Fungsi Kapasitor Mesin Cuci

Fungsi Kapasitor Mesin Cuci : Pengertian, Harga dan Cara Pasang

Posted on

Empat Pilar – Fungsi Kapasitor Mesin Cuci : Pengertian, Harga dan Cara Pasangnya. Fungai kapasitor mesin cuci adalah salah satu komponen terpenting yang memastikan mesin cuci berfungsi dengan baik. Tanpa fungai kapasitor, mesin cuci tidak akan dapat memulai dan menjalankan siklus pencucian. Oleh karena itu, jika mesin cuci Kalian tidak berfungsi dengan benar, mungkin ada masalah dengan fungai kapasitor.

Nah pada pertemuan sebelumnya kami telah membahas mengenai Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci, maka dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu Fungsi Kapasitor Mesin Cuci, bagaimana cara kerjanya, tKalian-tKalian kerusakan, dan cara menggantinya.

Pengertian Kapasitor

Istilah lain yang sering digunakan untuk menggambarkan kapasitor adalah kondensator. Kapasitor sendiri adalah alat yang berfungsi untuk menyimpan energi dan arus listrik dalam jangka waktu tertentu.

Cara kerja kapasitor adalah dengan mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Ketika kapasitor dihubungkan pada sumber tegangan, maka akan terjadi pengisian pada kepingannya dengan elektron.

Apabila kedua keping kapasitor telah diisi dengan elektron, maka kedua plat tersebut akan mengandung muatan listrik. Muatan listrik ini akan terus tersimpan dalam kondensator dalam jangka waktu tertentu.

Fungsi Kapasitor Mesin Cuci

Secara umum, terdapat dua jenis Fungsi Kapasitor Mesin Cuci. Fungsi pertama adalah sebagai start kapasitor yang hanya bekerja saat motor dinamo akan berputar. Sedangkan fungsi kedua adalah sebagai running kapasitor yang akan bekerja terus menerus selama dinamo hidup.

Secara teknis, fungsi kapasitor pada mesin cuci adalah untuk menggeser sudut fasa antara arus dan tegangan pada lilitan utama dan lilitan bantu. Pada jaringan listrik 1 fasa, tidak ada pergeseran sudut antara arus dan tegangan atau sudutnya adalah 0.

Nilai kapasitor pada mesin cuci bervariasi tergantung pada produsen dan jenis mesin cuci. Umumnya, kapasitor dengan nilai yang lebih kecil dipasang secara seri pada kumparan bantu, sedangkan kapasitor dengan nilai yang lebih besar dipasang pada motor bagian pencuci.

Pemasangan kapasitor pada mesin cuci perlu dilakukan dengan hati-hati karena merupakan salah satu bagian yang rentan rusak. Setelah mengetahui Fungsi Kapasitor Mesin Cuci, Anda dapat memasangnya sendiri.

1. Kapasitor Motor Spin

Pada motor pengering atau spin terdapat 2 lilitan, yaitu lilitan utama dan lilitan bantu, dan kapasitor yang nilainya kecil di pasangkan ke motor spin atau pengering.

Kapasitor yang ukuran kecil ini dipasang dengan cara diseri pada kumparan bantu sehingga antara lilitan bantu dan lilitan utama terjadi pergeseran sudut fasa antara arus dan tegangan, inilah yang menyebabkan spin motor bisa berputar.

2. Kapasitor Mesin Wash

Untuk mesin pencuci atau wash, kapasitor dengan nilai besar digunakan. Mesin wash memiliki dua lilitan yaitu lilitan utama dan lilitan bantu, tetapi terdapat perbedaan pada jumlah dan diameter lilitannya. Pada mesin wash, jumlah dan diameter lilitannya sama.

Karena pergeseran sudut fasa antara arus dan tegangan tidak ada atau Nol, kapasitor diperlukan untuk menggeser sudut fasa antara arus dan tegangan pada mesin wash. Jumlah dan diameter lilitan yang sama pada mesin wash bertujuan agar mesin cuci bisa berputar bolak-balik mengikuti perintah dari timer dengan beban yang seimbang antara kedua kumparan tersebut.

Ukuran Kapasitor Pada Mesin Cuci

Setelah mengetahui Fungsi Kapasitor Mesin Cuci maka selanjutnya kalian akan mengetahui mengenai ukuran kapasitor pada mesin cuci dapat berbeda-beda antara satu merek dengan merek lainnya. Sebagai contoh, mesin cuci Samsung mungkin memiliki ukuran kapasitor yang berbeda dengan merek lain seperti Polytron, Sanken, Electrolux, dan sebagainya.

Meskipun pada mesin cuci hanya terdapat satu kapasitor, namun memiliki dua ukuran yang berbeda. Ukuran kapasitor dapat bervariasi seperti 4 μF dan 10 μF, 6 μF dan 10 μF, atau 6 μF dan 12 μF. Biasanya, nilai kapasitor yang lebih besar digunakan untuk mesin pencuci, sedangkan nilai kapasitor yang lebih kecil digunakan untuk pengering.

Baca Juga :  √ Cara Membersihkan Mesin Cuci Front Loading

Perbedaan ukuran kapasitor dipengaruhi oleh spesifikasi dan daya listrik yang digunakan oleh motor dinamo, serta tergantung pada produsen mesin cuci tersebut. Nilai kapasitor biasanya diukur dalam satuan microfarad dengan simbol (μF). Sebagai contoh, CBB60 9 μF ±5% 450 VAC.

Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Perlu diketahui bahwa kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung memiliki dua kabel yang dapat disambung tanpa perlu khawatir terbalik.

Saat melakukan penggantian kapasitor mesin cuci, perlu memperhatikan ukurannya serta tinggi dan rendahnya ukuran tersebut. Hal ini sangat berpengaruh terhadap ketahanan mesin cuci Sharp 2 tabung itu sendiri.

Secara umum, ukuran kapasitor diukur dalam satuan mikrofarad atau mf. Untuk tabung pencucinya, ukuran kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung adalah 8 mf, 10 mf, atau 12 mf.

Sedangkan untuk pengeringnya, ukuran kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung adalah 4 mf, 5 mf, atau 6 mf. Ukuran kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung bervariasi tergantung dari kapasitas unitnya. Harap diingat, semakin besar nilai mikrofaradnya maka semakin besar pula ukuran dari kapasitor tersebut.

Harga Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Nah setelah mengetahui pembahasan mengenai Fungsi Kapasitor Mesin Cuci selanjutnya harga kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung tergolong terjangkau di antara produk sejenisnya. Berikut adalah kisaran harganya di pasaran untuk membantu Anda merencanakan anggaran pembelian:

  1. Kapasitor mesin cuci Sharp 5 + 20 mf Unicon dijual sekitar 29 ribuan.
  2. Kapasitor mesin cuci Sharp 6 + 12 mf Unicon dijual sekitar 29 ribuan.
  3. Kapasitor mesin cuci Sharp 5 + 12 mf Unicon dijual sekitar 30 ribuan.
  4. Kapasitor mesin cuci Sharp 4 + 10 mf Unicon dijual sekitar 27 ribuan.
  5. Kapasitor mesin cuci Sharp 5 + 12 mf JP dijual sekitar 35 ribuan.
  6. Kapasitor mesin cuci Sharp 6 + 12 mf – 450 v JP dijual sekitar 28 ribuan.
  7. Kapasitor mesin cuci Sharp 5 + 12 mf – 450 v JP dijual sekitar 27 ribuan.
  8. Kapasitor mesin cuci Sharp 4 + 12 mf – 450 v JP dijual sekitar 26 ribuan.
  9. Kapasitor mesin cuci Sharp 5 + 10 mf – 450 v JP dijual sekitar 25 ribuan.

Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci

Saat memasang kapasitor mesin cuci, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah mengecek nilai kapasitor yang dibutuhkan. Penting untuk diingat bahwa nilai kapasitor yang besar digunakan untuk motor pencuci atau wash motor, sementara nilai kapasitor yang kecil digunakan untuk motor pengering atau spin motor.

Setelah mengetahui nilai kapasitor yang diperlukan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk memasang kapasitor mesin cuci:

  • Pertama-tama, lepaskan cover bagian belakang mesin cuci.
  • Cari kapasitor mesin cuci yang berbentuk tabung silinder dengan 4 kabel.
  • Lepaskan kabel kapasitor yang akan diganti, lalu ambil kapasitor yang rusak.
  • Pasang kapasitor yang baru dengan kapasitas dan tegangan yang sesuai.
  • Setelah semua kabel terpasang, rapikan dan isolasi sambungan kabel.
  • Terakhir, tutup kembali cover bagian belakang mesin cuci.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan teliti dan benar, maka kapasitor mesin cuci dapat terpasang dengan baik dan mendukung kinerja mesin cuci secara optimal.

Ciri-ciri Kapasitor Mesin Cuci Rusak

Dalam kerusakan kapasitor mesin cuci, terdapat dua kategori yaitu kapasitor lemah dan kapasitor yang sudah rusak. Kapasitor lemah dapat diketahui ketika mesin cuci tidak dapat berputar, namun masih dapat dirotasi secara manual.

Sementara itu, kapasitor yang sudah rusak dapat dikenali melalui pemeriksaan fisik dan suara mesin. Beberapa ciri-ciri kapasitor mesin cuci yang rusak adalah:

  • Motor tidak berputar dan hanya mengeluarkan suara berdengung.
  • Kapasitor membengkak atau bahkan meleleh.
  • Terdapat bekas kebakaran atau gosong pada kapasitor.

Cara Mengatasi Kapasitor Rusak

Pada intinya kerusakan kapasitor tidak memungkinkan untuk diperbaiki. Sehingga, kita perlu menggantinya dengan yang baru.

Anda bisa meminta bantuan teknisi mesin cuci jika tidak bisa melakukan sendiri. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika ingin mencobanya sendiri.

Sebelumnya memutuskan untuk mengganti, sebaiknya juga diperiksa dulu untuk memastikan kondisi kapasitor rusak atau tidak. Dan cara memeriksanya pun juga sudah kami sampaikan di atas.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Aqua Japan, Wajib Tahu

 

Penutup

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kapasitor pada mesin cuci memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung kinerja motor.

Kapasitor yang rusak dapat menyebabkan mesin cuci tidak dapat berputar atau bahkan mengalami kerusakan yang lebih serius.

Oleh karena itu, pemilihan kapasitor mesin cuci yang tepat serta pemasangannya dengan benar sangat penting untuk menjaga kinerja mesin cuci agar tetap optimal.

Dengan mengetahui pengertian, harga, dan cara pasang kapasitor mesin cuci, diharapkan dapat membantu Anda dalam merawat dan memperbaiki mesin cuci secara lebih efektif dan efisien. Demikian ulasan dari empatpilar.com mengenai Fungsi Kapasitor Mesin Cuci. Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/fungsi-kapasitor-mesin-cuci/,kapasitor mesin cuci plus minus arus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *