Jalur Kabel Mesin Cuci 1 Tabung

Cara Menyambung Jalur Kabel Mesin Cuci 1 Tabung – Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Cara Menyambung Jalur Kabel Mesin Cuci 1 Tabung – Lengkap. Mesin cuci merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang sangat penting. Terdapat berbagai jenis mesin cuci, salah satunya adalah mesin cuci 1 tabung. Mesin cuci 1 tabung umumnya lebih sederhana dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung.

Namun, bagi sebagian orang, menyambung jalur kabel mesin cuci 1 tabung masih menjadi masalah yang sulit diatasi. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara menyambung jalur kabel mesin cuci 1 tabung dengan benar.

Mengenal Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci 1 tabung adalah mesin cuci yang memiliki satu tabung untuk mencuci dan mengeringkan pakaian. Mesin cuci 1 tabung umumnya lebih sederhana dan murah dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung. Mesin cuci 1 tabung dapat ditemukan dengan mudah di pasaran dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Kelebihan Mesin Cuci 1 Tabung

Perbedaan antara mesin cuci satu tabung dengan dua tabung hanya dari jumlah tabungnya saja. Ada beberapa kelebihan mesin cuci 1 tabung meliputi pengoperasian hingga range harganya diantaranya adalah :

1. Hemat Air

Mesin cuci front loading atau mesin cuci 1 tabung memiliki pintu depan dan menggunakan air untuk mencuci dan mengeringkan pakaian dalam satu kali proses. Dibandingkan dengan mesin cuci dua tabung, mesin cuci front loading lebih hemat air karena hanya menggunakan satu kali pencucian dan pengeringan. Mesin cuci dua tabung justru menggunakan lebih banyak air karena harus melakukan pencucian hingga tiga kali.

2. Praktis

Mesin cuci front loading praktis karena semua proses pencucian dan pengeringan dilakukan dalam satu tabung. Mesin cuci dua tabung memerlukan penggunaan tabung yang berbeda untuk mencuci dan mengeringkan pakaian. Mesin cuci front loading juga menghasilkan pengeringan yang lebih baik karena putarannya lebih sempurna. Hal ini menghemat waktu dan tenaga.

3. Mencuci Lebih Mudah

Mesin cuci front loading lebih mudah digunakan karena semua proses pencucian dilakukan dalam satu tabung. Pengaturan mode pencucian juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Mesin cuci front loading dapat mengatur proses perendaman, pencucian hingga pengeringan secara otomatis, sedangkan mesin cuci dua tabung memerlukan setiap tahap pencucian dilakukan secara manual.

4. Harga Terjangkau

Mesin cuci front loading menawarkan efisiensi pencucian dengan harga yang terjangkau. Harga mesin cuci tergantung pada kapasitas tabung dan fitur yang disediakan. Mesin cuci front loading dengan kapasitas 7 kg dibanderol mulai dari Rp. 2.200.000.

5. Desain Ramping

Mesin cuci front loading sangat cocok untuk rumah minimalis karena desainnya yang ramping dan tidak memakan banyak tempat. Mesin cuci dapat diletakkan di sudut ruangan atau celah antara dua furniture.

Cara Mengetahui Jalur Kabel Mesin Cuci

Jalur kabel pada mesin cuci, juga dikenal sebagai “wiring diagram”, adalah serangkaian kabel yang menghubungkan berbagai komponen pada mesin cuci. Semakin banyak fitur yang dimiliki oleh mesin cuci, maka semakin banyak pula jalur kabel yang digunakan.

Tidak perlu menjadi ahli elektronika untuk mengetahui jalur kelistrikan mesin cuci. Setiap produsen mesin cuci menyediakan informasi rinci mengenai wiring diagram pada mesin cuci mereka. Berikut adalah cara untuk mengetahuinya:

1. Periksa mesin cuci dan cek apakah ada stiker yang berisi informasi mengenai wiring diagram pada bagian belakang atau samping mesin cuci. Contoh dari stiker tersebut dapat dilihat pada gambar di atas.

2. Jika tidak ada stiker, buka kembali buku panduan yang disertakan ketika membeli mesin cuci. Bagian pengenalan mesin biasanya menyediakan informasi mengenai jalur kelistrikan.

3. Jika buku panduan hilang, kalian dapat mencarinya secara online dengan mencari spesifikasi yang sesuai dengan mesin cuci kalian.

Dengan mengetahui jalur kabel pada mesin cuci, kalian dapat memperbaiki masalah yang muncul pada mesin cuci dengan lebih mudah dan cepat.

Jadi, pastikan untuk selalu memeriksa wiring diagram pada mesin cuci kalian sebelum melakukan perbaikan atau pemeliharaan pada mesin tersebut.

Baca Juga :  Kode Error Pada AC Daikin : Pahami Secara Lengkap

Rincian Jalur Kabel Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung memiliki jalur kabel yang berbeda karena jumlah motor atau dinamo yang digunakan pada masing-masing mesin cuci juga berbeda.

Namun, secara umum, rangkaian jalur kelistrikan pada keduanya tidak terlalu berbeda jauh. Berikut ini adalah contoh gambar jalur kabel pada mesin cuci:

Dari gambar di atas, seorang teknisi tentu sudah paham cara menyambung kabel mesin cuci yang putus atau memperbaiki masalah dalam jalur kabel atau pengawatan.

Namun, jika kalian masih bingung, berikut ini adalah rincian cara melakukan penyambungan kabel mesin cuci:

a. Jalur Kabel Wash Motor

Pada mesin cuci 1 tabung yang hanya memiliki dinamo wash motor, jalur kabel dinamo tersebut terdiri dari beberapa warna kabel yang memiliki fungsi masing-masing, antara lain:

  • Kabel merah

Kabel ini terhubung langsung ke kabel utama (kabel hitam) yang akan digunakan sebagai jalur langsung ke tombol ON/OFF yang nantinya dipasangkan dengan kabel power.

  • Kabel kuning

Juga dikenal sebagai kabel kapasitor yang menghubungkan dinamo wash motor dengan kapasitor. Kapasitor ini berfungsi sebagai konduktor untuk menghantarkan arus listrik AC (alternating current) serta sebagai penyimpan tegangan listrik.

  • Kabel biru

Kabel ini terhubung langsung antara dinamo spin motor, dinamo wash motor, dan fuse yang tergabung dalam satu rangkaian. Fuse berguna untuk memutuskan arus listrik berlebih jika terjadi hubungan arus pendek.

b. Jalur Kabel Spin Motor

Pada jalur dinamo spin motor yang digunakan untuk mengeringkan pakaian, terdapat tiga jenis kabel yang terlibat dalam jalur kelistrikan, yaitu:

  • Kabel coklat

Kabel ini terhubung langsung ke tombol ON/OFF Spin atau pengering yang terhubung langsung dengan kabel yang mengarah ke saklar pengering.

  • Kabel biru

Kabel ini terhubung langsung antara dinamo spin motor, dinamo wash motor, dan fuse yang tergabung dalam satu rangkaian yang sama dari pusat arus listrik. Fuse berguna untuk memutuskan arus listrik berlebih jika terjadi hubungan arus pendek.

  • Kabel putih

Kabel ini menghubungkan antara dinamo spin motor dengan kapasitor. Kapasitor ini berfungsi sebagai konduktor untuk menghantarkan arus listrik AC (alternating current).

Dengan mengetahui rincian warna kabel dan jalur kelistrikan pada mesin cuci, kita dapat melakukan perbaikan dan pemeliharaan mesin cuci dengan lebih mudah dan efektif.

Namun, jika masih bingung, sebaiknya kalian meminta bantuan dari ahli teknisi untuk memperbaiki atau merawat mesin cuci agar tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Lokasi atau Tempat Skema Mesin Cuci

Pada umumnya, hampir semua mesin cuci dilengkapi dengan stiker gambar perkabelan atau skema mesin cuci. Skema ini seringkali digunakan oleh teknisi servis sebagai acuan dalam melakukan perbaikan atau pemeliharaan mesin cuci.

Stiker gambar perkabelan mesin cuci biasanya diletakkan pada bagian belakang mesin cuci atau bahkan di luar tutup mesin. Dengan menggunakan skema mesin cuci, teknisi servis dapat dengan mudah melacak jalur kelistrikan pada mesin cuci dan mengetahui permasalahan yang terjadi pada mesin cuci tersebut.

Sebagai pemilik mesin cuci, sebaiknya kita juga mengetahui letak stiker gambar perkabelan mesin cuci agar dapat memeriksa kondisi kelistrikan mesin cuci secara berkala. Dengan demikian, kita dapat menghindari kerusakan mesin cuci yang lebih serius akibat masalah kelistrikan yang tidak terdeteksi sejak awal.

Jadi, pastikan untuk selalu memeriksa skema mesin cuci pada stiker gambar perkabelan yang terdapat pada mesin cuci kalian agar mesin cuci tetap berfungsi dengan baik dan aman.

Kegunaan dan Manfaat Skema Mesin Cuci

Skema mesin cuci memiliki manfaat, baik dari saat dilakukan perakitan dj pabriknya, maupun setelah dijual dipasaran dan dipakai oleh masyarakat.

1. Manfaat Skema Mesin Cuci di Pabrik

Saat mesin cuci dirakit di pabrik, banyak orang yang terlibat dalam proses perakitan, bisa puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang.

Oleh karena itu, skema mesin cuci sangat penting untuk memudahkan setiap orang dalam memasang setiap komponen sesuai dengan gambar diagram yang tertera.

Dengan skema mesin cuci, setiap orang yang terlibat dalam perakitan mesin cuci dapat mengetahui kode-kode atau jalur atau bagian-bagian yang harus dipasang pada mesin cuci.

Skema mesin cuci memudahkan setiap orang dalam memasang komponen secara benar dan tepat, tanpa perlu menghafal setiap bagian dalam mesin cuci.

2. Manfaat Skema Mesin Cuci Saat Terjadi Kerusakan

Mesin cuci dapat mengalami kerusakan atau pelemahan pada komponennya setiap saat. Dengan adanya skema mesin cuci yang tertera pada unit mesin cuci, teknisi atau tukang service dapat dengan mudah menelusuri bagian yang mengalami kerusakan.

Baca Juga :  Kenapa Kadang Kulkas Tidak Bunyi ? Ini Dia Penyebabnya

Setiap jenis mesin cuci memiliki tingkat kerumitan atau kesulitan skema yang berbeda-beda.

Skema mesin cuci yang paling mudah dan sederhana adalah mesin cuci dua tabung, kemudian mesin cuci top loading, dan yang paling sulit atau rumit adalah jenis mesin cuci front loading.

Meskipun skema mesin cuci front loading tergolong sulit, kita tidak perlu khawatir karena setelah memahami skema mesin cuci dua tabung, akan mudah mempelajari skema mesin cuci top loading dan front loading.

Dengan demikian, skema mesin cuci sangat membantu dalam proses perbaikan mesin cuci dan memastikan mesin cuci tetap berfungsi dengan baik.

Penutup

Demikianlah informasi lengkap mengenai cara menyambung jalur kabel mesin cuci 1 tabung.

Dengan mengetahui cara menyambung jalur kabel dengan benar, kita dapat memperbaiki mesin cuci secara mandiri dan menghindari kerusakan yang lebih serius akibat masalah kelistrikan.

Perlu diingat, untuk selalu berhati-hati saat bekerja dengan kelistrikan mesin cuci dan pastikan untuk mematikan arus listrik sebelum memulai perbaikan.

Selain itu, penting juga untuk memahami skema mesin cuci yang tertera pada stiker gambar perkabelan yang terdapat pada mesin cuci kita.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu dalam memperbaiki mesin cuci 1 tabung dengan benar. Kata Pencarian TerpopulerSkema Kabel mesin cuci polytron paw 7009 ada berapa,skema mesin cuci 1 tabung,wiring mesin cuci 1 tabung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *