Harga Borongan Plitur Kayu

Harga Borongan Plitur Kayu : UPDATE Terbaru Saat Ini

Posted on

Empat Pilar – Harga Borongan Plitur Kayu : UPDATE Terbaru Saat Ini. Selamat datang di panduan komprehensif mengenai Harga Borongan Plitur Kayu, sebuah layanan penting untuk para pecinta kayu di Indonesia. Baik kalian seorang pemilik rumah, pengrajin mebel, atau penggemar kerajinan kayu, mengetahui biaya yang terkait dengan polesan kayu sangat penting. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek Harga Borongan Plitur Kayu, mulai dari pentingnya hingga faktor-faktor yang memengaruhi harga dan lainnya. Mari kita mulai!

Apa Itu Plitur Kayu?

Plitur kayu adalah suatu substansi yang digunakan untuk melapis permukaan kayu dengan tujuan memberikan perlindungan, meningkatkan estetika, dan memperpanjang masa pakai kayu. Biasanya, plitur kayu berbentuk cairan atau pasta yang mengandung komponen-komponen seperti pigmen, resin, minyak, pelarut, dan zat tambahan lainnya.

Plitur kayu bisa digunakan untuk berbagai jenis kayu, termasuk kayu keras maupun kayu lunak. Penggunaannya umum terutama di industri perabotan, konstruksi, dan dekorasi kayu. Plitur kayu hadir dalam beragam pilihan warna, mulai dari yang transparan hingga pigmen yang lebih pekat, memungkinkan kita untuk mencapai tampilan yang sesuai dengan gaya dan preferensi kita.

Plitur kayu, atau yang sering disebut sebagai politur, adalah cat yang bersifat transparan. Meskipun transparan, plitur memiliki warna-warna yang bervariasi tergantung pada pigmen yang ditambahkan, seperti pigmen warna oker. Oker adalah bahan galian yang mengalami oksidasi dan memiliki variasi warna seperti kuning keemasan, cokelat, dan kuning muda. Pada dasarnya, plitur adalah cat yang tidak mengandung pigmen dari bahan kimia atau logam berat, dengan sebagian besar bahan dasarnya terbuat dari poliuretan dan resin pelarut.

Jenis Plitur Kayu

Sebelum mengetahui Harga Borongan Plitur Kayu, nah berikut ini adalah beberapa jenis – jenis dari plitur yang akan dijelaskan beserta karakteristiknya dan jenis – jenis ini merupakan jenis yang terjual dipasaran yaitu:

1. Plitur Akrilik

Plitur jenis ini terbuat dari bahan dasar air serta memiliki pelarutnya. Jenis plitur ini merupakan yang paling sering digunakan, terutama dalam penggunaan pada furnitur outdoor. Plitur akrilik memiliki kemampuan untuk melindungi furnitur dari sinar UV yang sangat intens serta dari kelembaban dan air.

Plitur ini sangat sesuai digunakan pada furnitur taman dan furnitur serupa lainnya. Jenis plitur ini memiliki warna yang transparan, yang dapat melampaui warna plitur kayu tradisional. Keunggulan ini disebabkan oleh ketahanan warna transparan ini yang tidak akan berubah menjadi kuning meskipun digunakan dalam jangka waktu lama.

2. Shellac

Shellac adalah jenis plitur kayu tradisional. Plitur kayu ini berbentuk padat, berbentuk kepingan, sehingga harus dilarutkan terlebih dahulu dengan spiritus sebelum pengaplikasiannya. Shellac memiliki beragam pilihan warna, mulai dari coklat tua hingga kuning, dan semuanya bersifat transparan. Gambar di bawah ini menunjukkan bentuk shellac.

Untuk mengaplikasikan shellac, Anda memerlukan kuas buku alami yang lembut. Ketika dilarutkan, plitur ini akan menghasilkan aroma resin yang kuat, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan masker selama proses aplikasi. Dalam hal perlindungan, jenis ini memiliki ketahanan terhadap sinar UV, sehingga disarankan digunakan pada furnitur yang akan terpapar langsung oleh hujan.

3. Lacquer

Jenis selanjutnya adalah plitur lacquer, yang merupakan bahan finishing yang menggunakan pelarut sebagai komponen utamanya. Solvent adalah komponen utama dalam plitur lacquer. Untuk mencapai hasil finishing yang optimal, dianjurkan untuk menggunakan thinner berkualitas tinggi. Proses finishing dapat dilakukan dengan menggunakan alat semprot untuk menciptakan hasil yang halus dan merata. Hasil akhir yang dihasilkan adalah tampilan yang glossy dan sangat glossy.

4. Polyurethane

Plitur jenis ini juga berbasis air dan memiliki komponen yang sama dengan plitur akrilik. Namun, jenis plitur ini memiliki kekuatan yang lebih tinggi karena mengandung bahan tambahan. Kandungan tambahan tersebut membuat cat menjadi lebih tahan lama dibandingkan dengan plitur kayu biasa.

Baca Juga :  √ Apa Itu Aanstamping? : Pengertian, Fungsi dan Cara Pemasangan

Harga Borongan Plitur Kayu

Kami dengan senang hati memberikan informasi tentang harga borongan politur kayu beserta daftar harga jasa tukang politur per meter. Kami ingin memastikan bahwa kalian mendapatkan gambaran yang jelas tentang biaya yang terlibat dalam proyek ini.

Harap dicatat bahwa semua harga yang kami sebutkan di bawah ini adalah harga standar dan tidak dapat dinegosiasikan. Selain itu, semua bahan yang digunakan untuk proses politur disediakan oleh kalian, sehingga kalian tidak perlu khawatir tentang membeli materi politur.

Berikut adalah daftar Harga Borongan Plitur Kayu per meter:

1. Harga Borongan Politur Pintu: Rp 400.000 per pintu.

Harga politur pintu berlaku untuk satu pintu dan tidak termasuk bahan politur.

2. Harga Borongan Politur Cendela: Rp 100.000 per cendela.

Harga politur cendela berlaku per cendela dan tidak termasuk bahan politur.

3. Harga Politur Kusen: Rp 30.000 per meter.

Harga politur kusen dihitung per meter, dan tidak termasuk bahan politur.

Untuk keterangan lebih lanjut, berikut adalah daftar bahan politur beserta harganya:

  1. Spiritus Khusus: Rp 15.000 per bungkus/liter.
    Spiritus khusus digunakan sebagai bahan untuk proses politur.
  2. Serlak Malaysia: Rp 50.000 per bungkus/kilogram.
    Serlak Malaysia adalah bahan yang diperlukan untuk memberikan kilau pada permukaan kayu yang telah dipolitur.
  3. Mata Kucing: Rp 20.000 per kilogram.
    Mata Kucing adalah jenis serbuk halus yang digunakan dalam proses politur untuk menghasilkan kilau yang halus.
  4. Bensin Dasar Politur: Rp 10.000 per liter.
    Bensin digunakan sebagai dasar dalam campuran politur untuk kayu.
  5. Kuas, Kain Pop, dan Oker: Rp 70.000.
    Harga ini mencakup kuas, kain pop, dan oker yang digunakan dalam proses politur.

Harap diperhatikan bahwa semua harga di atas hanya mencakup biaya jasa tukang politur dan tidak termasuk bahan-bahan politur. Dengan informasi ini, kami berharap kalian dapat merencanakan proyek politur kayu kalian dengan lebih baik.

Jika kalian memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin menggunakan layanan kami, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu kalian dalam upaya kalian untuk menjadikan kayu kalian lebih indah dan tahan lama. Terima kasih.

Tips Menghilangkan Aroma Plitur

Nah setelah mengetahui Harga Borongan Plitur Kayu dan proses pelapisan dengan plitur selesai, pasti akan menghasilkan aroma yang menempel pada perabot Anda. Meskipun beberapa orang mungkin tidak begitu mempermasalahkan bau plitur yang kuat ini, tak bisa dipungkiri bahwa ada yang merasa terganggu oleh aromanya.

Untuk menghilangkan bau plitur, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Gunakan Bawang Merah

Untuk menghilangkan bau plitur, Anda dapat menggunakan bawang merah. Iris bawang merah menjadi beberapa bagian dan letakkan potongan-potongan tersebut dalam mangkuk berisi air suhu normal. Tempatkan mangkuk ini di sekitar furniture yang baru saja diberi plitur. Pastikan untuk membuka jendela agar bau yang tidak sedap dapat keluar.

2. Manfaatkan Bubuk Teh atau Tembakau

Bubuk teh atau tembakau juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau plitur yang tidak enak. Anda cukup menaruh bubuk teh atau tembakau ke dalam sebuah mangkuk, lalu letakkan mangkuk tersebut di sekitar furniture yang Anda beri plitur. Biarkan selama 2 hingga 3 hari, dan jika bau plitur masih tercium, gantilah dengan bubuk yang baru.

3. Gunakan Garam

Selain untuk menambah rasa pada masakan, garam juga dapat membantu menghilangkan bau kuat dari plitur. Campurkan garam dengan air dan taruh campuran air garam tersebut dalam sebuah mangkuk. Letakkan mangkuk tersebut di dekat furniture yang baru saja diberi plitur. Setelah bau plitur tidak tercium lagi, Anda dapat membuang air garam tersebut.

Penutup

Penting untuk diingat bahwa kualitas pekerjaan adalah faktor penting. Jika kalian mencoba menghemat biaya dengan memilih kontraktor yang sangat murah, kalian mungkin akan mengorbankan kualitas hasil akhir. Pastikan untuk memilih kontraktor yang kompeten dan dapat dikalianlkan, bahkan jika harganya sedikit lebih tinggi.

Baca Juga :  Harga Upah Tukang Cat Per Hari : Semua Wilayah

Dengan pengetahuan yang tepat tentang harga borongan plitur kayu dan faktor-faktor yang memengaruhi biaya, kalian dapat memastikan bahwa proyek plitur kayu kalian berjalan dengan lancar dan sesuai anggaran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mempertimbangkan proyek plitur kayu.

Itu saja bahasan yang bisa empatpilar.com sampaikan mengenai Harga Borongan Plitur Kayu. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *