Ciri-Ciri Panel LCD TV Rusak

Ciri-Ciri Panel LCD TV Rusak & Solusi Perbaikan Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Ciri-Ciri Panel LCD TV Rusak & Solusi Perbaikan Secara Lengkap. Panel LCD TV Kalian rusak? Kalian tidak perlu khawatir karena Kalian bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Dalam artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri panel LCD TV rusak dan solusi perbaikannya secara lengkap.

Dengan membaca artikel ini, Kalian akan mendapatkan pengetahuan yang diperlukan untuk memperbaiki panel LCD TV Kalian sendiri dan menghindari biaya perbaikan yang mahal.

LCD TV (Televisi)

Televisi LCD adalah televisi yang menggunakan layar LCD sebagai media tampilannya.

Layar pada TV LCD diterangi oleh lampu belakang sehingga relatif tidak terpengaruh oleh silau dan memberikan gambar yang halus dan terang bahkan dalam kondisi ruangan yang bercahaya terang atau dekat jendela yang terkena sinar matahari.

Rasio kontras pada TV LCD memiliki rentang mulai dari 400:1 hingga 800:1, sedangkan TV plasma memiliki rasio kontras mulai dari 600:1 hingga 1.500:1 pada model tercanggihnya.

Keunggulan lain dari TV LCD adalah bobotnya yang ringan dan mudah dipindahkan, sehingga dapat ditempatkan hampir di mana saja sesuai keinginan pengguna.

Ciri-ciri Panel LCD TV Rusak

Televisi merupakan salah satu hiburan yang umum ditemukan di rumah dan hampir setiap rumah memiliki televisi untuk menonton hiburan dan mendapatkan berita.

Meskipun sudah mulai dilupakan, televisi masih memiliki daya tarik bagi penggemarnya. Sebelum membeli televisi, perlu diketahui ciri-ciri kerusakan panel LCD TV dan umur TV LCD.

Kerusakan pada panel LCD TV dapat menjadi kerusakan yang fatal. Jika LCD TV mengalami kerusakan, sering kali suara keluar tetapi gambar tidak muncul.

Mengapa TV memiliki suara tetapi tidak ada gambar? Hal ini merupakan ciri dari kerusakan pada panel LCD, sehingga perlu segera diperbaiki agar dapat menonton televisi dengan tampilan yang jernih dan sesuai.

Ada beberapa Ciri-Ciri Panel LCD TV Rusak yang kalian miliki diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Fisik pada panel LCD

Ada beberapa ciri kerusakan panel TV LCD Samsung yang perlu diketahui. Pertama, kerusakan fisik pada panel LCD, seperti pecah atau retak, biasanya disebabkan oleh faktor eksternal seperti benturan dengan benda keras.

2. Layar Bergaris

Ciri kedua adalah layar bergaris, yang biasanya disebabkan oleh kabel dekoder dengan jaringan yang rendah saat terhubung ke LCD TV.

TV LED cenderung lebih rentan mengalami masalah ini karena membutuhkan jaringan yang lebih kuat. Namun, jenis televisi lama jarang mengalami masalah ini karena tidak membutuhkan jaringan yang terlalu kuat.

3. Layar Gelap

Ciri ketiga adalah layar gelap atau tidak muncul gambar ketika televisi dinyalakan. Masalah ini biasanya disebabkan oleh masalah pada catu daya yang berfungsi sebagai komponen penerimaan arus yang diberikan ke seluruh komponen televisi, terutama pada jenis LED.

4. Layar dengan Suara Tanpa Gambar

Salah satu ciri kerusakan pada panel LCD TV adalah ketika televisi dinyalakan, muncul suara tetapi tidak ada gambar yang muncul.

Kerusakan ini sering terjadi dan biasanya disebabkan oleh masalah pada bagian pencahayaan dari televisi, seperti komponen elektronik yang terputus.

Kerusakan lainnya mungkin terjadi pada komponen yang harus diganti. Oleh karena itu, jika Kalian mengalami masalah seperti ini, yaitu suara ada tetapi gambar tidak muncul, solusinya adalah dengan mengganti bagian pencahayaan televisi yang rusak.

Namun, untuk menangani masalah ini, diperlukan teknisi yang berpengalaman. Sebaiknya jangan mencoba menyelesaikan masalah ini sendiri agar kerusakan tidak semakin parah.

5. Remote TV Tidak Berfungsi

Ciri kerusakan lainnya adalah ketika remote TV tidak berfungsi seperti biasanya, meskipun kondisinya normal dan dapat digunakan untuk TV lain.

Baca Juga :  √ Rangkaian Mixer Sederhana : dan Cara Kerjanya Lengkap

Masalah ini mungkin terjadi pada sensor atau bagian lain dari televisi. Jika Kalian mengalami masalah ini, sebaiknya segera mencari teknisi yang berpengalaman untuk menangani masalah tersebut.

Jangan mencoba memperbaiki televisi sendiri jika tidak memiliki keahlian yang cukup, karena dapat membuat kerusakan semakin parah.

Cara Perbaiki TV LCD Rusak

Setelah membahas Ciri-Ciri Panel LCD TV Rusak, salah satu masalah yang sering terjadi pada TV LCD adalah layar yang gelap. Untuk memperbaiki masalah ini, ada beberapa cara yang bisa Kalian coba, tergantung pada penyebab dan merek televisinya.

Meskipun panduan perbaikan biasanya gratis dan hampir sama untuk semua merek televisi, Kalian tetap harus berhati-hati dan memperhatikan setiap langkah dengan baik.

Sebelum mencoba memperbaiki televisi, pastikan terlebih dahulu apakah lampu belakang menyala atau tidak, atau hanya menampilkan warna hitam pada layar, sehingga menyebabkan gambar tidak muncul tetapi suara masih normal.

Biasanya, kerusakan seperti ini disebabkan oleh masalah pada lampu belakang atau backlight, sehingga perlu diganti.

Berikut ini adalah cara-cara yang lebih rinci untuk memperbaiki TV LCD yang gelap :

1. Mengganti Lampu Backlight

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk memperbaiki TV LCD yang layarnya gelap adalah dengan mengganti lampu backlight apabila permasalahannya karena lampu belakang yang mati.

Sebelum mencoba untuk mengganti lampu backlight, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu.

Kalian harus memeriksa tegangan DC untuk penyuplai panel yang dihasilkan oleh Boost converter sehingga menghasilkan tegangan DC sebesar 135 volt.

Tegangan 135 volt ini dibutuhkan untuk suplai sekitar 45 lampu LED backlight dengan rangkaian seri. Oleh karena itu, apabila salah satu lampu LED mati, maka semua lampu akan mati juga.

Kalian bisa menggunakan AVO meter untuk mengukur tegangan tersebut. Apabila tegangan yang diukur menunjukkan angka 230 volt, maka rangkaian lampu LED tersebut rusak.

Apabila sudah dipastikan bahwa lampu LED rusak, maka Kalian bisa memulai proses pembongkaran TV untuk memperbaiki TV LCD.

Proses pembongkaran TV harus dilakukan dengan baik dan hati-hati agar tidak merusak panel, karena panel yang rusak akan lebih sulit diperbaiki bahkan mungkin tidak bisa diperbaiki lagi.

Panel yang sudah rusak harus diganti dan harganya cukup mahal.

Setelah berhasil membongkar TV, selanjutnya cari lampu yang mati dan ganti dengan yang baru. Kalian tidak perlu mengganti seluruh lampu backlight, cukup ganti lampu yang mati saja sesuai dengan jenis dan ukurannya.

Apabila sudah berhasil mengganti lampu backlight, lakukan pengetesan untuk memastikan apakah lampu sudah menyala atau belum. Jika ada lampu lain yang redup, sebaiknya juga diganti dengan yang baru.

2. Memperbaiki Layar LCD Pecah

Layar TV LED yang gelap juga bisa disebabkan oleh layar yang pecah sehingga terkadang terlihat garis-garis hitam di layar.

Cara memperbaiki TV LCD yang pecah memang cukup sulit dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang berpengalaman.

Selain itu, memperbaiki layar TV LED yang pecah membutuhkan biaya yang cukup mahal karena Kalian harus membeli TV LED yang baru sesuai dengan tipe dan merek TV Kalian.

3. Memperbaiki IC

Kerusakan TV LCD yang layarnya gelap, namun masih memiliki suara dapat disebabkan oleh masalah IC atau IC short. Kalian dapat memeriksanya dengan menyentuh IC yang ada di modul Tcon.

Jika IC bermasalah, maka akan terasa panas bahkan sangat panas saat disentuh. Langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengganti IC yang baru dan harus sesuai dengan tipe IC yang lama.

Demikianlah cara mudah memperbaiki TV LCD yang bisa Kalian coba di rumah.

 

Penutup

Dalam artikel ini, empatpilar.com telah membahas mengenai ciri-ciri panel LCD TV rusak yang perlu Kalian ketahui.

Jika panel LCD TV Kalian rusak, maka beberapa tKalian yang harus Kalian perhatikan adalah gambar yang ditampilkan terlihat buram dan kabur, munculnya garis-garis pada layar, dan perubahan warna yang tidak normal pada tampilan.

Baca Juga :  Skema Rangkaian Sensor Cahaya 12V dan Pengertiannya

Selain itu, jika ada titik-titik yang terlihat pada layar atau layar terlihat pecah, maka itu juga bisa menjadi tKalian bahwa panel LCD TV Kalian mengalami kerusakan.

Apabila Kalian mengalami ciri-ciri panel LCD TV rusak ? segera hubungi teknisi atau toko elektronik terdekat untuk melakukan perbaikan. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/ciri-ciri-panel-lcd-tv-rusak/,panel led retak bisa hidup tapi sebentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *