Mengenal Plafon GRC

√ Mengenal Plafon GRC : Kelebihan dan Model-Modelnya

Posted on

Empat Pilar –Mengenal Plafon GRC : Kelebihan dan Model-Modelnya. Plafon GRC adalah salah satu inovasi terbaru dalam dunia konstruksi. Dalam artikel ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang Mengenal Plafon GRC, dari keunggulan hingga pemasangan dan keberlanjutan. Jadi, mari kita mulai!

Mengenal Plafon GRC adalah langkah penting untuk memahami keunggulan dan manfaatnya. GRC adalah singkatan dari “Glassfiber Reinforced Concrete”, yang merupakan bahan komposit yang terdiri dari semen, serat kaca, air, dan bahan kimia lainnya. Plafon GRC memiliki keunggulan dalam hal kekuatan, daya tahan, dan tampilan estetika yang menawan. Kehadirannya telah mengubah cara kita melihat plafon tradisional.

Mengenal Plafon GRC

Plafon GRC (Glassfiber Reinforced Cement) merupakan jenis penuutp atap langit-langit rumah yang terbuat dari Plafon GRC (Glassfiber Reinforced Cement) ialah jenis penutup langit-langit rumah yang terbuat dari campuran serat dan semen.

Materialnya serupa dengan beton, tetapi lebih ringan, berkat penggunaan serat glass fiber sebagai penguat.

Bahan GRC plafon cenderung fleksibel karena kandungan serat glassfiber, memungkinkan pembentukan sesuai keinginan, termasuk bentuk kubah, lengkungan, serta penggunaan sebagai elemen fasad rumah dan interior dinding.

Dalam penampilan fisik, GRC plafon menyerupai plafon gypsum. Namun, perbedaannya terletak pada tekstur permukaan GRC yang lebih halus dan rata, berbanding plafon gypsum yang lebih kasar dan bercak lubang.

Pemasangan GRC plafon melibatkan kaso kayu berukuran 4/6 atau 5/7, atau opsi lainnya yaitu besi hollow.

Apakah harga GRC plafon mahal? Di pasaran, GRC plafon ditawarkan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau, bahkan lebih murah dibandingkan jenis plafon lainnya di toko-toko bangunan terdekat.

Kelebihan Pakai Plafon GRC

Setelah Mengenal Plafon GRC, selanjutnya seperti halnya pada jenis-jenis plafon rumah lainnya, plafon berbahan GRC ini pastinya memiliki beberapa poin kelebihan dan keuntungan yang akan kita dapat jika menggunakannya. Diantaranya :

1. Sangat Fleksibel dalam Penyusunan Desain

Bandingkan dengan plafon dari papan atau triplek yang cenderung kaku, plafon GRC memiliki kemampuan penyesuaian yang luar biasa sesuai desain yang diinginkan. Ini disebabkan oleh bahan dasarnya, fiberglass, yang memberikan kelenturan namun tetap memiliki daya tahan yang tinggi terhadap patah.

2. Keandalan Terhadap Air dan Api

Keunggulan lainnya adalah kemampuan tahan terhadap suhu lembab, air, dan panas. Material yang membentuk plafon GRC memiliki sifat tahan bocor yang lebih superior, serta ketahanan yang kuat terhadap pengaruh air maupun panas.

Selain itu, plafon GRC dapat diaplikasikan di area dalam ruangan atau semi-outdoor, seperti teras atau balkon yang rentan terkena percikan air hujan. Oleh karena itu, plafon ini sangat cocok sebagai solusi anti bocor untuk rumah Anda.

3. Tingkat Daya Tahan yang Luar Biasa

Bahan GRC yang membentuk plafon ini menawarkan daya tahan yang sangat baik terhadap elemen-elemen seperti air, kelembaban, dan api. Hal ini berpengaruh secara langsung pada tingkat keawetan plafon tersebut.

Dengan demikian, plafon GRC ini memiliki masa pakai yang luar biasa dan dapat bertahan hingga puluhan tahun, yakni sekitar 25 tahun. Hal ini menjadikannya jauh lebih tahan lama jika dibandingkan dengan jenis penutup langit-langit arsitektur lainnya.

4. Instalasi Praktis dan Cepat

Jika plafon GRC telah berbentuk lembaran siap pasang, proses pemasangannya akan berlangsung dengan lancar, cepat, dan mudah.

Pada sisi lembaran plafon GRC terdapat area tipis di samping yang dikenal sebagai Recessed. Fitur ini sangat membantu dalam proses pemasangan plafon GRC serta mengurangi kebutuhan akan penggunaan compound untuk sambungan.

Selain itu, kelebihan lain dari proses instalasi adalah tidak perlu melakukan plamir atau meratakan permukaan sebelum proses pengecatan.

5. Harga yang Terjangkau

Harap dicatat bahwa harga plafon GRC, baik per meter maupun per lembar, ditawarkan dengan harga yang ekonomis, kisaran sekitar Rp. 50-100 ribu. Ukurannya adalah 1,2 x 2,4 meter dengan ketebalan sekitar 4mm.

Harga yang terjangkau ini menjadikannya pilihan yang sangat direkomendasikan untuk penutup langit-langit kamar jika dibandingkan dengan opsi plafon lainnya.

Model Plafon GRC Untuk Rumah

Plafon grc motif kayu kini menjadi pilihan terbaik jika dipadukan dengan konsep interior rumah minimalis. Selain terlihat simple dan bersih, plafon grc motif kayu ini memberi kesan lega dan luas pada ruangan.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Informasi Manajemen : Penjelasan Secara Lengkap

1. Desain Minimalis

Keanggunan desain minimalis tetap abadi. Meskipun terlihat sederhana, desain ini memiliki daya tarik yang tak terbantahkan. Plafon dihadirkan dalam bentuk persegi panjang, dengan pilihan menyesuaikan ruang dan sentuhan tumpukan di pusatnya.

Deretan lampu disematkan di tepi plafon, bukan hanya berfungsi sebagai sumber cahaya, tetapi juga memperindah keseluruhan tampilan.

Dengan lampu putih yang memancarkan dari tengah plafon, ruangan akan terasa lebih luas. Desain plafon minimalis ini begitu pas ditempatkan di ruang tamu ataupun ruang keluarga.

2. Model Modern

Transformasikan ruangan menjadi suasana modern dengan pilihan plafon GRC yang menawan.

Bentuk-bentuk yang dimainkan pada plafon memberikan nuansa kesegaran dan kebaruan. Plafon ini dirancang menyerupai sinar-sinar yang memancar dari sudut ruangan.

Garis-garis panjangnya membentang sepanjang ruangan, dihiasi oleh lampu-lampu setiap jalurnya. Bagian ujungnya dibentuk seperti seperempat lingkaran, dengan pusat yang diterangi oleh lampu biru. Warna plafon yang dominan putih mempertegas permainan lampu dan bentuk yang begitu unik.

3. Model Industrial

Dalam desain plafon ini, harmoni antara bahan GRC dan kayu tercipta. Bagian langit-langit diberkahi dengan panel-panel GRC yang menciptakan efek penutup sebagian area.

Sementara di area lain, gabungan GRC dan kayu membentuk garis-garis menarik. Setiap garis dihiasi oleh lampu tersembunyi yang menambah pesona plafon.

4. Desain Model Klasik

Plafon gaya klasik ini merupakan salah satu desain plafon yang paling umum digunakan. Desainnya yang simpel melibatkan penutupan seluruh permukaan langit-langit.

Desain ini menonjolkan kesederhanaan dengan sedikit variasi ketinggian pada bingkai plafon. Meskipun dasarnya datar, Anda dapat memberikan sentuhan modern dengan menambahkan lampu hias.

Dengan kesederhanaannya, disarankan untuk menggunakan lampu dengan bentuk yang sederhana pula.

5. Desain Kemewahan

Plafon GRC memiliki bobot ringan, tetapi bisa diubah menjadi desain plafon yang mewah. Konsepnya mengikuti pola berikut: plafon terbagi menjadi dua bidang – persegi panjang dan lingkaran.

Bidang persegi panjang meliputi sebagian besar ruangan, sedangkan di tengahnya terdapat lingkaran yang terhubung dengan garis ke bingkai.

Lingkaran ini diberkahi dengan lampu gantung kristal yang dirancang dalam pola melingkar.

6. Desain Sederhana

GRC dapat digunakan untuk menciptakan berbagai desain plafon, termasuk desain sederhana. Walaupun simpel, desain ini tetap menawan.

Plafon ini menggabungkan bentuk lingkaran dan persegi panjang. Setiap bidang memiliki ruang di dalamnya untuk lampu penerangan.

Tiga baris persegi panjang ditempatkan di depan bidang lingkaran, sesuai ukuran ruangan.

Lampu berwarna putih digunakan untuk menciptakan kontras dengan dinding yang berwarna krem. Plafon ini tak memerlukan hiasan tambahan untuk mempercantiknya.

7. Desain Elegan

Dengan fokus utama pada bentuk lingkaran yang digabungkan dengan bingkai lengkung, plafon ini melingkupi seluruh bagian langit-langit ruangan. Lingkaran tersebut dibentuk dengan ukuran yang cukup besar, hampir mencakup seluruh ruangan, dan memiliki dua lapisan.

Bingkai lengkung diberi sentuhan khusus di bagian bawahnya, sehingga rel gorden dapat tersembunyi dengan baik.

Sebagai sentuhan estetik, di pusat lingkaran tergantung lampu hias yang memiliki desain unik. Warna plafon tetap dijaga agar tetap putih, memberikan kesan ruangan yang lebih bersih dan terang.

Tips Memasang Plafon GRC

Sudah Mengenal Plafon GRC kan? Selanjutnya penjelasan Plafon GRC dan 10 Kelebihannya Untuk Langit-langit Rumah Dalam proses pemasangan plafon GRC, langkah-langkah yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Tahapan Persiapan dan Rencana

Sebelum memulai proses pemasangan plafon GRC, langkah awal yang diperlukan adalah melakukan perencanaan serta pengukuran. Hal ini bertujuan untuk menentukan dimensi dan bentuk plafon yang sesuai. Pastikan pula bahwa struktur penyangga plafon telah terpasang secara kokoh dan mengikuti desain yang diinginkan.

2. Langkah Pemasangan Plafon GRC

Plafon jenis ini dapat diinstal dengan cara diangkat dan ditempatkan di atas kerangka penyangga plafon. Setelah itu, plafon dapat diikatkan menggunakan baut atau sekrup pada kerangka penyangga dengan jarak yang pas, guna memastikan stabilitas dan ketahanan plafon. Pastikan juga agar pemasangan plafon dilakukan secara merata dan tidak miring.

3. Proses Finishing dan Perawatan

Setelah plafon terpasang dengan benar, langkah berikutnya adalah melakukan proses finishing, seperti pengecatan atau pengaplikasian lapisan perlindungan. Tujuan dari tahapan ini adalah untuk memberikan tampilan estetis yang lebih menarik serta melindungi plafon dari potensi kerusakan. Namun, jika dianggap tidak diperlukan, langkah ini dapat diabaikan.

Tak lupa, penting untuk melakukan perawatan rutin guna menjaga kebersihan dan estetika plafon di dalam rumahmu.

Baca Juga :  √ Pengertian Turbin : Fungsi, Prinsip Kerja, Jenis, Manfaat Secara Lengkap

4. Pentingnya Pertimbangan dalam Memilih Plafon GRC

Saat memilih plafon GRC, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti fungsi ruangan, desain interior, aspek biaya, dan preferensi penghuni. Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, diharapkan hasil akhir dari pemasangan plafon GRC akan sesuai dengan harapanmu. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menggunakan plafon GRC sebagai bagian dari hunian barumu?

Daftar Harga Plafon GRC

Berikut adalah Daftar Harga Plafon GRC yang perlu kalian ketahui :

Jenis Plafon GRCKetebalanUkuranHarga/lembar
GRC Board Super Panel9 mm1.2 x 2.4 mRp172,000
GRC Board Super Panel12 mm1.2 x 2.4 mRp227,000
GRC Board Super Panel15 mm1.2 x 2.4 mRp303,000
GRC Board Super Panel20 mm1.2 x 2.4 mRp504,000
GRC Board Aplus3.5 mm1.2 x 2.4 mRp43,000
GRC Board Aplus6 mm1.2 x 2.4 mRp82,000
GRC Board Aplus8 mm1.2 x 2.4 mRp127,000
GRC Board Aplus10 mm1.2 x 2.4 mRp155,000
GRC Board Aplus15 mm1.2 x 2.4 mRp280,000
GRC Vespaboard4 mm1.2 x 2.4 mRp58,000
GRC Vespaboard6 mm1.2 x 2.4 mRp98,000
GRC Vespaboard9 mm1.2 x 2.4 mRp133,000
GRC Board4 mm1.2 x 2.4 mRp61,000
GRC Board6 mm1.2 x 2.4 mRp110,000
GRC Board8 mm1.2 x 2.4 mRp147,000
GRC Board10 mm1.2 x 2.4 mRp189,000

Penutup

Sebagai rangkuman dari empatpilar.com, Mengenal Plafon GRC bukan hanya soal mengetahui bahan dasarnya saja, namun juga kelebihan serta variasi model yang ditawarkannya. Dari ketahanan yang unggul, tampilan estetika, hingga fleksibilitas dalam desain, Plafon GRC menawarkan solusi langit-langit yang modern dan tahan lama.

Menggali lebih dalam mengenai Plafon GRC memungkinkan kita untuk membuat keputusan yang tepat dalam memilih material dan desain yang sesuai untuk proyek bangunan kita. Dengan demikian, kita tidak hanya memperoleh keindahan, tetapi juga kualitas dan durabilitas yang dijanjikan oleh Plafon GRC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *