Cat Minyak untuk Tembok

10 Rekomendasi Cat Minyak untuk Tembok Terbaik Saat Ini

Posted on

Empat Pilar – 10 Rekomendasi Cat Minyak untuk Tembok Terbaik Saat Ini. Dapatkan panduan lengkap untuk memilih cat minyak terbaik untuk tembok kalian. Temukan rekomendasi cat berkualitas tinggi untuk hasil tahan lama dan indah. Tidak ada yang lebih menyegarkan daripada melihat tembok rumah yang baru dicat dengan warna yang cerah dan menawan.

Namun, pemilihan cat yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan hasil yang tahan lama dan estetis yang memukau. Dalam artikel ini, kami akan memberikan kalian panduan komprehensif mengenai rekomendasi cat minyak untuk tembok, memandu kalian melalui pemilihan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan kalian.

Cat Minyak Adalah

Cat minyak merupakan jenis cat yang terbuat dari partikel-partikel pigmen warna yang terikat dengan media pengikat berupa minyak, seperti minyak linen atau minyak papaver dalam bentuk pasta. Campuran cat ini dapat diencerkan dengan terpentin dan minyak linen. Penggunaan cat minyak telah dimulai sejak abad ke-13 di Inggris, awalnya untuk dekorasi sederhana dan baru pada abad ke-15 mulai digunakan untuk tujuan artistik.

Saat ini, cat minyak sering digunakan untuk keperluan domestik karena ketahanan dan warnanya yang cerah, cocok digunakan baik di eksterior maupun interior. Sifat lambat pengeringan cat minyak sudah dikenal sejak zaman pelukis awal, dan kendala dalam mendapatkan serta mengaplikasikannya membuat penggunaannya terbatas. Namun, dengan meningkatnya minat dalam aliran realisme, cat tempera yang cepat kering menjadi kurang sesuai.

Meskipun cat minyak biasanya dihubungkan dengan seni lukis, penggunaannya tidak terbatas pada kanvas untuk membuat lukisan. Cat ini juga dapat diaplikasikan pada tembok dan kayu di dalam ruangan, memberikan hasil yang menakjubkan. Sesuai dengan namanya, cat ini memiliki dasar bahan minyak, namun hasil akhirnya sangat mengesankan.

Rekomendasi Merk Cat Minyak untuk Tembok

Ada banyak sekali Cat Minyak untuk Tembok yang bisa dibeli, termasuk dengan harga yang sangat murah. Tapi jika ingin mendapat kualitas terbaik, beberapa merk Cat Minyak untuk Tembok yang paling banyak direkomendasikan adalah berikut ini:

1. Dulux Catylac

Salah satu yang terkemuka dalam daftar merek cat tembok berkualitas adalah Dulux Catylac Interior!

Teknologi Chroma-Brite melengkapi cat tembok Dulux ini, sementara bahan merkurinya dihilangkan sepenuhnya, menjadikannya pilihan ramah lingkungan di rumah.

Tak hanya itu, aroma dari Dulux Catylac juga lebih ringan, sehingga setelah diaplikasikan pada dinding, kamu tak akan terganggu oleh bau cat yang mengganggu!

  • Kisaran Harga: Rp110.000 – Rp327.000
  • Ukuran: 5 kg

2. Nippon Paint

Merek cat tembok terbaik berikutnya adalah Nippon Paint. Cat tembok asal Jepang ini diformulasikan untuk mengurangi kadar Senyawa Organik Volatile (VOC) hingga hampir mencapai nol!

Dengan Nippon Paint, kamu bisa mendapatkan hasil luar biasa tanpa mengorbankan kualitas udara di sekitar. Selain itu, penggunaan cat Nippon Paint juga tak akan menghasilkan aroma cat yang mengganggu selama maupun setelah proses pengecatan. Dan yang tak kalah penting, kualitasnya yang tahan lama tak perlu diragukan lagi.

  • Kisaran Harga: Rp70.000 – Rp325.000
  • Ukuran: 5 kg

3. Avitex

Cat tembok Avitex menghadirkan keindahan bagi rumah kalian dengan palet warna yang penuh cita rasa tinggi dan estetika yang memukau!

Dengan formulasi terbaru, cat tembok Avitex dirancang untuk memberikan daya tahan yang lebih lama dalam memberikan warna bagi kehidupan kalian, serta memberikan sentuhan hangat di dalam rumah kalian!

Selain itu, merek cat berkualitas tinggi ini mudah diaplikasikan, dapat dicuci dengan mudah ketika kotor, cepat mengering, dan tahan terhadap perubahan warna yang tak diinginkan!

  • Kisaran Harga: Rp63.000 – Rp139.000
  • Ukuran: 5 kg

4. Jotun

Merek cat tembok terkemuka berikutnya adalah Jotun, Sahabat! Jotun menawarkan jenis cat tembok yang mudah dibersihkan.

Sehingga, jika kalian memiliki anak-anak yang sering menggambar di dinding, cat dari merek Jotun merupakan pilihan yang ideal karena berbagai noda sehari-hari mudah dihapuskan.

Tak hanya itu, cat tembok Jotun rendah VOC, mudah diaplikasikan, dan memiliki sifat anti jamur yang baik!

Baca Juga :  Kenali Semua Jenis-Jenis Pondasi Rumah Secara Lengkap

  • Kisaran Harga: Rp72.000 – Rp2.205.000
  • Ukuran: 1 kg, 5 kg, 25 kg

5. No Drop

Jika kalian sering menghadapi masalah kebocoran di rumah akibat hujan lebat atau rembesan air, kalian dapat mengkalianlkan cat dari merek No Drop, Sahabat!

No Drop adalah cat pelapis tahan bocor yang elastis, tahan air, dan mampu bertahan dalam berbagai kondisi cuaca.

Oleh karena itu, sangat cocok digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes, galvanis, bahkan keramik!

  • Kisaran Harga: Rp37.900 – Rp1.115.000
  • Ukuran: 1 kg, 4 kg, 20 kg

6. Decolith

Merek cat dinding terkemuka berikutnya adalah Decolith. Merek cat ini menjadi satu-satunya pilihan cat tembok yang menggunakan bahan dasar full acrylic di kelasnya, Sahabat!

Decolith mengusung kualitas unggul dan ramah lingkungan karena menggunakan bahan dasar air, serta bebas dari timbal dan merkuri.

Selain itu, Decolith memiliki kemampuan merata yang luas, memungkinkan kalian untuk melapisi area ruangan yang lebih besar tanpa khawatir menghasilkan lapisan cat yang buram!

  • Kisaran Harga: Rp107.000 – Rp267.000
  • Ukuran: 5 kg

7. Aquaproof

Merek cat dinding terbaik berikutnya adalah Aquaproof. Ini adalah cat pelapis anti bocor yang berbasis polimer dan tahan air.

Dengan begitu, air dihalangi untuk masuk ke pori-pori permukaan yang diaplikasikan, mencegah tembok dari kerusakan akibat paparan air. Selain itu, Aquaproof memiliki elastisitas yang luar biasa, mencapai 500-600 persen, Sahabat!

Elastisitas ini menjadi sangat penting agar cat tembok Aquaproof dapat beradaptasi dengan perubahan cuaca di berbagai lingkungan.

  • Kisaran Harga: Rp50.000 – Rp207.000
  • Ukuran: 1 kg, 4 kg, 20 kg

8. Puffin

Cat tembok Puffin bisa menjadi opsi menarik bagi mereka yang sedang mencari cat interior berkualitas tinggi dengan warna yang menarik dan ketahanan yang tahan lama di dinding.

Cat dinding Puffin yang berkualitas lokal ini juga menawarkan produk cat yang diklaim mampu melawan nyamuk, kecoak, dan serangga lain yang mengganggu di dalam rumah.

Puffin juga menawarkan berbagai pilihan varian produk sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia, termasuk cat dinding, cat plafon, acrylic, dan lainnya.

  • Kisaran Harga: Rp38.000 – Rp408.000
  • Ukuran: 1,5 kg, 5 kg, 20 kg

9. Aries

Aries adalah merek cat tembok yang dapat diandalkan untuk segala jenis ruangan di dalam rumah, memberikan tidak hanya warna yang menarik tetapi juga kenyamanan.

Cat dinding Aries dapat digunakan pada berbagai jenis permukaan seperti tembok, beton, dan eternit.

Harga cat tembok Aries juga terjangkau. Bahan cat ini memiliki daya tahan yang baik, dan diklaim tahan terhadap serangan jamur dan lumut. Aries merupakan bagian dari perusahaan cat terkemuka, Avian Brands.

  • Kisaran Harga: Rp43.000 – Rp80.000
  • Ukuran: 5 kg

10. TOA

TOA menyajikan cat tembok berkualitas premium dengan teknologi partikel nano yang melindungi dan mempercantik dinding hunian.

Merek cat TOA merupakan pemimpin di pasaran cat konsumen berkat produk-produknya yang ramah lingkungan dan memberikan pilihan warna yang populer di Asia Tenggara.

TOA menawarkan berbagai varian cat untuk interior dan eksterior dengan teknologi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dengan jaminan garansi hingga 10 tahun!

  • Kisaran Harga: Rp121.500 – Rp2.875.000
  • Ukuran: 2,5 kg, 5 kg, 20 kg, 25 kg

Manfaat Cat Minyak

Cat Minyak untuk Tembok tentu bukan hal yang baru bagi kita. Banyak orang sering menghubungkan cat minyak dengan aktivitas melukis. Akan tetapi, kegunaannya tidak terbatas hanya untuk menciptakan lukisan di kanvas saja. Cat jenis ini juga dapat diaplikasikan pada dinding atau permukaan kayu untuk meningkatkan estetika ruanganmu.

Sesuai dengan namanya, cat ini memiliki komponen dasar minyak. Meskipun demikian, kualitas dan hasil akhir yang diberikan oleh cat minyak bisa membuat kita terkagum-kagum. Namun, apa sih sebenarnya keunggulan dari cat minyak ini?

1. Membuat Warna Lebih Cerah

Jika Anda ingin memberikan sentuhan warna cerah pada ruangan, pilihan tepat adalah menerapkan cat minyak di dinding atau bahkan interior ruangan Anda. Cat minyak memberikan hasil warna yang lebih intens, jelas, dan cerah. Meskipun memberikan hasil yang cerah, warna dari cat minyak ini tidak mudah pudar.

2. Kemudahan dalam Pembersihan

Berbahan dasar minyak dengan hasil akhir yang mengkilap, cat ini memudahkan Anda untuk membersihkan dinding dari noda seperti tumpahan kecap, saus, atau kotoran lainnya. Cukup dengan mengusap bagian yang kotor menggunakan kain basah. Dinding akan kembali segar seperti baru!

Baca Juga :  Mengenal Exhaust Fan : Fungsi dan Jenis-Jenisnya

3. Kelebihan Daya Tahan

Penggunaan cat minyak pada permukaan besi dan kayu memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan cat biasa, hal ini disebabkan oleh kandungan Zinc Chromate seperti yang terdapat dalam produk Q-Ton dari PFF Paint. Kandungan ini memberikan perlindungan khusus terhadap karat pada permukaan besi.

4. Waktu Pengeringan yang Lama

Walaupun cat minyak memiliki banyak manfaat, namun perlu diperhatikan bahwa proses pengeringannya memakan waktu yang cukup lama. Selain itu, cat minyak juga memiliki aroma yang kuat. Oleh karena itu, ketika menggunakan cat minyak, diperlukan kehati-hatian yang lebih.

Penutup

Dalam merenovasi atau hanya sekadar memberikan sentuhan baru pada ruang, pemilihan cat memegang peranan penting untuk menentukan tampilan akhir serta kualitas hasil pengecatan. Rekomendasi Cat Minyak untuk Tembok bukan hanya soal warna yang menarik, tapi juga ketahanan dan kemudahan dalam aplikasinya.

Dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti kelembapan ruangan, intensitas cahaya, serta efek yang diinginkan, cat minyak dapat menjadi solusi tepat bagi kalian. Semoga informasi yang telah disampaikan oleh empatpilar.com mengenai Cat Minyak untuk Tembok, dalam artikel ini dapat membantu kalian dalam menemukan pilihan terbaik. Selamat menciptakan nuansa baru pada tembok rumah kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *