Cara Pasang Bracket TV

9 Cara Pasang Bracket TV di Rumah : Langkah Sederhana

Posted on

Empat Pilar – 8 Cara Pasang Bracket TV di Rumah : Langkah Sederhana. Banyak orang yang saat ini lebih memilih menonton televisi dengan menggunakan bracket TV yang dipasang di dinding. Selain membuat ruangan lebih rapi dan bersih, cara pasang bracket TV di rumah juga membuat pengalaman menonton televisi menjadi lebih nyaman.

Namun, banyak orang yang masih bingung dengan cara pasang bracket TV di rumah yang tepat dan aman. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan secara detail tentang cara pasang bracket TV di rumah yang mudah dan aman untuk diikuti.

Apa itu bracket TV?

Cara Pasang Bracket TV

Izinkan saya menjelaskan tentang bracket TV. Bracket TV adalah alat yang digunakan untuk menopang monitor atau TV, baik itu di meja, dinding, atau bahkan di plafon.

Dengan menggunakan bracket, Anda dapat menempatkan TV di mana saja yang Anda inginkan.

Tidak hanya itu, ada juga bracket TV yang dilengkapi dengan pengaturan dan fleksibilitas yang tinggi. Dengan ini, Anda dapat menyesuaikan posisi dan kemiringan TV sesuai dengan kenyamanan Anda saat menonton.

Namun, Anda harus mempertimbangkan jenis, ukuran, bobot TV, dan faktor lainnya ketika memilih bracket TV. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membaca tips memilih bracket TV yang telah kami sediakan.

Memasang Bracket TV

Sebenarnya, cara memasang bracket TV pada dinding merupakan pekerjaan yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan mengikuti petunjuk yang ada pada buku panduan. Berikut ini adalah panduan dasar dan singkat sebelum Cara Pasang Bracket TV:

1. Peralatan Pemasangan

Untuk memasang bracket, siapkan alat-alat berikut:

  • Alat ukur atau meteran
  • Obeng
  • Kunci inggris
  • Bor listrik
  • Palu
  • Pensil

2. Keamanan

Pastikan keamanan dengan memeriksa dinding yang akan dibor atau dipasangi bracket. Pastikan tidak ada kabel listrik atau besi beton yang tertanam di dinding. Jika dinding terbuat dari papan gypsum, pastikan terdapat penyangga kayu di belakang gypsum pada titik yang akan dibor agar kuat dan bisa menahan berat TV.

3. Tahap Pemasangan

Cara memasang bracket terdiri dari dua tahap dasar pekerjaan, yaitu:

  • Pertama, pasanglah piringan (wall plate) yang menempel pada dinding.
  • Kedua, pasanglah dua buah tiang bracket pada lubang belakang TV sehingga dapat disangga oleh piringan bracket.

Dengan mengikuti panduan ini, kalian dapat memasang bracket TV dengan mudah dan aman.

Manfaat Menggunakan Bracket TV

Sebelum ke langkah Cara Pasang Bracket TV, kalian akan mengetahui manfaat dari pengunaan bracket TV.  Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa Kalian dapatkan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Hemat Ruang

Jenis bracket TV bisa dipasang di ruangan yang sempit atau luas, namun Kalian harus memastikan jika ukuran TV sesuai dengan ruangan sebelum memasangnya.

Jika ruangan Kalian cukup terbatas, memasang TV pada daerah yang tepat dengan menggunakan bracket TV sangat disarankan karena akan menghemat ruang Kalian karena diletakkan di dinding sehingga ruangan akan menjadi lebih luas.

2. Membuat Kesan Ruangan Lebih Rapi

Memasang bracket TV pada bagian dinding rumah Kalian sebenarnya akan menambah kesan nilai dari rumah Kalian terlihat lebih minimalis dan tertata dengan sangat rapi.

Penempatan yang pas dan proporsional sesuai dengan kondisi ruangan Kalian akan membuat rumah semakin terasa lebih nyaman, terutama jika memiliki backdrop TV yang serasi sehingga membuat tampilannya semakin rapi dan indah.

3. Lebih Fleksibel

Bracket TV adalah salah satu alat yang bisa dipasang dan dicopot sesuai keinginan Kalian. Cara memasang bracket TV sendiri sangat mudah dan simpel, Kalian hanya memerlukan bor, baut, dan obeng.

Jika suatu saat Kalian ingin memindahkannya, maka Kalian bisa mencopot dan memasangnya kembali dengan mudah.

Baca Juga :  Perbedaan Mesin Cuci Otomatis Dan Manual Secara Lengkap

4. Aman dari Jangkauan Anak

Tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak dapat membuat orang tua menjadi khawatir saat berada di dekat benda yang tajam atau mudah pecah dan jatuh.

Oleh karena itu, menempatkan TV pada meja kadang membuat orang tua menjadi cemas.

Namun, dengan menggunakan bracket TV, setidaknya anak-anak tidak dapat menjangkaunya, sehingga membuat orang tua lebih tenang dan aman saat menonton TV.

Dengan banyaknya manfaat dan kelebihan dari penggunaan bracket TV, Kalian tidak perlu ragu lagi untuk memasangkannya pada TV LED Kalian.

Dibandingkan dengan menggunakan meja TV, penggunaan bracket dianggap lebih hemat dan aman.

Cara Pasang Bracket TV LED

Jika Kalian sudah yakin untuk memasang bracket TV LED maka Kalian bisa mengikuti beberapa cara pasang bracket TV yang sangat mudah ini. Proses pemasangannya juga sangat mudah tidak lebih dari 15 menit.

Begini Cara Pasang Bracket TV sendiri di rumah:

1. Siapkan Alat untuk Memasang Bracket TV

Sebelum memasang bracket untuk TV LED, ada baiknya Kalian mempersiapkan beberapa alat yang diperlukan, seperti kunci inggris, alat ukur atau meteran, obeng, bor listrik, palu, dan pensil.

Ini adalah beberapa hal yang Kalian butuhkan untuk memudahkan Kalian dalam memasang bracket TV sendiri.

2. Siapkan Baut

Satu hal yang penting saat memasang bracket TV adalah menggunakan baut yang sesuai. Kalian tidak bisa menggunakan ukuran baut yang sembarangan.

Penggunaan ukuran baut yang tepat akan berpengaruh pada kekuatan bracket. Baut yang sesuai membuat bracket lebih kokoh dan tidak mudah jatuh.

Berikut adalah beberapa jenis baut yang perlu disiapkan sesuai dengan ukuran TV yang Kalian miliki:

  • Baut kecil dan ring untuk ukuran TV 14″ hingga 22″.
  • Baut tanggung dan ring untuk ukuran TV 22″-24″.
  • Baut besar dan ring untuk ukuran TV 24″ hingga 32″.

Jika Kalian membeli bracket TV di pasaran, biasanya sudah disediakan baut dan ring yang sesuai dengan TV LED Kalian. Untuk jenis baut yang dipasangkan ke bracket pada dinding, biasanya menggunakan fischer atau topi baut.

Setelah alat dan baut sudah dipersiapkan, pastikan dinding yang akan dipasang bracket tidak tertanam kabel listrik atau pipa air.

Pastikan juga dinding Kalian kuat untuk dipasangkan bracket TV.

Jika dinding rumah terbuat dari gypsum, pastikan di belakang gypsum terdapat tiang penyangga seperti kayu atau baja ringan sehingga dinding lebih kuat menahan beban TV LED Kalian.

3. Ukur Ketinggian Dinding

Selanjutnya, ukur ketinggian dinding rumah Kalian. Pastikan ketinggian dinding yang akan dipasangkan bracket TV sesuai dengan ukuran TV LED Kalian.

Selain itu, perhatikan agar pemasangan bracket TV tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah sehingga Kalian bisa menonton TV dengan lebih nyaman.

4. TKaliani 4 Lubang

Setelah menemukan ketinggian yang tepat, tKaliani 4 lubang pada dinding yang nantinya akan dibor sebagai tempat pemasangan bracket. Kalian dapat menggunakan pensil untuk menKaliani lubang-lubang tersebut.

Untuk memastikan bracket tidak terpasang miring, Kalian bisa menggunakan bantuan waterpass.

5. Bor 4 Lubang

Jika tKalian 4 lubang sudah tepat, lanjutkan dengan memboring 4 titik yang telah ditKaliani dengan menggunakan mata bor yang sesuai dengan ukuran baut Kalian.

6. Masukkan Fischer

Selanjutnya, masukkan fischer pada 4 lubang dinding yang telah dibuat. Pasang piringan bracket dan masukkan ring terlebih dahulu sebelum memasukkan baut ke dalam fischer.

Kencangkan baut dengan menggunakan obeng. Pastikan bracket tidak bergoyang setelah dikencangkan agar mengurangi risiko TV Kalian jatuh.

7. Pasang 2 Tiang Bracket

Jika piringan bracket sudah terpasang dengan kokoh di dinding, selanjutnya Kalian harus memasang 2 tiang bracket dengan sejajar pada bagian lubang belakang TV (VESA).

Pastikan Kalian memasang dengan baut yang benar dan sesuai. Kencangkan baut dengan menggunakan kunci inggris hingga kuat dan tidak bergoyang.

8. Pasang TV

Langkah terakhir, pasangkan tiang bracket yang telah dipasangkan pada piringan bracket di dinding. Kalian bisa meminta bantuan teman atau keluarga di rumah agar pemasangan TV terpasang dengan aman dan tepat.

Jangan lupa kencangkan baut pada tiang bracket yang terletak di bagian bawah untuk menambah kekuatan agar bracket tidak goyang dan jatuh.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar dan hati-hati, Kalian dapat memasang bracket TV dengan mudah dan aman.

Baca Juga :  Ketahui, Cara Mematikan Timer AC Semua Merk : Panduan Mudah

Pastikan Kalian memilih baut dan alat yang tepat untuk memastikan kekuatan dan kenyamanan saat menonton TV.

Penutup

Dalam artikel ini, empatpilar.com telah membahas tentang cara pasang bracket TV di rumah. Dalam memasang bracket TV, Kalian perlu mempersiapkan alat dan baut yang tepat, memastikan keamanan dinding yang akan dipasangi bracket, serta mengikuti langkah-langkah pemasangan dengan hati-hati dan teliti.

Dengan memasang bracket TV, Kalian dapat menghemat ruang, membuat ruangan terlihat lebih rapi, lebih fleksibel, dan juga aman dari jangkauan anak-anak. Dengan mengikuti panduan yang kami berikan, Kalian bisa memasang bracket TV di rumah dengan mudah dan aman.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan dan kenyamanan saat menonton TV. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kalian yang ingin memasang bracket TV di rumah. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/cara-pasang-bracket-tv/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *