Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter

√ Tips, Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter

Posted on

Empat Pilar –Tips, Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter. Apakah kalian berencana untuk memasang pagar besi dan ingin tahu tentang biaya per meter? Memahami cara menghitung harga pagar besi per meter (Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter) sangat penting sebelum kalian memulai proyek ini. Dalam panduan komprehensif ini, kami akan membimbing kalian melalui langkah-langkah untuk menentukan biaya secara akurat, memberikan wawasan dan tips berharga sepanjang jalan.

Pagar Besi Adalah?

Pagar besi adalah penghalang yang terbuat dari logam besi. Ini dapat terbuat dari besi tempa, yang memiliki sifat keuletan dan daya tahan yang tinggi serta dapat dibentuk secara rumit saat dalam keadaan panas, atau besi tuang yang lebih ekonomis, namun memiliki keuletan yang lebih rendah dan mudah retak. Meskipun besi tuang juga dapat membentuk struktur yang rumit, prosesnya melibatkan cetakan pasir yang padat sebagai alat pembentukan, bukan palu, yang dapat merusak besi dengan mudah.

Manfaat Pagar Rumah

Berikut ini adalah lima manfaat dari pemilihan pagar rumah yang dapat kalian nikmati:

1. Manfaat sebagai Batas Properti

Pagar berperan penting dalam administrasi pertanahan, menghindari sengketa di masa depan, serta menandai kepemilikan tanah atau lahan. Pagar tidak selalu harus tinggi; mereka cukup berfungsi sebagai pembatas area dan masih memungkinkan akses lalu lintas antara kedua sisi.

2. Manfaat sebagai Perlindungan

Pagar memberikan perlindungan dari berbagai bahaya eksternal, seperti binatang buas, tindakan kriminal, dan menjaga keamanan properti. Di daerah dengan tingkat kriminalitas tinggi, rumah-rumah biasanya dilengkapi dengan pagar tinggi yang memiliki ujung runcing di bagian atasnya.

3. Manfaat sebagai Penghalang Pandangan

Banyak pagar dilengkapi dengan penghalang pandangan, seperti lembaran PVC atau papan kayu yang dipasang pada rangka besi atau tembok. Fungsi ini menjaga privasi dengan mencegah orang di luar pagar melihat ke dalam area tersebut.

4. Manfaat sebagai Penghalang Lalu Lintas

Pagar dengan fungsi ini biasanya tinggi dan mencegah orang atau binatang yang tidak diinginkan melintas. Mereka digunakan untuk membatasi dan melindungi properti yang penting atau kurang terawasi oleh pemiliknya. Pagar semacam ini sering ditemukan di properti milik pemerintah atau badan-badan di bawahnya, dengan lalu lintas terpusat melalui pintu masuk atau keluar.

5. Manfaat sebagai Fungsi Estetika

Meskipun sering terlupakan, pagar juga memiliki peran estetika yang penting. Mereka bisa dihiasi dengan ornamen yang mempercantik tampilan rumah atau memiliki desain yang elegan, memberikan sentuhan estetis pada lingkungan tempat tinggal kalian.

Rumus Menghitung Harga Pagar Besi

Sebelum kita membahas lebih lanjut cara menghitung harga pagar besi per meter, kita perlu memahami rumus perhitungannya terlebih dahulu.

Penting untuk dicatat bahwa banyak orang memilih menggunakan besi Hollow sebagai bahan utama untuk membuat pagar besi. Hal ini tidak tanpa alasan, karena HARGA BESI HOLLOW umumnya lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan sejenisnya. Berikut adalah rumus perhitungan harga pagar besi per meter:

  • Volume pagar besi : Panjang x Tinggi
  • Harga pagar besi : Volume x Harga satuan

Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter

Setelah mengetahui rumus harga pagar besi per meter, langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan praktisnya. Misalnya, jika kalian ingin membuat pagar besi untuk rumah dengan panjang 3.3 meter dan tinggi 1.5 meter, berikut adalah cara menghitung harga pagar besi per meter perseginya:

1. Menghitung Volume Pagar Besi

Langkah pertama adalah mencari volume atau luas pagar besi dengan menggunakan rumus berikut:

Baca Juga :  Apa itu Atap Polycarbonate? Pengertian dan Jenisnya Lengkap

  • Volume pagar besi = Panjang x Tinggi
  • Volume pagar besi = 3.3 m x 1.5 m = 4.95 m2

Dengan demikian, luas pagar besi dengan panjang 3.3 meter dan tinggi 1.5 meter adalah 4.95 meter persegi.

2. Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter

Selanjutnya, carilah harga pagar besi per meter yang terbaru di pasaran. Kalian bisa mengunjungi penyedia jasa pembuatan pagar besi atau bertanya kepada tetangga yang sudah pernah membuat pagar besi di rumahnya. Misalkan harga pagar besi per meter di bengkel atau tukang las sekitar Rp 450.000 per meter persegi, maka total biaya yang dibutuhkan untuk membuat pagar besi adalah sebagai berikut:

  • Harga pagar besi = Volume x Harga satuan
  • Harga pagar besi = 4.95 m2 x Rp 450.000 = Rp 2.227.500

Jadi, total biaya untuk membuat pagar besi dengan panjang 3.3 meter dan tinggi 1.5 meter adalah sekitar Rp 2.227.500.

3. Menghitung Biaya Lainnya

Selain biaya pembelian material pagar besi, kalian juga perlu menghitung biaya lain-lain agar dapat merencanakan anggaran pembangunan dengan tepat. Beberapa biaya lainnya termasuk:

  • Biaya kawat las dan cat besi: Rp 500.000
  • Harga borongan atau ongkos tukang las: Rp 125.000
  • Biaya tambahan: Rp 100.000

Total biaya lainnya adalah Rp 725.000.

Jadi, jika kalian menjumlahkan semua perhitungan di atas, total biaya yang diperlukan untuk membuat pagar besi dengan ukuran panjang 3.3 meter dan tinggi 1.5 meter adalah sekitar Rp 2.227.500 (harga pagar besi) + Rp 725.000 (biaya lainnya) = Rp 2.952.500. Biaya tersebut mencakup pembelian material pagar besi per meter dan biaya jasa tukang las pemasangan.

Tips Memilih Pagar Besi Rumah

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung harga pagar besi per meter untuk rumah minimalis. Agar mendapatkan material pagar besi berkualitas, alangkah baiknya ikuti beberapa tips memilihnya berikut ini :

1. Prioritaskan Kualitas Meskipun Harganya Lebih Tinggi

Salah satu hal terpenting ketika memilih pagar besi adalah memastikan bahwa kalian menggunakan material berkualitas. Meskipun harga material yang berkualitas cenderung lebih tinggi, investasi ini sepadan dengan keamanan dan tampilan estetis yang lebih baik. Pagar besi yang kuat dan tahan lama akan melindungi rumah kalian dalam jangka panjang dan mengurangi biaya perawatan.

2. Sesuaikan Warna dengan Konsep Hunian

Pemilihan warna pagar besi juga sangat penting. Pastikan untuk memilih warna yang cocok dengan konsep atau gaya arsitektur rumah kalian. Ini akan memberikan tampilan yang seimbang dan harmonis pada keseluruhan tampilan rumah kalian. Kalian dapat memilih antara warna-warna netral atau bahkan mencari opsi pengecatan kustom jika sesuai dengan selera kalian.

3. Manfaatkan Pencahayaan Lampu Sorot

Pencahayaan di sekitar pagar besi bisa menjadi elemen yang menarik dan praktis. Kalian dapat memasang lampu sorot di sekitar pagar besi untuk meningkatkan keamanan dan juga memberikan efek visual yang menarik pada malam hari. Ini juga akan memberikan rumah kalian tampilan yang lebih dramatis dan indah saat malam tiba.

4. Gunakan Kombinasi Material

Untuk mencapai tampilan yang unik dan menarik, pertimbangkan untuk menggunakan kombinasi material pada pagar besi kalian. Misalnya, kalian bisa menggabungkan besi dengan kayu atau kaca untuk menciptakan tampilan yang lebih beragam dan menarik. Kombinasi material ini juga dapat memberikan sentuhan kreatif yang membedakan rumah kalian dari yang lain.

5. Utamakan Faktor Keamanan Rumah

Keamanan rumah harus selalu menjadi prioritas utama. Pastikan bahwa pagar besi yang kalian pilih memiliki desain yang kuat dan tahan lama. Kalian juga bisa menambahkan sistem keamanan tambahan seperti kunci yang aman atau alarm untuk melindungi rumah kalian dengan lebih baik. Pagar besi yang kokoh dan berkualitas tinggi akan menjadi lapisan pertahanan pertama yang efektif.

Penutup

Dalam penutup artikel ini, empatpilar.com telah membahas cara menghitung harga pagar besi per meter dengan langkah-langkah yang sederhana namun informatif. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam menentukan estimasi biaya untuk proyek pagar besi kalian.

Baca Juga :  Harga Teralis Jendela per Meter : Semua Model Terbaru

Ingatlah bahwa harga pagar besi per meter dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis besi yang digunakan, desain pagar, dan lokasi kalian. Oleh karena itu, selalu bijaksana untuk meminta penawaran dari beberapa penyedia material atau produsen pagar besi untuk mendapatkan harga yang paling akurat sesuai dengan kebutuhan kalian.

Semoga artikel ini berguna bagi kalian dan proyek pagar besi kalian berjalan lancar sesuai dengan anggaran yang telah kalian tentukan. Terima kasih telah membaca, dan semoga sukses dalam mewujudkan pagar besi impian kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *