Kelebihan dan Kekurangan Android TV Box

Pengertian Serta, Kelebihan dan Kekurangan Android TV Box Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Pengertian Serta, Kelebihan dan Kekurangan Android TV Box Lengkap. Apakah Kalian bosan dengan tampilan TV Kalian yang monoton dan ingin mencoba sesuatu yang baru? Salah satu solusinya adalah Android TV Box.

Namun, sebelum Kalian memutuskan untuk membeli Android TV Box, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam kelebihan dan kekurangan Android TV Box, serta membantu Kalian memutuskan apakah perangkat ini cocok untuk kebutuhan Kalian.

Mengenal Android TV Box

Android TV adalah sebuah gadget yang dapat mengubah fungsi TV biasa menjadi Smart TV berbasis Android.

Dengan Android TV, pengguna dapat menjalankan aplikasi Android pada TV mereka dan melakukan unduhan langsung melalui TV tersebut.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, yaitu dengan menghubungkan perangkat TV Box ke TV melalui kabel HDMI. Kemudian, pengguna dapat mengoperasikannya dengan remote yang disediakan oleh Android TV Box.

Fungsi Android TV Box

Sebelum mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Android TV Box, adanya teknologi Android TV Box tentu memiliki berbagai fungsi yang bermanfaat untuk penggunanya.

Berikut ini Fungsi Android TV Box yang bisa Kalian manfaatkan :

1. Nonton

Dalam perkembangan internet yang semakin maju saat ini, banyak masyarakat yang lebih memanfaatkan koneksi internet untuk menikmati tontonan yang lebih berkualitas untuk keluarga mereka.

Dengan keberadaan Android TV Box, pengguna dapat mengganti tayangan televisi konvensional yang disiarkan melalui antena TV dengan mudah.

Pengguna dapat langsung melakukan video streaming, dan bahkan sudah ada banyak aplikasi Android yang menyediakan tayangan video dan live streaming.

Selain itu, dengan Android TV Box, pengguna juga dapat dengan mudah melihat tayangan yang telah diunduh sebelumnya menggunakan hardisk, USB atau SD card.

2. Browsing

Tidak hanya digunakan untuk menonton, Android TV juga memungkinkan pengguna untuk melakukan browsing langsung melalui TV, sehingga kegiatan browsing menjadi lebih menyenangkan.

Bersama keluarga atau teman, pengguna dapat browsing bersama-sama di depan TV dan sofa yang nyaman. Terdapat banyak layanan browser yang dapat digunakan.

3. Bermain game

Smartphone atau gadget yang dimiliki pengguna dapat digunakan untuk bermain game. Namun, layar pada smartphone masih terbatas sehingga kurang memuaskan saat digunakan untuk bermain game.

Oleh karena itu, Android TV Box dapat menjadi alternatif untuk bermain game. Game Android dapat dimainkan dengan leluasa pada layar TV yang lebih besar.

Bahkan, pengguna dapat menambahkan gamepad untuk pengalaman bermain game yang lebih baik jika diperlukan.

4. Video call atau chatting

Android TV Box juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan chatting atau video call.

Pengguna akan merasa lebih nyaman menggunakan TV dalam melakukan chatting atau video call dengan sahabat atau keluarga dibandingkan dengan menggunakan smartphone atau tablet.
Terlebih lagi saat ada acara keluarga atau reuni teman di mana salah satu anggota tidak dapat hadir, menggunakan layar yang lebih besar akan lebih menyenangkan dan memberikan rasa kedekatan yang lebih.

5. Mirorscreen atau cast screen

Android TV Box juga dapat dimanfaatkan untuk presentasi dengan layar yang lebih besar. Layar kecil pada smartphone pengguna dapat menjadi lebih besar dengan menggunakan aplikasi castscreen yang tersedia pada Android.

Dengan begitu, pengguna dapat dengan leluasa menjelaskan ide-ide presentasi yang diinginkan.

6. SD Card atau Slot USB

Android TV Box dilengkapi dengan slot flashdisk dan SD Card sehingga pengguna dapat menyimpan dan membuka data pada layar TV yang lebih besar dengan menggunakan Android TV Box. Selain itu, beberapa merek juga menyediakan slot Sata yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna.

Baca Juga :  Apa Itu RPC dan Cara Kerja : Kelebihan, Kekurangan dan Jenisnya

Kelebihan Android TV Box

Kelebihan dan Kekurangan Android TV Box, setiap pemilik TV LED ingin merasakan kecanggihan fitur dari produk pintar tanpa ganti unit lama. Ternyata, tersedia opsi ideal untuk mewujudkan hal itu melalui unit TV Box yang portabel.

Berikut adalah beberapa kelebihan Android TV Box yang perlu diketahui:

1. Upgrade TV LED

Android TV Box merupakan sebuah gadget portabel yang dapat mengubah unit TV LED biasa menjadi Smart TV. Dengan Android TV Box, pengguna dapat memasang aplikasi, game, dan terhubung ke jaringan internet.

Android TV Box mampu mengupgrade fitur unit TV LED biasa sehingga memiliki sistem operasi dan komponen tersendiri seperti CPU, RAM, dan Internal Storage.

2. Harga Murah

Membeli Smart TV baru untuk menggantikan unit TV LED biasa membutuhkan modal yang cukup besar. Oleh karena itu, sebagian besar orang memilih opsi lain dengan mengupgrade fitur secara terpisah.

Mereka cenderung membeli Android TV Box yang jauh lebih murah, simpel, dan cukup canggih. Tersedia beragam merek dengan spesifikasi dan harga yang berbeda tergantung pada fitur yang disediakan.

3. Fitur Lengkap

Android TV Box memiliki kumpulan fitur canggih yang lengkap seperti Smart TV. Beberapa fungsi utama yang dapat dirasakan antara lain:

  • Streaming – Menonton beragam konten multimedia melalui layanan streaming video.
  • Browsing – Menjelajahi dunia maya menggunakan berbagai aplikasi browser populer.
  • Gaming – Tersedia beragam game menarik yang terbagi dalam beberapa genre baik offline maupun online.
  • Video Call – Dapat menjalankan aplikasi video call dan instant messaging sesuai keinginan.
  • Screen Mirror – Mendukung fitur berbagi layar dari smartphone agar muncul di televisi.
  • Wireless – Dapat terhubung ke jaringan internet dengan memanfaatkan koneksi WiFi.

4. Instalasi Mudah

Proses instalasi Android TV Box terbilang simpel dan mudah sehingga ramah bagi pemula. Informasi mengenai metode pemasangan sesuai prosedur tertera jelas dalam buku manual.

Secara umum, pengguna hanya perlu menghubungkan kabel HDMI ke unit TV LED yang tersedia. Setelah itu, menghidupkan kedua perangkat tersebut dan langsung merasakan keseruan multimedia.

Kekurangan Android TV Box

Kelebihan dan Kekurangan Android TV Box, membahas kelebihan Android TV Box tidak akan cukup dalam satu pembahasan singkat saja karena terdapat banyak fitur yang dapat dieksplorasi sendiri dan dirasakan kecanggihannya.
Namun, Android TV Box juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebagai bahan analisis dan pertimbangan sebelum melakukan pembelian unit.

Inilah beberapa kekurangan dari Android TV Box:

1. Kualitas Tergantung Spesifikasi

Merek dan tipe Android TV Box memiliki rentang harga yang berbeda-beda dan tergantung pada spesifikasinya, seperti kecepatan CPU, kapasitas RAM, dan penyimpanan internal.
Kualitas dan kenyamanan operasional Android TV Box juga dipengaruhi oleh spesifikasi tersebut.

Oleh karena itu, pastikan memilih perangkat dengan RAM minimal 4 GB agar lebih nyaman.

2. Membutuhkan Jaringan Internet

Sebagian besar fitur pada Android TV Box membutuhkan koneksi jaringan internet untuk dapat berfungsi. Konsumsi paket data juga relatif besar karena resolusi konten yang diakses.

Namun, ada juga sebagian game offline yang dapat dimainkan tanpa koneksi internet. Oleh karena itu, terdapat ketergantungan pada jaringan WiFi seperti halnya penggunaan unit Smart TV pada umumnya.

Daftar Harga Android Tv Box Terbaru

Berikut kami rekomendasikan Daftar Harga Android Tv Box Terbaru, bisa dijadikan sebagai bahan referensi kalian :

Harga TV Box Android MXQ-PRO 4K Smart TV Box Android media player garansiRp185,920
Harga ANDROID TV BOX 4K ACCESSGO PRIMA RAM 2GB & ROM 16GBRp180,000
Harga Android TV Box MXQ Pro 5G Support 4K Full HD - 2GB/16GBRp192,000
Harga Vision+ TV Android Tv Box by MNC Play GRATIS TV NASIONAL SEUMUR HIDUPRp469,000
Harga Android TV BOX MXQ-Pro 4K Smart TV Box GARANSI Media Player | MXQ PRORp171,200
Harga X96Q TV Box Android 10 2GB 16GB Allwinner H313 Quad Core 4K 2.4G WifiRp320,000
Harga Android TV Box 2GB/16GB. 4KRp195,500
Harga TV Box 4K Android H96 MAX 4GB 64GB 32GB 16GB Bluetooth Mira Dual WifiRp345,000
Harga tv android box polytron ram 3gb/32gb 4k PDB F1 original garansi resmiRp399,000
Harga Advance ATB01 Android TV Box Mxq Pro 4K Support Wifi 2+16Gb TV BOXRp285,000
Baca Juga :  Mengenal Fitur Baru DNS Chrome : Pahami Pengertiannya

Penutup

Dalam memutuskan apakah Android TV Box cocok untuk Kalian, perlu untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya dan juga mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran Kalian.

Meskipun ada kekurangan dalam penggunaan Android TV Box, dengan pemilihan yang tepat dan pemeliharaan yang baik, perangkat ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna TV yang ingin menikmati berbagai konten multimedia dengan mudah.

Demikian yang bisa empatpilar.com ulas buat kalian mengenai Kelebihan dan Kekurangan Android TV Box. Semoga bermanfaat Kata Pencarian TerpopulerDAFTAR TV BOX YANG DIPAKAI PROVIDER INTERNET,https://www empatpilar com/kelebihan-dan-kekurangan-android-tv-box/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *