Komponen Mesin Bor Duduk

Cara Menggunakan Bor Duduk : Panduan Mudah Untuk Pemula

Posted on

Empat Pilar – Cara Menggunakan Bor Duduk : Panduan Mudah Untuk Pemula. Selamat datang di panduan lengkap dan praktis tentang cara menggunakan bor duduk. Jika Kalian adalah seorang penggemar kerajinan kayu, mekanik, atau bahkan hanya seorang hobiis yang tertarik pada pekerjaan rumah tangga, bor duduk adalah alat yang sangat penting dalam kotak peralatan Kalian.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Kalian melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk Cara Menggunakan Bor Duduk dengan benar dan aman. Kalian akan mempelajari teknik-teknik yang tepat, langkah-langkah yang perlu diikuti, serta tips dan trik yang berguna dalam mengoperasikan bor duduk.

Mesin Bor Duduk

Mesin bor duduk adalah salah satu jenis perangkat elektronik yang digunakan untuk melubangi benda. Mesin ini dilengkapi dengan sistem penggenggam mata bor yang berfungsi untuk mengikis dan memutar permukaan benda. Pada mesin bor duduk terbaru, tenaga yang digunakan berasal dari motor listrik yang terhubung dengan puli dan sabuk penggerak.

Setelah itu, mesin bor duduk terbaru akan menerima daya pada mata bor. Terdapat beberapa jenis dan spesifikasi mesin yang digunakan untuk melubangi ini. Misalnya, terdapat mesin dengan 5 pilihan kecepatan yang dapat diatur secara manual untuk mengganti sabuk penggerak pada bagian atas mesin. Kemampuan tekanan mesin juga bervariasi, mulai dari 0 hingga 50 mm, dan terdapat pilihan lainnya juga.

Komponen Mesin Bor Duduk

Bagian bagian mesin bor duduk ada tujuh bagian yang saling mendukung antara satu bagian dengan bagian yang lain, yaitu:

1. DUDUKAN (BASE)

Dudukan ini berfungsi sebagai penyangga semua komponen yang terdapat pada mesin bor. Dudukan diletakkan di bagian paling bawah dan menempel pada lantai. Biasanya, dudukan ini dipasang dengan cara dibaut menyatu dengan lantai.

Pemasangan dudukan mesin bor pada lantai harus kuat agar dapat menjaga akurasi pengeboran dari dampak getaran yang timbul.

2. TIANG (COLUMB)

Tiang merupakan bagian mesin bor yang berfungsi sebagai penopang bagi komponen lain yang digunakan dalam proses pengeboran.
Tiang yang dimaksud berbentuk silinder dengan alur atau rel yang berfungsi sebagai jalur pergerakan vertikal dari meja kerja.

3. MEJA KERJA (TABLE)

Meja kerja berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan benda kerja yang akan dibor. Meja kerja ini dapat disesuaikan ketinggiannya sesuai kebutuhan.

Selain itu, meja kerja juga dapat diputar ke kiri atau kanan dengan sumbu poros yang terletak pada ujung yang melekat pada tiang (kolom).

Kalian tidak perlu khawatir. Meja kerja juga dilengkapi dengan pengunci (klem meja) untuk menjaga agar posisi meja tetap terkunci dan tetap stabil sesuai kebutuhan hingga selesai digunakan. Untuk mengikat benda kerja agar tetap diam, Kalian dapat menggunakan kunci pas yang ditempatkan di atas meja.

4. MATA BOR (DRILL)

Mata bor, juga dikenal sebagai drill, adalah alat yang digunakan untuk membuat lubang atau alur dengan efisien. Mata bor yang paling umum digunakan dalam mesin bor adalah bor berbentuk spiral. Ini karena bor berbentuk spiral memiliki kemampuan pemotongan yang baik.

Selain itu, pembuangan serpih atau geram yang dihasilkan juga optimal karena adanya alur spiral pada mata bor. Mata bor spiral juga memiliki sudut potong yang menguntungkan dan bidang potongnya dapat diasah tanpa mengubah diameter bor.

Bidang potong yang dihasilkan oleh mata bor spiral tidak berbentuk radial, tetapi bergerak secara sekrup, sehingga menghasilkan pola garis yang bersinggungan pada lingkaran kecil yang merupakan inti dari bor.

5. SPINDLE

Spindle adalah bagian dari mesin bor duduk yang menggerakkan chuck atau pencekam. Spindle memiliki fungsi untuk memegang atau mencengkam mata bor.

6. KEPALA SPINDLE (SPINDLE HEAD)

Kepala spindle adalah bagian mesin yang menjadi tempat spindle terletak, dan ditenagai oleh motor dengan menggunakan sabuk penghubung. Pengaturan kecepatan spindle dilakukan melalui Driil Feed Handle untuk mengatur proses pengeboran.

Baca Juga :  Kenali, Macam – Macam Mesin Perkakas Secara Lengkap

7. SPINDLE FEED HANDLE

Pengendali penyaluran spindle, atau spindle feed handle, adalah pegangan yang digunakan untuk menurunkan atau menekan spindle dan mata bor ke benda kerja. Hal ini bertujuan untuk mencegah pergerakan benda kerja selama proses pengeboran.

8. MOTOR ELEKTRIK

Motor elektrik adalah sumber tenaga utama pada mesin bor. Motor elektrik ini dilengkapi dengan kabel daya dan kabel penghubung, fuse/sekring, lampu indikator, saklar on/off, dan saklar pengatur kecepatan.

Fuse/sekring adalah perangkat yang digunakan sebagai pengaman dalam rangkaian listrik. Fungsinya adalah untuk menjaga agar arus listrik tetap stabil dan tidak melebihi batas yang aman.

Cara Menggunakan Bor Duduk

Mesin bor duduk menggunakan energi listrik untuk menghidupkannya. Sehingga, sebelum mengoperasikannya, pastikan telah terhubung dengan sumber listrik. Dan langkah-langkah atau Cara Menggunakan Bor Duduk adalah sebagai berikut :

1. Mempersiapkan Alat:

  • Pastikan kabel power mesin bor duduk dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan.
  • Sambungkan kabel power ke sumber listrik yang ada. Pastikan listrik memenuhi spesifikasi mesin.

2. Pemasangan Mata Bor:

  • Sesuaikan mata bor dengan ukuran lubang yang ingin dibuat.
  • Lepaskan mata bor lama dengan kunci chuck jika ada.
  • Pasang mata bor baru dan kencangkan dengan kunci chuck hingga terpasang dengan erat.

3. Pengaturan Ketinggian Meja Geser:

  • Sesuaikan ketinggian meja sesuai kebutuhan kedalaman bor.
  • Lepaskan tuas pengatur ketinggian meja, atur ketinggian, kemudian kencangkan kembali.

4. Penempatan Benda Kerja:

  • Letakkan material yang ingin dibor pada meja geser.
  • Pastikan titik-titik yang akan dibor sudah ditandai.
  • Kunci benda kerja dengan kuat agar tidak bergerak saat dibor.

5. Penyesuaian Mata Bor:

  • Turunkan mata bor dengan menggunakan tuas hingga mendekati atau menyentuh titik yang ditandai.
  • Pastikan mata bor tepat di atas titik yang akan dibor.
  • Jika perlu, atur posisi meja atau material.

6. Pengaktifan Mesin:

  • Tutup kaca pelindung untuk keamanan.
  • Aktifkan mesin bor duduk dengan menggeser saklar ke posisi ON.

7. Proses Pengeboran:

  • Setelah mesin aktif, mulailah menurunkan tuas chuck hingga mata bor menyentuh material.
  • Biarkan mata bor bekerja dengan sendirinya. Tidak perlu menekan dengan kuat.
  • Saat melakukan pengeboran lubang yang dalam, angkat sesekali tuas chuck agar serpihan atau bram bisa keluar dengan mudah.
  • Untuk material yang keras, tambahkan pendingin atau air cooler secara bertahap agar mata bor tetap dingin dan tajam.

Catatan: Selalu pastikan alat dalam kondisi baik sebelum digunakan dan selalu mengutamakan keselamatan saat bekerja.

Prinsip Kerja Mesin Bor Duduk

Prinsip kerja mesin bor duduk terfokus pada penggunaan tenaga listrik yang diubah menjadi energi mekanik untuk menggerakkan mata bor.

Berikut adalah langkah-langkah prinsip kerja dari mesin bor duduk:

  1. Penggunaan Motor Listrik
    Mesin bor duduk dilengkapi dengan motor listrik. Ketika mesin diaktifkan, motor listrik mulai berputar.
  2. Transmisi Tenaga
    Putaran dari motor listrik ditransmisikan ke poros utama mesin bor duduk. Ini biasanya dilakukan melalui sistem puli dan sabuk. Dalam beberapa kasus, mungkin ada beberapa tingkat puli yang memungkinkan pengaturan kecepatan poros sesuai kebutuhan.
  3. Penggerak Mata Bor
    Poros yang berputar ini selanjutnya memegang mata bor. Mata bor memiliki desain alur puntir yang membantu dalam proses pengeboran, memungkinkan pemotongan material dan mengeluarkannya dari lubang yang sedang dibor.
  4. Mekanisme Naik-Turun
    Mesin bor duduk dilengkapi dengan sistem roda gigi lurus dan gigi rack yang memungkinkan poros dan mata bor untuk bergerak naik atau turun. Ini memberikan fleksibilitas dalam menyesuaikan kedalaman pengeboran dan tekanan pemakanan.
  5. Pengeboran
    Ketika mata bor ditekan ke benda kerja, ia mulai mengikis material dengan putarannya, menciptakan lubang sesuai diameter mata bor.
  6. Kontrol
    Operator mesin dapat mengatur kecepatan dan tekanan pengeboran sesuai dengan jenis material dan kebutuhan aplikasi.

Singkatnya, prinsip dasar mesin bor duduk adalah mengubah energi listrik menjadi energi mekanik yang memungkinkan mata bor untuk berputar dan pengeboran untuk terjadi. Mesin ini sangat penting dalam banyak aplikasi industri dan perbengkelan karena fungsionalitas dan ketepatannya dalam membuat lubang pada berbagai jenis material.

Baca Juga :  Ketahui, Bagian-Bagian Bosch Pump Mesin Diesel Secara Lengkap

Penutup

Dalam kesimpulan dari empatpilar.com, memahami cara menggunakan bor duduk dengan tepat bukan hanya meningkatkan efisiensi kerja Kalian tetapi juga memastikan keamanan selama proses pengerjaan. Perangkat ini, meskipun tampak rumit pada pandangan pertama, dengan latihan dan pedoman yang tepat, dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat dalam berbagai aplikasi.

Selalu pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan mengutamakan keselamatan saat bekerja dengan bor duduk. Semakin Kalian familiar dengan alat ini, semakin banyak potensi pekerjaan yang dapat Kalian selesaikan dengan hasil yang memuaskan.

Sebagai pengguna, tetap jadi pelajar yang rajin dan selalu berupaya meningkatkan keterampilan Kalian dalam menggunakan bor duduk. Selamat mencoba! Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/cara-menggunakan-bor-duduk/,INSTRUKSI KERJA MESIN BOR DUDUK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *