Cara Membersihkan Kaca Helm yang Menguning

Tips, Cara Membersihkan Kaca Helm yang Menguning dengan Benar

Posted on

Empat Pilar – Tips, Cara Membersihkan Kaca Helm yang Menguning dengan Benar. Kaca helm yang menguning adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh para pengendara sepeda motor. Terlepas dari perawatan yang baik, paparan sinar matahari, polusi udara, dan bahan kimia di jalan raya dapat menyebabkan kaca helm mengalami perubahan warna. Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan kalian panduan langkah demi langkah tentang cara membersihkan kaca helm yang menguning agar kembali bersih dan jernih.

Penyebab Kaca Helm Menguning

Sebelum membahas cara membersihkan kaca helm, kita harus memahami dulu alasan di balik visor yang menjadi kuning. Dengan memahami penyebab utamanya, kita bisa mencegah agar visor tetap dalam kondisi terbaik dan tidak mudah menguning.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan kaca helm berubah menjadi kuning.

1. Debu dan Kotoran

Ketika kita berkendara, debu dan kotoran di udara akan secara alami menempel pada permukaan kaca helm. Tanpa perawatan yang cukup, akumulasi debu dan kotoran ini akan terjadi seiring waktu. Debu dan kotoran tersebut bukan hanya merusak tampilan visual kaca helm, tetapi juga dapat menghasilkan lapisan yang tipis dan tidak merata, yang pada gilirannya dapat membuat kaca tampak kusam dan menguning. Oleh karena itu, membersihkan kaca helm secara berkala menjadi penting untuk mencegah akumulasi ini.

2. Perubahan Suhu

Kaca helm yang sering kali mengalami perubahan suhu ekstrem, seperti terpapar sinar matahari langsung dan kemudian diletakkan di tempat yang dingin atau lembap, dapat mengalami kontraksi dan ekspansi. Perubahan ini dapat menyebabkan reaksi kimia pada bahan kaca dan bahan lainnya yang ada pada helm. Saat bahan-bahan ini bereaksi dengan perubahan suhu, pigmen dan zat lain di dalamnya dapat mengalami perubahan warna, mengakibatkan kaca helm menjadi kuning atau bahkan terlihat buram.

3. Paparan Sinar Matahari

Sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari sinar matahari adalah salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan perubahan warna pada bahan-bahan seperti kaca helm. Ketika kaca helm dibiarkan terpapar sinar matahari secara terus-menerus, radiasi UV dapat merusak struktur kimia dari bahan kaca tersebut. Ini dapat menyebabkan perubahan warna dan bahkan merusak lapisan pelindung yang ada di permukaan kaca helm. Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat mempengaruhi cat atau lapisan dekoratif pada helm, menyebabkan lapisan tersebut mengelupas atau memudar.

Cara Membersihkan Kaca Helm yang Menguning

Setelah memahami beberapa alasan mengapa kaca menjadi kuning, saatnya kita mengeksplorasi metode pembersihan yang paling efektif. Teknik pembersihan kaca helm yang akan dibahas sangatlah sederhana, dan sebagian besar hanya memerlukan bahan-bahan alami.

Untuk mencobanya sendiri di rumah, inilah langkah-langkah dalam membersihkan kaca helm yang telah menguning.

1. Mempersiapkan Bahan Membersihkan Kaca Helm

Langkah pertama dalam proses membersihkan kaca helm yang menguning adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Siapkan beberapa lembar lap kering, satu lembar lap halus, cairan pembersih, sabun, odol, obeng, dan sebuah ember berisi air.

2. Lepaskan Kaca Helm Menguning untuk Mulai Membersihkan

Setelah semua bahan dan alat sudah siap, langkah berikutnya dalam cara membersihkan kaca helm adalah melepaskan kaca helm yang menguning. Gunakan obeng atau fitur khusus yang mungkin ada untuk membuka bagian kaca helm tersebut.

3. Merendam Kaca Helm

Setelah Anda melepaskan kaca helm, langkah selanjutnya dalam proses pembersihan adalah merendam kaca tersebut dalam air selama beberapa waktu. Tujuan dari perendaman ini adalah untuk melunakkan penyebab kuning pada kaca helm.

Setelah merasa cukup direndam, tambahkan sabun atau pasta gigi ke dalam air dan rendam kaca helm kembali. Pastikan kaca helm sudah agak jernih sebelum mengangkatnya dari air rendaman.

Baca Juga :  Daftar Ukuran Ampere Aki Motor Secara Lengkap : UPDATE

4. Mengeringkan Kaca Helm yang Kuning dengan Kain Lembut

Setelah kaca helm diangkat dari air rendaman, langkah berikutnya dalam proses pembersihan adalah mengeringkannya dari sisa air. Gunakan kain lembut saat mengeringkan untuk menghindari terjadinya goresan pada kaca helm.

5. Menyemprotkan Cairan Pembersih

Setelah kaca helm benar-benar kering, langkah selanjutnya adalah menyemprotkan cairan pembersih. Pastikan cairan pembersih disemprotkan secara merata dan tidak hanya pada bagian yang menguning saja.

6. Lap Sisa Cairan Pembersih

Setelah cairan pembersih tersebar merata di permukaan kaca helm, gunakan lap halus lainnya untuk membersihkannya. Keringkan kaca sampai tidak ada sisa cairan pembersih yang tersisa. Setelah itu, ulangi seluruh proses dari awal hingga kaca helm benar-benar bersih dari noda kuning.

7. Memasang Kembali Kaca Helm

Setelah memastikan kaca helm bebas dari noda kuning, pasang kembali menggunakan alat yang telah disiapkan sebelumnya. Dengan langkah ini, proses pembersihan kaca helm sudah selesai dilakukan.

Setelah melalui semua tahapan di atas, kaca helm akan menjadi lebih jernih dan efek kuning akan menghilang. Metode pembersihan kaca helm ini terbukti sangat mudah dilakukan, bukan? Oleh karena itu, disarankan untuk secara berkala membersihkan kaca helm agar noda kuning tidak muncul kembali.

Cara membersihkan kaca helm dengan odol

Sebelum kalian mulai, siapkan beberapa bahan dan alat tambahan, seperti air, detergen, dan kanebo. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Lepas dulu kaca helm agar proses pembersihan lebih mudah.
  2. Taburkan atau tuangkan sedikit detergen ke permukaan kaca helm.
  3. Cuci kaca helm dengan air. Setelah itu, lap dengan kanebo hingga kering.
  4. Oleskan pasta gigi ke seluruh permukaan kaca helm. Pastikan menyebar dengan merata.
  5. Biarkan pasta gigi tersebut selama kira-kira 5 menit atau sampai mengering.
  6. Bilas kaca helm dengan air bersih, kemudian lap kembali menggunakan kanebo sampai kering dan bersih.

Jika kalian merasa kaca helm belum sepenuhnya bersih, kalian dapat mengulangi proses ini hingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tips Untuk Merawat Kaca Helm

Merawat kaca helm adalah langkah penting untuk memastikan helm tetap terlihat bagus dan aman digunakan. Berikut adalah beberapa tips ekstra yang dapat membantu Anda menjaga kualitas kaca helm agar tidak menguning dan tetap kinclong:

  1. Gunakan Cairan Pembersih Khusus
    Selain menggunakan kanebo, Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan kaca helm. Pastikan cairan ini aman untuk digunakan pada permukaan kaca dan tidak merusak lapisan pelindung.
  2. Hindari Pembersihan Kasar
    Saat membersihkan kaca helm, hindari menggosoknya terlalu keras. Gunakan gerakan lembut untuk menghindari goresan atau kerusakan pada permukaan kaca.
  3. Hindari Penggunaan Bahan Abrasif
    Jangan menggunakan bahan abrasif seperti spons kasar atau kuas yang keras saat membersihkan kaca helm. Ini dapat merusak lapisan pelindung dan menyebabkan goresan.
  4. Cek Kualitas Kanebo
    Pastikan kanebo yang Anda gunakan tidak kasar atau mengandung benda asing yang dapat merusak permukaan kaca. Gunakan kanebo yang lembut dan bersih.
  5. Periksa Kondisi Penyimpanan
    Selain memperhatikan tempat penyimpanan helm, pastikan juga bahwa helm tidak bersentuhan langsung dengan benda-benda keras di dalam tempat penyimpanan. Gunakan bantalan lembut atau sarung pelindung tambahan untuk melindungi kaca helm.
  6. Perawatan Rutin
    Lakukan perawatan rutin terhadap helm secara keseluruhan, termasuk tali pengikat dan bagian dalam helm. Helm yang terawat dengan baik cenderung memiliki umur pakai yang lebih panjang.
  7. Hindari Bahan Kimia Berbahaya
    Jauhkan helm dari bahan kimia berbahaya seperti bensin, minyak, atau cairan lain yang dapat merusak permukaan kaca dan bahan helm secara keseluruhan.
  8. Gunakan Sarung Helm
    Selain menggunakan sarung khusus untuk kaca helm, pertimbangkan juga untuk menggunakan sarung helm secara keseluruhan. Ini akan membantu melindungi helm dari debu, kotoran, dan paparan langsung sinar matahari.
  9. Pemeriksaan Berkala
    Lakukan pemeriksaan berkala terhadap helm secara keseluruhan, termasuk kaca helm. Jika Anda menemukan goresan atau tanda-tanda kerusakan lainnya pada kaca helm, pertimbangkan untuk mengganti kaca tersebut demi keselamatan Anda.
  10. Hindari Sentuhan Langsung Tangan
    Saat memasang atau melepas helm, hindari menyentuh bagian dalam dan terutama bagian kaca dengan tangan yang kotor atau berminyak. Minyak dan kotoran dari tangan dapat meninggalkan noda atau membuat permukaan kaca menjadi buram.

Penutup

Dalam kesimpulan dari empatpilar.com ini, menjaga kebersihan dan kejernihan kaca helm adalah langkah penting untuk memastikan keselamatan saat berkendara. Kaca helm yang menguning bukan hanya mengurangi estetika helm, tetapi juga dapat mengganggu visibilitas pengendara.

Baca Juga :  Kenali, Jenis Motor Custom : Rekomendasi Terbaik Buat Kalian

Dengan memahami dan menerapkan cara-cara membersihkan kaca helm yang menguning yang telah dibahas, kalian tidak hanya bisa mengembalikan tampilan helm menjadi seperti baru, tetapi juga menjamin perjalanan yang lebih aman di jalan raya. Pastikan selalu menjaga helm kalian agar tetap dalam kondisi terbaik dan selalu berkendara dengan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *