Fungsi Fuse Pada Kulkas 2 Pintu

Fungsi Fuse Pada Kulkas 2 Pintu, Yang Perlu Kalian Pahami

Posted on

Empat Pilar – Fungsi Fuse Pada Kulkas 2 Pintu, Yang Perlu Kalian Pahami. Pelajari tentang pentingnya fungsi fuse pada kulkas 2 pintu dan bagaimana komponen ini dapat membantu menjaga keselamatan alat elektronik Kalian.

Dengan membaca artikel ini, Kalian akan memahami mengapa fuse begitu penting dan bagaimana cara menjaga agar fuse pada kulkas 2 pintu Kalian selalu berfungsi dengan baik.

Kulkas 2 pintu merupakan salah satu perangkat rumah tangga yang paling penting di rumah Kalian.

Kulkas ini berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar dan tahan lebih lama.

Namun, meskipun kulkas terlihat seperti alat elektronik yang sederhana, sebenarnya ada banyak komponen yang bekerja bersama-sama untuk menjaga kulkas tetap berfungsi dengan baik.

Salah satu komponen penting yang harus Kalian ketahui adalah fuse pada kulkas 2 pintu. Fuse ini berfungsi sebagai pengaman listrik untuk mencegah kerusakan yang lebih serius pada kulkas Kalian.

Pengertian Desfrost Timer pada Kulkas

Defrost Timer pada kulkas berfungsi sebagai pengatur waktu proses pencairan bunga es di evaporator kulkas.

Komponen ini umumnya terdapat pada kulkas dua pintu untuk memastikan defrost berjalan secara otomatis sesuai dengan timer yang sudah diatur.

Namun, pada kulkas satu pintu, defrost harus dilakukan secara manual dengan menekan tombol defrost pada thermostat di bagian freezer karena tidak terdapat Defrost Timer. Oleh karena itu, seringkali kita melihat tumpukan bunga es atau salju yang harus dibuang secara manual.

Apa itu Thermal Fuse ?

Thermal fuse pada kulkas adalah sebuah komponen yang terdiri dari bimetal dan dua terminal kabel.

Bimetal pada thermal fuse sensitif terhadap peningkatan suhu kulkas. Jika bimetal terkena suhu panas dari heater, bentuknya akan berubah dan memengaruhi kontak antara dua kabel. Hal ini dapat menyebabkan sistem defrost berhenti bekerja.

Secara singkat, thermal fuse pada kulkas berfungsi untuk melindungi sistem defrost dari kerusakan akibat suhu yang terlalu panas.

Bentuk Fuse Kulkas 2 Pintu

Sebelum mengetahui Fungsi Fuse Pada Kulkas 2 Pintu. Thermo fuse atau fuse pada kulkas 2 pintu memiliki bentuk yang sederhana karena terdiri hanya dari bimetal dan dua terminal kabel. Bimetal di dalam thermo fuse memiliki karakteristik yang mudah berubah bentuk ketika terpapar suhu panas.

Perubahan bentuk bimetal akan memengaruhi kontak antara kedua terminal kabel tersebut. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa thermo fuse pada dasarnya adalah saklar yang diaktifkan oleh perubahan suhu yang diterimanya.

Bentuk dan susunan terminal kabel thermo fuse dapat bervariasi tergantung pada merek dan tipe kulkas. Meskipun begitu, cara kerjanya sebenarnya sama.

Ini Fungsi Fuse Pada Kulkas 2 Pintu

Fungsi utama fuse pada kulkas 2 pintu adalah memutuskan aliran listrik ke pemanas (heater) ketika suhu pemanas telah mencapai 70°C. Jika tidak ada thermo fuse, suhu pemanas akan terus meningkat dan akhirnya dapat merusak komponen kulkas lainnya.

Kerusakan pada thermostat atau timer defrost dapat menyebabkan peningkatan suhu pada pemanas. Dalam kondisi ini, thermostat akan terus mengalirkan arus listrik ke pemanas yang akhirnya membuat suhu semakin panas.

Dengan adanya thermo fuse, peningkatan suhu pemanas secara berlebihan dapat dicegah dan mencegah kerusakan pada kulkas.

Cara Kerja Thermo Fuse

Setelah mengetahui Fungsi Fuse Pada Kulkas 2 Pintu. Thermo fuse yang digunakan untuk pengaman sistem defrost biasanya memiliki batas maksimum suhu 70°C atau 85°C.

Artinya, jika thermo fuse mendeteksi peningkatan suhu pemanas melebihi batas maksimum suhu fuse, maka fuse akan memutuskan aliran listrik ke pemanas.

Dengan demikian, peningkatan suhu pemanas dapat dicegah. Biasanya, thermo fuse ditempatkan pada pemanas defrost agar dapat mendeteksi suhu pemanas dengan baik.

Baca Juga :  Skema Spul Kipas Angin : Lengkap dengan Cara Menyambungnya

Cara kerja thermo fuse pada kulkas 2 pintu adalah sebagai berikut:

  • Ketika thermostat mendeteksi suhu kulkas telah mencapai tingkat suhu dingin yang diatur, maka thermostat akan memutuskan aliran listrik ke kompresor dan beralih ke sistem defrost.
  • Jika thermo defrost mendeteksi suhu freezer yang sangat dingin, biasanya sekitar -13°C, maka timer defrost akan mengalirkan aliran listrik ke pemanas defrost untuk memanaskan ruangan freezer agar tidak terbentuk bunga es.
  • Pada kondisi normal, aliran listrik ke pemanas akan terputus ketika suhu freezer mulai naik karena ada sensor thermo defrost yang mendeteksi suhu yang sudah cukup.
  • Namun, jika terjadi kerusakan pada thermostat atau sensor thermo defrost, maka peningkatan suhu pada pemanas akan terus terjadi.
  • -Ketika suhu pemanas mencapai 70°C, maka thermo fuse akan memutuskan aliran listrik ke pemanas. Dengan begitu, peningkatan suhu yang berlebihan dapat dicegah.

Dengan kata lain, fungsi thermo fuse pada kulkas 2 pintu adalah sebagai pengaman jika terjadi kerusakan pada thermostat atau sensor thermo defrost.

Cara Mengecek Defrost Timer

Dilihat dari pin atau kakinya, terdapat dua jenis defrost timer pada kulkas dua pintu, yaitu defrost timer 1-3 dan 1-4.

Perbedaan antara keduanya terletak pada sumber listrik dari timer tersebut. Defrost timer 1-3 memiliki sumber listrik pada pin 1 dan 3, sedangkan defrost timer 1-4 memiliki sumber listrik pada pin 1 dan 4.

Untuk memeriksa kerusakan defrost timer pada kulkas, dapat dilakukan dengan menggunakan alat multimeter.

Pengecekan dilakukan pada pin atau kaki defrost timer. Pertama-tama, atur selektor multimeter pada pengukuran hambatan (Ohm), lalu hubungkan probe multimeter ke pin 1-3 pada defrost timer.

Apabila jarum multimeter bergerak, maka kontak terhubung. Selanjutnya, hubungkan pin tersebut ke sumber tegangan listrik PLN 220V untuk melihat apakah gear atau roda gigi berputar.

Jika defrost timer mengalami kerusakan, sebaiknya diganti dengan defrost timer yang sama dengan yang asli dari kulkas.

Namun jika tidak tersedia, maka ganti dengan komponen yang memiliki jumlah pin dan interval waktu yang sama, yaitu 6 jam, 8 jam, atau 10 jam.

Memastikan Fuse pada Kulkas 2 Pintu Berfungsi

Fuse pada kulkas tidak dapat di-reset setelah terbakar. Oleh karena itu, komponen ini harus diganti jika tidak berfungsi lagi. Penggantian harus dilakukan dengan tepat dan tidak boleh asal.

Untuk menguji apakah thermofuse masih berfungsi, caranya cukup sederhana. Anda dapat menggunakan multimeter dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Tempelkan ujung multimeter kanan ke bagian kanan fuse
  • Tempelkan ujung multimeter kiri ke bagian kiri fuse
  • Jika jarum penunjuk tidak bergerak, berarti komponen tersebut harus diganti.

Kerusakan fungsi fuse pada kulkas dua pintu kadang-kadang dapat dilihat dari performa kulkas.

Sebab dalam banyak kasus, kerusakan komponen ini akan membuat kulkas tidak dapat berfungsi dengan baik.

Daftar Harga Fuse Kulkas Terbaru

Berikut kami rekomendasikan Daftar Harga Fuse Kulkas Terbaru :

Harga Defrost Fuse Kulkas LG Fuse TerpisahRp14,500
Harga DEFROST-BIMETAL FUSE KULKAS 2 KABEL ST-3 ORANGE RDS-001Rp8,900
Harga DEFROS FUSE KULKAS TOSHIBA kwalitasRp18,000
Harga Fuse Defrost Bimetal Kulkas Toshiba OriginalRp30,000
Harga fuse fius kulkas pius panas multiRp6,500
Harga Defrost Fuse Kulkas 2 Kabel OrangeRp7,800
Harga DEFROST BIMETAL FUSE kulkas Sharp RDS-025Rp18,500
Harga Defrost Fuse Kulkas 4 Kabel ToshibaRp14,100
Harga Fuse Defrost Bimetal Kulkas Polytron OriginalRp30,000
Harga Timer defrost dan fuse bimetal kulkas LG 1 setRp73,000
Data diperbaharui pada 3/4/2023

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang fungsi fuse pada kulkas 2 pintu. Fuse atau sekring pada kulkas berfungsi sebagai pengaman jika terjadi kenaikan arus yang berlebih atau korsleting listrik yang dapat membahayakan kulkas.

Dengan adanya fuse, maka kulkas akan terlindungi dari kerusakan yang lebih parah atau bahkan kebakaran.

Dalam menjaga keamanan dan kinerja kulkas, sangat penting untuk memperhatikan dan mengganti fuse secara berkala.

Baca Juga :  Ketahui, Cara Mematikan Timer AC Semua Merk : Panduan Mudah

Pastikan untuk selalu menggunakan fuse yang sesuai dengan spesifikasi kulkas agar dapat berfungsi dengan baik.

Semoga artikel dari empatpilar.com ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai fungsi fuse pada kulkas 2 pintu dan pentingnya menjaga keamanan dan kinerja kulkas dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *