Cara Mengobati Biduran

Cara Mengobati Biduran Secara Alami dan Mudah

Posted on

Empat Pilar – Cara Mengobati Biduran, Biduran adalah masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara mudah dan alami untuk mengatasinya? Tanpa harus bergantung pada obat-obatan kimia, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mengobati biduran secara alami dan mudah.

A. Pengertian Biduran

Biduran adalah reaksi kulit yang ditandai dengan munculnya benjolan kemerahan dan gatal. Ini juga dikenal sebagai urtikaria dan bisa muncul di seluruh tubuh secara tiba-tiba. Meskipun tidak membahayakan, biduran dapat menimbulkan ketidaknyamanan saat tidur atau sepanjang hari karena sensasi gatal. Biduran lebih sering terjadi pada wanita daripada pria dan bisa terjadi pada pasien berapapun.

Pada beberapa kasus, masalah pada kulit ini juga bisa terjadi atau menjadi bagian dari gejala anafilaksis, yaitu reaksi alergi yang parah dan terjadi secara tiba-tiba hingga bisa menyebabkan kematian. Kondisi ini dianggap sebagai keadaan darurat karena beberapa gejalanya yang ekstrem. Berikut ini adalah gejala-gejala anafilaksis lainnya:

Pembengkakan pada kelopak mata, bibir, tangan dan kaki.
Sesak napas yang disebabkan oleh penyempitan saluran udara.
Sakit perut dan muntah-muntah.

B. Penyebab Biduran

Secara umum, penyebab biduran adalah tingginya histamin yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh. Histamin tersebut dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh dan membuat pembuluh darah melebar.

Berikut adalah beberapa faktor risiko yang dapat memicu terjadinya biduran:

  1. Konsumsi makanan alergen, seperti seafood, telur, kacang-kacangan, dll.
  2. Kontak langsung dengan bahan alergen seperti bulu binatang, lateks, dll.
  3. Efek samping dari obat-obatan tertentu.
  4. Gigitan serangga.
  5. Mengidap lupus atau penyakit autoimun.
  6. Stres.
  7. Paparan bahan kimia.

C. Gejala Biduran

Cara Mengobati Biduran, Ketika terkena biduran ruam akan muncul pada kulit dan merasa gatal, bahkan terasa perih atau sakit. Ruam bisa muncul di bagian tubuh apa saja seperti perut, punggung, bokong, dada, lengan, dan kaki. Gejala biduran bisa bertahan beberapa jam hingga beberapa hari. Biduran yang terjadi kurang dari enam minggu disebut biduran akut atau jangka pendek.

Namun, ada juga kasus urtikaria yang bertahan lebih dari enam minggu atau bersifat kambuhan selama beberapa bulan atau bahkan tahun. Kondisi yang disebut biduran jangka panjang (kronis) ini merupakan kondisi yang jarang terjadi.

Biduran kronis bisa diartikan sebagai pertanda dari penyakit lain yang sedang diderita. Misalnya karena penyakit tiroid, diabetes tipe 1 atau lupus. Pada kebanyakan kasus biduran, penyakit ini sering terjadi pada anak-anak dan wanita pada usia 30 sampai 60 tahun. Selain itu, orang yang memiliki alergi juga lebih berisiko untuk mengalaminya.

D. Cara Mengobati Biduran Secara Alami dan Mudah

Cara mengatasi biduran secara alami membutuhkan kondisi tubuh yang tetap dingin. Panas dan kelelahan bisa memperburuk gejala gatal yang terjadi pada biduran. Oleh karena itu, selalu pastikan suhu ruangan tetap sejuk dan nyaman. Penderita juga harus membatasi waktu duduk terlalu lama di bawah pengaruh sinar matahari secara langsung.

1. Gunakan kompres dingin

Menurut Healthline, cara praktis mengatasi biduran ringan di rumah adalah dengan menggunakan kompres dingin. Kompres dingin dapat membantu meredakan iritasi kulit.

Untuk menggunakan kompres dingin pada biduran, siapkan es batu yang dibungkus handuk, lalu oleskan ke area biduran selama 10 menit.

Baca Juga :  Perbedaan Deterjen Bayi dan Deterjen Biasa : Ketahui Secara Lengkap

2. Mandi dengan bahan penghilang gatal

Cara lain menghilangkan biduran secara alami adalah dengan mandi menggunakan produk khusus untuk mengurangi gatal.

Bahan seperti oatmeal koloid dan soda kue bisa digunakan sebagai campuran air mandi untuk mengurangi gatal biduran. Sebelum menggunakan produk tertentu, ujicobah terlebih dahulu pada bagian kulit lain. Jika tidak ada reaksi alergi, berarti produk tersebut aman digunakan.

3. Hindari produk yang mengiritasi kulit

Cara praktis untuk mengobati biduran dan mencegah kambuhnya adalah dengan menghindari pemicu alergi dan menghindari produk yang memicu iritasi. Beberapa jenis sabun yang membuat kulit kering dapat memperparah gatal pada saat serangan biduran. Pastikan untuk menggunakan sabun khusus untuk kulit sensitif dan bebas dari pewangi dan bahan kimia berbahaya.

Penderita biduran juga harus memilih pelembab dan lotion dengan cermat. Pilih yang aman untuk kulit sensitif dan gunakan pelembab setelah mandi untuk mencegah kulit kering.

4. Jaga suhu tubuh tetap dingin

Untuk menghilangkan biduran secara alami, kondisi tubuh harus tetap dingin. Panas dan kelelahan dapat memperparah gatal pada saat serangan biduran. Oleh karena itu, pastikan suhu di rumah tetap sejuk dan nyaman. Penderita juga harus meminimalisir duduk terlalu lama di bawah sinar matahari langsung.

5. Gunakan obat biduran alami

Jika berbagai cara mengatasi biduran secara alami tidak memberikan hasil, maka saatnya untuk mencoba obat biduran alami.

Penderita biduran bisa menggunakan krim yang mengandung witch hazel. Tanin dalam witch hazel dapat membantu meredakan iritasi. Selain witch hazel, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai obat biduran alami.

Formula yang terkandung dalam lidah buaya dapat bertindak sebagai agen anti-inflamasi untuk mengatasi masalah kulit.

Walaupun produk alami umumnya memiliki efek samping yang minim, sebelum menggunakan obat biduran alami, Anda harus mengujinya pada bagian kulit lain untuk melihat apakah ada reaksi alergi.

6. Pakai losion obat biduran

Cara mengobati biduran juga dapat menggunakan krim atau losion obat biduran yang dijual di apotek dan tokok obat. Beberapa jenis obat biduran dalam bentuk losion yang dijual secara bebas antara lain kalamin. Sebelum mengoleskan losion obat biduran, pastikan Anda membersihkan bagian tubuh yang biduran sampai bersih. Setelah dioleskan, tunggu krim sampai besar-benar kering.

7. Minum obat biduran

Jika berbagai cara untuk mengatasi biduran yang telah dicoba belum memberikan hasil, saatnya berkonsultasi dengan dokter.

Dokter akan membantu mengidentifikasi penyebab biduran dan memberikan obat yang sesuai sesuai dengan tingkat keparahan penyakit dan kondisi kesehatan penderita. Obat-obat biduran yang biasanya diresepkan adalah antihistamin, kortikosteroid, atau antibiotik. Ini perlu diawasi oleh dokter karena memiliki efek samping dan harus mempertimbangkan kondisi fisik penderita.

Penutup

Dengan memahami cara mengobati biduran secara alami dan mudah, kini Anda dapat mengatasi masalah ini tanpa harus membeli obat-obatan mahal.

Cara-cara di atas, seperti menghindari pemicu alergi, jaga kondisi tubuh tetap dingin, dan gunakan obat alami, merupakan solusi yang bisa diterapkan dengan mudah.

Namun, jika berbagai cara ini sudah dicoba namun belum memberikan hasil, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk memperoleh solusi yang lebih tepat.

Jangan biarkan masalah biduran membebani hidup Anda, cobalah cara mengobati biduran secara alami dan mudah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *