Harga Borongan Plamir Tembok

Harga Borongan Plamir Tembok : Terbaru

Posted on

Empat Pilar – Harga Borongan Plamir Tembok : Terbaru. Temukan segala yang perlu kalian ketahui tentang Harga Borongan Plamir Tembok dalam panduan komprehensif ini. Dapatkan wawasan ahli dan jawaban atas pertanyaan umum tentang topik penting ini.

Selamat datang dalam panduan lengkap tentang Harga Borongan Plamir Tembok. Jika kalian sedang memulai proyek konstruksi atau merencanakan renovasi rumah, memahami harga plesteran dinding adalah hal yang sangat penting. Dalam artikel ini, kami akan menggali lebih dalam tentang topik ini, memberikan kalian wawasan berharga, saran ahli, dan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan.

Plamir Tembok Adalah?

Plamir tembok adalah tahapan penting dalam proses pengecatan tembok yang melibatkan penggunaan material khusus sebelum tembok dicat. Plamir tembok dilakukan dengan menggunakan campuran cairan putih yang terdiri dari kalsium, air, dan lem. Meskipun proses plamir tembok terkadang terlihat rumit, namun banyak pengembang yang mengabaikannya. Padahal, ada beberapa manfaat dari penerapan plamir, seperti menciptakan permukaan tembok yang lebih halus dan memberikan hasil pengecatan yang lebih baik, dengan warna yang merata dan tahan lama.

Jika kalian menginginkan tembok rumah yang tampak sempurna, disarankan untuk melakukan plamir tembok sebelum melanjutkan proses pengecatan. Namun, pastikan kalian mengikuti langkah-langkah plamir tembok dengan benar agar hasilnya sesuai dengan harapan kalian.

Harga Borongan Plamir Tembok Per Meter

Harga borongan plamir tembok per meter adalah informasi penting bagi siapa saja yang ingin merenovasi atau membangun rumah. Harga ini dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor yang perlu diperhatikan.

Pertama-tama, perlu diingat bahwa harga borongan plamir tembok bisa berbeda-beda di berbagai daerah. Ini dikarenakan oleh faktor-faktor seperti kondisi lokasi proyek dan tingkat kerumitan pekerjaan yang akan dilakukan. Selain itu, risiko yang terkait dengan proyek tersebut juga dapat memengaruhi harga.

Ada dua jenis pengerjaan borongan yang umumnya ditawarkan oleh kontraktor atau pemborong, yaitu borongan non-material dan borongan plus material. Harga borongan plamir tembok non-material biasanya berada dalam kisaran Rp 20.000 hingga Rp 30.000 per meter persegi. Ini berarti bahwa harga tersebut mencakup biaya tenaga kerja dan penggunaan alat serta peralatan yang dibutuhkan untuk pengerjaan plamir tembok, tetapi tidak termasuk biaya bahan material seperti plamir itu sendiri.

Sementara itu, harga borongan plamir tembok plus material sedikit lebih mahal, yaitu sekitar Rp 50.000 sampai Rp 65.000 per meter persegi. Dalam jenis borongan ini, harga yang dibayarkan mencakup biaya tenaga kerja, alat, peralatan, dan juga biaya bahan material seperti plamir yang akan digunakan dalam pekerjaan. Ini bisa menjadi pilihan yang lebih praktis jika kalian tidak ingin repot mencari sendiri bahan-bahan yang diperlukan.

Namun, penting untuk diingat bahwa harga-harga ini hanyalah perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada daerah kalian. Oleh karena itu, sebaiknya kalian menghubungi beberapa kontraktor atau pemborong lokal untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih akurat berdasarkan proyek spesifik kalian. Dengan demikian, kalian dapat membuat anggaran yang lebih tepat dan memastikan bahwa pekerjaan plamir tembok di rumah kalian berjalan dengan lancar.

Cara Menghitung Biaya Plamir Tembok

Di atas telah dijelaskan secara rinci mengenai daftar harga borongan plamir tembok per meter persegi, baik itu hanya tenaga kerja saja atau borongan dengan material. Selanjutnya, Anda perlu memahami langkah-langkah untuk menghitung biaya plamir tembok.

Perhitungan biaya plamir tembok hampir sama dengan perhitungan biaya borongan cat tembok. Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan pembahasan perhitungan biaya di bawah ini:

Baca Juga :  Mengenal Fungsi Plamir Tembok : Pengertian dan Kelebihannya

1. Menentukan Volume Pekerjaan Plamir

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu luas atau volume tembok yang akan dilapisi plamir. Misalnya, Anda ingin melakukan plamir pada salah satu sisi tembok ruang tamu yang berukuran 6 meter x 4 meter. Berikut adalah cara menghitungnya:

Diketahui:

Panjang tembok: 6 meter.
Tinggi tembok: 4 meter.

Perhitungan:

Volume pekerjaan tembok: Panjang x Tinggi.
Volume pekerjaan tembok: 6 m x 4 m = 24 m2.

2. Menghitung Biaya Plamir Tembok

Langkah selanjutnya adalah menghitung biaya plamir tembok menggunakan pekerja borongan. Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan tembok dengan harga borongan plamir tembok plus material per meter persegi.

  • Biaya plamir: Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya plamir: 24 m2 x Rp 50.000 = Rp 1.200.000.

Jadi, total biaya yang perlu Anda persiapkan untuk melapisi tembok berukuran 6 meter x 4 meter dengan plamir menggunakan pekerja borongan plus material adalah sekitar Rp 1.200.000. Harap diingat bahwa biaya ini sudah mencakup biaya pekerja borongan dan biaya pembelian bahan material plamir.

Fungsi Penting Bahan Plamir Tembok

Dapat dikatakan bahwa fungsi utama material plamir adalah sebagai bahan untuk dempul pada tembok. Berikut adalah beberapa fungsi penting dari material plamir tembok yang perlu kalian ketahui:

1. Menutupi Pori dan Celah pada Tembok

Hampir setiap kali melakukan pembangunan tembok, biasanya akan ada bekas berupa lubang, celah, atau pori di permukaannya. Pori atau celah ini membuat permukaan tembok menjadi tidak rata dan sulit untuk dicat.

Dengan menggunakan plamir, kalian dapat menghaluskan permukaan yang tidak rata akibat pori dan celah tersebut. Dengan demikian, tembok akan menjadi lebih mudah untuk dicat secara merata.

Namun, jika kalian mencari opsi lapisan finishing yang lebih praktis, kalian juga bisa menggunakan semen instan. Salah satu pilihan yang cocok adalah AM 86, yang merupakan semen instan yang dapat digunakan untuk melapisi pori dan celah pada tembok di atas beton dan plester.

2. Meratakan Hasil Pengecatan

Selain mengisi pori dan celah, tembok yang belum diplamir juga cenderung memiliki permukaan yang tidak rata. Biasanya, tembok memiliki tekstur yang berbentuk bergelombang atau bergelembung, sehingga hasil pengecatan juga menjadi tidak merata.

Untuk mengatasi hal ini, kalian dapat mengaplikasikan plamir pada bagian tembok yang tidak rata. Setelah teksturnya menjadi halus dan merata, baru kalian dapat melanjutkan dengan proses pengecatan.

3. Menutupi Warna Asli Tembok

Pernahkah kalian melihat warna asli dari struktur tembok yang baru dibangun? Biasanya, warna asli tembok memiliki nuansa gelap keabu-abuan, dan jika langsung dicat, hasilnya akan terlihat suram dan tidak menarik.

Untuk mengatasi masalah ini, solusinya adalah menggunakan plamir. Setelah plamir diaplikasikan, warna asli yang gelap keabu-abuan akan tertutupi dengan baik oleh plamir.

4. Meningkatkan Kualitas Warna Cat

Setelah warna asli yang kusam ditutupi dengan plamir, warna cat akan lebih menonjol dan terlihat lebih baik. Tanpa plamir, warna cat yang diaplikasikan mungkin tidak akan mencapai hasil yang diinginkan.

Selain plamir, kalian juga dapat menggunakan jenis semen instan berwarna putih. Salah satu contohnya adalah AM 87, yang merupakan bahan acian berwarna putih untuk beton dan plester. Dengan menggunakan semen instan berwarna putih ini, kalian dapat menciptakan tembok putih yang halus tanpa perlu plamir.

Jika tembok sudah dilapisi dengan material berwarna putih, warna yang dihasilkan akan lebih mencolok dan tampak lebih hidup. Oleh karena itu, penggunaan plamir dan acian putih dapat menjadi pilihan tambahan untuk mencapai warna yang sesuai dengan keinginan kalian.

5. Pengecatan yang Lebih Seragam dan Tahan Lama

Pernahkah kalian melihat dinding dicat dengan warna yang tidak merata dan beraneka ragam? Hal ini dapat terjadi jika kalian tidak menggunakan plamir tembok sebelum melakukan pengecatan.

Selain membuat warna cat lebih seragam, plamir juga berfungsi untuk memperkuat lapisan cat akhir pada tahap finishing. Dengan demikian, lapisan cat akan lebih tahan lama dan tidak mudah pudar.

Meskipun plamir tembok dapat dibuat secara manual, penggunaan semen instan atau bahan acian siap pakai dapat menjadi opsi yang lebih praktis untuk lapisan finishing tembok kalian. Ini akan menghemat waktu dan tenaga kalian, tanpa perlu membuat plamir secara manual.

Baca Juga :  9 Aplikasi Jasa Pindahan Rumah Terbaik Saat Ini

Penutup

Sekian informasi dari empatpilar.com mengenai harga borongan plamir tembok. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai topik ini. Jangan ragu untuk menghubungi penyedia jasa plamir terpercaya untuk konsultasi lebih lanjut dan penawaran harga yang lebih rinci. Terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *