Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu : Cara Kerja & Komponennya

Empat Pilar – Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu : Cara Kerja & Komponennya. Kulkas adalah salah satu perangkat elektronik yang paling penting di rumah. Kulkas memungkinkan kita untuk menyimpan makanan dan minuman yang mudah rusak agar tetap segar lebih lama.

Namun, kulkas juga menggunakan banyak energi listrik, yang dapat meningkatkan biaya tagihan listrik bulanan kita.

Oleh karena itu, para produsen kulkas terus berusaha menciptakan teknologi yang dapat membantu pengguna menghemat energi listrik dan uang.

Salah satu teknologi terbaru yang dikembangkan oleh para produsen kulkas adalah kelistrikan kulkas 2 pintu. Sebelumnya kami sudah bahas mengenai Diagram Kulkas 2 Pintu, Nah dalam pertemuan ini, kita akan membahas tentang apa itu kelistrikan kulkas 2, bagaimana ia bekerja, dan bagaimana ia dapat membantu Anda menghemat energi listrik.

Pengertian Kulkas

Kulkas, lemari es, atau lemari pendingin adalah perangkat listrik rumah tangga yang menggunakan teknologi refrigerasi untuk membantu menjaga keawetan makanan.

Kulkas beroperasi dengan menggunakan pompa panas pengubah fase dalam sebuah siklus refrigerasi. Kulkas terdiri dari lemari pembeku, lemari pendingin, atau keduanya.

Sistem dua lemari ini diperkenalkan oleh General Electric pada tahun 1939. Beberapa kulkas saat ini dibagi menjadi empat ruang penyimpanan yang berbeda untuk berbagai jenis makanan:

  • -18 °C (-64.4 °F) (pembeku)
  • 0 °C (32 °F) (daging)
  • 4 °C (39.2 °F) (pendingin)
  • 10 °C (50 °F) (sayuran)

Kapasitas kulkas diukur dalam liter dan biasanya memiliki isi pembeku sekitar 100 liter dan pendingin sekitar 140 liter (namun dapat berbeda-beda).

Berikut Ini Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu dan Fungsi dari tiap Komponennya

Gambar Skema kelisttrikan kulkas 2 pintu

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

1. Skema Kompresor Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Kompresor merupakan sebuah tabung tertutup yang terletak di bagian belakang lemari es. Fungsinya adalah sebagai pompa listrik untuk menyedot dan mengalirkan gas freon atau refrigerant ke dalam pipa pendingin.

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

2. Skema PTC Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

PTC adalah jenis resistor yang nilai resistansinya berubah mengikuti perubahan suhu. Saat nilai resistansi PTC semakin panas, maka nilai resistansinya juga semakin tinggi.

PTC berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke kumparan bantu kompresor pada saat pertama kali lemari es dihidupkan dan kompresor mulai bekerja.

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

3. Skema Door Switch Freezer Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Saklar pintu freezer berfungsi untuk mensuplai listrik ke kipas evaporator. Jika pintu kotak freezer tidak ditutup dengan benar, maka sakelar ini tidak dapat menghubungkan dan memasok listrik.

Pastikan untuk menutup pintu freezer dengan benar setelah membukanya agar pendinginan berjalan dengan tepat.

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

4. Skema Overload Protektor Kelistrikan 2 Pintu

Komponen ini berfungsi untuk melindungi kompresor dari panas berlebihan. Ketika kompresor menghasilkan panas yang berlebihan, maka komponen ini akan secara otomatis mengaktifkan dan memutus arus listrik ke kompresor.

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

5. Skema Thermo Fuse Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Sekering thermo berfungsi untuk mencegah heater menghasilkan panas yang berlebihan. Batas suhu maksimum sekering termo adalah sekitar 72°C.

Ketika suhu pemanas melebihi angka ini, maka sekring akan terputus dan menghentikan arus listrik yang mengalir ke pemanas.

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

6. Skema Kipas Evaporator Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Kipas evaporator berfungsi untuk meniupkan udara dingin dari evaporator ke dalam lemari es, terutama di dalam kotak freezer.

Kipas evaporator biasanya hanya terdapat pada lemari es yang menggunakan sistem defrost, yaitu sistem untuk menghilangkan embun beku di dalam freezer.

Baca Juga :  Cara Menghubungkan HP Ke TV Dengan Kabel Data Termudah !!

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

7. Skema Lampu Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Lampu lemari es akan menyala saat pintu dibuka dan berfungsi untuk menerangi isi lemari es, memudahkan pengguna untuk mengambil makanan atau benda yang disimpan di dalamnya.

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

8. Skema Heater Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Heater atau elemen pemanas berfungsi untuk memanaskan suhu freezer dan mencegah munculnya bunga es. Kulkas 2 pintu memiliki dua pemanas untuk defrost dan sistem pemanas.

Pada lemari es 1 pintu, cara menghilangkan embun beku dilakukan secara manual dengan mematikan atau menaikkan suhu lemari es beberapa saat hingga es mencair.

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Cara Kerja Kulkas 2 Pintu

Setelah mengetahui Kelistrikan Kulkas 2 Pintu selanjutnya kalian akan mengetahui mengenai cara kerja kulkas 2 pintu. Pada awalnya, kulkas 2 pintu akan mengalirkan gas freon dari evaporator yang memiliki suhu dan tekanan rendah.

Prinsip kerja kulkas didasarkan pada hukum termodinamika II, di mana suhu panas di dalam kulkas akan mengalir ke evaporator yang memiliki suhu lebih rendah.

Saat mengalir ke evaporator, gas freon akan menyerap suhu panas tersebut dari pipa evaporator, sehingga freon yang tadinya cair akan berubah menjadi gas dengan suhu tinggi karena menyerap panas di dalam kulkas.

Kompresor akan menghisap gas freon yang telah berubah menjadi gas di dalam evaporator. Selanjutnya, kompresor akan meningkatkan tekanan gas freon sebelum mengalirkannya ke kondenser.

Di dalam kondenser, gas freon yang berbentuk gas dengan suhu dan tekanan yang tinggi akan didinginkan oleh jaringan pipa kondenser yang panjang dan berliku.

Kipas kondenser akan membantu proses pendinginan gas, sehingga suhu gas freon semakin menurun dan akhirnya berubah menjadi cairan.

Sebelum dialirkan kembali ke evaporator, freon yang bersuhu rendah dan bertekanan tinggi akan melewati katup ekspansi. Katup ekspansi akan menurunkan tekanan freon, sehingga freon yang keluar dari katup ekspansi berbentuk cair dengan tekanan rendah.

Gas freon akan terus beredar di dalam pipa evaporator selama proses pendinginan kulkas beroperasi. Itulah cara kerja kulkas 2 pintu yang dapat dijelaskan dengan tenang dan jelas.

Kelebihan Kulkas 2 Pintu

Kulkas 2 pintu adalah jenis kulkas yang diluncurkan setelah kulkas 1 pintu sudah dipasarkan. Tujuan diluncurkannya kulkas 2 pintu adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang membutuhkan kulkas dengan kapasitas yang lebih besar untuk menampung lebih banyak makanan dan minuman.

Kelebihan kulkas 2 pintu dibandingkan dengan kulkas 1 pintu adalah:

  • Kapasitas ruang penyimpanan lebih luas
  • Pintu untuk freezer dan refrigerator berbeda
  • Sistem defrost yang mampu mencegah munculnya bunga es
  • Efek pendinginan yang lebih besar
  • Suhu dingin di refrigerator relatif stabil saat freezer dibuka.

Itulah beberapa kelebihan kulkas 2 pintu yang bisa dijelaskan secara tenang dan jelas.

Fungsi Komponen Pada Kulkas

Dalam proses pendinginan dan cara kerja kulkas 2 pintu, terdapat beberapa komponen kulkas yang saling bekerja sama untuk menghisap panas pada kulkas dan mendinginkan isi kulkas dengan cepat. Berikut adalah fungsi dari tiap-tiap komponen pada kulkas:

Kondensor, berguna untuk menukar panas pada proses perubahan fasa gas refrigerant menjadi cairan sebelum masuk ke dalam kulkas.

Kompresor, berfungsi memompa cairan pendingin atau freon ke semua bagian kulkas.

Filter, berguna untuk menyaring kotoran pada kulkas yang terbawa saat proses sirkulasi pendinginan berlangsung.

Thermostat, berguna dalam mengatur kinerja kompresor berdasarkan batas temperatur yang ada di setiap komponen kulkas. Komponen ini bertanggung jawab untuk mengatur temperatur di dalam kulkas agar sesuai dengan keinginan.

Heater, dapat mencairkan bunga es yang terbentuk pada evaporator. Beberapa tipe kulkas modern dilengkapi dengan Heater untuk mempermudah proses pencairan bunga es di dalam freezer.

Refrigeran atau freon, adalah zat yang mempunyai titik didih rendah dan berguna untuk menarik kalor dari bagian dalam kulkas.

Overload Motor Protector, berguna untuk melindungi komponen kulkas dari kerusakan yang disebabkan oleh lonjakan listrik yang berlebih.

Kipas atau Fan motor, berguna untuk menghembuskan udara dingin dari evaporator menuju seluruh komponen kulkas.

Demikianlah fungsi dari setiap komponen pada kulkas yang bisa dijelaskan dengan tenang dan jelas.

Baca Juga :  Diagram Kulkas 2 Pintu Yang Mudah di Pahami : Penjelasan Rinci

Penutup

Demikianlah pembahasan dari empatpilar.com tentang skema kelistrikan kulkas 2 pintu yang dapat dijelaskan. Dengan memahami skema ini, diharapkan dapat membantu dalam melakukan perbaikan atau pemeliharaan pada kulkas 2 pintu.

Namun, perlu diingat bahwa jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup, sebaiknya serahkan perbaikan pada teknisi yang berpengalaman.

Karena kesalahan dalam melakukan perbaikan dapat membahayakan keselamatan dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada kulkas. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Empat Pilar
administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu : Cara Kerja & Komponennya yang dipublish pada March 7, 2023 di website Empat Pilar

Artikel Terkait

Leave a Comment