jangan salah, printer berdimensi 445 x 250 x 130 mm dengan bobot sekitar 3.4 kg ini punya banyak kelebihan, lho. Untuk kebutuhan skripsi, printer Canon IP2770 bakal sangat membantu kamu.

Canon IP2770 adalah printer dengan fungsi untuk mencetak saja, jadi nggak bisa digunakan untuk scan atau fotokopi. Metode cetaknya menggunakan teknologi inkjet dengan resolusi cetak efektif mencapai 4800 x 1200 dpi. Ini memastikan hasil cetakan yang tajam dan berkualitas tinggi. Kecepatan cetak untuk dokumen hitam putih adalah 7.0 ipm (images per minute), sementara untuk cetak warna kecepatannya mencapai 4.8 ipm. Meskipun bukan yang tercepat di kelasnya, kecepatan ini cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mencetak tugas kuliah atau dokumen kerja.

Untuk konektivitasnya, Canon IP2770 menggunakan USB 2.0 berkecepatan tinggi. Ini memungkinkan transfer data yang cepat dan stabil antara printer dan komputer, memastikan proses cetak berjalan lancar tanpa hambatan.

Maksimal ukuran kertas yang dapat digunakan pada printer Canon IP2770 adalah A4. Selain itu, printer ini juga kompatibel dengan berbagai ukuran kertas lainnya seperti Letter, Legal, A5, A6, B5, B6, Executive, Envelopes (DL, COM10), dan Custom Sizes hingga 3.0 inci. Pada tray kertas yang tersedia, Anda dapat memasukkan hingga maksimal 100 lembar kertas A4 dalam sekali input, yang sangat praktis untuk mencetak dokumen dalam jumlah besar tanpa perlu sering-sering mengisi ulang kertas.

Dari segi kompatibilitas sistem operasi, printer Canon IP2770 bisa bekerja dengan Windows OS dan Mac OS, sehingga cukup fleksibel dan mudah diintegrasikan dengan berbagai jenis komputer. Printer ini menggunakan AC Adapter dengan tegangan AC 100 – 240 W, 50 / 60 Hz, memastikan efisiensi daya yang baik. Saat mencetak, printer ini membutuhkan daya sebesar 11 W. Dalam keadaan siaga, konsumsi daya yang dibutuhkan sekitar 0.7 W, dan dalam keadaan mati tetapi masih terhubung ke PC melalui USB, konsumsi dayanya hanya sebesar 0.4 W.

Dengan spesifikasi tersebut, Canon IP2770 tidak hanya menawarkan performa yang handal tetapi juga efisiensi daya yang baik. Jadi, meskipun harganya terjangkau, kualitas dan kemampuannya tidak boleh diremehkan.

Cara Instal Printer Canon IP2770

Canon PIXMA iP2770 mengeklaim dapat menghasilkan cetakan teks yang jelas dan tajam serta warna yang tahan lama. Selain itu, tipe printer ini juga mampu mencetak foto dalam kurun 55 detik saja. Tak mengherankan jika printer Canon PIXMA iP2770 banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk mencetak dokumen pekerjaan, kuliah, dan aktivitas seperti pencetakan berkas lainnya.

Untuk mengetahui lebih jelas, kamu dapat menyimak cara menginstal printer Canon iP2770 berikut ini.

A. Cara Instal Printer Canon iP2770

Menginstal printer Canon iP2770 tidak akan memakan waktu lama. Hanya dengan beberapa langkah sederhana, kamu bisa langsung menggunakan printer ini. Namun, sebelum memulai, pastikan kamu telah menyiapkan CD driver agar proses instalasi berjalan lancar.

Berikut adalah cara instal printer Canon iP2770 yang bisa kamu ikuti:

  1. Siapkan Laptop atau PC
    Pastikan laptop atau PC sudah menyala dan siap digunakan.
  2. Masukkan CD Driver
    Masukkan CD driver Canon iP2770 ke dalam DVD-ROM laptop atau PC. Pastikan USB printer belum tersambung ke laptop atau PC untuk mempercepat proses instalasi. Pastikan juga printer tersambung ke aliran listrik.
  3. Buka CD Driver di Laptop atau PC
    Buka CD driver Canon iP2770 melalui laptop atau PC. Cari dan buka file ‘MSETUP4’, lalu klik ‘YES’. Setelah itu, pilih ‘NEXT’ untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  4. Instal Printer
    Pilih ‘Regional dengan Asia’ dan pilih ‘Indonesia’, kemudian klik ‘NEXT’. Untuk instalasi yang mudah, pilih opsi ‘Instal Mudah’. Tunggu hingga jendela persetujuan muncul, lalu klik ‘YES’.
  5. Tunggu Proses Instalasi Selesai
    Biarkan proses instalasi berjalan hingga selesai. Setelah selesai, kamu akan menerima perintah untuk menyambungkan USB printer ke laptop atau PC.
  6. Sambungkan USB Printer ke Laptop atau PC
    Sambungkan USB printer ke laptop atau PC. Setelah sistem berhasil mendeteksi printer, klik ‘Complete’.
  7. Printer Canon iP2770 Berhasil Diinstal
    Instalasi selesai, kini kamu dapat mengoperasikan printer Canon iP2770 untuk mempermudah pekerjaanmu.
Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan AC Haier, Serta Harga Terbarunya

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa menginstal printer Canon iP2770 dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

B. Cara Menginstal Printer Canon iP2770 ke Laptop Tanpa CD

Bagi yang tak memiliki CD driver maupun laptop yang tak dilengkapi DVD room, kamu tak perlu khawatir. Sebab, kamu tetap bisa menginstalnya dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

  1. Unduh driver Canon iP2770 di Internet.
    Kunjungi situs web resmi Canon atau situs terpercaya lainnya yang menyediakan driver Canon iP2770.
  2. Persiapkan instalasi.
    Pastikan USB printer tidak tersambung ke laptop maupun PC agar penginstalan berjalan lebih cepat. Pastikan kabel power printer terhubung ke stopkontak.
  3. Mulai instalasi.
    Setelah berkas driver selesai diunduh, klik file tersebut. Klik ‘Run’ dan pilih opsi ‘Next’.
  4. Pilih wilayah.
    Pilih opsi ‘Asia’ dan klik ‘Next’.
  5. Setujui perjanjian lisensi.
    Sistem akan memunculkan jendela persetujuan. Jika kamu telah selesai membaca ketentuan dan persetujuan tersebut, klik ‘Yes’.
  6. Proses instalasi.
    Tunggu hingga proses menginstal selesai dilakukan.
  7. Sambungkan printer ke laptop.
    Setelah proses selesai, pasang kabel USB printer pada laptop kamu.
  8. Selesaikan instalasi.
    Akhiri dengan mengeklik ‘Complete’.

C. Cara Install Driver Printer Canon iP2770 Tanpa CD

Berikut cara install driver printer Canon iP2770 tanpa CD bagi pengguna laptop atau komputer yang tidak memiliki CD room pada perangkatnya:

  1. Unduh driver printer Canon iP2770.
    Ada banyak situs web atau blog yang menyediakan tautan untuk mengunduh aplikasi software ini secara gratis. Pastikan mengunduh dari sumber yang terpercaya.
  2. Buka file unduhan.
    Setelah terunduh, buka folder hasil unduhan driver Canon iP2770 yang ada di perangkat. Klik dua kali pada file instalasi driver-nya dan klik ‘Run’ untuk mulai instalasi. Alternatifnya, kamu bisa klik kanan pada file dan pilih ‘Run as Administrator’ untuk mulai instalasi.
  3. Persiapan instalasi.
    Tunggu driver melakukan persiapan hingga muncul tampilan awal instalasi. Klik ‘Next’.
  4. Pilih wilayah.
    Pada pilihan opsi ‘Regional’, pilih tempat tinggal di bagian ‘Place of Residence’ dengan mengklik ‘Asia’ atau sesuai dengan tempat tinggal saat ini. Klik ‘Next’.
  5. Setujui perjanjian lisensi.
    Pada tampilan ‘License Agreement’, pilih opsi ‘Yes’ jika setuju dengan kesepakatan tersebut.
  6. Proses instalasi.
    Tunggu hingga proses selesai dan muncul perintah untuk menghubungkan perangkat dengan printer.
  7. Hubungkan printer ke perangkat.
    Hubungkan kabel data printer dengan port USB perangkat dan nyalakan printer. Perangkat akan merespons adanya device baru yang terpasang.
  8. Selesaikan instalasi.
    Klik opsi ‘Complete’ untuk mengakhiri proses instalasi driver printer Canon iP2770. Printer telah siap untuk digunakan.
  9. Verifikasi pemasangan.
    Untuk memastikan printer Canon iP2770 benar-benar sudah terpasang, kamu bisa mengecek pada menu “Devices and Printers” di perangkat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa menginstal printer Canon iP2770 ke laptop tanpa memerlukan CD driver. Pastikan untuk selalu mengunduh driver dari sumber yang resmi dan terpercaya untuk menghindari masalah selama proses instalasi.

Cara Print dengan Canon iP2770

Setelah memasang driver printer Canon iP2770, kamu bisa langsung mencoba untuk mencetak sesuatu dengan printer tersebut. Berikut adalah langkah-langkah lengkap untuk mencetak dokumen menggunakan printer Canon iP2770:

  1. Hidupkan Printer
    Pastikan printer dalam keadaan menyala. Jika belum menyala, tekan tombol power pada printer Canon iP2770 untuk menghidupkannya.
  2. Hubungkan ke Komputer
    Sambungkan printer ke komputer menggunakan kabel USB yang sesuai. Pastikan koneksi terhubung dengan baik.
  3. Siapkan Kertas
    Masukkan kertas ke dalam tray (tempat kertas) printer. Pastikan kertas sudah diatur dengan rapi dan sesuai dengan panduan pada tray agar hasil print tidak miring atau terganggu.
  4. Pilih File Dokumen
    Buka komputer Anda dan cari file dokumen yang ingin dicetak. File ini bisa berupa dokumen Word, PDF, gambar, atau file lainnya yang mendukung opsi cetak.
  5. Akses Opsi ‘Print’
    Klik kanan pada file dokumen yang sudah dipilih, lalu pilih opsi ‘Print’. Sebagai alternatif, Anda juga bisa membuka file tersebut, kemudian menggunakan shortcut keyboard Ctrl+P untuk membuka dialog print.
  6. Sesuaikan Pengaturan Print
    Setelah jendela ‘Print’ terbuka, sesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan Anda. Pengaturan yang bisa diubah antara lain:
    Ukuran Kertas: Pilih ukuran kertas yang sesuai, misalnya A4, Letter, dll.
    Orientasi Kertas: Pilih orientasi kertas antara Portrait (tegak) atau Landscape (mendatar).
    Jumlah Halaman: Tentukan halaman mana saja yang akan dicetak jika tidak ingin mencetak seluruh dokumen.
    Jumlah Salinan: Tentukan berapa banyak salinan dokumen yang ingin dicetak.
  7. Pilih Printer
    Pada bagian ‘Printer’, pilih Canon iP2770 (terkadang terdaftar sebagai Canon iP2700 series) sebagai printer yang akan digunakan.
  8. Mulai Mencetak
    Setelah semua pengaturan selesai, klik tombol ‘Print’ di bagian bawah jendela. Printer akan mulai bekerja mencetak dokumen sesuai dengan pengaturan yang telah Anda tentukan.
  9. Proses Selesai
    Tunggu hingga printer selesai mencetak dokumen. Pastikan tidak menarik kertas atau mematikan printer selama proses pencetakan berlangsung.

Penutup

Demikianlah panduan lengkap mengenai cara instal printer Canon IP2770. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda dapat dengan mudah menginstal printer ini dan mulai menggunakannya untuk mencetak berbagai dokumen. Pastikan Anda selalu memeriksa kompatibilitas driver dengan sistem operasi yang Anda gunakan untuk menghindari masalah instalasi.

Baca Juga :  Penyebab AC Hanya Keluar Angin : Secara Lengkap

Jika Anda mengalami kendala, jangan ragu untuk merujuk ke manual pengguna atau menghubungi layanan pelanggan Canon. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam proses instalasi printer Canon IP2770. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *