Cara Kerja Kompresor Kulkas

Bagaimana Cara Kerja Kompresor Kulkas ? Berikut Penjelasannya

Posted on

Empat Pilar – Bagaimana Cara Kerja Kompresor Kulkas ? Berikut Penjelasannya. Jelajahi dunia kompresor kulkas dengan cara kerja yang menakjubkan dan temukan bagaimana teknologi ini berkontribusi pada kehidupan sehari-hari Kalian.

Siapa sangka bahwa cara kerja kompresor kulkas bisa begitu memikat dan menarik? Hampir setiap rumah memiliki kulkas, namun banyak yang tidak tahu tentang teknologi ajaib di balik pendinginan makanan dan minuman kita.

Artikel ini akan mengungkap cara kerja kompresor kulkas dengan menggali lebih dalam ke dalam mekanisme dan teknologinya, serta menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin ada di benak Kalian.

Pengertian Kompresor Kulkas

Kompresor merupakan salah satu komponen penting pada produk elektronik, terutama kulkas. Fungsinya dapat diibaratkan seperti jantung pada tubuh manusia yang sangat vital.

Tanpa kompresor, kinerja kulkas tidak akan berjalan secara optimal. Kompresor bekerja dengan memompa refrigerant atau freon ke seluruh sistem kulkas.

Secara singkat, kompresor kulkas bekerja dengan memompa gas freon bertekanan tinggi pada sisi tekanan tinggi dan menghirup gas freon bertekanan rendah pada sisi tekanan rendah (sisi intake).

Kompresor kulkas biasanya memiliki bentuk seperti tangki berbahan dasar logam atau besi berwarna hitam. Ukurannya relatif kecil dengan permukaan kerah yang rata.

Casing kompresor tertutup dan tabung kompresornya mengarah ke sisi kulkas yang terletak di bagian belakang.

Fungsi Utama Kompresor Kulkas

Kompresor kulkas merupakan komponen utama dalam sistem pendingin kulkas, baik itu kulkas 1 pintu maupun 2 pintu.

Bahkan semua jenis lemari es atau kotak pendingin menggunakan kompresor sebagai mesin utama untuk mengalirkan gas freon.

Fungsi utama kompresor kulkas adalah untuk mengalirkan gas freon di dalam pipa sistem pendingin kulkas.

Tanpa adanya kompresor, kulkas tidak dapat berfungsi dengan normal. Kompresor kulkas sangat penting untuk menjaga suhu dingin di dalam kulkas dan mencegah makanan atau minuman yang terdapat di dalamnya menjadi rusak.

Bagian-Bagian Kompresor Kulkas

Komponen utama pada sebuah kompresor kulkas terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  1. Stator – merupakan kumparan yang menghasilkan medan magnet untuk memutar rotor. Kumparan ini terdiri dari kumparan utama dan kumparan bantu, sama seperti yang ada pada dinamo kipas angin.
  2. Rotor – merupakan bagian dari dinamo pada kompresor yang dapat bergerak. Rotor ini terhubung dengan sistem pompa kompresor untuk menggerakkan piston di dalam silinder.
  3. Silinder – merupakan ruangan pompa yang digunakan untuk menampung gas yang dihisap oleh piston.
  4. Piston – merupakan unit yang bergerak untuk menghisap dan menekan gas freon di dalam silinder.
  5. Poros engkol – merupakan bagian dari piston yang terhubung ke rotor.
  6. Saluran hisap – pipa saluran yang terhubung ke silinder sebagai lubang masuk gas freon.
  7. Saluran buang – pipa saluran untuk mengeluarkan gas freon yang bertekanan tinggi.
  8. Terminal – merupakan socket penghubung ke arus listrik.

Bagaimana Cara Kerja Kompresor Kulkas ?

Secara sederhana, kompresor kulkas berfungsi dengan memompa gas freon yang bertekanan tinggi ke sisi tekanan tinggi dan menarik gas freon bertekanan rendah melalui sisi hisap (intake).

Bentuk kompresor kulkas biasanya berupa tabung berbahan dasar logam atau besi berwarna hitam yang kecil dengan permukaan rata. Casing kompresor tertutup dan tabung kompresor mengarah ke bagian belakang kulkas.

Dari segi prosesnya, terdapat tiga cara kerja kompresor kulkas, yaitu:

1. Penghisapan

Cara kerja kompresor kulkas pada proses penghisapan adalah dengan mengkondensasikan fluida atau cairan freon dari evaporator pada suhu atau temperatur rendah, sambil meningkatkan tekanan freon.

Baca Juga :  Kode Error Mesin Cuci Sanyo Terlengkap : Penyebab & Solusinya

2. Penekanan

Cara kerja kompresor kulkas pada proses penekanan adalah dengan menekan atau mengkompresi gas freon sehingga meningkatkan tekanan dan suhu temperaturnya, kemudian mengalirkannya menuju kondensor. Pada tahap ini, gas freon akan dikondensasi pada suhu tinggi.

3. Pemompaan

Cara kerja kompresor kulkas pada proses pemompaan adalah dengan mensirkulasikan atau mengalirkan freon secara terus-menerus melalui hisapan dan tekanan (kompresi). Dengan demikian, seluruh proses dapat dijalankan secara kontinu.

Cara kerja kompresor kulkas yang telah dijelaskan di atas menunjukkan betapa pentingnya peran kompresor dalam sistem kerja kulkas untuk menciptakan udara dingin di dalamnya.

Tanpa adanya kompresor, freon tidak dapat mengalir ke seluruh bagian sistem kulkas, sehingga kulkas tidak dapat menghasilkan udara dingin.

Umumnya, kulkas terbaru baik yang berjenis 1 pintu maupun 2 pintu, menggunakan jenis kompresor piston.

Jenis kompresor ini dianggap memiliki kualitas terbaik dibandingkan dengan jenis kompresor lainnya. Kompresor piston ini terdiri dari 3 hingga 5 pipa, yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Pipa-pipa tersebut memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • 1 pipa tekan (discharge)
  • 1 pipa hisap (suction)
  • 1 pipa pengisian freon

Sedangkan pada kompresor kulkas yang memiliki 5 pipa, karakteristiknya adalah sebagai berikut:

  • 1 pipa tekan
  • 1 pipa hisap
  • 1 pipa pengisian freon
  • 1 pipa pendingin oli kompresor

Setiap komponen pipa tersebut mempengaruhi cara kerja kompresor kulkas. Oleh karena itu, perawatan yang baik pada komponen-komponen kompresor sangat penting agar cara kerja kompresor kulkas tetap optimal.

Setiap unit kompresor kulkas juga memiliki tegangan dan daya yang berbeda, sehingga Kalian harus menyesuaikannya dengan unit kulkas Kalian agar kompresor dapat berfungsi dengan baik.

Tips Merawat Kompresor Kulkas

Kompresor adalah komponen penting dalam kulkas yang bekerja secara terus-menerus selama kulkas dinyalakan.

Apabila kompresor mengalami kerusakan, biaya perbaikan bisa sangat mahal. Oleh karena itu, penting untuk merawat kompresor agar tidak cepat rusak.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk merawat kompresor kulkas di rumah:

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk merawat kompresor kulkas di rumah:

1. Gunakan stabilizer tegangan

Sumber tegangan listrik di rumah seringkali tidak stabil, sehingga tegangan listrik yang tidak stabil dapat merusak kumparan yang ada di dalam kompresor.

Oleh karena itu, menggunakan stabilizer tegangan dapat mencegah kerusakan kompresor kulkas akibat tegangan listrik yang tidak stabil.

Pilih stabilizer tegangan yang memiliki daya lebih besar daripada daya maksimum kulkas, misalnya 1000 W.

2. Jangan memiringkan kulkas

Jika Kalian ingin memindahkan kulkas, pastikan untuk mengangkat kulkas dalam posisi berdiri. Membawa kulkas dengan posisi miring dapat menyebabkan kompresor mudah rusak.

3. Isi kulkas sesuai kapasitasnya

Mengisi kulkas dengan terlalu banyak bahan makanan atau minuman akan membuat proses pendinginan freezer lebih lama.

Hal ini akan membuat kompresor bekerja lebih lama sehingga kompresor akan lebih panas. Sebaiknya mengisi lemari es atau pendingin sesuai dengan kapasitasnya.

Selain itu, jangan memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas karena dapat mempengaruhi proses pendinginan kulkas.

Penutup

Dalam artikel ini, empatpilar.com telah membahas mengenai bagaimana cara kerja kompresor kulkas dan penjelasannya secara mendetail.

Kita telah memahami bahwa kompresor kulkas merupakan komponen penting dalam sistem pendinginan kulkas yang berfungsi untuk mengompres gas refrigeran dan mengalirkannya melalui sistem untuk menciptakan efek pendinginan.

Selain itu, kita juga telah membahas beberapa jenis kompresor yang umum digunakan dalam kulkas, seperti kompresor reciprocating, rotary, dan scroll.

Setiap jenis kompresor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga pemilihan kompresor yang tepat akan meningkatkan efisiensi dan kinerja kulkas.

Semoga penjelasan dalam artikel ini dapat membantu Kalian memahami prinsip dasar dari cara kerja kompresor kulkas.

Dengan pengetahuan ini, Kalian dapat lebih menghargai peran penting kompresor dalam menjaga makanan dan minuman Kalian tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

Selanjutnya, Kalian juga dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kalian.

Baca Juga :  Tips Cara Mengatasi Pompa Air Berisik : Simak Agar Tidak Salah

 

Artikel terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *